LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI POLITIK LUAR NEGERI
INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE
DISKUSI SISWA KELAS IX
SMP N 3 ........................
TAHUN 2013/2014
Diajukan
untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan
Pangkat
...............................
dst disesuaikan
Oleh :
……………………………
NIP. ………………………
SMPN 3 ........................
DINAS
PENDIDIKAN ............................. KABUPATEN ......................
Jln.
.........................................
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur
kehadirat Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillaah kami telah dapat menyelesaikan penyusunan PTK ( Penelitian
Tindakan Kelas) SMPN 3 ......................... Masalah yang kami angkat
berjudul “Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil
Belajar PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia Melalui Penerapan Metode Diskusi Siswa Kelas IX SMP N 3 ........................
TAHUN 2013/2014”.
Dalam penyusunan PTK ini tentu saja
tidak terlepas dari kerja sama tim
penyusun dan bantuan semua guru yang ada di lingkungan SMPN 3 .........................
Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini kami sangat
menghargai dan kami ucapkan terimakasih. Kami menyadari PTK yang kami susun ini
masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat kami harapkan kritik
dan koreksi dari para pembaca maupun
pihak yang terkait untuk perbaikan
penyusunan PTK di masa mendatang.
Sebagai akhir kata, kami berharap
dengan penyusunan PTK ini bisa
bermanfaat untuk mengevaluasi masalah yang kami hadapi dan
mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya
bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan
di SMPN 3 .........................
………………………..
Penulis
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia
Melalui Penerapan Metode Diskusi Siswa Kelas IX SMP N 3 ........................
TAHUN 2013/2014
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kabupaten/Kota
f. Provinsi
g. Alamat Kantor
h. Telepon
|
|
3.
|
Lama Penelitian
|
3 (tiga) bulan
Dari bulan…………….
s.d ………………..
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
..........,
...........................
Mengetahui,
Kepala Sekolah ................. Peneliti.
......................................... .........................................
NIP.
................................. NIP. .................................
Ketua PGRI Pustakawan
.................................. SMA
.....................................
......................................... .........................................
NTA.
................................. NIP. .................................
ABSTRAK
................. NIP. .................. Upaya Meningkatkan
Keaktifan dan Hasil Belajar PKn
Materi Politik Luar Negeri Indonesia Melalui
Penerapan Metode Diskusi Siswa Kelas IX SMP N 3 ........................
Tahun 2013/2014.
Berdasarkan
observasi di kelas VII SMPN 3 ........................, terdapat beberapa permasalahan
pada pembelajaran PKn salah satunya adalah rendahnya keaktifan dan hasil
belajar pada materi politik luar negeri Indonesia. Tujuan dilaksanakannya
perbaikan pembelajaran tersebut adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar pada materi politik luar negeri Indonesia pada siswa kelas VII SMPN 3 .........................
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis
dan Taggart yang terdiri dari empat tahap; (1) perencanaan tindakan, (2)
pelaksanaan dan observasi, (3) refleksi, dan (4) revisi. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VII SMPN 3 ........................ sebanyak 37 siswa yang
terdiri dari …… siswa laki-laki dan ….. siswa perempuan. Istrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, perangkat soal, lembar pengamatan
dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan adalah metode diskusi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa jumlah
siswa yang tuntas belajarnya pada pra siklus sebanyak 5 siswa (13,51%), setelah
dilaksanakan perbaikan dengan penerapan metode diskusi pada siklus I meningkat
menjadi 20 siswa atau 54,05% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 35
siswa atau 94,59%. Penjelasan mengenai peningkatan nilai rata-rata hasil
belajar pada pembelajaran PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia dengan
menggunakan metode diskusi menunjukkan
peningkatan yang cukup signifikan di mana pada pra siklus sebesar 58,11 meningkat menjadi 64,32 pada siklus I dan pada akhir
siklus II meningkat menjadi 74,86 dan
keaktifan siswa yang juga meningkat dari 6 siswa atau 16,22% menjadi 19 siswa
atau 51,35% dan pada siklus terakhir menjadi 100% atau 37 siswa. Dari penjelasan mengenai hasil
proses perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi
dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa VII SMPN 3 .........................
Kata
Kunci : diskusi, keaktifan, hasil belajar
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.........................................................
1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 2
C. Analisis Masalah .................................................................... 2
D. Pembatasan Masalah .............................................................. 3
E. Rumusan Masalah .................................................................. 4
F. Tujuan Penelitian.................................................................... 4
G. Manfaat Penelitian.................................................................. 5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 7
B. Kerangka Berpikir ................................................................. 31
1. Kondisi
Awal.................................................................... 31
2. Tindakan
........................................................................... 31
3. Kondisi
Akhir ................................................................... 34
C. Hipotesis Tindakan ................................................................ 35
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian....................................................................
B. Subjek Penelitian ...................................................................
C. Data dan Sumber Data...........................................................
D. Instrumen Penelitian ..............................................................
E. Teknik Pengumpulan Data .....................................................
F.
Desain Penelitian....................................................................
G. Prosedur Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian.............................
H. Validitas Data.........................................................................
I.
Analisa Data ..........................................................................
J.
Indikator Kinerja....................................................................
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Kondisi Awal......................................................... 51
B. Deskripsi Per Siklus ............................................................... 53
1. Siklus
pertama .................................................................. 53
a. Perencanaan................................................................. 53
b. Tindakan...................................................................... 54
c. Pengamatan
................................................................ 62
d. Refleksi
....................................................................... 62
2. Siklus
kedua...................................................................... 62
a. Perencanaan................................................................. 63
b. Tindakan...................................................................... 63
c. Pengamatan
................................................................ 69
d. Refleksi
....................................................................... 70
C. Pembahasan............................................................................ 70
D. Hasil Tindakan ....................................................................... 76
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................ 77
B. Saran dan Tindak Lanjut........................................................ 77
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
3.1 Usia Siswa Berdasarkan Kelompok Umur ............................................. 40
3.2 Daftar Pekerjaan Orang Tua Siswa.......................................................... 40
4.1 Hasil Tes Formatif Kondisi Awal ........................................................... 52
4.2 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran PKn
Materi Politik Luar Negeri Indonesia Siklus I ................................................................................................................. 59
4.3 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia Siklus I....................................................................... 61
4.4 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran PKn
Materi Politik Luar Negeri Indonesia Siklus II ................................................................................................................. 67
4.5 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran
PKn Materi Politik Luar Negeri
Indonesia Siklus
II...................................................................... 68
4.6 Rekapitulasi
Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal Siklus I dan Siklus II 71
4.7 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Temuan Awal Siklus I dan Siklus II..... 72
4.8 Rekapitulasi
Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus I dan Siklus II 74
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1 Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas ........................................
