– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA SMP

Tuesday 22 December 2015

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MATEMATIKA SMP






Loggo Daerah



LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII-2
SMP NEGERI  7 ........................ 
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari .../a ke .../b






Oleh

........................
NIP. ........................









SMP NEGERI 7 ........................
Jl. .............................................................................
2012


LEMBAR PENGESAHAN



1. Judul Penelitian
Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMPN 7 ........................  Tahun Pelajaran 2013/2014
2. Identitas Peneliti
    a. Nama Lengkap dan Gelar
 b. Jenis Kelamin
 c. Pangkat, Golongan, NIP
 d. Asal Sekolah
 e. Alamat Kantor

 f. Alamat Rumah


.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
Telp/HP. ..............................
3. Lama Penelitian


4. Sumber Biaya
3 bulan / dari bulan ............ sampai dengan bulan .................. 20....

Swadana

 


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti




                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Sekolah
                                  



……………………………….
NIP.……………………..

KATA PENGANTAR




Penulis bersyukur kepada  Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNyalah seluruh proses penelitian sampai penulisana laporan berjudul “Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMPN 7 ........................  Tahun Pelajaran 2013/2014” dapat terselesaikan. Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan golongan dari ..… ke …..
Peneliti mengakui, dengan terselesaikannya penulisan karya tulis ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, melalui tulisan ini peneliti mengucapkan terimakasih kepada :
1.      ………………….., Kepala Dinas ……………. yang telah mengijinkan dan mendukung dilakukannya Penelitia Tindakan Kelas ini.
2.      ………….., SMP/MTS ……………. yang telah memberikan pengarahan dan bimbingan pada penulisan karya tulis ini.
3.      ………………….. serta teman-teman guru SMPN 7 ........................ lainnya yang senantiasa memberi semangat dan dorongan selama penelitian dan penulisan karya tulis ini berlangsung.
4.      Siswa-siswa kami kelas VIII-2, yang telah ikut terlibat dalam Penelitian  Tindakan Kelas ini.
Penelitipun menyadari,  bahwa penulisan karya tulis ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu, segala kritik dan saran yang sifatnya membangun, akan peneliti terima dengan senang hati.
Akhirnya peneliti berharap semoga karya tulis ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

…………………… …….

Peneliti
                                                           
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................        i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................       ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................      iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................      iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................       v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................      vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................     vii
ABSTRAK.........................................................................................................    viii


BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang  Masalah........................................................         
B.      Rumusan Masalah ..................................................................         
C.      Tujuan Penelitian ...................................................................         
D.      Manfaat Penelitian .................................................................         
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................         
B.   Kerangka Berpikir .................................................................         
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................         
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Jenis Penelitian ......................................................................         
B.      Subjek Penelitian ...................................................................         
C.      Prosedur Penelitian ................................................................         
D.      Instrumen Penelitian ..............................................................         
E.       Teknik Pengumpulan Data ....................................................         
F.       Teknik Analisis Data..............................................................         
G.      Kriteria Keberhasilan Tindakan .............................................         

BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian ......................................................................         
B.   Pembahasan............................................................................         

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................         
B.   Saran.......................................................................................         

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kisaran Skor Lembar Observasi Aktivitas Siswa .......................
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...........................         
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal                                                                                                        
Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus Pertama..........................         
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Siklus Pertama                                                                                                      
Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus Kedua............................         
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Siklus Kedua                                                                                                         
Tabel   4.7     Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                                                                                                          
Tabel   4.8     Peningkatan Aktivitas  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II            













DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    4.1 Gambar 3.1 Alur Penelititan Tindakan Kelas (Arikunto,dkk. 2010)             
Gambar    4.1 Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II  ..................................................................................................
Gambar    4.2 Peningkatan Aktivitas  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                     































DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    5     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    6     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     :    Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     :    Daftar Nilai Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa 
Lampiran    10   :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    11   :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 














UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII-2
SMP NEGERI  7 ........................ 
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Oleh


........................
NIP. ........................


