– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK KENAIKAN PANGKAT MAPEL PKN SMP

Tuesday 22 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT MAPEL PKN SMP









LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR  PKn MATERI POLITIK  LUAR NEGERI INDONESIA MELALUI PENERAPAN  METODE DISKUSI  SISWA KELAS IX
SMP N 3 ........................
TAHUN 2013/2014



Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan




Oleh :

……………………………
NIP. ………………………







SMPN 3 ........................
DINAS PENDIDIKAN ............................. KABUPATEN ......................
Jln. .........................................

KATA PENGANTAR

            Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillaah kami telah dapat  menyelesaikan penyusunan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) SMPN 3 ......................... Masalah yang kami angkat berjudul  Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar  PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia Melalui Penerapan  Metode Diskusi  Siswa Kelas IX SMP N 3 ........................ TAHUN 2013/2014”.
            Dalam penyusunan PTK ini tentu saja tidak terlepas  dari kerja sama tim penyusun dan bantuan semua guru yang ada di lingkungan SMPN 3 ......................... Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini kami sangat menghargai dan kami ucapkan terimakasih. Kami menyadari PTK yang kami susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat kami harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTK  di masa mendatang.
            Sebagai akhir kata, kami berharap dengan penyusunan PTK ini  bisa bermanfaat  untuk  mengevaluasi masalah yang kami hadapi dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan  di SMPN 3 .........................
                                                                                        
………………………..

Penulis







LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar  PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia Melalui Penerapan  Metode Diskusi  Siswa Kelas IX SMP N 3 ........................ TAHUN 2013/2014
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.    Provinsi
g.   Alamat Kantor
h.   Telepon


3.
Lama Penelitian
3 (tiga) bulan
Dari bulan……………. s.d ………………..
4.
Sumber Dana
Swadaya


                                                                                .........., ...........................

Mengetahui,
Kepala Sekolah .................                                     Peneliti.



.........................................                                            .........................................
NIP. .................................                                           NIP. .................................

Ketua  PGRI                                                           Pustakawan
..................................                                              SMA .....................................    




.........................................                                       .........................................          
NTA. .................................                                     NIP. .................................




ABSTRAK
................. NIP. .................. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar  PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia Melalui Penerapan  Metode Diskusi  Siswa Kelas IX SMP N 3 ........................ Tahun 2013/2014.
Berdasarkan observasi di kelas VII SMPN 3 ........................, terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn salah satunya adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar pada materi politik luar negeri Indonesia. Tujuan dilaksanakannya perbaikan pembelajaran tersebut adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi politik luar negeri Indonesia pada siswa kelas VII SMPN 3 ......................... Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan dan observasi, (3) refleksi, dan (4) revisi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 3 ........................ sebanyak 37 siswa yang terdiri dari …… siswa laki-laki dan ….. siswa perempuan. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, perangkat soal, lembar pengamatan dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan adalah metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada pra siklus sebanyak 5 siswa (13,51%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan metode diskusi pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa atau 54,05% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 35 siswa atau 94,59%. Penjelasan mengenai peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada pembelajaran PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia dengan menggunakan metode diskusi  menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan di mana pada pra siklus sebesar 58,11 meningkat menjadi 64,32 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,86 dan keaktifan siswa yang juga meningkat dari 6 siswa atau 16,22% menjadi 19 siswa atau 51,35% dan pada siklus terakhir menjadi 100%  atau 37 siswa. Dari penjelasan mengenai hasil proses perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa VII SMPN 3 .........................

Kata Kunci : diskusi, keaktifan, hasil belajar













DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................     1
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................      2
C.   Analisis Masalah ....................................................................      2
D.  Pembatasan Masalah ..............................................................      3
E.   Rumusan Masalah ..................................................................      4
F.   Tujuan Penelitian....................................................................      4
G.  Manfaat Penelitian..................................................................      5
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................      7
B.   Kerangka Berpikir .................................................................    31
      1.  Kondisi Awal....................................................................    31
      2.  Tindakan ...........................................................................    31
      3.  Kondisi Akhir ...................................................................    34
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................    35
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian....................................................................       
B.     Subjek Penelitian ...................................................................       
C.     Data dan Sumber Data...........................................................       
D.    Instrumen Penelitian ..............................................................       
E.     Teknik Pengumpulan Data .....................................................       
F.      Desain Penelitian....................................................................
G.    Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Penelitian.............................       
H.    Validitas Data.........................................................................       
I.       Analisa Data ..........................................................................       
J.       Indikator Kinerja....................................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Kondisi Awal.........................................................    51
B.   Deskripsi Per Siklus ...............................................................    53
      1.  Siklus pertama ..................................................................    53
           a.   Perencanaan.................................................................    53
           b.   Tindakan......................................................................    54
           c.   Pengamatan ................................................................    62
           d.   Refleksi .......................................................................    62
      2.  Siklus kedua......................................................................    62
           a.   Perencanaan.................................................................    63
           b.   Tindakan......................................................................    63
           c.   Pengamatan ................................................................    69
           d.   Refleksi .......................................................................    70
C.   Pembahasan............................................................................    70
D.  Hasil Tindakan .......................................................................    76

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................    77
B.   Saran dan Tindak Lanjut........................................................    77

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN
















DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman


3.1    Usia Siswa Berdasarkan Kelompok Umur .............................................      40

3.2    Daftar Pekerjaan Orang Tua Siswa..........................................................      40

4.1    Hasil Tes Formatif Kondisi Awal ...........................................................      52

4.2    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia  Siklus I    ................................................................................................................. 59

4.3    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan   Siswa Pembelajaran PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia  Siklus I.......................................................................      61

4.4    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia  Siklus II   ................................................................................................................. 67

4.5    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan    Siswa Pembelajaran PKn Materi Politik Luar Negeri Indonesia  Siklus II......................................................................      68

4.6    Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal Siklus I dan Siklus II                 71

4.7    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Temuan Awal Siklus I dan Siklus II.....      72

4.8    Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan    Siswa pada Siklus I dan Siklus II                    74














DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

2.1    Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas ........................................         

