– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK KENAIKAN PANGKAT MAPEL IPA SMP

Tuesday 22 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT MAPEL IPA SMP





 













PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN
IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA VIII-B
SMP MUHAMMADIYAH .....................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan












.....................
NIP. .....................





SMP MUHAMMADIYAH .....................
Jl. ...................................................................
2012

LEMBAR PENGESAHAN


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Siswa VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... Tahun Pelajaran 2011/2012
      b.   Bidang Ilmu                         : Ilmu Pengetahuan Alam
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    :
      b.   NIP                                      : 
      c.   Pangkat / Golongan             :
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMP Muhammadiyah .....................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMP Muhammadiyah .....................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……. sampai dengan Bulan ………. 2012)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Sekolah




………………….
NIP.……………………..
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga kami penulis menyelesaikan penelitian di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... yang Alhamdulillah tepat pada waktunya. Penelitian disusun dalam rangka memenuhi penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ……. ke …..
Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas …………………… Kabupaten ……………….
2.      Pengawas SMP/MTs Dinas …………………… Kabupaten ……………….
3.      Kepala sekolah SMP Muhammadiyah ..................... yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMP Muhammadiyah ..................... yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
5.      Semua pihak yang telah membantu dengan tulus dan ikhlas yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Akhir kata, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan penelitian ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


…………………………

Peneliti






DAFTAR ISI
           
HALAMAN JUDUL .........................................................................................      i
LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................     ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................    iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................    iv
DAFTAR TABEL ..............................................................................................     v
DAFTAR GAMBAR .........................................................................................    vi
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... vii
ABSTRAK/RINGKASAN ................................................................................ viii
BAB       I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah .......................................................      
B.     Rumusan Masalah .................................................................      
C.     Tujuan Penelitian...................................................................      
D.    Manfaat Penelitian ................................................................      
BAB       II      KAJIAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori ..........................................................................      
B.     Kerangka Pikir  .....................................................................      
C.     Hipotesis Tindakan ...............................................................      
BAB       III     METODOLODI PENELITIAN
A.    Setting Penelitian ..................................................................      
B.     Subyek Penelitian .................................................................      
C.     Data dan Sumber Data..........................................................      
D.    Teknik Pengumpulan Data ....................................................      
E.     Teknik Analisa Data .............................................................      
F.      Indikator Keberhasilan..........................................................      
G.    Prosedur Penelitian ...............................................................      
BAB       IV     HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian  ....................................................................      
B.     Pembahasan...........................................................................      
BAB       V      PENUTUP
A.    Kesimpulan ...........................................................................      
B.     Implikasi ...............................................................................      
C.     Saran .....................................................................................      
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN









DAFTAR TABEL


Tabel   3.1    Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................         
Tabel   4.1    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pada Kondisi Awal...................         
Tabel  4.2    Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Kondisi Awal...         
Tabel   4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pesawat Sederhana pada Siklus I................................................................................         
Tabel   4.4    Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas belajar Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pesawat Sederhana pada Siklus I................................................         
Tabel   4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pesawat Sederhana pada Siklus II...............................................................................         
Tabel   4.6    Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pesawat Sederhana pada Siklus II.............................................................         
Tabel   4.7    Rekapitulasi Ketuntasan Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pesawat Sederhana......................................................................         
Tabel   4.8    Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Pesawat Sederhana...........................................................         





















DAFTAR GAMBAR


Gambar      2.1    Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas........................         

Gambar      4.1    Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Prestasi dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ....................................         
Gambar      4.2    Diagram Batang Peningkatan Aktivitas belajar pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ...............................................................................................
Gambar      4.3    Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar pada Studi Awal dan Siklus I                      
Gambar      4.4    Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar pada Studi Awal dan Siklus I                
Gambar      4.5    Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar pada Siklus I dan II             
Gambar      4.6    Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar pada Siklus I dan II                   



























DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran                                                                                                                  
Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    5     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    6     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     :    Data Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     :    Lembar Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 
Lampiran    10   :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    11   :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 




























PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN
IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA VIII-B
SMP MUHAMMADIYAH .....................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012


Oleh

.....................
NIP. .....................


ABSTRAK


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai hasil belajar IPA materi pesawat sederhana yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu cara guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung pasif. Penelitian ini ditunjukan pada penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA pokok bahasan pesawat sederhana terhadap kehidupan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan aktivitas dan siswa Kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Subjek  penelitian  ini adalah  siswa VIII-B SMP Muhammadiyah .....................  yang berjumlah 31 siswa. Hasil pembelajaran IPA materi pesawat sederhana dengan menerapkan metode demonstrasi terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dari sebelum perbaikan hanya 12 siswa atau 38,71%, naik menjadi 18 siswa atau 58,06% pada siklus pertama, dan 96,77% atau 30 siswa pada siklus kedua, dan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya  60,97, naik menjadi 65,52 pada siklus pertama, dan 76,45 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 11 siswa (35,48%) pada Kondisi Awal,  54,48% atau 17 siswa pada siklus pertama,  28 siswa atau 90,32% pada siklus kedua, dan masih ada tiga orang siswa (9,68%) yang belum tuntas. Kesimpulannya adalah penerapan metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas  VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana.