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 7 ........................ pada materi sistem persamaan linear dua variabel  dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas VIII-2 SMPN 7 ........................, yang terdiri dari 24 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari empat komponen, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan pemberian tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Teknik analisa data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan aktivitas siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 9 siswa atau 37,50%, naik menjadi 13 siswa atau 54,17% pada siklus pertama, dan 100% pada siklus kedua atau semua siswa meningkat aktivitas dalam pembelajaran. Hal di atas didukung pula oleh peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  57,92 naik menjadi 65,00 pada siklus pertama, dan  73,75 pada siklus kedua,  dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  5 siswa (20,83%) pada studi awal,  45,83% atau 11 siswa pada siklus pertama,  dan pada siklus terakhir menjadi 95,83%, atau dari 24 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran 23 siswa dinyatakan tuntas belajarnya dan satu siswa belum tuntas belajarnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “Jika digunakan model Problem Based Learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel , maka hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 7 ........................ Tahun Pelajaran 2013/2014 akan meningkat”.

Kata kunci : problem based learning, aktivitas, hasil belajar



BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang  Masalah
Matematika merupakan ilmu yang sangat penting dan dipelajari mulai dari sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah atas (SMA). Sedangakan pendidikan merupakan satu hal penting yang menentukan perkembangan suatu bangsa, maka untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, diperlukan modal dari hasil pendidikan itu sendiri. Pelajaran matematika juga memiliki sifat yang abstrak, pemahaman konsep yang benar sangat penting karena untuk memahami konsep matematika yang baru diperlukan prasyarat pemahaman terhadap konsep tersebut.
Pembelajaran Matematika di SMP selama ini masih didominasi oleh pembelajaran konvensional dimana siswa diposisikan sebagai objek pembelajaran, siswa dianggap tidak tahu atau belum mengerti apa-apa, sementara guru memposisikan diri sebagai seorang yang mempunyai pengetahuan. Sehingga guru terkesan menggurui dan memiliki otoritas tertinggi dalam proses pembelajaran. Selama ini pembelajaran Matematika yang diberikan di sekolah sudah bentuk jadi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar masih relative rendah dalam berusaha menemukan sendiri konsep dari materi yang diajarkan.
 Guru sebagai tenaga professional pendidikan memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar. Guru harus mampu untuk menjelaskan pengetahuan yang dimiliki kepada siswanya melalui pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan dan model-model pengajaran yang sesuai dengan pokok bahasan dan tingkat kognitif siswa. Selain itu, guru juga harus memperhatikan bahwa siswa adalah peserta didik yang harus diikutsertakan secara aktif dalam proses belajar mengajar sehingga materi yang diajarkan lebih bermakna bagi siswa dan tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai (Dimyati dan Mudjiono, 2012 : 20).
Pemilihan pendekatan atau strategi pembelajaran yang akan digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar dapat mempengaruhi minat dan motivasi siswa untuk belajar. Selain itu, juga dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi ataupun konsep-konsep dasar yang akhirnya memberikan pengaruh pada aktivitas dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, khususnya di kelas VIII-2 SMPN 7 ........................ yang merupakan subjek penelitian peneliti. Diperoleh hasil bahwa 79,17% siswa atau 19 siswa mendapatkan nilai di bawah standar ketuntasan yaitu 68,00. Model pengajaran yang terjadi di kelas tersebut secara umum masih menggunakan metode ceramah yang kegiatannya lebih banyak melibatkan guru sehingga siswa dalam proses belajar mengajar lebih cenderung pasif. Kondisi ini menunjukkan bahwa diperlukannya suatu usaha perbaikan dalam model pengajaran matematika yang dapat merangsang siswa untuk belajar secara aktif dalam proses belajar mengajar.