3.1 Daur PTK (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, 2006:46)...........................
4.1 Pelaksanaan KAA di bandungTahun 1955 (Sumber
: Buku PKn Kelas VI, Halili , dkk, 2009 : 112 ) .................................................................................................................
4.2 Pengiriman Kontingen Garuda Perdamaian (Sumber
: Buku PKn Kelas VI, Kokom , dkk, 2009 : 86 ).................................................................................................................
4.3 Kunjungan Kerja Bilateral antara dua negara (Sumber
: Buku PKn Kelas VI, Kokom , dkk, 2009 : 94 ) .................................................................................................................
4.4 Pengiriman kontingen Sea Games ..........................................................
4.5 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan
Belajar Siswa Siklus I dan II
4.6 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar
Siswa pada Siklus I dan II..
4.7 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan
Pada Siklus I dan II
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
Lampiran
1 : Surat Ijin Penelitian
Lampiran
2 : Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran
3 : Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran
4 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus I
Lampiran
5 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus II
Lampiran
6 : Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I
dan Siklus II
Lampiran
7 : Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran
8 : Data Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus
I dan Siklus II
Lampiran
9 : Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa
Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran
10 : Lembar Observasi Kegiatan Guru Dalam Proses
Pembelajaran
Lampiran
11 : Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran
12 : Dokumentasi
Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus
II
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
PKn merupakan pelajaran kehidupan,
jadi PKn merupakan pelajaran yang sangat
konstektual karena sebagian besar materi yang diajarkan merupakan cerminan kehidupan sehari-hari, jadi siswa
dapat melihat secara langsung praktek
dari materi yang telah diajarkan tersebut dalam kehidupan mereka,
tentunya jika para peserta didik tersebut paham dan mengerti apa yang
telah mereka pelajari, akan tetapi hal itu ternyata belum dapat dimengerti oleh
para siswa tersebut, hal ini dibuktikan
dengan masih banyaknya siswa yang belum bisa menghormati teman-temannya,
orangtuanya, bahkan terkadang guruya,
padahal materi saling menghormati juga dipelajari dalam pelajaran PKn,
akan tetapi materi tersebut ternyata
belum membekas dalam diri siswa. Oleh karena
pentingnya pelajaran ini maka seharusnya guru mata pelajaran ini
harus merupakan guru yang benar-benar
berkompeten dalam menyampaikan materi
tersebut kepada siswa, masih banyak materi PKn yang lain yang tidak
kalah pentingnya, seperti tenggang rasa,
disiplin, dan lain-lain.
Selama ini
prestasi yang dicapai oleh siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
dirasakan kurang sehingga perlu inisiatif untuk meningkatkan hasil
pembelajaran. Seperti pada temuan di lapangan tempat peneliti mengajar,
menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang kita
harapkan. Pada studi pendahuluan bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan materi
materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam
hubungan internasional di era global menunjukkan daya serap siswa
masih rendah dalam memahami materi.
Dari siswa kelas
IX SMP 3 ........................ yang berjumlah 37 anak, hanya 5 anak (13,51%) yang mencapai
kategori tuntas. Artinya sebagian besar siswa belum mencapai tingkat penguasaan
materi 70% ke atas atau mendapat nilai 70, dengan tingkat keaktifan belajar
sebesar 16,22% atau 6 orang siswa dari 37 siswa, serta perolehan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 58,11 dengan standar nilai KKM sebesar 70.
B. Indentifikasi Masalah
Berdasarkan
hal tersebut di atas, peneliti meminta bantuan teman sejawat dan supervisor
untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil
diskusi terungkap beberapa masalah sebagai berikut :
1. Siswa kurang kritis dalam memahami materi
pelajaran yang berhubungan dengan pengaruh globalisasi
2. Siswa kurang menguasai materi mengenai
pengaruh globalisasi yang ada di lingkungannya
3. Keaktifan siswa dalam belajar rendah.
4. Model pembelajaran yang diambil tidak
tepat
5. Guru tidak mampu mengembangkan model
dialog yang efektif, aktif dan kreatif
6. Guru tidak melibatkan siswa secara aktif
dalam pembelajaran dan penemuan informasi pada saat proses pembelajaran
berlangsung.
C. Analisis Masalah
Melalui
refleksi diri, kaji literatur dan diskusi dengan supervisor dapat diketahui
bahwa kemungkinan faktor-faktor penyebab
timbulnya masalah di atas adalah :
1. Guru tidak melibatkan siswa secara aktif
dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi
2. Guru tidak mampu mengembangkan model
dialog yang efektif, aktif dan kreatif sehingga partisipasi siswa dalam proses
pembelajaran berkurang.
3. Pendekatan
pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa
sekolah dasar
4. Penggunaan alat peraga pembelajaran yang
kurang bervariasi
5. Guru tidak melibatkan siswa untuk aktif
dalam pembelajaran dan penemuan informasi
6. Guru kurang memotivasi siswa dalam
pembelajaran
Dalam hal ini penulis mencoba
menerapkan metode diskusi kelompok dalam
menyampaikan materi politik
luar negeri Indonesia, dengan menerapkan metode ini
diharapkan siswa memiliki pengalaman
baru dalam belajar, serta dapat mencapai tujuan
pembelajaran yang diharapkan, karena tujuan dari pembelajaran itu pada intinya adalah mencapai kompetensi yang telah
ditetapkan, oleh karena itu berbagai
macam metode dan strategi perlu digunakan agar siswa tidak merasa jenuh dengan pembelajaran tersebut, selain
itu pembelajaran akan lebih bervariatif,
sedang manfaat bagi guru tersebut adalah dia mampu mengembangkan berbagai macam metode dan
strategi, satu metode atau strategi yang
bagus belum tentu layak atau mungkin
tidak layak sama sekali jika diterapkan
secara terus menerus, dalam arti digunakan pada semua kompetensi dasar, sehingga metode yang bagus
sekalipun jika digunakan secara terus
menerus hal itu justru akan menimbulkan perasaan jenuh pada diri siswa, seorang guru harus mampu memilih dan
memilah metode maupun strategi belajar
guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, karena situasi belajar yang menyenangkan terbukti
dapat membantu siswa mencerna, memahami,
dan mengolah materi yang didapatkan. Dalam metode ini, siswa benar-benar terlibat secara aktif dalam
proses pembelajaran.