Kata Kunci:  aktivitas, hasil belajar, metode demonstrasi



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sistem  Pendidikan  Nasional  diselenggarakan  melalui  dua  jalur  yaitu  jalur sekolah  dan  jalur  luar  sekolah.  Jalur  pendidikan  di  sekolah  diselenggarakan  melalui kegiatan  berjenjang  dan  berkesinambungan.  Pendidikan  Dasar  merupakan  bagian terpadu yang diselenggarakan 9 tahun terdiri dari 6 tahun Sekolah Dasar dan 3 Tahun Sekolah Lanjutan Pertama.
Kurikulum  di  Sekolah  Dasar  yang  dikembangkan  saat  ini  adalah  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menyediakan  pengalaman belajar siswa yang mencakup materi maupun proses sains dimana ada keseimbangan antara  kemampuan  konseptual  dan  prosedural.  Oleh  karena  itu,  kurikulum  ini  lebih menekankan  agar  siswa  menjadi  pembelajar  aktif  dan  bersifat  fleksibel.  Kurikulum ini memuat beberapa mata pelajaran salah satunya adalah IPA.
Tujuan  pendidikan  yang  kita  harapkan  adalah  mencerdaskan  kehidupan bangsa  dan  mengembangkan  manusia  Indonesia  seutuhnya,  yaitu  manusia yang  beriman  dan  bertakwa  terhadap  Tuhan  yang  Maha  Esa  dan  berbudi pekerti  luhur,  memiliki  pengetahuan  dan  keterampilan,  kesehatan  jasmani dan  rohani,  kepribadian  yang  mantap,  mandiri  serta  rasa  tanggung  jawab kemasyarakatan  dan  kebangsaan.  Pendidikan  harus  mampu  mempersiapkan warga  Negara  agar  dapat  berperan  aktif  dalam  segala  aspek  lapangan kehidupan,  cerdas,  aktif,  kreatif,  terampil,  jujur,  tanggung  jawab  berdisiplin, demokratis, bermoral baik, dan toleran dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.
Ilmu  Pengetahuan  Alam  (IPA)  adalah  ilmu  pengetahuan  yang mempelajari tentang gejala alam baik yang menyangkut benda hidup maupun benda mati. IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis,  sehingga  IPA  bukan  hanya  pengetahuan  yang  berupa  konsep- konsep,  atau  prinsip-prinsip  saja,  tetapi  juga  merupakan  suatu  proses penemuan.  Pendidikan  IPA  diharapkan  dapat  menjadi  wahana  bagi  peserta didik  untuk  mempelajari  diri  sendiri  dan  alam  sekitar,  serta  prospek pengembangan  lebih  lanjut  dalam  menerapkannya  di  dalam  kehidupan sehari-hari.  Proses  pembelajaran  IPA  menekankan  pada  pemberian pengalaman  langsung  untuk  mengembangkan  kompetensi  agar  dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.
Apabila  kita  melihat  fakta  dilapangan,  pada  umumnya  siswa  pandai dalam  menghapal  tetapi  kurang  dalam  mengaplikasikan  pengetahuan  yang dimilikinya.  Hal  ini  mungkin  terkait  dengan  kecenderungan  menggunakan hapalan  sebagai  wahana  untuk  menguasai  ilmu  pengetahuan,  bukan kemampuan  berpikir.  Oleh  karena  itu  siswa  hanya  terbiasa  menggunakan sebagian  kecil  dari  potensi  atau  kemampuan  berpikirnya,  sehingga  mereka menjadi malas untuk berpikir mandiri. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka pembelajaran tidak akan bermakna. Sehingga hasil belajar siswa akan rendah dan  pada  akhirnya  tujuan  yang  diharapkan  tidak  akan  tercapai.  Oleh  karena itu,  dalam  pembelajaran  guru  harus  menggunakan  metode  atau  pendekatan pembelajaran  tertentu  yang  efektif  sesuai  dengan  materi  yang  hendak disampaikan.
Selain  permasalahan  tersebut  di atas,  masih  banyak  permasalahan  pada siswa  lainnya  yang  ditemukan  diruang  kelas,  diantaranya  :  Pada  umumnya siswa  belum  terbiasa  dan  kurang  memiliki  kepercayaan  diri  untuk mengemukakan  pendapatnya,  motivasi  belajar  siswa  kurang,  tidak konsentrasi  dalam  proses  pembelajaran,  suka  mengganggu  teman,  dan  suka melakukan  aktivitas  diluar  pelajaran.  Akibatnya  prestasi  belajar  siswa menjadi rendah, dengan nilai KKM di bawah rata-rata.
Demikian  pula  yang  terjadi  di  sekolah  kami,  hasil tes pendahuluan menunjukkan hasil hanya 11 siswa (35,48%) dari 31 siswa dinyatakan tuntas belajarnya, sedangkan 20 orang siswa (64,52%) tidak tuntas belajarnya.  Jumlah tersebut sangatlah besar, dan bisa simpulkan bahwa proses pembelajaran tidak berhasil. Hasil  refleksi menunjukkan bahwa pembelajaran  IPA di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... masih dilakukan secara konvensional  (pembelajaran  berpusat  pada  guru)  dan  nilai  rata-rata  secara klasikal pada mata pelajaran IPA yang diperoleh adalah 60,97, hal ini menunjukan belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan yaitu 70.