3.1    Daur PTK (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, 2006:46)...........................         

4.1    Pelaksanaan KAA di bandungTahun 1955 (Sumber :  Buku PKn Kelas VI, Halili , dkk, 2009 : 112 ) .................................................................................................................         

4.2    Pengiriman Kontingen Garuda Perdamaian (Sumber :  Buku PKn Kelas VI, Kokom , dkk, 2009 : 86 ).................................................................................................................         

4.3    Kunjungan Kerja Bilateral antara dua negara (Sumber :  Buku PKn Kelas VI, Kokom , dkk, 2009 : 94 ) .................................................................................................................         

4.4    Pengiriman kontingen Sea Games ..........................................................         

4.5    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II           

4.6    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa pada Siklus I dan II..         

4.7    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan  Pada Siklus I dan II                    















DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    5     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    6     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     :    Data Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     :    Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    10   :    Lembar Observasi Kegiatan Guru Dalam Proses Pembelajaran 
Lampiran    11   :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    12   :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

PKn merupakan pelajaran kehidupan, jadi PKn merupakan pelajaran  yang sangat konstektual karena sebagian besar materi yang diajarkan merupakan  cerminan kehidupan sehari-hari, jadi siswa dapat melihat secara langsung  praktek dari materi yang telah diajarkan tersebut dalam kehidupan mereka,  tentunya jika para peserta didik tersebut paham dan mengerti apa yang telah mereka pelajari, akan tetapi hal itu ternyata belum dapat dimengerti oleh para siswa tersebut, hal  ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang belum bisa menghormati teman-temannya, orangtuanya, bahkan terkadang guruya,  padahal materi saling menghormati juga dipelajari dalam pelajaran PKn, akan  tetapi materi tersebut ternyata belum membekas dalam diri siswa. Oleh karena  pentingnya pelajaran ini maka seharusnya guru mata pelajaran ini harus  merupakan guru yang benar-benar berkompeten dalam menyampaikan materi  tersebut kepada siswa, masih banyak materi PKn yang lain yang tidak kalah  pentingnya, seperti tenggang rasa, disiplin, dan lain-lain.
Selama ini prestasi yang dicapai oleh siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dirasakan kurang sehingga perlu inisiatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Seperti pada temuan di lapangan tempat peneliti mengajar, menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang kita harapkan. Pada studi pendahuluan bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan materi materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global menunjukkan daya serap siswa masih rendah dalam memahami materi.
Dari siswa kelas IX  SMP 3 ........................ yang berjumlah 37 anak, hanya 5 anak  (13,51%) yang mencapai kategori tuntas. Artinya sebagian besar siswa belum mencapai tingkat penguasaan materi 70% ke atas atau mendapat nilai 70, dengan tingkat keaktifan belajar sebesar 16,22% atau 6 orang siswa dari 37 siswa, serta perolehan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 58,11 dengan standar nilai KKM sebesar 70.

B.     Indentifikasi Masalah

Berdasarkan hal tersebut di atas, peneliti meminta bantuan teman sejawat dan supervisor untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah sebagai berikut :
1.      Siswa kurang kritis dalam memahami materi pelajaran yang berhubungan dengan pengaruh globalisasi
2.      Siswa kurang menguasai materi mengenai pengaruh globalisasi yang ada di lingkungannya
3.      Keaktifan siswa dalam belajar rendah.
4.      Model pembelajaran yang diambil tidak tepat
5.      Guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif
6.      Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan penemuan informasi pada saat proses pembelajaran berlangsung.

C.    Analisis Masalah

Melalui refleksi diri, kaji literatur dan diskusi dengan supervisor dapat diketahui bahwa  kemungkinan faktor-faktor penyebab timbulnya masalah di atas adalah :
1.      Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi
2.      Guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif sehingga partisipasi siswa dalam proses pembelajaran berkurang.
3.      Pendekatan  pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar
4.      Penggunaan alat peraga pembelajaran yang kurang bervariasi
5.      Guru tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan penemuan informasi
6.      Guru kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran
Dalam hal ini penulis mencoba menerapkan metode diskusi kelompok  dalam menyampaikan materi politik luar negeri Indonesia, dengan menerapkan metode ini diharapkan siswa  memiliki pengalaman baru dalam belajar, serta dapat mencapai tujuan  pembelajaran yang diharapkan, karena tujuan dari pembelajaran itu pada  intinya adalah mencapai kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itu  berbagai macam metode dan strategi perlu digunakan agar siswa tidak merasa  jenuh dengan pembelajaran tersebut, selain itu pembelajaran akan lebih  bervariatif, sedang manfaat bagi guru tersebut adalah dia mampu  mengembangkan berbagai macam metode dan strategi, satu metode atau  strategi yang bagus belum tentu layak  atau mungkin tidak layak sama sekali  jika diterapkan secara terus menerus, dalam arti digunakan pada semua  kompetensi dasar, sehingga metode yang bagus sekalipun jika digunakan  secara terus menerus hal itu justru akan menimbulkan perasaan jenuh pada diri  siswa, seorang guru harus mampu memilih dan memilah metode maupun  strategi belajar guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, karena  situasi belajar yang menyenangkan terbukti dapat membantu siswa mencerna,  memahami, dan mengolah materi yang didapatkan. Dalam metode ini, siswa  benar-benar terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.
Metode yang konvensional seperti menjelaskan materi secara abstrak, hafalan materi dan ceramah dengan komunikasi satu arah, yang aktif masih didominasi oleh guru, sedangkan siswa biasanya hanya memfokuskan penglihatan dan pendengaran. Kondisi pembelajaran seperti inilah yang mengakibatkan siswa tidak bisa menerapkan pada kehidupan nyata. Disini guru dituntut untuk menerapkan metode diskusi sehingga siswa dapat mengemukakan ide dan argumentasinya selama proses pembelajaran. Selain itu penggunaan metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh guru juga menjadi salah satu faktor tercapainya keberhasilan dalam pendidikan.
Dalam hal ini, Silberman (2006:29) menyatakan bahwa penggunaan metode diskusi dipandang sebagai metode untuk memacu keaktifan siswa dalam mengikuti Proese Belajar Mengajar (PBM), sehingga pembelajaran monoton yang sering dialami oleh siswa akan tergantikan dengan suasana belajar yang lebih aktif. Diskusi kelas berperan sangat penting dalam belajar aktif.  
Dengan mendengarkan keluasan ragam pandangan menantang peran peserta. Dalam diskusi kelas, seorang guru berperan sebagai fasilitator dalam berjalannya diskusi yang dilaksanakan oleh siswa. Diskusi adalah percakapan ilmiah yang berisikan pertukaran pendapat, pemunculan ide-ide serta pendapat yang dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok itu untuk mencari kebenaran. Banyak masalah yang terjadi di lingkungan siswa yang memerlukan pembahasan lebih dari satu orang, yakni terutama masalah-masalah yang memerlukan kerjasama dan musyawarah. Jika demikian musyawarah atau diskusi jalan pemecahan yang memberi kemungkinan mendapatkan penyelesaian yang terbaik. Metode diskusi dalam proses mengajar dan belajar berarti metode mengemukakan pendapat dalam musyawarah untuk mufakat. Dengan demikian inti dari pengertian diskusi adalah meeting of minds. Di dalam memecahkan masalah diperlukan bermacam-macam argumentasi Dari argumentasi tersebut dipilihkan satu argumentasi yang lebih logis dan tepat serta mempunyai argumentasi yang kuat, jawaban yang ditolak adalah argumentasi yang mepunyai argumentasi lemah. Memang dalam diskusi untuk memperoleh pertemuan pendapat yang mufakat diperlukan pembahasan yang didukung oleh argumentasi yang kuat dan benar.
Pada pelaksanaannya, metode diskusi memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif dan memungkinkan adanya umpan balik yang bersifat langsung. Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode diskusi dapat meningkatkan siswa dalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah. Tetapi dalam transformasi pengetahuan, penggunaan metode diskusi hasilnya lambat dibanding penggunaan ceramah. Sehingga metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan kuantitas pengetahuan siswa dari pada metode diskusi. Diharapkan dengan menggunakan metode diskusi dalam proses pembelajaran PKn, akan menarik minat siswa mengikuti kegiatan belajar sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar.
Jika masalah ini dibiarkan berlanjut, jelas akan berdampak  buruk bagi proses dan hasil belajar. Dengan adanya kenyataan tersebut, peneliti  mencoba melakukan upaya perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK) pada pembelajaran PKn materi endeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global dengan menggunakan metode diskusi kelompok