Metode yang
konvensional seperti menjelaskan materi secara abstrak, hafalan materi dan
ceramah dengan komunikasi satu arah, yang aktif masih didominasi oleh guru,
sedangkan siswa biasanya hanya memfokuskan penglihatan dan pendengaran. Kondisi
pembelajaran seperti inilah yang mengakibatkan siswa tidak bisa menerapkan pada
kehidupan nyata. Disini guru dituntut untuk menerapkan metode diskusi sehingga
siswa dapat mengemukakan ide dan argumentasinya selama proses pembelajaran.
Selain itu penggunaan metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh guru juga
menjadi salah satu faktor tercapainya keberhasilan dalam pendidikan.
Dalam hal ini, Silberman
(2006:29) menyatakan bahwa penggunaan metode diskusi dipandang sebagai metode
untuk memacu keaktifan siswa dalam mengikuti Proese Belajar Mengajar (PBM),
sehingga pembelajaran monoton yang sering dialami oleh siswa akan tergantikan
dengan suasana belajar yang lebih aktif. Diskusi kelas berperan sangat penting
dalam belajar aktif.
Dengan
mendengarkan keluasan ragam pandangan menantang peran peserta. Dalam diskusi
kelas, seorang guru berperan sebagai fasilitator dalam berjalannya diskusi yang
dilaksanakan oleh siswa. Diskusi adalah percakapan ilmiah yang berisikan
pertukaran pendapat, pemunculan ide-ide serta pendapat yang dilakukan oleh
beberapa orang yang tergabung dalam kelompok itu untuk mencari kebenaran.
Banyak masalah yang terjadi di lingkungan siswa yang memerlukan pembahasan
lebih dari satu orang, yakni terutama masalah-masalah yang memerlukan kerjasama
dan musyawarah. Jika demikian musyawarah atau diskusi jalan pemecahan yang
memberi kemungkinan mendapatkan penyelesaian yang terbaik. Metode diskusi dalam
proses mengajar dan belajar berarti metode mengemukakan pendapat dalam
musyawarah untuk mufakat. Dengan demikian inti dari pengertian diskusi adalah meeting
of minds. Di dalam memecahkan masalah diperlukan bermacam-macam argumentasi
Dari argumentasi tersebut dipilihkan satu argumentasi yang lebih logis dan
tepat serta mempunyai argumentasi yang kuat, jawaban yang ditolak adalah
argumentasi yang mepunyai argumentasi lemah. Memang dalam diskusi untuk
memperoleh pertemuan pendapat yang mufakat diperlukan pembahasan yang didukung
oleh argumentasi yang kuat dan benar.
Pada
pelaksanaannya, metode diskusi memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif
dan memungkinkan adanya umpan balik yang bersifat langsung. Menurut Mc.
Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode
diskusi dapat meningkatkan siswa dalam pemahaman konsep dan keterampilan
memecahkan masalah. Tetapi dalam transformasi pengetahuan, penggunaan metode
diskusi hasilnya lambat dibanding penggunaan ceramah. Sehingga metode ceramah
lebih efektif untuk meningkatkan kuantitas pengetahuan siswa dari pada metode
diskusi. Diharapkan dengan menggunakan metode diskusi dalam proses pembelajaran
PKn, akan menarik minat siswa mengikuti kegiatan belajar sehingga dapat meningkatkan
keaktifan dan hasil belajar.
Jika masalah ini dibiarkan berlanjut,
jelas akan berdampak buruk bagi proses
dan hasil belajar. Dengan adanya kenyataan tersebut, peneliti mencoba melakukan upaya perbaikan pembelajaran
melalui penelitian tindakan kelas (PTK) pada pembelajaran PKn materi endeskripsikan
politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global dengan
menggunakan metode diskusi kelompok
D. Pembatasan Masalah
Agar
permasalahan yang akan diteliti tidak terlalu luas, maka pembatasan masalah
dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran hanya difoluskan pada :
a. Melaksanakan kegiatan perbaikan
pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran PKn materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global
.
b. Upaya perbaikan yang dilaksanakan ditujukan
pada peningkatan keaktifan dan hasil belajar
siswa.
c. Objek yang diteliti adalah siswa kelas IX SMP
3 ........................ pada
pembelajaran PKn materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam
hubungan internasional di era global
E. Rumusan Masalah
Melalui
refleksi diri dan diskusi dengan teman sejawat, dapat disimpulkan rumusan masalahnya, yaitu
1. Apakah penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IX SMP 3 ........................ dalam
pembelajaran PKn materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan
internasional di era global?
2. Apakah penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
IX SMP 3 ........................ dalam pembelajaran PKn materi mendeskripsikan
politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global?
F. Tujuan Penelitian
Adapun yang
menjadi tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Tujuan Khusus
a. Untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan
metode diskusi dengan tingkat perkembangan siswa.
b. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan
alat bantu pembelajaran terhadap terhadap kreatifitas belajar siswa.
c. Untuk mengetahui seberapa pengaruh diskusi
terhadap tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa.
d. Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
terhadap materi pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi.
2. Tujuan Umum
a. Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang
telah dilakukan sebelumnya.
b. Untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat.
G. Manfaat Penelitian
Diharapkan
penelitian ini dapat memberi manfaat pada siswa, guru dan sekolah sebagai
berikut :
1. Manfaat Teoritis
Penelitian ini
memberikan data empirik
bagi kepentingan peningkatan kualitas pengajaran di sekolah,
khususnya yang berkaitan dengan
peningkatan prestasi siswa
dalam belajar PKn, temuan
penelitian ini dapat
dijadikan dasar acuan
bagi pengelolaan pengembangan
strategi dan pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini
dapat dijadikan pola pengembangan metode
mengajar, strategi belajar mengajar dan pengelolaan kelas.