Proses pembelajaran matematika harus melibatkan proses dan aktivitas berpikir siswa secara aktif dengan mengembangkan kemampuan kognitif masing masing siswa, dikarenakan perkembangan kognitif sebagai penentu kecerdasan intelektual anak, kemampuan kognitif terus berkembang seiring dengan proses pendidikan serta juga dipengaruhi oleh faktor perkembangan fisik terutama otak secara biologis. Perkembangan selanjutnya berkaitan dengan kognitif adalah bagaimana mengelola atau mengatur kemampuan kognitif tersebut dalam merespon situasi atau permasalahannya. Tentunya, aspek-aspek kognitif tidak dapat berjalan sendiri secara terpisah tetapi perlu dikendalikan atau diatur sehingga jika seseorang akan menggunakan kemampuan kognitifnya maka perlu kemampuan untuk menentukan dan pengatur aktivitas kognitif apa yang akan digunakan.
Kenyataan di lapangan siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata yang berhubungan dengan konsep yang dimiliki (Trianto, 2011 : 65). Lebih jauh lagi bahkan siswa kurang mampu menentukan masalah dan merumuskannya. Rendahnya aktivitas pembelajaran ataupun pengajaran apalagi jika dikaitkan terhadap pemahaman siswa mengenai pemahaman materi yang diajarkan. Pemahaman yang dimaksud ini adalah pemahaman siswa terhadap dasar kualitatif di mana fakta-fakta saling berkaitan dengan kemampuannya untuk menggunakan pengetahuan tersebut dalam situasi baru. Sebagian besar siswa kurang mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan / diaplikasikan pada situasi baru.
Menurut Arends (Trianto, 2011 : 66-67) didalam mengajar guru selalu menuntut siswa untuk belajar dan jarang memberikan pelajaran tentang bagaimana siswa untuk belajar, guru juga menuntut siswa untuk menyelesaikan masalah, tapi jarang mengajarkan bagaimana siswa seharusnya menyelesaikan masalah. Untuk memberikan pemahaman konsep materi yang diajarkan agar dapat digunakan dan dapat diingat juga masih menjadi masalah yang mendasar. Bagaimana guru dapat berkomunikasi baik dengan siswanya, bagaimana guru dapat membuka wawasan berpikir yang beragam dari seluruh siswa, sehingga dapat mempelajari berbagai konsep dan cara mengaitkannya dalam kehidupan nyata. Boud dan Margetson (Rusman, 2012:230) mengatakan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah adalah inovasi yang paling signifikan dalam pendidikan. PBM membantu meningkatkan perkembangan keterampilan belajar dalam pola pikir yang terbuka, reflektif, kritis, dan belajar aktif.
Dari uraian di atas, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “ upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMPN 7 ........................  Tahun Pelajaran 2013/2014.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.  Bagaimanakah meningkatkan aktivitas siswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMPN 7 ........................ ?
2. Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMPN 7 ........................ ?
C.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian adalah :
1.  Untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMPN 7 ........................ ?
2. Untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran matematika pada pembahasan materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-2 SMPN 7 ........................ ?
D.  Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah :
1.      Bagi siswa
a.    Meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran matematika.
b.    Melatih siswa agar lebih aktif dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran matematika.
2.      Bagi Guru
a.    Memberikan alternatif lain bagi guru tentang strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.
b.    Memberikan informasi kepada guru, bahwa peran keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan.





BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.  Landasan Teori
1.    Aktivitas Belajar
Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting didalam interaksi belajar-mengajar. Dalam aktivitas belajar ada beberapa prinsip yang berorientasi pada pandangan ilmu jiwa, yakni menurut pandangan ilmu jiwa lama dan ilmu jiwa modern. Menurut pandangan ilmu jiwa lama aktivitas didominasi oleh guru sedang menurut pandangan ilmu jiwa modern, aktivitas didominasi oleh siswa.
 Aktivitas belajar merupakan hal yang sangat penting bagi siswa, karena memberikan kesempatan kepada siswa untuk bersentuhan dengan obyek yang sedang dipelajari seluas mungkin, karena dengan demikian proses konstruksi pengetahuan yang terjadi akan lebih baik. Aktivitas Belajar diperlukan aktivitas, sebab pada prinsipnya belajar adalah berbuat mengubah tingkah laku, jadi melakukan kegiatan. Tidak ada belajar kalau tidak ada aktivitas. Dari uraian diatas dapat diambil pengertian aktivitas belajar adalah keterlibatan siswa dalam bentuk sikap, pikiran, perhatian dalam kegiatan belajar guna menunjang keberhasilan proses belajar mengajar dan memperoleh manfaat dari kegiatan tersebut.
Adapun jenis-jenis aktivitas dalam belajar yang digolongkan oleh Paul B. Diedric (Sardiman, 2012: 101) adalah sebagai berikut:
a.    Visual activities, yang termasuk di dalamnya misalnya membaca, memperhatikan gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain.
b.    Oral Activities, seperti menyatakan merumuskan, bertanya, memberi saran, berpendapat, diskusi, interupsi.
c.    Listening Activities, sebagai contoh mendengarkan: uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato.
d.   Writing Activities, seperti misalnya menulis cerita, karangan, laporan, menyalin.
e.    Drawing Activities, menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
f.     Motor Activities, yang termasuk di dalamnya antara lain: melakukan percobaan, membuat konstruksi, model, mereparasi, berkebun, beternak.
g.    Mental Activities, sebagai contoh misalnya: menanggapi, mengingat, memecahkan soal, menganalisis, mengambil keputusan.
h.    Emotional Activities, seperti misalnya, merasa bosan, gugup, melamun, berani, tenang.
Berdasarkan berbagai pengertian jenis aktivitas di atas, peneliti berpendapat bahwa dalam belajar sangat dituntut keaktifan siswa. Siswa yang lebih banyak melakukan kegiatan sedangkan guru lebih banyak membimbing dan mengarahkan.
2.     Hasil Belajar
Menurut Dimyati dan Mudjiono (2012 : 3) hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar setelah proses belajar mengajar. Hasil belajar terdiri dari beberapa aspek yaitu aspek kognititf (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan/prilaku). Hasil belajar bukan hanya berupa pengetahuan yang lebih banyak bersifat hafalan, tetapi juga berupa keterampilan, sikap, motivasi, dan perilaku siswa.
Dengan demikian, hasil belajar dapat diartikan sebagai hasil dari interaksi belajar dan mengajar yang terdiri dari tiga aspek yaitu aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikokmotor (keterampilan/perilaku).
3.    Pembelajaran Matematika
Pentingnya pelajaran matematika tidak lepas dari peran matematika
dalam segala aspek kehidupan oleh karena itu matematika tidak terlepas
dari pembelajaran. Menurut Enceng Mulyana (2008:17), pembelajaran
dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematis dan disengaja untuk
menciptakan kondisi-kondisi agar terjadi kegiatan belajar membelajarkan.
Menurut Usman (Asep Jihad, 2008: 12) pembelajaran adalah inti dari
proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang
peranan utama. Pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung
serangkaian perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik
yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu.
Menurut Oemar Hamalik (2005:57) pembelajaran adalah suatu kombinasi
yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, matrial, fasilitas, perlengkapan, da prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan
pembelajaran.
Menurut Arief, dkk (2003:9) proses pembelajaran harus dirancang
secara sistematis dengan memusatkan perhatian pada siswa. Pembelajaran
direncanakan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa serta