Berdasarkan data tersebut di atas, maka peneliti meminta bantuan teman sejawat dan kepala sekolah untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu :
  1. Siswa kurang menguasai konsep pesawat sederhana sehingga hasil belajar siswa rendah.
  2. Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru
  3. Tidak ada media atau alat peraga yang mendukung materi pembelajaran.
  4. Siswa  tidak  mampu  mengaplikasikan  materi  yang  dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Rendahnya aktivitas siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran
Melalui refleksi diri, kaji literatur dan diskusi dengan supervisor dapat diketahui bahwa kemungkinan faktor penyebab timbulnya masalah di atas adalah :
1.      Pendekatan  pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar
2.      Penggunaan alat peraga pembelajaran yang kurang bervariasi
3.      Guru tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan penemuan informasi
4.      Guru kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran
5.      Guru dalam menjelaskan materi terlalu cepat.
Melihat permasalahan pembelajaran yang ada, peneliti perlu melakukan upaya perbaikan karena jika hal tersebut dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi sumber utama penyebab turunnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu diupayakan solusi alternatif dari persoalan tersebut dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pesawat sederhana melalui melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ......................
B.     Rumusan Masalah
Dari uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, maka dapat ditentukan perumusan masalahnya yaitu :
1.      Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pesawat sederhana?
2.      Bagaimana meningkatkan hasil siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pesawat sederhana?
C.    Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah  :
1.      Untuk meningkatkan aktivitas siswa Kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi.
2.      Untuk meningkatkan  hasil belajar  siswa Kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi.
D.    Manfaat Penelitian
Diharapkan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis  :
  1. Manfaat Teoritis
a.    Secara teoritis manfaat penelitian ini adalah untk memperoleh gambaran mengenai penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA.
b.    Menambah khasanah pengembangan pengetahuan mengenai pembelajaran IPA materi pesawat sederhana  dengan menggunakan metode demonstrasi.
c.    Sebagai bahan kajian penelitian lebih lanjut.
  1. Manfaat Praktis
a.       Siswa
1)      Memperbaiki belajar siswa, agar hasil belajar siswa meningkat
2)      Siswa merasa mendapat perhatian khusus dari guru sehingga minat belajar siswa meningkat
3)      Memberikan  pengalaman  secara  langsung  bagi  siswa,  sehingga  siswamempunyai kesan dalam belajarnya. 
4)      Siswa  dapat  menarik  kesimpulan  atau  memecahkan  masalah  setelah melakukan demonstrasi dalam pembelajaran IPA. 
5)      Untuk memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya, sehingga aktivitas siswa dan hasil belajar siswa meningkat.
b.      Guru
1)      Agar guru dapat memperbaiki mutu kinerja atau meningkatkan proses pembelajaran IPA secara berkesimanbungan.
2)      Untuk  mengembangkan  keterampilan  guru  untuk  menghadapi permasalahan yang nyata dalam proses pembelajaran di kelas.
3)      Meningkatkan profesionalisme guru.
c.       Bagi Sekolah
1)      Memberikan  landasan  dan  argumentasi  bagi  kebijakan  yang  akan  diambil guna  meningkatkan  mutu  pendidikan  nasional  melalui  model dan metode pembelajaran yang tepat di sekolah.
2)      Meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa
3)      Mengembangkan mutu dan hasil belajarnya
4)      Mempunyai kesempatan untuk berkembang pesat

BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.    Kerangka Teori
1.      Hakikat Pembelajaran IPA
a.       Pengertian Pembelajaran IPA
Salah  satu  mata  pelajaran  yang  diajarkan  di sekolah  adalah  mata pelajaran  IPA  yang sangat  penting  sekali  diberikan  di  sekolah-sekolah  baik itu  sekolah  dasar  maupun  sekolah  menengah.  Dalam  Kurikulum  Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 (BSNP, 2006: 124) dijelaskan bahwa :  Pembelajaran  IPA  berhubungan  dengan  cara  mencari  tahu  tentang alam  secara  sistimatis,  sehingga  IPA  bukanlah  hanya  untuk  memahami pengetahuan  tentang  fakta-fakta,  konsep-konsep,  prinsip-prinsip  saja  tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.
Pembelajaran  IPA  di  sekolah  menengah  harus  memberikan  kesempatan kepada  peserta  didik  untuk  mengembangkan  ketiga  aspek  yang  tercakup  di dalamnya yaitu: Pengetahuan, keterampilan, dan sikap.  Apabila peserta didik dilibatkan  secara  langsung  maka  pembelajaran  yang  aktif,  kreatif,  efektif, interaktif dan menyenangkan akan tercapai. Guru yang baik adalah guru yang menjadikan peserta didik sebagai subjek bukan sebagai objek.
IPA  adalah  bidang  studi  yang  menanamkan  dan  mengembangkan pengetahuan,  keterampilan,  sikap,  dan  nilai  ilmiah  pada  siswa  serta  rasa mencintai dan menghargai kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi alat bagi siswa untuk lebih mengenal diri sendiri dan alam sekitar, dan kehidupan sehari-hari. IPA secara sederhana mempunyai arti, kumpulan ilmu pengetahuan yang tersusun secara sistematis tentang gejala alam. IPA merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang  terdiri  dari  fakta-fakta,  konsep-konsep,  prinsip-prinsip,  dan  teori-teori yang merupakan produk dari proses ilmiah.
Melalui pembelajaran IPA, kerja ilmiah seperti melakukan pengamatan,  memprediksi,  dan  keterampilan  IPA  lainnya  serta  keterampilan berfikir  dapat  dilatih  kepada  peserta  didik  dalam  usaha  memberi  bekal pengetahuan,  keterampilan,  nilai  dan  sikap  yang  diperlukan  untuk  melanjutkan pendidikan maupun untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan–perubahan di  sekelilingnya.  Oleh  karena  itu  pengembangan  kurikulum  IPA  beralih  dari pengembangan  kurikulum  berbasis  materi  (content-based)  atau  siswa  belajar sejumlah  fakta  ke  pengembangan  kurikulum  berbasis  kopetensi  (competency-based),  di  mana  ada  keseimbangan  peningkatan  kemampuan konseptual dan prosedural. Pendidikan IPA    menekankan    pada    pemberian    pengalaman    langsung.  Pada prinsipnya IPA di sekolah menengah membekali siswa untuk mengembangkan  kemampuan  berbagai  cara  “mengetahui”  dan  suatu  cara  “mengerjakan”  yang dapat  membantu  siswa  untuk  memahami  alam  sekitar  secara  mendalam  dan  menyesuaikan diri dengan tuntutan perkembangan  dunia yang sangat cepat.
Pembelajaran  IPA diharapkan dapat menjadi sarana bagi siswa untuk bisa  belajar  dirinya  sendiri  dan  alam  sekitarnya,  memiliki  keterampilan ilmiah,  bersikap  ilmiah  dan  religius  serta  mampu  dalam  memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupannya dengan lebih menyadari kebesaran dan kekuasaan Tuhan  sebagai pencipta alam semesta. IPA adalah ilmu pengetahuan yang rasional dan objektif tentang alam semesta dan segala isinya,  IPA  membahas  tentang  gejala-gejala  alam  yang  disusun  secara sistematis  yang  didasarkan  pada  hasil  percobaan  dan  pengamatan  yang dilakukan oleh manusia.
b.      Tujuan Pembelajaran IPA
Tujuan  pemberian  mata  pelajaran  IPA  atau  sains  munurut  Sumaji (1998:35)  adalah  agar  siswa  mampu  memahami  dan  menguasai  konsep-konsep IPA serta keterkaitan dengan kehidupan nyata. Siswa juga mampu menggunakan metode  ilmiah  untuk  memcahkan  masalah  yang  dihadapinya,  sehingga  lebih menyadari dan mencintai kebesaran serta kekuasaan Penciptanya. Pengajaran IPA menurut Depdikbud (1993/1994:98-99) bertujuan agar siswa: (1)  Memahami  konsep-konsep  IPA  dan  kaitannya  dengan  kehidupan  sehari-sehari. (2) Memiliki keterampilan proses untuk  mengembangkan  pengetahuan, dan  ide  tentang  alam  di  sekitarnya.  (3)  Mempunyai  minat  untuk  mengenal  dan mempelajari benda-benda serta peristiwa di lingkungan sekitar. (4) Bersikap ingin tahu,  tekun,  terbuka,  kritis,  mawas  diri,  bertanggungjawab,  bekerjasama  dan mandiri. (5) Mampu menerapkan berbagai macam konsep IPA untuk menjelaskan gejala-gejala  alam  dan  memecahkan  masalah  dalam  kehidupan  sehari-hari.  (6) Mampu  menggunakan  teknologi  sederhana  yang  berguna  untuk  memecahkan suatu  masalah  yang  ditemukan  dalam  kehidupan  sehari-hari.  (7)  Mengenal  dan memupuk  rasa  cinta  terhadap  alam  sekitar,  sehingga  menyadari  kebesaran  dan keagungan Tuhan Yang Maha Esa.
Pendidikan  IPA  lebih  menekankan  pada  pemberian  pengalaman  langsung dan  kegiatan  praktis  untuk  mengembangkan  kompetensi  agar  siswa  mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan  IPA  diarahkan  untuk  “mencari  tahu”  dan  “berbuat”  sehingga dapat  membantu  siswa  untuk  memperoleh  pemahaman  yang  lebih  mendalam tentang  alam  sekitar  Menurut  Sumaji  (1998:31),  IPA berupaya  untuk  membangkitkan  minat  manusia  agar  mau  meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya mengenai alam sekitarnya.
c.       Karakteristik Pembelajaran IPA
Objek kajian pendidikan IPA berada pada berbagai persoalan/fenomena alam. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Supriyadi (1999: 1) bahwa objek kajian IPA adalah segala fenomena lingkungan (alam) yang berujud titik kecil hingga alam raya yang sangat besar. IPA menurut Depdiknas (2003: 6) merupakan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis untuk menguasai pengetahuan fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, proses penemuan, dan memiliki sikap ilmiah.