2. Manfaat Praktis
a. Bagi guru (peneliti)
Pelaksanaan PTK dapat membuat guru
sebagai peneliti sedikit demi sedikit
mengetahui strategi, media maupun metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan atau kompetensi dasar pembelajaran.
Selain itu guru dapat menyadari bahwa alam penciptaan kondisi
pembelajaran selain penguasaan metode,
strategi dan media juga diperlukan kreatifitas yang tinggi sehingga apa yang diterapkan sesuai
dengan tingkat kemampuan siswa yang
sedang belajar.
b. Bagi siswa
Pelaksanaan PTK akan sangat membantu
siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran
secara optimal. Dengan adanya pembaharuan dalam
pembelajaran akan memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar, mengembangkan daya nalar
dan mampu berpikir secara kreatif,
sehingga siswa termotivsi untuk mengikuti proses pembelajaran.
c. Bagi sekolah
Hasil PTK sangat bermanfaat dalam
rangka perbaikan sistem pembelajaran,
dan bagi guru yang lain dapat digunakan sebagai referensi dalam memilih dan menerapkan suatu strategi,
metode atau media yang sesuai dengan
tujuan atau kompetensi pembelajaran tertentu.
BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS PENELITIAN
A. Kajian Teori
1.
Keaktifan dan Hasil Pembelajaran
PKn Materi Mendeskripsikan Politik Luar Negeri dalam Hubungan Internasional di
Era Global
a. Hakikat
Pembelajaran PKn
Secara bahasa,
istilah “Civic Education” oleh
sebagian pakar diterjemahkan ke
dalam bahasa Indonesia
menjadi Pendidikan Kewargaan
dan Pendidikan
Kewarganegaraan. Menurut Kerr
(dalam Winataputra dan Budimansyah, 2007:4), mengemukakan bahwa Citizenship
education or civics education didefinisikan sebagai
berikut: “Citizenship or civics
education is construed
broadly to encompass
the preparation of young people for their roles and responsibilities as
citizens and, in particular,
the role of
education (trough schooling,
teaching, and learning) in that
preparatory process”.
Cogan
(1999:4) mengartikan civic
education sebagai "...the foundational course work
in school designed
to prepare young
citizens for an
active role in their
communities in their
adult lives", yang
artinya yaitu suatu
mata pelajaran dasar di
sekolah yang dirancang untuk
mempersiapkan warga negara muda, agar kelak setelah dewasa dapat berperan aktif
dalam masyarakatnya.
Pendidikan kewarganegaraan menurut
Depdiknas (2006:49) adalah
mata pelajaran yang memfokuskan
pada pembentukan warga
negara yang memahami dan
mampu melaksanakan hak-hak
dan kewajibannya untuk
menjadi warga negara Indonesia
yang cerdas, terampil,
berkarakter yang diamanatkan
oleh Pancasila dan UUD
1945. Lebih lanjut
Somantri (2001:154) mengemukakan bahwa: “PKn merupakan
usaha untuk membekali
peserta didik dengan pengetahuan dan
kemampuan dasar yang
berkenaan dengan hubungan antar warga
negara dengan negara
serta pendidikan pendahuluan
bela negara agar menjadi warga negara agar dapat diandalkan oleh bangsa
dan negara”.
Dari
berbagai definisi diatas,
dapat disimpulkan bahwa
Pendidikan Kewarganegaraan
memiliki dua arti
yaitu yang pertama,
PKn sebagai bidang kajian
ilmu kependidikan yang
merupakan seleksi dan
adaptasi dari berbagai disiplin ilmu
sosial, humaniora, dan
nilai filosofis-yuridis, yang
memfokuskan kepada
pembentukan katakterwarga negara
yang baik yaitu
warga negara yang religious, cerdas
demokratis dan terampil
dalam memahami, menilai
dan mengambil keputusan terhadap
fenomena sosial secara
interdisipliner. Kedua, PKn
sebagai program kulikuler yang wajib di tingkat persekolahan dan perguruan
tinggi pendidikan Kewarganegaraan merupakan
bidang studi tersendiri
dalam program kulikuler yang wajib. PKn
disusun untuk mempersiapkan
warga negara yang
kritis, analitis, aktif, bersikap,
dan bertindak demikratis.
Tujuan PKn merupakan
usaha untuk membekali
peserta didik dengan
pengetahuan dan kemampuan
dasar yang berkenaan dengan
hubungan antar warga
negara dengan negara
serta pendidikan pendahuluan bela
negara agar menjadi
warga negara yang dapat
diandalkan oleh bangsa dan negara
(Somantri, 2001:154).
b.
Kompetensi PKn
Margaret S. Branson (1999:8)
mengidentifikasikan tiga komponen penting dalam
Pendidikan Kewarganegaraan, yaitu
“civic knowledge
(pengetahuan kewarganegaraan), civic
skills (keterampilan kewarganegaraan), dan civic disposition (watak-watak
kewarganegaraan)”. Komponen pertama,
civic knowledge “berkaitan
dengan kandungan atau
nilai yang seharusnya
diketahui oleh warga negara”
(Branson 1999:8). Aspek
ini menyangkut kemampuan akademik-keilmuan yang
dikembangkan dari berbagai
teori atau konsep
politik, hukum dan moral.