diarahkan kepada perubahan tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan yang
akan tercapai.
Dari uraian di atas disimpulkan bahwa pembelajaran adalah sebagai
upaya sistematis yang terdapat interaksi didalamnya baik itu antara guru
dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan sumber belajar, sehingga
mengarah kepada perubahan tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
Pembelajaran matematika, menurut Bruner (Herman Hudoyo, 2000 : 56) adalah belajar tentang konsep dan struktur matematika yang terdapat
dalam materi yang dipelajari serta mencari hubungan antara konsep dan
struktur matematika di dalamnya. Menurut Cobb (Erman Suherman,
2003: 71) pembelajaran matematika sebagai proses pembelajaran yang
melibatkan siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika.
Dari uraian di atas disimpulkan bahwa pembelajaran matematika
merupakan proses aktif dan konstruktif sehingga siswa mencoba
menyelesaikan masalah yang ada sekaligus menjadi penerima atau sumber dipelajari serta mencari hubungan antara konsep dan struktur matematika
di dalamnya.
4.    Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) atau disingkat PBL merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. PBL adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah (Ngalimun, 2013 : 89).
 Model pembelajaran PBL menekankan keaktifan siswa, siswa dituntut aktif dalam memecahkan suatu masalah. Inti dari model PBL adalah masalah (problem). Model PBL bercirikan penggunaan masalah kehidupan nyata sebagai sesuatu yang harus dipelajari oleh siswa untuk melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis sekaligus pemecahan masalah, serta mendapatkan pengetahuan konsep-konsep penting. Oleh karena itu guru harus memfokuskan diri untuk membantu siswa mencapai keterampilan mengarahkan diri. Dengan pengertian tersebut, maka model pembelajaran PBL ini bisa digolongkan kedalam pembelajaran berbasis sains (Sitiatava, 2012 : 67).
PBL berfokus pada penyajian suatu permasalahan terhadap siswa, kemudian ia diminta mencari pemecahan masalah melalui serangkaian penelitian dan investigasi berdasarkan teori, konsep, serta prinsip yang dipelajari dari berbagai bidang ilmu (multiple perspective). Dalam hal ini, permasalahan menjadi fokus, stimulus, dan pemandu proses belajar, sedangkan guru menjadi fasilitator dan pembimbing.
Pada penerapan metode problem based learning, masalah tidak hanya dilihat sebagai sumber belajar tetapi masalah dapat menjadi strategi untuk meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Berikut adalah pandangan penggunaan masalah sebagai strategi dalam penerapan problem based learning didalam kelas (Sitiatava, 2012 : 69) :
a.    Permasalahan sebagai pemandu ; masalah menjadi acuan konkret yang harus menjadi perhatian siswa. Bacaan diberikan sejalan dengan masalah. Dan, masalah menjadi kerangka berpikir siswa dalam mengerjakan tugas.
b.    Pemasalahan sebagai kesatuan dan alat evaluasi ; masalah disajikan setelah tugas-tugas dan penjelasan diberikan. Tujuannya ialah memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerapkan pengetahuannya guna memecahkan masalah.
c.    Permasalahan sebagai contoh ; masalah disajikan sebagai contoh dan bagian dari bahan belajar. Masalahpun digunakan untuk menggambar teori serta konsep atau prinsip, yang dibahas antara siswa dan guru.
d.   Permasalahan sebagai fasilitas proses belajar ; masalah dijadikan sebagai alat untuk melatih siswa dan guru.
e.    Permasalahn sebagai stimulus belajar ; masalah bisa merangsang siswa untuk mengembangkan keterampilan mengumpulkan dan menganalisis data yang berkaitan dengan masalah dan keterampilan metakognitif.
5.    Karakteristik Pembelajaran Berbasis Masalah
Pembelajaran berbasis masalah merupakan penggunaan berbagai macam kecerdasan yang diperlukan untuk melakukan konfrontasi terhadap tantangan dunia nyata, kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang baru dan kompleksitas yang ada (Rusman, 2012 : 232).
Karakteristik pembelajaran berbasis masalah adalah sebagai berikut :
a.    Belajar dimulai dengan satu masalah.
b.    Memastikan bahwa masalah tersebut berhubungan dengan kehidupan sehari hari.
c.    Mengorganisasikan pelajaran seputar masalah, bukan disiplin ilmu.