D.    Pembatasan Masalah

Agar permasalahan yang akan diteliti tidak terlalu luas, maka pembatasan masalah dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran hanya difoluskan pada  :
a.       Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran PKn materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global .
b.      Upaya perbaikan yang dilaksanakan ditujukan pada peningkatan keaktifan dan  hasil belajar siswa.
c.       Objek yang diteliti adalah siswa kelas IX SMP 3 ........................ pada  pembelajaran PKn materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global

E.     Rumusan Masalah

Melalui refleksi diri dan diskusi dengan teman sejawat, dapat disimpulkan rumusan  masalahnya, yaitu
1.      Apakah penggunaan  metode diskusi kelompok  dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa  kelas IX SMP 3 ........................ dalam pembelajaran PKn materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global?
2.      Apakah penggunaan  metode diskusi kelompok  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP 3 ........................ dalam pembelajaran PKn materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global?

F.     Tujuan Penelitian

Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah :
1.      Tujuan Khusus
a.       Untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan metode diskusi dengan tingkat perkembangan siswa.
b.      Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan alat bantu pembelajaran terhadap  terhadap kreatifitas belajar siswa.
c.       Untuk mengetahui seberapa pengaruh diskusi terhadap tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa.
d.      Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi.
2.      Tujuan Umum
a.       Untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya.
b.      Untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat.

G.    Manfaat Penelitian

Diharapkan penelitian ini dapat memberi manfaat pada siswa, guru dan sekolah sebagai berikut :
1.      Manfaat Teoritis
Penelitian  ini  memberikan  data  empirik  bagi  kepentingan  peningkatan kualitas pengajaran di sekolah, khususnya yang berkaitan dengan  peningkatan  prestasi  siswa  dalam  belajar  PKn,  temuan  penelitian  ini  dapat  dijadikan  dasar  acuan  bagi  pengelolaan  pengembangan  strategi  dan  pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini dapat dijadikan pola pengembangan  metode mengajar, strategi belajar mengajar dan pengelolaan kelas.
2.      Manfaat Praktis
a.   Bagi guru (peneliti)
Pelaksanaan PTK dapat membuat guru sebagai peneliti sedikit demi  sedikit mengetahui strategi, media maupun metode pembelajaran yang  sesuai dengan tujuan atau kompetensi dasar pembelajaran. Selain  itu guru  dapat menyadari bahwa alam penciptaan kondisi pembelajaran selain  penguasaan metode, strategi dan media juga diperlukan kreatifitas yang  tinggi sehingga apa yang diterapkan sesuai dengan tingkat kemampuan  siswa yang sedang belajar.
b.   Bagi siswa 
Pelaksanaan PTK akan sangat membantu siswa dalam mencapai  tujuan pembelajaran secara optimal. Dengan adanya pembaharuan dalam  pembelajaran akan memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam proses  belajar mengajar, mengembangkan daya nalar dan mampu berpikir secara  kreatif, sehingga siswa termotivsi untuk mengikuti proses pembelajaran.
c.   Bagi sekolah
Hasil PTK sangat bermanfaat dalam rangka perbaikan sistem  pembelajaran, dan bagi guru yang lain dapat digunakan sebagai referensi  dalam memilih dan menerapkan suatu strategi, metode atau media yang  sesuai dengan tujuan atau kompetensi pembelajaran tertentu.  