Trowbidge dan Byebee (1986: 38) mendefinisikan IPA sebagai berikut : Science is body of knowledge, formed by of continous inquiry, and compassing the people who are engaged in the scientific enterprise. Jadi karakteristik IPA yang kemudian membedakannya dengan ilmu pengetahuan yang lain adalah bahwa IPA ditempuh melalui berbagai penemuan proses empiris secara berkelanjutan yang masing-masing akan memberi kontribusi dengan berbagai jalan untuk membentuk sistem unik yang disebut IPA.
Suyoso (2001: 1-4) mengungkapkan bahwa nilai intelektualitas IPA menuntut kecerdasan dan ketekunan, dalam mencari jawaban suatu persoalan didasarkan atas pertimbangan rasional dan objektivitas dengan melalui observasi atau kegiatan eksperimen untuk memperoleh data yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Secara lebih terperinci. Robert B. Sund (1973: 12) menjelaskan tentang bagaimana suatu pemahaman IPA ditemukan atau yang sekarang dikenal sebagai metode IPA (scientific method). Setidaknya ada enam langkah untuk melakukan proses IPA , yaitu (1) stating the problem, (2) formulating hypotheses, (3) designing an experiment, (4) making obsevation, (5) collecting data from the experiment, (6) drawing conclutions.
2.      Metode Demonstrasi
a.       Pengertian Metode Demonstrasi
Pembelajaran  adalah  suatu  proses  kegiatan  belajar  mengajar  yang dilaksanakan  dalam  suatu  lingkungan  pembelajaran,  baik  lingkungan  fisik, bahan atau materi, dan sumber-sumber pembelajaran lainnya, sehingga dapat memungkinkan  siswa  dapat  berinteraksi  secara  maksimal  untuk  mencapai tujuan  pembelajaran  yaitu  terjadinya  suatu    perubahan  tingkah  laku  yang positif baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik yang berbeda dari keadaan sebelumnya.  Pembelajaran  atau  proses  belajar  mengajar  merupakan  inti  dari proses  pendidikan,  pembelajaran  dapat  berlangsung  dimanapun  dan kapanpun.
Udin S. Winata Putra, dkk (2004 : 424) menyatakan bahwa “Metode demontrasi  adalah  cara  penyajian  pelajaran  dengan  mempertunjukkan secara  langsung  objek  atau  cara  melakukan  sesuatu  untuk mempertunjukkan  proses  tertentu”.  Sedangkan  menurut  Syaiful  Bahri Djamarah  (2000:  54),  “Metode  demontrasi  adalah  metode  yang  digunakan untuk  memperlihatkan  suatu  proses  atau  cara  kerja  suatu  benda  yang berkenaan dengan bahan pelajaran”.
Metode  Demonstrasi  adalah  suatu  metode  yang  memperhatikan  sesuatu kepada  seseorang  atau  kelompok  orang.  Melalui  metode  demonstrasi,  guru memperlihatkan  suatu  proses,  peristiwa,  atau  memperlihatkan  cara  kerja  suatu  alat kepada peserta didik (Rusyan 2004 :99).
Sanjaya (2006:150) menyatakan bahwa metode  demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan  memperagakan  dan  mempertunjukan  kepada siswa  tentang  suatu  proses,  situasi  atau  benda  tertentu,  baik  sebenarnya  atau  hanya sekedar tiruan.
Dari  kedua  pendapat  di  atas,  dapat  disimpulkan  bahwa  metode  demonstrasi adalah  salah  satu  cara  menyampaikan  materi  pelajaran  dengan  cara  memperlihatkan suatu proses, peristiwa dan cara kerja sebuah alat kepada peserta didik. Demonstrasi dapat  dilakukan  dengan  berbagai  cara,  dimulai  dari  yang  sederhana,  sampai  dengan cara yang lebih kompleks.
Model  pembelajaran  IPA  dengan  pendekatan  belajar  mengajar  yang cocok untuk anak-anak sekolah menengah Indonesia dengan kondisi, karakteristik dan  sifat  budaya  Indonesia  adalah  pendekatan  yang  mencakup  kesesuaian antara situasi dan belajar anak dengan situasi kehidupan nyata di masyarakat.Model  pembelajaran  yang  cocok  untuk  anak  Indonesia  adalah  melalui pengalaman langsung (learning by doing) model belajar ini memperkuat daya ingat  anak  dan  lebih  efektif  sebab  menggunakan  alat-alat  dan  media  belajar yang ada di lingkungan anak sendiri.
Dalam  pembelajaran  pengalaman  langsung  mempunyai  peranan  yang sangat  penting  sebagai  pendorong  lajunya  perkembangan  kognitif  anak, karena  pengalaman  anak  terjadi  secara  spontan  sejak  lahir  sampai  anak berumur  12  tahun.  Efisiensi  pengalaman  langsung  tergantung  pada konsistensi antara hubungan metode dan objek dengan tingkat perkembangan kognitif  anak.  Anak  akan  siap  untuk  megembangkan  konsep  tertentu  hanya bila anak telah memiliki struktur kognitif (skemata) yang terjadi prasyaratnya yakni perkembangan kognitif yang hirarkis dan integratif.
Metode  demonstrasi  adalah  suatu  metode  yang  digunakan  untuk memperlihatkan  sesuatu  proses  atau  cara  kerja  suatu  benda  yang  berkenaan dengan bahan pembelajaran tertentu.   Dalam prakteknya metode demonstrasi dapat dilakukan oleh guru atau anak  didik  itu  sendiri,  metode  demonstrasi  cukup  baik  apabila  digunakan dalam  pembelajaran  di  sekolah  menengah  pengalaman  dan  kesan  sebagai  hasil pembelajaran  lebih  melekat  dalam  diri  siswa.  Menurut  pandangan keberhasilan  belajar  bergantung  bukan  hanya  pada  lingkungan  atau  kondisi belajar, tetapi pada pengetahuan awal juga. Belajar melibatkan pembentukan “makna”  oleh  siswa  dari  apa  yang  mereka  lakukan,  lihat,  dan  dengar  (west dan  pinest).  Pembentukan  makna  merupakan  suatu  proses  aktif  yang  terus berlanjut.  Jadi  siswa  memiliki  tanggung  jawab  akhir  atas  belajar  mereka sendiri, seperti dikemukakan oleh Pershan (1994:5).
Terdapat  enam  unsur  penting  dalam  pembelajaran  menggunakan metode demonstrasi, yaitu :