d.   Memberikan tanggung jawab yang besar kepada siswa dalam membentuk dan menjalankan secara langsung proses belajar.
e.    Menggunakan kelompok kecil.
f.     Menuntut siswa untuk mendemonstrasikan yang telah dipelajari dalam bentuk produk atau kinerja.
Berdasarkan uraian tersebut, tampak jelas bahwa pembelajaran dengan model PBL dimulai dengan adanya masalah yang dapat dimunculkan oleh siswa ataupun guru, kemudian siswa memperdalam pengetahuannya tentang sesuatu yang telah diketahuinya sekaligus yang perlu diketahuinya untuk memecahkan masalah yang dianggap menarik untuk dipecahkan, sehingga ia terdorong untuk berperan katif dalam belajar.
6.    Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
Ada beberapa cara menerapkan PBL dalam pembelajaran. Secara umum penerapan model ini mulai dengan adanya masalah yang harus dipecahkan atau dicari pemecahannya oleh siswa. Masalah tersebut dapat berasal dari siswa atau mungkin juga diberikan oleh pengajar. Siswa akan memusatkan pembelajaran di sekitar masalah tersebut, dengan arti lain, siswa belajar teori dan metode ilmiah agar dapat memecahkan masalah yang menjadi pusat perhatiannya.
Menurut Rusman (2010 : 237) dalam problem based learning sebuah masalah yang dikemukakan kepada siswa harus dapat membangkitkan pemahaman siswa terhadap masalah, sebuah kesadaran akan kesenjangan, pengetahuan, keinginan memecahkan masalah, dan persepsi bahwa meraka mampu memecahkan masalah tersebut. Masalah yang disajikan dalam problem based learning sebaiknya merupakan masalah autentik. Masalah autentik adalah masalah yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat langsung jika ditemukan penyelesainnya. Langkah-langkah dalam pengajaran PBL terjadi dalam 5 fase, berikut ini adalah tahap pembelajaran menurut Ibrahim dan Nur (Rusman 2012 : 243) :
a.    Mengorientasikan siswa pada masalah
Pembelajaran dimulai dengan menjelaskan tujuan pembelajaran dan aktivitas aktivitas yang akan dilakukan. Dalam penggunaan PBL, tahapan ini sangat penting dimana guru harus menjelaskan dengan rinci apa yang harus dilakukan oleh siswa. Disamping proses yang akan berlangsung, sangat penting juga dijelaskan bagaimana guru akan mengevaluasi proses pembelajaran.
b.    Mengorganisasikan siswa untuk belajar
Disamping mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, pembelajaran PBL juga mendorong siswa belajar kolaborasi. Pemecahan suatu masalah sangat membutuhkan kerjasama dan sharing antar anggota. Oleh sebab itu, guru dapat memulai kegiatan pembelajaran dengan membentuk kelompok-kelompik siswa dimana masing-masing kelompok akan memilih dan memecahkan masalah yang berbeda. Prinsip-prinsip pengelompokan siswa dalam pembelajaran kooperatif dapat digunakan dalam konteks ini seperti : kelompok harus heterogen, pentingnya interaksi antar anggota, kemungkinan yang efektif, adanya tutor sebaya, dan sebagainya. Guru sangat penting memonitoring dan mengevaluasi kerja masing-masingkelompik untuk menjaga kinerja dan dinamika kelompok selama pengajaran.
c.    Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Penyelidikan adalah inti dari PBL. Meskipun setiap situasi permasalahan memerlukan teknik penyelidikan yang berbeda, namun pada umumnya tentu melibatkan karakter yang identik, yakni pengumpulan data dan eksperimen, berhipotesis dan penjelasan, dan memberikan pemecahan. Pengumpulan data dan eksperimentasi merupakan aspek yangt sangat penting. Pada tahap ini, guru harus mendorong siswa untuk mengumpulkan data dan melaksanakan eksperimen sampai mereka betul-betul memahami dimensi situasi permasalahan. Tujunnya adalah agar siswa mengumpulkan cukup informasi untuk menciptakan dan membangun ide mereka sendiri.
d.   Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Tahap penyelidikan diikuti dengan menciptakan hasil karya seperti halnya laporan hasil belajar atau dapat juga mempresentasikannya dideepan kelompok lain. Dimana pada kegiatan ini guru sebagai fasilitator melihat dan menilai hasi kerja dari masing-masing kelompok atau individu.