BAB II 

KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS PENELITIAN


A.    Kajian Teori

1.    Keaktifan dan Hasil Pembelajaran PKn Materi Mendeskripsikan Politik Luar Negeri dalam Hubungan Internasional di Era Global
a.   Hakikat Pembelajaran PKn
Secara  bahasa,  istilah  Civic  Education oleh  sebagian  pakar diterjemahkan  ke  dalam  bahasa  Indonesia  menjadi  Pendidikan  Kewargaan  dan Pendidikan  Kewarganegaraan.  Menurut  Kerr  (dalam  Winataputra  dan Budimansyah,  2007:4), mengemukakan  bahwa  Citizenship  education  or  civics education didefinisikan sebagai berikut: “Citizenship  or  civics  education  is  construed  broadly  to  encompass  the preparation of young people for their roles and responsibilities as citizens and,  in  particular,  the  role  of  education  (trough  schooling,  teaching,  and learning) in that preparatory process”.
Cogan  (1999:4)  mengartikan  civic  education  sebagai   "...the  foundational course  work  in  school  designed  to  prepare  young  citizens  for  an  active  role  in their  communities  in   their  adult   lives",  yang  artinya  yaitu  suatu  mata  pelajaran dasar di sekolah  yang dirancang untuk mempersiapkan warga negara muda, agar kelak setelah dewasa dapat berperan aktif dalam masyarakatnya. 
Pendidikan  kewarganegaraan  menurut  Depdiknas  (2006:49)  adalah  mata pelajaran  yang  memfokuskan  pada  pembentukan  warga  negara  yang  memahami dan  mampu  melaksanakan  hak-hak  dan  kewajibannya  untuk  menjadi  warga negara  Indonesia  yang  cerdas,  terampil,  berkarakter  yang  diamanatkan  oleh Pancasila  dan  UUD  1945.  Lebih  lanjut  Somantri  (2001:154)  mengemukakan bahwa: “PKn  merupakan  usaha  untuk  membekali  peserta  didik  dengan pengetahuan  dan  kemampuan  dasar  yang  berkenaan  dengan  hubungan antar  warga  negara  dengan  negara  serta  pendidikan  pendahuluan  bela negara agar menjadi warga negara agar dapat diandalkan oleh bangsa dan negara”.
Dari  berbagai  definisi  diatas,  dapat  disimpulkan  bahwa  Pendidikan Kewarganegaraan  memiliki  dua  arti  yaitu  yang  pertama,  PKn  sebagai  bidang kajian  ilmu  kependidikan  yang  merupakan  seleksi  dan  adaptasi  dari  berbagai disiplin  ilmu  sosial,  humaniora,  dan  nilai  filosofis-yuridis,  yang  memfokuskan kepada  pembentukan  katakterwarga  negara  yang  baik  yaitu  warga  negara  yang religious,  cerdas  demokratis  dan  terampil  dalam  memahami,  menilai  dan mengambil  keputusan  terhadap  fenomena  sosial  secara  interdisipliner.  Kedua, PKn sebagai program kulikuler yang wajib di tingkat persekolahan dan perguruan tinggi  pendidikan  Kewarganegaraan  merupakan  bidang  studi  tersendiri  dalam program kulikuler yang wajib. PKn  disusun  untuk  mempersiapkan  warga  negara  yang  kritis,  analitis, aktif,  bersikap,  dan  bertindak  demikratis.  Tujuan  PKn  merupakan  usaha  untuk  membekali  peserta  didik  dengan  pengetahuan  dan  kemampuan  dasar  yang berkenaan  dengan  hubungan  antar  warga  negara  dengan  negara  serta  pendidikan pendahuluan  bela  negara  agar  menjadi  warga  negara  yang  dapat  diandalkan  oleh bangsa dan negara (Somantri, 2001:154). 
b.  Kompetensi PKn
Margaret S. Branson (1999:8) mengidentifikasikan tiga komponen penting dalam  Pendidikan  Kewarganegaraan,  yaitu  civic  knowledge  (pengetahuan kewarganegaraan),  civic  skills  (keterampilan  kewarganegaraan),  dan  civic disposition  (watak-watak  kewarganegaraan)”.  Komponen  pertama,  civic knowledge  “berkaitan  dengan  kandungan  atau  nilai  yang  seharusnya  diketahui oleh  warga  negara”  (Branson  1999:8).  Aspek  ini  menyangkut  kemampuan akademik-keilmuan  yang  dikembangkan  dari  berbagai  teori  atau  konsep  politik, hukum dan moral.
Dengan  demikian,  mata  pelajaran  PKn  merupakan  bidang  kajian multidisipliner.  Secara  lebih  terperinci,  materi  pengetahuan  kewarganegaraan meliputi  pengetahuan  tentang  hak  dan  tanggung  jawab  warga  negara,  hak  azasi manusia,  prinsip-prinsip  dan  proses  demokrasi,  lembaga  pemerintahan  dan  non pemerintahan,  identitas  nasional  pemerintahan  berdasarkan  hukum  (rule  of  law) dan  peradilan  yang  bebas  dan  tidak  memihak,  konstitusi,  serta  nilai-nilai  dan norma-norma dalam masyarakat. Kedua,  civic  skills  meliputi  keterampilan  intelektual  (intellectual  skills) dan  keterampian  berpartisipasi  (participation  skills)  dalam  kehidupan  berbangsa dan  bernegara.  Contoh  keterampilan  intelektual  adalah  keterampilan  dalam merespon  berbagai  persoalan  politik  misalnya,  merancang  dialog  dengan  DPRD. Contoh  keterampilan  berpartisipasi  adalah  keterampilan  menggunakan  hak  dan kewajibannya  di  bidang  hukum,  misalnya  segera  melapor  kepada  polisi  atas terjadinya kejahatan yang diketahui.  Ketiga,  watak-watak  kewarganegaraan  (civic  disposition),  komponen  ini sesungguhnya merupakan dimensi yang paling substantif dan esensial dalam mata pelajaran  PKn.  Dimensi  watak  kewarganegaraan  dapat  dipandang  sebagai “muara” dari pengembangan kedua dimensi sebelumnya. Dengan memperhatikan visi,  misi,  dan  tujuan  mata  pelajaran  PKn,  karakteristik  mata  pelajaran  PKn ditandai  dengan  penekanan  pada  dimensi  watak,  karakter,  sikap  dan  potensi  lain yang bersifat afektif.