1)      Menunjukkan proses dengan jelas
2)      Adanya Interaksi dua arah
3)      Kesempatan diskusi lebih luas 
4)      Pengalaman belajar yang autentik dan bermakna
5)      Adanya dorongan agar siswa bisa mandiri
6)      Adanya usaha untuk mengenalkan siswa tentang dunia ilmiah
Implikasi  dari  metode  demonstrasi    di  sekolah  ialah  pengetahuan  itu tidak  dapat  di  pindahkan  secara  utuh  dari  pikiran  guru  namun  secara  aktif dibangun  oleh  siswa  itu  sendiri  melalui  pengalaman  nyata  (Piaget  dalam Dahar  1996:82),  sehingga  disini  peran  guru  berubah  dari  sumber  dan  pemberi informasi menjadi pendiagnosis dan fasilitator siswa belajar siswa. 
Tyler  (Sutarno,  2003:86),  mengemukakan  beberapa  kebaikan pembelajaran berdasarkan metode demonstrasi, yaitu :
1)      Pelajaran  berdasarkan  metode  demonstrasi  memberikan  kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasan secara eksplisit dengan menggunakan  bahasa  siswa  sendiri,  berbagi  dengan  temannya,  dan mendorong siswa memberikan penjelasan tentang gagasannya.
2)      Pembelajaran berdasarkan metode demonstrasi memberi pengalaman yang baru sehingga pembelajaran di dalam kelas lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. 
3)      Pembelajaran  metode  demonstrasi  memberi  kesempatan  kepada siswa  untuk  mencoba  gagasan  baru  agar  siswa  terdorong  untuk memperoleh  kepercayaan  diri  dengan  menggunakan  berbagai konteks  baik  yang  dikenal  maupun  yang  baru  dan  akhirnya memotifasi siswa untuk menggunakan berbagai strategi belajar.
4)      Pembelajaran  metode  demonstrasi  mendorong  siswa  untuk memikirkan perubahan  gagasan mereka setelah menyadari kemajuan mereka serta  memberi  kesempatan  siswa  untuk  mengidentifikasi  perubahan  gagasan mereka.
b.      Langkah-langkah Demonstrasi 
Sanjaya,  W.  (2006:151-152)  menyatakan  langkah-langkah  menggunakan metode demonstrasi sebagai berikut :
1)      Tahap Persiapan
Pada tahap persiapan ada beberapa hal yang harus dilakukan :
a)      Rumuskan  tujuan  yang  harus  dicapai  oleh  siswa  setelah  proses  demonstrasi berakhir.  Tujuan  ini  meliputi  beberapa  aspek  seperti  aspek  pengetahuan,
b)      sikap, atau keterampilan tertentu.
c)      Persiapkan  garis  besar  langkah-langkah  demonstrasi  yang  akan  dilakukan. Garis-garis  besar  langkah  demonstrasi  diperlukan  sebagai  panduan  untuk menghindari kegagalan.
d)     Lakukan  uji  coba  demonstrasi.  Uji  coba  meliputi  segala  peralatan  yang diperlukan.
2)      Tahap Pelaksanaan
a)      Langkah Pembukaan
Sebelum  demonstrasi  dilakukan  ada  beberapa  hal  yang  harus  diperhatikan,  di antaranya :
1.1  Aturlah  tempat  duduk  yang  memungkinkan  semua  siswa  dapat memperhatikan dengan jelas apa yang didemonstrasikan.
1.2  Kemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa.
1.3  Kemukakan  tugas-tugas  apa  yang  harus  dilakukan  oleh  siswa,  misalnya siswa  ditugasakan  untuk  mencatat  hal-hal  yang  dianggap  penting  dari pelaksanaan demonstrasi
b)      Langkah Pelaksanaan Demonstrasi
Pelaksanaan  metode  demonstrasi  supaya  berjalan  baik,  guru memperhatikan  hal-hal  berikut:  rumuskan  tujuan  instruksional  yang  dapat dicapai  oleh  peserta  didik,  susun  langkah-langkah  yang  akan  dilakukan dengan  demontrasi  secara  teratur  sesuai  dengan  skenario  yang direncanakan,  persiapkan  peralatan  atau  bahan  yang dibutuhkan  sebelum demonstrasi  dimulai  dan  atur  sesuai  skenario  yang  direncanakan,  teliti terlebih  dahulu  alat  dan  bahan  yang  akan  digunakan  agar  demontrasi berhasil  dilakukan,  serta  perhitungkan  waktu  yang  dibutuhkan  sehingga kita  dapat  memberikan  keterangan  dari  peserta  didik  bisa  mengajukan pertanyaan apabila ada keraguan.
Selama demonstrasi berlangsung hendaknya guru memperhatikan hal-hal  sebagai  berikut: 
1.1  Apakah  demontrasi  dapat  diikuti  oleh  setiap  peserta didik,  apakah  demontrasi  yang  dilakukan  sesuai  dengan  tujuan  yang  telah dilakukan,  apakah  keterangan  yang  diberikan  dapat  didengarkan  dan dipahami oleh peserta didik, apakah peserta didik telah diberikan petunjuk mengenai  hal-hal  yang  perlu  dicatat,  serta  apakah  waktu  yang  tersedia dapat digunakan secara efektif dan efisien.