Dengan demikian,
mata pelajaran PKn
merupakan bidang kajian multidisipliner. Secara
lebih terperinci, materi
pengetahuan kewarganegaraan
meliputi pengetahuan tentang
hak dan tanggung
jawab warga negara,
hak azasi manusia, prinsip-prinsip dan
proses demokrasi, lembaga
pemerintahan dan non pemerintahan, identitas
nasional pemerintahan berdasarkan
hukum (rule of law) dan
peradilan yang bebas
dan tidak memihak,
konstitusi, serta nilai-nilai
dan norma-norma dalam masyarakat. Kedua,
civic skills meliputi
keterampilan intelektual (intellectual skills) dan keterampian
berpartisipasi (participation skills)
dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara. Contoh keterampilan
intelektual adalah keterampilan
dalam merespon berbagai persoalan
politik misalnya, merancang
dialog dengan DPRD. Contoh
keterampilan berpartisipasi adalah
keterampilan menggunakan hak
dan kewajibannya di bidang
hukum, misalnya segera
melapor kepada polisi
atas terjadinya kejahatan yang diketahui. Ketiga,
watak-watak kewarganegaraan (civic disposition), komponen
ini sesungguhnya merupakan dimensi yang paling substantif dan esensial
dalam mata pelajaran PKn. Dimensi
watak kewarganegaraan dapat
dipandang sebagai “muara” dari
pengembangan kedua dimensi sebelumnya. Dengan memperhatikan visi, misi,
dan tujuan mata
pelajaran PKn, karakteristik
mata pelajaran PKn ditandai
dengan penekanan pada
dimensi watak, karakter,
sikap dan potensi
lain yang bersifat afektif.
c. Fungsi
dan Tujuan Pembelajaran PKn
PKn
sebagai salah satu
mata pelajaran bidang
sosial dan kenegaraan memiliki fungsi
yang sangat esensial
dalam meningkatkan kualitas
manusia Indonesia yang memiliki
keterampilan hidup bagi
diri, masyarakat, bangsa
dan negara. Sebagai program
kurikuler di persekolahan,
PKn memfokuskan pada pembentukkan diri yang beragam dari segi
agama, sosio-kultural, bahasa, usia dan suku
bangsa untuk menjadi
warga negara yang
cerdas, terampil dan
berkarakter yang diamanatkan oleh
Pancasila dan UUD
1945. (lampiran peraturan
menteri Pendidikan Nasional RI nomor 22 tahun 2006).Nu’man Somantri
(2001:166), memberikan pemaparan
mengenai fungsi PKn sebagai
berikut: “Usaha sadar yang dilakukan secara
ilmiah dan psikologis
untuk memberikan kemudahan belajar
kepada peserta didik
agar terjadi internalisasi moral
Pancasila dan pengetahuan
kewarganegaraan untuk
melandasi tujuan pendidikan
nasional, yang diwujudkan
dalam integritas pribadi dan
perilaku sehari-hari”.
Menurut Kosasih
Djahiri (1995:10), mata
pelajaran PKn memiliki
dua tujuan, yaitu tujuan secara umum dan tujuan secara khusus.
1) Secara
umum, tujuan PKn
harus ajeg dan
mendukung keberhasilan pencapaian
Pendidikan Nasional, yaitu: ”Mencerdaskan kehidupan bangsa yang mengembangkan
manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang
luhur, memiliki kemampuan
pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani,
kepribadian mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan
kebangsaan”.
2) Secara
khusus, tujuan PKn
yaitu membina moral
yang diharapakan diwujudkan dalam
kehidupan sehari-hari yaitu
perilaku yang memancarkan iman
dan takwa terhadap
Tuhan Yang Maha
Esa dalam masyarakat yang
terdiri dari berbagai
golongan agama, perilaku
yang bersifat kemanusiaan yang
adil dan beradab,
perilaku yang mendukung kerakyatan yang
mengutamakan kepentingan bersama
di atas kepentingan
perseorangan dan golongan
sehingga perbedaan pemikiran
pendapat ataupun kepentingan diatasi
melalui musyawarah mufakat,
serta perilaku yang mendukung
upaya untuk mewujudkan
keadaialn sosial seluruh rakyat Indonesia”.
Berdasarkan pendapat di atas jelas bagi kita
bahwa PKn bertujuan mengembangkan potensi individu warga negara, dengan
demikian maka seorang guru PKn haruslah menjadi guru yang berkualitas dan
profesional, sebab jika guru tidak berkualitas tentu tujuan PKn itu sendiri
tidak tercapai. Secara garis besar mata pelajaran Kewarganegaraan memiliki 3
dimensi yaitu :
1. Dimensi Pengetahuan Kewarganegaraan (Civics Knowledge) yang mencakup bidang
politik, hukum dan moral.
2. Dimensi Keterampilan Kewarganegaraan (Civics Skills) meliputi keterampilan
partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3. Dimensi Nilai-nilai Kewarganegaraan (Civics Values) mencakup antara lain
percaya diri, penguasaan atas nilai religius, norma dan moral luhur. (Depdiknas
2003 : 4)
b. Prestasi Hasil Belajar
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, prestasi berarti hasil yang telah
dicapai setelah melakukan kegiatan (Depdiknas, 2003:895). Istilah prestasi
sangat banyak digunakan dalam berbagai bidang kegiatan antara lain dalam bidang
kesenian, olahraga, pendidikan, dan pengajaran.
Belajar yang merupakan aktifitas, pasti memiliki faktor yang berpengaruh.
Pengaruh positif membuat belajar menjadi
lebih berhasil dan pengaruh negatif akan membuat belajar kurang
berhasil. Menurut Tabrani Rusyam,
Atasy Kusnidar, Zaenal Arifin, (1986 : 61) bahwa: Prestasi belajar yang dicapai individu merupakan interaksi antara
berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik dari dalam (faktor intern) maupun faktor dari luar individu
(ekstern).
Jadi yang dimaksud prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh
seseorang setelah melakukan aktivitas belajar. Seseorang yang mengalami proses
belajar supaya berhasil sesuai dengan apa yang harus dicapai, perlulah kiranya
memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar.
Seseorang juga mengalami proses belajar supaya berhasil sesuai dengan apa
yang harus dicapainya, perlulah kiranya memperhatikan beberapa faktor yang
dapat mempengaruhi hasil belajar.
1)
Faktor Internal
Adalah faktor yang menyangkut seluruh diri pribadi termasuk fisik maupun
mental atau psikofisiknya yang ikut menentukan berhasil tidaknya seseorang
dalam belajar.
2)
Faktor Eksternal
Adalah faktor yang bersumber dari luar individu yang bersangkutan
misalnya, ruang belajar yang tidak memenuhi syarat, alat-alat pelajaran yang
tidak memadai dan lingkungan sosial maupun lingkungan alamiahnya. Begitu pula motivasi orang tua
yang juga penting untuk mencapai apa yang diharapkan.
c. Keaktifan
Menurut Cece W (1992:181), mengatakan bahwa cara belajar siswa aktif
atau Student Active
Learning, sebenarnya bukan
merupakan barang baru
dalam dunia pendidikan, setidak-tidaknya sebagai
konsep walau masih
belum sepenuhnya terwujud dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Keaktifan siswa dalam
proses belajar menurut
Nana. S (1990:61) mengemukakan bahwa
kriteri keaktifan siswa
dapat dilihat dalam
berbagai hal antara lain:
a.