c.   Fungsi dan Tujuan Pembelajaran PKn
PKn  sebagai  salah  satu  mata  pelajaran  bidang  sosial  dan  kenegaraan memiliki  fungsi  yang  sangat  esensial  dalam  meningkatkan  kualitas  manusia Indonesia  yang  memiliki  keterampilan  hidup  bagi  diri,  masyarakat,  bangsa  dan negara.  Sebagai  program  kurikuler  di  persekolahan,  PKn  memfokuskan  pada pembentukkan diri yang beragam dari segi agama, sosio-kultural, bahasa, usia dan suku  bangsa  untuk  menjadi  warga  negara  yang  cerdas,  terampil  dan  berkarakter yang  diamanatkan  oleh  Pancasila  dan  UUD  1945.  (lampiran  peraturan  menteri Pendidikan Nasional RI nomor 22 tahun 2006).Nu’man  Somantri  (2001:166),  memberikan  pemaparan  mengenai  fungsi PKn sebagai berikut: “Usaha  sadar  yang  dilakukan  secara  ilmiah  dan  psikologis  untuk memberikan  kemudahan  belajar  kepada  peserta  didik  agar  terjadi internalisasi  moral  Pancasila  dan  pengetahuan  kewarganegaraan  untuk melandasi  tujuan  pendidikan  nasional,  yang  diwujudkan  dalam  integritas pribadi dan perilaku sehari-hari”.
Menurut  Kosasih  Djahiri  (1995:10),  mata  pelajaran  PKn  memiliki  dua tujuan, yaitu tujuan secara umum dan tujuan secara khusus. 
1)   Secara  umum,  tujuan  PKn  harus  ajeg  dan  mendukung  keberhasilan pencapaian Pendidikan Nasional, yaitu: ”Mencerdaskan kehidupan bangsa yang mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang  luhur,  memiliki  kemampuan  pengetahuan  dan  keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan”.
2)   Secara  khusus,  tujuan  PKn  yaitu  membina  moral  yang  diharapakan diwujudkan  dalam  kehidupan  sehari-hari  yaitu  perilaku  yang memancarkan  iman  dan  takwa  terhadap  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dalam masyarakat  yang  terdiri  dari  berbagai  golongan  agama,  perilaku  yang bersifat  kemanusiaan  yang  adil  dan  beradab,  perilaku  yang  mendukung kerakyatan  yang  mengutamakan  kepentingan  bersama  di atas  kepentingan perseorangan  dan  golongan  sehingga  perbedaan  pemikiran  pendapat ataupun  kepentingan  diatasi  melalui  musyawarah  mufakat,  serta  perilaku yang  mendukung  upaya  untuk  mewujudkan  keadaialn  sosial  seluruh rakyat Indonesia”. 
Berdasarkan pendapat di atas jelas bagi kita bahwa PKn bertujuan mengembangkan potensi individu warga negara, dengan demikian maka seorang guru PKn haruslah menjadi guru yang berkualitas dan profesional, sebab jika guru tidak berkualitas tentu tujuan PKn itu sendiri tidak tercapai. Secara garis besar mata pelajaran Kewarganegaraan memiliki 3 dimensi yaitu :
1.   Dimensi Pengetahuan Kewarganegaraan (Civics Knowledge) yang mencakup bidang politik, hukum dan moral.
2.   Dimensi Keterampilan Kewarganegaraan (Civics Skills) meliputi keterampilan partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.   Dimensi Nilai-nilai Kewarganegaraan (Civics Values) mencakup antara lain percaya diri, penguasaan atas nilai religius, norma dan moral luhur. (Depdiknas 2003 : 4)
b.   Prestasi Hasil Belajar
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, prestasi berarti hasil yang telah dicapai setelah melakukan kegiatan (Depdiknas, 2003:895). Istilah prestasi sangat banyak digunakan dalam berbagai bidang kegiatan antara lain dalam bidang kesenian, olahraga, pendidikan, dan pengajaran.
Belajar yang merupakan aktifitas, pasti memiliki faktor yang berpengaruh. Pengaruh positif membuat belajar menjadi  lebih berhasil dan pengaruh negatif akan membuat belajar kurang berhasil. Menurut  Tabrani  Rusyam,  Atasy  Kusnidar,  Zaenal Arifin, (1986 : 61) bahwa: Prestasi belajar yang dicapai individu merupakan interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik dari dalam (faktor intern) maupun faktor dari luar individu (ekstern).
Jadi yang dimaksud prestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh seseorang setelah melakukan aktivitas belajar. Seseorang yang mengalami proses belajar supaya berhasil sesuai dengan apa yang harus dicapai, perlulah kiranya memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar.
Seseorang juga mengalami proses belajar supaya berhasil sesuai dengan apa yang harus dicapainya, perlulah kiranya memperhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar.
1)   Faktor Internal
Adalah faktor yang menyangkut seluruh diri pribadi termasuk fisik maupun mental atau psikofisiknya yang ikut menentukan berhasil tidaknya seseorang dalam belajar.
2)   Faktor Eksternal
Adalah faktor yang bersumber dari luar individu yang bersangkutan misalnya, ruang belajar yang tidak memenuhi syarat, alat-alat pelajaran yang tidak memadai dan lingkungan sosial maupun lingkungan  alamiahnya. Begitu pula motivasi orang tua yang juga penting untuk mencapai apa yang diharapkan.