e.     Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Tahap ini merupakan tahap akhir pada PBL. Tahap ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa menganalisis dan mengevaluasi proses mereka sendiri dan keterampilan penyelidikan dan intelektual yang mereka gunakan. Selama tahap ini guru meminta siswa untuk merekonstruksi pemikiran dan aktivitas yang telah dilakukan selama proses kegiatan belajarnya. Kapan mereka pertama kali memperoleh pemahaman yang jelas tentang situasi masalah ? kapan mereka yakin dalam pemecahan tertentu ? mengapa mereka dapat menerima penjelasan lebih siap dibanding yang lain ? mengapa mereka menolak beberapa penjelasan ? mengapa mereka mengadopsi pemecahan akhir dari mereka ? . Tentunya masih banyak lagi pertanyaan yang dapat diajukan untuk memberikan umpan balik dan menginvestigasi kelemahan dan kekuatan PBL untuk pengajaran.
Dalam mengajar didalam kelas yang menggunakan PBL, guru memiliki beberapa metode yang dapat digunakan guna untuk membantu kegiatan diskusi ataupun saling tukar pikiran. Karena pada kelas yang masih menggunakan metode pembelajaran konvensional guru memberikan pengetahuan dalam bentuk sudah jadi tanpa siswa tersebut mengembangkannya. Tetapi dalam kelas yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah siswa dituntut untuk mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki,siswa diberikan beberapa teori yang mendasari masalah tersebut tujuannya agar siswa dapat membangun pembelajaran bermakna pada diri mereka sendiri dan mendorong siswa mendapatkan pemahaman konsep yang relevan. Untuk mencapai pemahaman yang lebih besar ini, siswa membutuhkan kesempatan untuk mendiskusikan konsep asing dan ide-ide yang akan digunakan. Mereka harus mampu untuk menguji pemahaman mereka dan dapat menggunakan kemampuan kognitif yang mereka miliki dengan baik.
Ada 10 metode untuk meningkatkan kegiatan diskusi dan dialog (Diane, 2001: 42) :
a.    Menyiapkan alat peraga dalam pembelajaran..
b.    Menanyakan pertanyaan terbuka.
c.    Mendorong siswa untuk bertanya.
d.   Mendorong siswa untuk memberikan ide.
e.    Mendorong siswa untuk mengkaji ide dan pertanyaan yang diberikan.
f.     Mendorong siswa untuk saling diskusi dan bertukar pikiran.
g.    Menggunakan pertanyaan-pertanyaan siswa dan tanggapan untuk mengembangkan topik yang relevan dan bermakna
h.    Mendorong anak untuk mencari sumber atau referensi pembelajaran dari berbagai sumber.
i.      Mendorong siswa untu merefleksi langkah-langkah dalam penyelesaian masalah.
j.      Dari beberapa uraian diatas, hindari menggunakan jawaban langsung atau harus menganalisis masalah terlebih dahulu.
Dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan PBL siswa mempresentasikan gagasannya, siswa terlatih merefleksi persepsinya, mengargumentasikan dan mengomunikasikan ke pihak lain sehingga guru pun memahami proses berpikir siswa, dan guru dapar membimbing serta menginvestasikan ide baru berupa konsep dan prinsip. Dengan demikian, pembelajaran berlangsung sesuai dengahn kemampuan siswa dengan siswa menjadi terkondisi dan terkendali (Rusman, 2012 : 245).
 Pembelajaran melalui metode pembelajaran PBL merupakan suatu rangkaian pendekatan kegiatan belajar yang diharapkan dapat memberdayakan siswa untuk menjadi seorang individu yang mandiri dan mampu menghadapi setiap permasalahan dalam hidupnya di kemudian hari. Dalam pelaksanaan pembelajaran, siswa dituntut terlibat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui diskusi kelompok. Langkah awal dalam pembelajaran PBL dengan mengajak siswa untuk memahami situasi yang diajukan baik oleh guru maupun siswa, yang dimulai dari apa yang telah diketahui oleh siswa. Dalam aplikasinya PBL membutuhkan kesiapan guru dan siswa untuk bisa berkolaborasi dalam memecahkan masalah yang diangkat. Guru harus siap menjadi pembimbing sekaligus tutor bagi para siswa yang dapat memberikan motivasi, semangat, dan membantu dalam menguasai keterampilan pemecahan masalah.
Guru dapat melakukan pembelajaran dengan mengorientasikan siswa pada masalah kontekstual yang mendorong mereka untuk mampu menemukan masalahnya, menelaah kuantitas, kualitas dan kompleksitas masalah yang diajukan. Siswa perlu diminta untuk mempresentasikan hasil temuannya berupa perumusan masalah dan pengumpulan fakta-fakta (apa yang mereka ketahui, apa yang mereka perlu ketahui dan apa yang harus mereka laksanakan), membuat pertanyaan-pertanyaan, mengantisipasi informasi-informasi yang dibutuhkan, merepharese masalah, dan akhirnya membuat suatu formulasi sebagai alternative proses pemecahan masalah (Rusman, 2012 : 247).