Turut serta dalam melaksanakan
tugas belajarnya
b.
Terlibat dalam pemecahan
masalah
c.
Bertanya kepada
siswa lain atau
kepada guru tentang
masalah yang belum dipahaminya
d.
Berusaha mencari
berbagai informasi yang
diperlukan yang berkaitan
dengan pemecahan masalah yang
berkaitan dengan pemecahan
masalah yang dipelajarinya.
e.
Kesempatan menggunakan
atau menerapkan apa
yang telah diperolehnya dalam menyelesaikan tugas atau
persoalan yang dihadapi
f.
Dapat dilihat
dari motivasi belajar
siswa yang dapat
ditunjukkan dalam hal minat dan perhatian siswa dalam
pelajaran, semangat siswaa dalam melakukan tugas belajar, reaksi yang ditunjukkan
siswa terhadap stimulus yang diberikan
guru dan ungkapan rasa senang dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
d. Metode Pembelajaran
Upaya untuk
meningkatkan keberhasilan belajar siswa diantaranya dapat dilakukan melalui
upaya memperbaiki proses belajar mengajar. Dalam perbaikan proses belajar
mengajar ini peran guru sangat penting. Oleh karena itu sepatutnya guru atau
pengajar mampu mencari strategi yang dipandang dapat membelajarkan siswa
melalui proses belajar mengajar yang dilaksanakannya, agar tujuan pengajaran
dapat tercapai secara efektif, dan hasil belajarnya diharapkan dapat lebih
ditingkatkan.
Setiap
proses belajar mengajar menuntut suatu strategi tertentu, strategi belajar
mengajar mempunyai hubungan yang erat dengan metode pembelajaran. Hal ini
dirumuskan oleh Drs. E. Kusmana (1985 : 86) adalah strategi belajar mengajar
yang pada hakikatnya adalah perancang prosedur dan langkah-langkah yang akan
ditempuh guna mencapai tujuan pengajaran tertentu, oleh karena itu perancangan
dan pelaksanaan suatu strategi belajar mengajar harus dilandasi oleh
pengetahuan, pemahaman dan keterampilan penggunaan metode pembelajaran yang memadai.
2.
Metode Diskusi
a.
Pengertian Metode Diskusi
Metode diskusi
adalah salah satu
metode pembelajaran agar
siswa dapat berbagi pengetahuan,
pandangan, dan keterampilan. (Sumiati, 141, 2008). Tujuan dari metode
diskusi adalah untuk
mengeksplorasi pendapat atau
pandangan yang berbeda dan untuk
mengidentifikasi berbagai kemungkinan. Pembelajaran diskusi
kelompok adalah suatu
pembelajaran teman sebaya dimana
siswa bekerja dalam
kelompok yang mempunyai
tanggung jawab individual maupun
kelompok terhadap ketuntasan tugas-tugas. Pada pembelajaran diskusi kelompok,
siswa ditempatkan pada
kelompok-kelompok diskusi dan tinggal
bersama sebagai satu
kelompok untuk beberapa
minggu atau bulan. Mereka
berlatih
ketrampilan-ketrampilan
untuk bekerja sama
dengan baik, membantu teman dalam
kelompoknya masing-masing (Suradi, 2004).
Adapun ciri-ciri
dari penggunaan model
pembelajaran diskusi kelompok adalah sebagai berikut:
1)
Siswa bekerja
dalam kelompok secara
diskusi kelompok untuk
menuntaskan materi belajarnya.
2)
Kelompok dibentuk dari siswa
yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
3)
Bilamana mungkin,
anggota kelompok berasal
dari ras, budaya,
suku, jenis kelamin yang
berbeda-beda.
4)
Penghargaan lebih
berorientasi kelompok ketimbang
individu. Pembelajaran Diskusi
kelompok dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan penting, yaitu
hasil belajar akademik,
penerimaan terhadap keragaman
dan pengembangan ketrampilan sosial (Fida Rachmadiati: 2003: 7).
Terdapat enam
langkah utama atau
tahapan di dalam
pelajaran yang menggunakan pembelajaran
kooperatif, yaitu:
1)
Menyampaikan tujuan dan
memotivasi siswa
Pelajaran
dimulai dengan guru
menyampaikan pelajaran dan
memotivasi siswa untuk belajar.
2)
Menyajikan informasi
Fase ini diikuti
oleh penyajian informasi,
seringkali dengan bahan
bacaan daripada secara verbal.
3)
Mengorganisasikan siswa ke
dalam kelompok-kelompok belajar.
Guru
menjelaskan kepada siswa
bagaimana caranya membentuk
kelompok belajar dan membantu setiap kelompok melakukan transisi secara
efisien.
4)
Membimbing kelompok bekerja dan
belajar
Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar
pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
5)
Evaluasi
Pada tahap
ini pembelajaran Diskusi
kelompokmeliputi presentasi hasil
akhir kerja kelompok atau evaluasi tentang apa yang mereka pelajari.
6)
Memberi penghargaan
Pada tahap akhir
guru memberi penghargaan terhadap usaha-usaha dan hasil belajar kelompok
maupun individu.
Terdapat beberapa
variasi dari model
pembelajaran diskusi kelompok adalah salah satunya. Di dalam
pembelajaran ini, siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil
menggunakan inkuiri Diskusi
kelompok(pembelajaran Diskusi
kelompok bercirikan penemuan), diskusi kelompok dan perencanaan
kooperatif.
Dalam
metode ini, siswa
tergabung dalam kelompok-kelompok yang terdiri
dari empat sampai
enam anggota. Setelah
memilih subtopik dari
sebuah topik yang sedang
dipelajari seluruh kelas, kelompok-kelompok itu memecahkan subtopik mereka. Setiap kelompok kemudian
membuat presentasi/peragaan untuk mengkomunikasikan temuanya kepada seluruh
kelas. Guru yang
menggunakan diskusi kelompok
memiliki sedikitnya tiga tujuan,
yaitu: (1). Diskusi
Kelompok membantu siswa
belajar bagaimana
menyelidiki suatu topik
secara sistematis dan
analitis (proses inkuiri),
(2). Pemahaman yang mendalam
atas suatu materi,
(3). Diskusi belajar
bagaimana bekerjasama dalam memecahkan suatu masalah.