c.   Keaktifan
Menurut Cece W (1992:181), mengatakan bahwa cara belajar siswa aktif atau  Student  Active  Learning,  sebenarnya  bukan  merupakan  barang  baru  dalam dunia  pendidikan,  setidak-tidaknya  sebagai  konsep  walau  masih  belum sepenuhnya terwujud dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Keaktifan  siswa  dalam  proses  belajar  menurut  Nana.  S  (1990:61) mengemukakan  bahwa  kriteri  keaktifan  siswa  dapat  dilihat  dalam  berbagai  hal antara lain:
a.       Turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya
b.      Terlibat dalam pemecahan masalah
c.       Bertanya  kepada  siswa  lain  atau  kepada  guru  tentang  masalah  yang  belum dipahaminya
d.      Berusaha  mencari  berbagai  informasi  yang  diperlukan  yang  berkaitan  dengan pemecahan  masalah  yang  berkaitan  dengan  pemecahan  masalah  yang dipelajarinya.
e.       Kesempatan  menggunakan  atau  menerapkan  apa  yang  telah  diperolehnya dalam menyelesaikan tugas atau persoalan yang dihadapi
f.       Dapat  dilihat  dari  motivasi  belajar  siswa  yang  dapat  ditunjukkan  dalam  hal minat dan perhatian siswa dalam pelajaran, semangat siswaa dalam melakukan tugas belajar, reaksi yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan  guru dan ungkapan rasa senang dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
d.   Metode Pembelajaran
Upaya untuk meningkatkan keberhasilan belajar siswa diantaranya dapat dilakukan melalui upaya memperbaiki proses belajar mengajar. Dalam perbaikan proses belajar mengajar ini peran guru sangat penting. Oleh karena itu sepatutnya guru atau pengajar mampu mencari strategi yang dipandang dapat membelajarkan siswa melalui proses belajar mengajar yang dilaksanakannya, agar tujuan pengajaran dapat tercapai secara efektif, dan hasil belajarnya diharapkan dapat lebih ditingkatkan.
Setiap proses belajar mengajar menuntut suatu strategi tertentu, strategi belajar mengajar mempunyai hubungan yang erat dengan metode pembelajaran. Hal ini dirumuskan oleh Drs. E. Kusmana (1985 : 86) adalah strategi belajar mengajar yang pada hakikatnya adalah perancang prosedur dan langkah-langkah yang akan ditempuh guna mencapai tujuan pengajaran tertentu, oleh karena itu perancangan dan pelaksanaan suatu strategi belajar mengajar harus dilandasi oleh pengetahuan, pemahaman dan keterampilan penggunaan metode pembelajaran  yang memadai.
2.    Metode Diskusi
a.       Pengertian Metode Diskusi
Metode  diskusi  adalah  salah  satu  metode  pembelajaran  agar  siswa  dapat berbagi pengetahuan, pandangan, dan keterampilan. (Sumiati, 141, 2008). Tujuan dari  metode  diskusi  adalah  untuk  mengeksplorasi  pendapat  atau  pandangan  yang berbeda dan untuk mengidentifikasi berbagai kemungkinan. Pembelajaran  diskusi  kelompok  adalah  suatu  pembelajaran  teman  sebaya dimana  siswa  bekerja  dalam  kelompok  yang  mempunyai  tanggung  jawab individual maupun kelompok terhadap ketuntasan tugas-tugas. Pada pembelajaran diskusi  kelompok,  siswa  ditempatkan  pada  kelompok-kelompok  diskusi  dan tinggal  bersama  sebagai  satu  kelompok  untuk  beberapa  minggu  atau  bulan. Mereka  berlatih  ketrampilan-ketrampilan  untuk  bekerja  sama  dengan  baik, membantu teman dalam kelompoknya masing-masing (Suradi, 2004).
Adapun  ciri-ciri  dari  penggunaan  model  pembelajaran  diskusi  kelompok adalah sebagai berikut: 
1)      Siswa  bekerja  dalam  kelompok  secara  diskusi  kelompok  untuk  menuntaskan materi belajarnya. 
2)      Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. 
3)      Bilamana  mungkin,  anggota  kelompok  berasal  dari  ras,  budaya,  suku,  jenis kelamin yang berbeda-beda. 
4)      Penghargaan  lebih  berorientasi  kelompok  ketimbang  individu.  Pembelajaran Diskusi kelompok dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan penting,  yaitu  hasil  belajar  akademik,  penerimaan  terhadap  keragaman  dan pengembangan ketrampilan sosial (Fida Rachmadiati: 2003: 7). 
Terdapat  enam  langkah  utama  atau  tahapan  di  dalam  pelajaran  yang menggunakan pembelajaran kooperatif, yaitu: 
1)      Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa 
Pelajaran  dimulai  dengan  guru  menyampaikan  pelajaran  dan  memotivasi siswa untuk belajar. 
2)      Menyajikan informasi 
Fase  ini  diikuti  oleh  penyajian  informasi,  seringkali  dengan  bahan  bacaan daripada secara verbal. 
3)      Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar. 
Guru  menjelaskan  kepada  siswa  bagaimana  caranya  membentuk  kelompok belajar dan membantu setiap kelompok melakukan transisi secara efisien. 
4)      Membimbing kelompok bekerja dan belajar 
Guru  membimbing  kelompok-kelompok  belajar  pada  saat  mereka mengerjakan tugas mereka. 
5)      Evaluasi 
Pada  tahap  ini  pembelajaran  Diskusi  kelompokmeliputi  presentasi hasil akhir kerja kelompok atau evaluasi tentang apa yang mereka pelajari. 
6)      Memberi penghargaan 
Pada tahap  akhir  guru memberi penghargaan terhadap usaha-usaha dan hasil belajar kelompok maupun individu. 
Terdapat  beberapa  variasi  dari  model  pembelajaran  diskusi  kelompok adalah salah satunya. Di dalam pembelajaran ini, siswa bekerja dalam kelompok-kelompok  kecil  menggunakan  inkuiri  Diskusi  kelompok(pembelajaran  Diskusi kelompok bercirikan penemuan), diskusi kelompok dan perencanaan kooperatif. 
Dalam  metode  ini,  siswa  tergabung  dalam  kelompok-kelompok  yang terdiri  dari  empat  sampai  enam  anggota.  Setelah  memilih  subtopik  dari  sebuah topik  yang sedang dipelajari seluruh kelas, kelompok-kelompok itu memecahkan  subtopik mereka. Setiap kelompok kemudian membuat presentasi/peragaan untuk mengkomunikasikan temuanya kepada seluruh kelas.  Guru  yang  menggunakan  diskusi  kelompok  memiliki  sedikitnya  tiga tujuan,  yaitu:  (1).  Diskusi    Kelompok  membantu  siswa  belajar  bagaimana menyelidiki  suatu  topik  secara  sistematis  dan  analitis  (proses  inkuiri),  (2). Pemahaman  yang  mendalam  atas  suatu  materi,  (3).  Diskusi  belajar  bagaimana bekerjasama dalam memecahkan suatu masalah. 
Menurut  Sharan  dkk (1994:67-68),  terdapat  enam  tahapan  diskusi    kelompok yaitu sebagai berikut: 
a.       Pemilihan topik 
Siswa  memilih  subtopik  dari  topik  yang  dipelajari,  yang  biasanya ditetapkan  oleh  guru.  Dalam  hal  ini  siswa  memilih  lembar  kegiatan yang disediakan oleh guru. Selanjutnya siswa diorganisasikan menjadi empat  sampai  enam  anggota  tiap  kelompok  menjadi  kelompok-kelompok  yang  berorientasi  tugas.  Komposisi  kelompok  hendaknya heterogen secara akademis maupun etnis. 
b.      Perencanaan Diskusi kelompok
Siswa  dan  guru  merencanakan  prosedur  pembelajaran,  tugas  dan tujuan khusus tentang subtopik yang telah dipilih pada tahap pertama. 
c.       Implementasi 
Siswa  menerapkan  rencana  yang  telah  mereka  kembangkan  didalam tahap  kedua.  Kegiatan  pembelajaran  hendaknya  melibatkan  ragam aktivitas dan ketrampilan yang luas dan hendaknya mengarahkan siswa kepada  jenis-jenis  sumber  belajar  yang  berbeda  baik  didalam  maupun diluar  sekolah.  Guru  secara  ketat  mengikuti  kemajuan  tiap  kelompok dan menawarkan bantuan bila diperlukan.  
d.      Analisis dan sintesis 