1.2  Mulailah  demonstrasi  dengan  kegiatan-kegiatan  yang  merangsang  siswa untuk  berpikir,  misalnya  melalui  pertanyaan-pertanyaan  yang  mengandung teka-teki  yang  mendorong  sehingga  siswa  tertarik  memperhatikan demonstrasi.
1.3  Ciptakan  suasana  yang  menyejukkan  dengan  menghindari  suasana  yang menegangkan.
1.4  Yakinlah  bahwa  semua  siswa  mengikuti  jalannya  demonstrasi  dengan memperhatikan reaksi seluruh siswa.
1.5  Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi itu.
c)      Langkah Mengakhiri Demonstrasi
Apabila  demonstrasi  selesai  dilakukan,  proses  pembelajaran  perlu diakhiri  dengan  memberikan  tugas-tugas  tertentu  yang  ada  kaitannya  dengan pelaksanaan  demonstrasi  dan  proses  pencapaian  tujuan  pembelajaran.  Hal  ini diperlukan  untuk  meyakinkan  apakah  siswa  memahami  proses  demonstrasi  itu atau  tidak.  Selain  memberikan  tugas  relevan,  ada  baiknya  guru  dan  siswa melakukan  evaluasi  bersama  tentang  jalannya  proses  demonstrasi  itu  untuk perbaikan selanjutnya.
Adapun langkah-langkah mengakhiri demonstrasi sebagai berikut :
1.1  Guru membuka kesempatan bagi peserta didik untuk bertanya. 
1.2  Bimbinglah peserta didik ke arah pertumbuhan diskusi kelompok.
1.3  Ambilah sejumlah kesimpulan dari hasil demonstrasi.
1.4  Berikan  kesempatan  kepada  peserta  didik  untuk  mencoba  melakukan demonstrasi.
1.5  Buatlah laporan hasil demonstrasi secara tertulis.
Metode  demonstrasi  akan  lebih  efektif    bila  peserta  didik  ikut  terlibat  secara langsung  dalam  proses  demonstrasi  sehingga,  peserta    didik  berkesempatan mengembangkan  kemampuan  mengamati  segala  benda  yang  sedang  terlibat  dalam proses serta dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan yang diharapkan.
c.       Kelebihan dan Kelemahan Metode Demonstrasi
Sebagai suatu metode demonstrasi memiliki beberapa kelebihan diantaranya :
1)      Melalui  metode  demonstrasi  terjadinya  verbalisme  akan  dapat  dihindari, sebab  siswa  disuruh  langsung  memperhatikan  bahan  pelajaran  yang dijelaskan.
2)      Proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab siswa tak hanya mendengar, tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi.
3)      Dengan  cara  mengamati  secara  langsung  siswa  akan  memiliki  kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan. Dengan  demikian  siswa  akan  lebih  meyakini  kebenaran  materi pembelajaran.
Di samping  beberapa  kelebihan,  metode  demonstrasi  juga  memiliki beberapa kelemahan, diantaranya :
1)      Metode demonstrasi  memerlukan persiapan  yang lebih matang, sebab tanpa persiapan  yang  memadai  demonstrasi  bisa  gagal  sehingga  dapat menyebabkan  metode  ini  tidak  efektif  lagi.  Bahkan  sering  terjadi  untuk menghasilkan  pertunjukkan  suatu  proses  tertentu,  guru  harus  beberapa  kali mencobanya terlebih dahulu, sehingga dapat memakan waktu banyak.
2)      Demonstrasi memerlukan peralatan, bahan-bahan, dan tempat yang memadai yang  berarti  penggunaan    metode  ini  memerlukan  pembiayaan  yang  lebih mahal dibandingkan dengan ceramah.
3)      Demonstrasa memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang khusus, sehingga  guru  dituntut  untuk  bekerja  lebih  profesional.  Di  samping  itu demonstrasi juga memerlukan kemauan dan motivasi guru yang bagus untuk keberhasilan proses pembelajaran siswa.
3.      Penerapan  Metode  Demonstrasi  Dalam  Pembelajaran  IPA  Pada Materi Pesawat Sederhana
Menurut  Piaget  (Darmodjo  dan  Kaligis,  1992  :  22)  tidak  ada  belajar tanpa  perbuatan.  Hal  ini  disebabkan  perkembangan  intelektual  anak  dan emosionalnya dipengaruhi langsung oleh keterlibatan secara fisik dan mental dengan  lingkungannya.  Oleh  karena  itu  guru  mengupayakan  pembelajaran sains  melalui  aktivitas  kongkret  untuk  semua  tingkat  di  sekolah  menengah. Pendekatan metode demonstrasi adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang  menyatakan  bahwa  belajar  adalah  proses  yang  aktif,  kreatif,  dan menyenangkan  yang  dilakukan  siswa.  Tahapan  pada  pendekatan metode demonstrasi  memuat  empat  langkah  penyelesaian  yaitu  :  apersepsi, eksplorasi, demonstrasi dan penjelasan konsep.