Menurut Sharan
dkk (1994:67-68), terdapat enam
tahapan diskusi kelompok yaitu sebagai berikut:
a.
Pemilihan topik
Siswa
memilih subtopik dari
topik yang dipelajari,
yang biasanya ditetapkan oleh
guru. Dalam hal
ini siswa memilih
lembar kegiatan yang disediakan
oleh guru. Selanjutnya siswa diorganisasikan menjadi empat sampai
enam anggota tiap
kelompok menjadi kelompok-kelompok yang
berorientasi tugas. Komposisi
kelompok hendaknya heterogen
secara akademis maupun etnis.
b.
Perencanaan Diskusi kelompok
Siswa
dan guru merencanakan
prosedur pembelajaran, tugas
dan tujuan khusus tentang subtopik yang telah dipilih pada tahap
pertama.
c.
Implementasi
Siswa
menerapkan rencana yang
telah mereka kembangkan
didalam tahap kedua. Kegiatan
pembelajaran hendaknya melibatkan
ragam aktivitas dan ketrampilan yang luas dan hendaknya mengarahkan
siswa kepada jenis-jenis sumber
belajar yang berbeda
baik didalam maupun diluar
sekolah. Guru secara
ketat mengikuti kemajuan
tiap kelompok dan menawarkan
bantuan bila diperlukan.
d.
Analisis dan sintesis
Siswa
menganalisis dan mengevaluasi
informasi yang diperoleh
pada tahap ketiga dan
merencanakan bagaimana informasi
tersebut diringkas dan disajikan
sebagai bahan untuk
dipresentasikan kepada seluruh
kelas.
e.
Presentasi hasil final
Beberapa kelompok menyajikan hasil
penyelidikannya kepada seluruh kelas, dengan tujuan agar siswa yang lain
terlibat satu sama lain dalam pekerjaan mereka dan memperoleh perspektif luas
pada topik itu.
f.
Evaluasi
Siswa dan guru mengevaluasi tiap
konstibusi kelompok terhadap kerja kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi
yang dilakukan dapat berupa penilaian individual atau kelompok.
Menurut Martinis Yamin, (2007 : 158) menerangkan bahwa metode diskusi merupakan interaksi
antara siswa dan siswa atau siswa dengan guru untuk menganalisis, memecahkan
masalah, menggali atau memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu. Metode
diskusi ini digunakan oleh guru, pelatih, dan bila :
a. Menyediakan bahan, topik, atau masalah yang
akan didiskusikan
b. menyebutkan pokok-pokok masalah yang akan
dibahas atau memberikan studi khusus kepada siswa sebelum menyelenggarakan
diskusi,
c. Menugaskan siswa untuk menjelaskan,
menganalisis, dan meringkas,
d. Membimbing diskusi, tidak memberi ceramah,
e. Sabar terhadap kelompok yang lamban dalam
mendiskusikannya,
f. Waspada terhadap kelompok yang tampak
kebingungan atau berjalan dengan tidak menentu,
g. Melatih siswa dalam menghargai pendapat orang
lain.
Metode diskusi ini tepat digunakan bila :
a. Siswa berada di tahap menengah atau tahap akhir
prores belajar,
b. Pelajaran formal atau magang,
c. Perluasan pengetahuan yang telah dikuasai
siswa,
d. Belajar mengidentifikasi dan memecahkan masalah
serta mengambil keputusan,
e. Membiasakan siswa berhadapan dengan berbagai
pendekatan, interpretasi, dan kepribadian,
f. Menghadapi masalah secara berkelompok,
g. Membiasakan siswa untuk beragumentasi dan
berfikir rasional.
Metode diskusi memiliki keterbatasan sebagai
berikut :
a. Menyita waktu lama dan jumlah siswa harus lebih
sedikit
b. Mempersyaratkan siswa memiliki latar belakang
yang cukup tentang topik atau masalah
yang didiskusikan,
c. Metode ini tidak tepat digunakan pada tahap
awal proses belajar bila siswa baru diperkenalkan kepada bahan pembelajaran
baru,
d. Apatis bagi siswa yang tidak terbiasa berbicara
dalam forum.
Dalam pelaksanaan pembelajaran, metode diskusi mempunyai kelebihan.
Kelebihan ini sebagai
bahan pertimbangan penggunaan
metode diskusi dalam pembelajaran. Adapun beberapa kelebihan
metode diskusi menurut Sudirman dkk (2000:52) sebagai berikut.
a. Merangsang kretivitas
siswa dalam bentuk
ide, gagasan, prakarsa,
dan terobosan baru dalam pemecahan masalah.
b. Membiasakan siswa
untuk bertukar pikiran
dengan teman atau
pihak lain dalam mengatasi
suatu masalah yang
sangat diperlukan bagi
siswa setelah kembali ke dalam masyarakat (keluarga dan dunia kerja)
c. Keterampilan menyajikan
pendapat, mempertahankan pendapat,
menghargai dan menerima
pendapat orang lain,
serta sikap demokratis dapat dibina melalui diskusi.
d. Cakrawala berpikir lebih luas dalam mengatasi
suatu masalah.
e. Hasil
diskusi adalah hasil
pemikiran bersama dan
dipertanggungjawabkan bersama yang melibatkan banyak orang.
Berdasarkan pendapat di
atas, kelebihan metode
diskusi terutama diarahkan kepada
pemecahan masalah yang tidak bisa
dilakukan secara individu. Selain
itu, pelaksanaan diskusi
memberikan kesempatan kepada
siswa yang lain untuk
bertukar pikiran, temuan,
dan hal-hal lain
yang tidak diketahui
sendiri, tetapi diketahui oleh
orang lain. Melalui
diskusi pula cara
kreativitas berpikir dapat dipacu
dengan baik dalam
rangka memecahkan masalah
yang dihadapi bersama.