Siswa  menganalisis  dan  mengevaluasi  informasi  yang  diperoleh  pada tahap  ketiga  dan  merencanakan  bagaimana  informasi  tersebut diringkas  dan  disajikan  sebagai  bahan  untuk  dipresentasikan  kepada seluruh kelas. 
e.       Presentasi hasil final 
Beberapa kelompok menyajikan hasil penyelidikannya kepada seluruh kelas, dengan tujuan agar siswa yang lain terlibat satu sama lain dalam pekerjaan mereka dan memperoleh perspektif luas pada topik itu. 
f.       Evaluasi 
Siswa dan guru mengevaluasi tiap konstibusi kelompok terhadap kerja kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi yang dilakukan dapat berupa penilaian individual atau kelompok. 
Menurut Martinis Yamin, (2007 : 158) menerangkan  bahwa metode diskusi merupakan interaksi antara siswa dan siswa atau siswa dengan guru untuk menganalisis, memecahkan masalah, menggali atau memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu. Metode diskusi ini digunakan oleh guru, pelatih, dan bila :
a.       Menyediakan bahan, topik, atau masalah yang akan didiskusikan
b.      menyebutkan pokok-pokok masalah yang akan dibahas atau memberikan studi khusus kepada siswa sebelum menyelenggarakan diskusi,
c.       Menugaskan siswa untuk menjelaskan, menganalisis, dan meringkas,
d.      Membimbing diskusi, tidak memberi ceramah,
e.       Sabar terhadap kelompok yang lamban dalam mendiskusikannya,
f.       Waspada terhadap kelompok yang tampak kebingungan atau berjalan dengan tidak menentu,
g.      Melatih siswa dalam menghargai pendapat orang lain.
Metode diskusi ini tepat digunakan bila :
a.       Siswa berada di tahap menengah atau tahap akhir prores belajar,
b.      Pelajaran formal atau magang,
c.       Perluasan pengetahuan yang telah dikuasai siswa,
d.      Belajar mengidentifikasi dan memecahkan masalah serta mengambil keputusan,
e.       Membiasakan siswa berhadapan dengan berbagai pendekatan, interpretasi, dan kepribadian,
f.       Menghadapi masalah secara berkelompok,
g.      Membiasakan siswa untuk beragumentasi dan berfikir rasional.
Metode diskusi memiliki keterbatasan sebagai berikut :
a.       Menyita waktu lama dan jumlah siswa harus lebih sedikit
b.      Mempersyaratkan siswa memiliki latar belakang yang cukup tentang topik atau masalah  yang ­didiskusikan,
c.       Metode ini tidak tepat digunakan pada tahap awal proses belajar bila siswa baru diperkenalkan kepada bahan pembelajaran baru,
d.      Apatis bagi siswa yang tidak terbiasa berbicara dalam forum.
Dalam pelaksanaan pembelajaran, metode diskusi mempunyai kelebihan. Kelebihan  ini  sebagai  bahan  pertimbangan  penggunaan  metode  diskusi  dalam pembelajaran. Adapun beberapa kelebihan metode diskusi menurut Sudirman dkk (2000:52) sebagai berikut.
a.  Merangsang  kretivitas  siswa  dalam  bentuk  ide,  gagasan,  prakarsa,  dan terobosan baru dalam pemecahan masalah.
b.  Membiasakan  siswa    untuk  bertukar  pikiran  dengan  teman  atau  pihak  lain dalam  mengatasi  suatu  masalah  yang  sangat  diperlukan  bagi  siswa  setelah kembali ke  dalam masyarakat (keluarga dan dunia kerja)
c.  Keterampilan  menyajikan  pendapat,  mempertahankan  pendapat,  menghargai  dan   menerima  pendapat  orang  lain,  serta  sikap  demokratis dapat dibina melalui diskusi. 
d.   Cakrawala berpikir lebih luas dalam mengatasi suatu masalah.
e.   Hasil  diskusi  adalah  hasil  pemikiran  bersama  dan  dipertanggungjawabkan bersama yang melibatkan banyak orang.
Berdasarkan  pendapat  di  atas,  kelebihan  metode  diskusi  terutama diarahkan kepada pemecahan masalah  yang tidak bisa dilakukan secara individu. Selain  itu,  pelaksanaan  diskusi  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  yang  lain untuk  bertukar  pikiran,  temuan,  dan  hal-hal  lain  yang  tidak  diketahui  sendiri, tetapi  diketahui  oleh  orang  lain.  Melalui  diskusi  pula  cara  kreativitas  berpikir dapat  dipacu  dengan  baik  dalam  rangka  memecahkan  masalah  yang  dihadapi bersama. 
Selain  mempunyai  kelebihan,  metode  diskusi  mempunyai  kelemahan. Kelemahan  metode  diskusi  merupakan  bahan  pertimbangan  bagi  guru  dalam menggunakannya.  Selain  iu,  kelemahan  metode  diskusi  dapat  dijadikan  dasar bagian  mana  yang  perlu  ditingkatkan.  Secara  jelas,  kelemahan  metode  diskusi menurut Sudirman dkk (2000:53) yaitu sebagai berikut.
a.  Menentukan  masalah  yang  tingkat  kesulitan  dan  menarik  sesuai  dengan tingkatan siswa tertentu, bukanlah pekerjaan yang mudah.
b.  Sering  pembicaraan  diborong  oleh  hanya  2-3  orang  siswa  yang  telah  terbiasa dan terampil mengemukakan pendapat. 
c. Memerlukan waktu yang agak longgar karena sering terpaksa memperpanjang waktu dari yang direncanakan.
d.   Kadang-kadang pembahasan dapat meluas dan mengambang sehingga sasaran untuk pemecahan masalah pokok menjadi kabur.
e.   Perbedaan  pendapat  yang  emosional  yang  tak  terkontrol  terkadang  dapat menyinggung perasaan, bahkan ada kalanya berlanjut dengan bentrokan  fisik di luar kelas.
Pendapat  lain  tentang  kelemahan  metode  diskusi,  dikemukakan  pula  oleh Sanjaya (2006:154) yaitu sebagai berikut.
a.   Sering terjadi pembicaraan dalam diskusi dikuasaasi oleh 2 atau 3 orang siswa yang memiliki keterampilan berbicara.
b.   Kadang-kadang  pembahasan  dalam  diskusi  meluas  sehingga  kesimpulan menjadi kabur.
c.  Memerlukan  waktu  yang  cukup  panjang,  yang  kadang-kadang  tidak  sesuai dengan yang direncanakan.
d.   Dalam diskusi sering terjadi perbedaan pendapat yang bersifat emosional yang tidak  terkontrol.  Akibatnya,  kadang-kadang  ada  pihak  yang  merasa tersinggung sehingga dapat mengganggu suasana pembelajaran.
b.      Penerapan Metode Diskusi pada Pembelajaran PKn Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Politik Luar Negeri Dalam Hubungan Internasional Di Era Global
1.      Tahap Persiapan
a.       Merumuskan tujuan pembelajaran yang akan didiskusikan, yaitu politik luar Indonesia negeri yang bebas dan aktif.
b.      Merumuskan permasalahan dengan jelas dan ringkas
c.       Mempertimbangkan karakteristik anak dengan benar, dengan mempertimbangkan kedekatan pertemanan, kesamaan minat maupun tingakt kecerdasan masing-masing siswa
d.      Menyiapkan kerangka diskusi yang meliputi : (1) menentukan dan  merumuskan aspek-aspek masalah, (2) menentukan alokasi waktu, (3)  menuliskan garis besar bahan diskusi, (3) menentukan format susunan  tempat, (4) menetukan aturan main jalannya diskusi.
e.       Menyiapkan fasilitas diskusi, meliputi:  (1) menggandakan bahan diskusi, (2)  menentukan dan mendisain tempat diskusi, (3) mempersiapkan alat-alat peraga yang  dibutuhkan.
2.      Tahap pelaksanaan
a.       Menyampaikan tujuan pembelajaran, misalnya agar siswa dapat menguasai konsep politik luar negeri Indonesia  yang bebas dan akti.
b.      Menyampaikan pokok-pokok yang akan didiskusikan, misalnya contoh upaya-uapa nyata yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menerapkan sistem politik luar negeri yang bebas dan aktif dalam percaturan politik dunia.
c.       Menjelaskan prosedur diskusi.
d.      Mengatur dan membentuk beberapa kelompok-kelompok diskusi, dengan mempertimbangkan kedekatan pertemanan, kesamaan minat maupun tingkat kecerdasan masing-masing siswa
3.      Tahap penutup
a.       Memberi kesempatan kelompok untuk melaporkan hasil.
b.      Memberi kesempatan kelompok untuk menanggapi.
c.       Memberikan umpan balik.
d.      Menyimpulkan hasil diskusi.