7.    Kelebihan dan Kekurangan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
a.    Kelebihan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
Model pembelajaran PBL ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya ialah sebagai berikut (Sitiatava, 2012 : 82-83) :
1)        Siswa lebih memahami konsep yang diajarkan karena siswa tersebut yang menemukan konsep.
2)        Melibatkan siswa secara aktif dalam memecahkan masalah dan menuntut keterampilan berpikir siswa yang lebih tinggi.
3)        Pengetahuan tertanam berdasarkan schemata yang dimiliki oleh siswa, sehingga pembelajaran lebih bermakna.
4)        Siswa dapat merasakan manfaat pembelajaran, karena masalah-masalah yang diselesaikan langsung dikaitkan dengan kehidupa nyata. Hal ini bisa meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa terhadap bahan yang dipelajarinya.
5)        Menjadikan siswa lebih mandiri dan dewasa, mampu member aspirasi dan menerima pendapat orang lain, serta menanamkan sikap yang positif dengan siswa lainnya.
6)        Pengondisian siswa dalam belajar kelompok yang saling berinteraksi terhadap pembelajaran dan temannya, sehingga pencapaian ketuntasan belajar siswa dapat diharapkan.
7)        PBL diyakini pula dpaat menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan kreativitas siswa, baik secara individual maupun kelompok, karena hampir setiap langkah menuntut adanya keaktifan siswa.
b.    Kekurangan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
Selain berbagai kelebihan tersebut, model PBL juga memiliki beberapa kekurangan, yakni (Sitiatava, 2012 : 84) :
1)        Bagi siswa yang malas, tujuan dari metode tersebut tidak dapat tercapai.
2)        Membutuhkan waktu yang lebih banyak.
3)        Tidak semua mata pelajaran bisa diterapkan dengan metode PBL.
B.  Kerangka Pemikiran
Matematika sangat diperlukan dalam proses pembelajaran karena mampu untuk membantu seseorang memecahkan berbagai persoalan. Pembelajaran matematika mempunyai objek yang bersifat abstrak. Sifat abstrak ini menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalm mengaplikasikan matematika kedalam situasi kehidupan nyata. Hal lain yang menyebabkan sulitnya matematika bagi siswa adalah karena pembelajaran matematika yang kurang bermakna. Guru dalam pembelajarannya di kelas tidak mengaitkan dengan skema yang telah dimiliki oleh siswa dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkonstruksi sendiri ide-idenya.
Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika dapat diatasi yakni melalui model Problem based learning. Model
Problem Based Learning ini merupakan model pembelajaran yang menghadapkan siswa kepada situasi masalah yang autentik dan bermakna. Salah satu keuntungan adanya model Problem Based Learning adalah memberi semangat kepada siswa untuk berinisiatif, aktif, kreatif dan kritis karena menurut model Problem Based Learning, pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari pikiran guru kepikiran siswa. Berarti bahwa siswa harus aktif secara mental membangun pengetahuannya berdasarkan kematangan kognitifnya. Pemecahan masalah merupakan konteks untuk mengajarkan topik pelajaran yang diberikan pada awal pembelajaran kemudian siswa berusaha mencari strategi penyelesaian masalah lebih bervariasi berdasarkan pengetahuannya sendiri. Konsep matematika ditemukan siswa dengan bimbingan guru, kemampuan ini dipengaruhi oleh aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang menggunakan model Problem Based Learning




Rounded Rectangle: INPUT (SISWA)  

Aktivitas dan hasil  belajar matematika siswa  kelas VIII-2 SMPN 7 ........................ masih rendah




 





















Gambar 2.1  Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

C.  Hipotesis Tindakan
1.    Jika diterapkan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) maka aktivitas belajar matematika siswa kelas XI SMAN 2 Bukit dapat meningkat.
2.    Jika diterapkan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) maka hasil belajar matematika siswa kelas VIII-2 SMPN 7 ........................  dapat meningkat.



Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.





Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...