Selain mempunyai kelebihan,
metode diskusi mempunyai
kelemahan. Kelemahan metode diskusi
merupakan bahan pertimbangan
bagi guru dalam menggunakannya. Selain
iu, kelemahan metode
diskusi dapat dijadikan
dasar bagian mana yang
perlu ditingkatkan. Secara
jelas, kelemahan metode
diskusi menurut Sudirman dkk (2000:53) yaitu sebagai berikut.
a. Menentukan masalah
yang tingkat kesulitan
dan menarik sesuai
dengan tingkatan siswa tertentu, bukanlah pekerjaan yang mudah.
b. Sering pembicaraan
diborong oleh hanya
2-3 orang siswa
yang telah terbiasa dan terampil mengemukakan
pendapat.
c. Memerlukan waktu
yang agak longgar karena sering terpaksa memperpanjang waktu dari yang
direncanakan.
d. Kadang-kadang pembahasan dapat meluas dan
mengambang sehingga sasaran untuk pemecahan masalah pokok menjadi kabur.
e. Perbedaan
pendapat yang emosional
yang tak terkontrol
terkadang dapat menyinggung
perasaan, bahkan ada kalanya berlanjut dengan bentrokan fisik di luar kelas.
Pendapat lain tentang
kelemahan metode diskusi,
dikemukakan pula oleh Sanjaya (2006:154) yaitu sebagai
berikut.
a. Sering terjadi pembicaraan dalam diskusi
dikuasaasi oleh 2 atau 3 orang siswa yang memiliki keterampilan berbicara.
b. Kadang-kadang
pembahasan dalam diskusi
meluas sehingga kesimpulan menjadi kabur.
c. Memerlukan
waktu yang cukup
panjang, yang kadang-kadang
tidak sesuai dengan yang
direncanakan.
d. Dalam diskusi sering terjadi perbedaan
pendapat yang bersifat emosional yang tidak
terkontrol. Akibatnya, kadang-kadang
ada pihak yang
merasa tersinggung sehingga dapat mengganggu suasana pembelajaran.
b.
Penerapan Metode Diskusi pada
Pembelajaran PKn Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Politik Luar Negeri Dalam
Hubungan Internasional Di Era Global
1.
Tahap Persiapan
a.
Merumuskan tujuan pembelajaran
yang akan didiskusikan, yaitu politik luar Indonesia negeri yang bebas dan
aktif.
b.
Merumuskan permasalahan dengan
jelas dan ringkas
c. Mempertimbangkan karakteristik anak dengan
benar, dengan mempertimbangkan kedekatan pertemanan, kesamaan minat maupun
tingakt kecerdasan masing-masing siswa
d.
Menyiapkan kerangka diskusi
yang meliputi : (1) menentukan dan
merumuskan aspek-aspek masalah, (2) menentukan alokasi waktu, (3) menuliskan garis besar bahan diskusi, (3)
menentukan format susunan tempat, (4)
menetukan aturan main jalannya diskusi.
e.
Menyiapkan fasilitas diskusi,
meliputi: (1) menggandakan bahan
diskusi, (2) menentukan dan mendisain
tempat diskusi, (3) mempersiapkan alat-alat peraga yang dibutuhkan.
2.
Tahap pelaksanaan
a.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran, misalnya agar siswa dapat menguasai konsep politik luar negeri
Indonesia yang bebas dan akti.
b.
Menyampaikan pokok-pokok yang
akan didiskusikan, misalnya contoh upaya-uapa nyata yang dilakukan pemerintah
Indonesia dalam menerapkan sistem politik luar negeri yang bebas dan aktif
dalam percaturan politik dunia.
c.
Menjelaskan prosedur diskusi.
d.
Mengatur dan membentuk beberapa
kelompok-kelompok diskusi, dengan mempertimbangkan kedekatan pertemanan,
kesamaan minat maupun tingkat kecerdasan masing-masing siswa
3.
Tahap penutup
a. Memberi kesempatan kelompok untuk
melaporkan hasil.
b. Memberi kesempatan kelompok untuk
menanggapi.
c.
Memberikan umpan balik.
d.
Menyimpulkan hasil diskusi.
B. Kerangka Berpikir
Prestasi yang dicapai oleh siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dirasakan kurang sehingga perlu inisiatif
untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Seperti pada temuan di lapangan tempat
peneliti mengajar, menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi yang ada
dengan kondisi yang kita harapkan. Pada studi pendahuluan bidang studi
Pendidikan Kewarganegaraan materi politik luar negeri Indonesia menunjukkan daya serap siswa masih rendah
dalam memahami materi
Penerapan
metode diskusi kelompok dalam
menyampaikan materi materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan
internasional di era global, dengan menerapkan metode ini diharapkan siswa memiliki pengalaman baru dalam belajar, serta
dapat mencapai tujuan pembelajaran yang
diharapkan, karena tujuan dari pembelajaran itu pada intinya adalah mencapai kompetensi yang telah
ditetapkan, selain itu pembelajaran akan lebih
bervariatif, sedang manfaat bagi guru tersebut adalah mampu mengembangkan berbagai macam metode dan
strategi, satu metode atau strategi yang
bagus belum tentu layak atau mungkin
tidak layak sama sekali jika diterapkan
secara terus menerus, dalam arti digunakan pada semua kompetensi dasar, sehingga metode yang bagus
sekalipun jika digunakan secara terus
menerus hal itu justru akan menimbulkan perasaan jenuh pada diri siswa, seorang guru harus mampu memilih dan
memilah metode maupun strategi belajar
guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, karena situasi belajar yang menyenangkan terbukti
dapat membantu siswa mencerna, memahami,
dan mengolah materi yang didapatkan. Dalam metode ini, siswa benar-benar terlibat secara aktif dalam
proses pembelajaran
Adapun kerangkan berpikir dalam pelaksanaan penelitian
tindakan kelas ini adalah :
Gambar 2.1 Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas
C. Hipotesis Tindakan
Berdasarkan
kerangka berpikir sebagaimana tersebut di atas, maka penulis mengajukan
hipotesis sebagai berikut :
1. Penggunaan metode diskusi pada pembelajaran
PKn materi mendeskripsikan
politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa
kelas IX
SMP 3 ........................ tahun pelajaran ...................
2. Penggunaan metode diskusi pada pembelajaran
PKn materi materi mendeskripsikan politik
luar negeri dalam hubungan internasional di era global dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP 3 ........................
tahun pelajaran ...................
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.