B.     Kerangka Berpikir

Prestasi yang dicapai oleh siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dirasakan kurang sehingga perlu inisiatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Seperti pada temuan di lapangan tempat peneliti mengajar, menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang kita harapkan. Pada studi pendahuluan bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan materi politik luar negeri Indonesia  menunjukkan daya serap siswa masih rendah dalam memahami materi
Penerapan metode diskusi kelompok  dalam menyampaikan materi materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global, dengan menerapkan metode ini diharapkan siswa  memiliki pengalaman baru dalam belajar, serta dapat mencapai tujuan  pembelajaran yang diharapkan, karena tujuan dari pembelajaran itu pada  intinya adalah mencapai kompetensi yang telah ditetapkan, selain itu pembelajaran akan lebih  bervariatif, sedang manfaat bagi guru tersebut adalah mampu  mengembangkan berbagai macam metode dan strategi, satu metode atau  strategi yang bagus belum tentu layak  atau mungkin tidak layak sama sekali  jika diterapkan secara terus menerus, dalam arti digunakan pada semua  kompetensi dasar, sehingga metode yang bagus sekalipun jika digunakan  secara terus menerus hal itu justru akan menimbulkan perasaan jenuh pada diri  siswa, seorang guru harus mampu memilih dan memilah metode maupun  strategi belajar guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, karena  situasi belajar yang menyenangkan terbukti dapat membantu siswa mencerna,  memahami, dan mengolah materi yang didapatkan. Dalam metode ini, siswa  benar-benar terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran
 Adapun kerangkan berpikir dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :   
 
















Gambar 2.1 Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

C.    Hipotesis Tindakan

Berdasarkan kerangka berpikir sebagaimana tersebut di atas, maka penulis mengajukan hipotesis sebagai berikut :
1.      Penggunaan metode diskusi pada pembelajaran PKn  materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IX SMP 3 ........................ tahun pelajaran ...................
2.      Penggunaan metode diskusi pada pembelajaran PKn  materi  materi mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP 3 ........................ tahun pelajaran ...................



Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.


















Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...