Pembelajaran  IPA  di  sekolah  menengah  diharapkan  menjadi  wahana  bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Kurikulum KTSP 2006 menghendaki  pembelajaran  IPA  di  sekolah  menengah  tidak  saja  mampu menguasai  konsep  IPA  dengan  baik  tetapi  juga  mampu  memahami  proses, sikap,  dan  nilai  IPA.  Selain  itu,  prestasi  IPA  ditentukan  oleh  kompetensi kognitif,  psikomotor,  dan  afektifnya.  Proses  pembelajaran  IPA  tidak  saja menyangkut  oleh  pikir  (minds-on)  akan  tetapi  juga  memperhatikan  oleh tangan (hands-on) yang berupa kerja praktek. Melalui kerja praktek ini, siswa dapat  mengembangkan  keterampilan  proses  IPA,  kompetensi  psikomotornya bahkan  ada  kemungkinan  juga  dapat  berkembangnya  aspek  afektif.  Namun demikian,  pembelajaran  yang  menekankan  pada  minds-on/hands-on  selama ini  belum  terlaksana  dengan  baik.  Hal  ini  dikarenakan  pembelajaran  masih menggunakan  cara  belajar  yang  tradisional  dan  cara  mengajar  yang konvensional. Guru  menjadi  pusat  dalam  pembelajaran,  siswa  hanya  duduk, dengar,  catat  dan  hapal.  Siswa  sangat  pandai  menghapal,  tetapi  kurang terampil dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliknya.
Pembelajaran  IPA  dengan  pendekatan  metode  demonstrasi  dirancang dengan  menerapkan  langkah-langkah  demonstrasi  dan  alat  peraga  yang sesuai.  Hal  pertama  yang  dilakukan  dalam  pembelajaran  IPA  dengan menggunakan  metode  demontrasi  adalah  menetapkan  tujuan  pembelajaran, mempersiapkan  atau  menyediakan  alat  dan  bahan  (fasilitas)  yang  akan digunakan pada saat demontrasi.  Dalam  menyusun  skenario  pembelajaran  dan  perangkat  pembelajaran lain yang dapat menunjang terlaksananya pembelajaran. Semua persiapan ini dilakukan  oleh  guru,  setelah  semua  persiapan  tersebut  dipersiapkan  dengan baik barulah pelaksanaan bisa dimulai. 
Pelaksanaan  pada  kegiatan  awal  siswa  dengan  bimbingan  guru merumuskan  masalah  yang  berkenaan  dengan  materi  pesawat  sederhana. Dilanjutkan  pada  jenis-jenis  pesawat  sederhana  dengan  pengajuan  hipotesis yaitu jawaban sementara terhadap permasalahan yang diajukan. Setelah  merumuskan  hipotesis  langkah  selanjutnya  pada  kegiatan  inti pembelajaran,  guru  terlebih  dahulu  membagi  siswa  menjadi  kelompok  besar karena jumlah seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 25 orang, maka  dibagi  menjadi  lima  kelompok,  maka  setiap  kelompok  terdiri  dari  5 orang siswa. Pembagian kelompok ini ditentukan oleh guru dengan alasan  agar  setiap  kelompok  lebih  terkondisikan  agar  siswa  yang  kurang pandai  dengan  siswa  yang  pandai.  Setelah  setiap  kelompok  dikondisikan dengan  baik,  barulah  guru  menjelaskan  langkah-langkah  demontrasi  dan membagikan lembar demontasi.
Lembar  demontrasi  ini  berisi  petunjuk  pelaksanaan  demontasi  dan beberapa  pertanyaan  yang  harus  di  jawab  oleh  siswa  secara  berkolompok mengenai  perencanaan  demontrasi,  setiap  kelompok  melaksanakan demontrasi yang sama yaitu mengindentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana, selama  pelaksanaan  demontrasi  berlangsung  guru  bertindak  sebagai fasilitator.  
4.      Aktivitas Belajar Siswa
a.       Pengertian Aktivitas 
Menurut  Anton  M.  Mulyono  (2001:  26)  aktivitas  siswa  artinya  kegiatan  atau keaktifan.  Jadi  segala  sesuatu  yang  dilaksanakan  atau  kegiatan-kegiatan  yang terjadi baik fisik maupun non fisik merupakan suatu aktivitas.
Aktivitas  belajar  merupakan  segala  kegiatan  yang  dilakukan  dalam  proses interaksi  (guru  dan  siswa)  dalam  rangka  mencapai  tujuan  belajar.  Aktivitas  yang dimaksudkan  disini  penekanannya  adalah  pada  siswa  dalam  proses  pembelajaran terciptalah situasi belajar aktif, seperti yang dikemukakan oleh Rochman Natawijaya dalam Depdiknas (2005: 31) belajar aktif adalah “suatu sistem belajar mengajar yang menekankan  keaktifan  siswa  secara  fisik,  mental,  intelektual,  emosional  gunamemperoleh  hasil  belajar  berupa  perpaduan  antara    aspek  kognitif,  afektif psikomotor”. dapat  mengarah  kepada  tingkah  laku  yang  lebih  baik.  Seperti  yang dikemukakan  oleh  Gagne  (1984)  dalam  Syaiful  (2010:  13),  belajar  adalah suatu  proses  dimana  suatu  organisme  berubah  perilakunya  sebagai  akibat pengalaman. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa  yang kompleks sebagai tindakan belajar hanya dialami oleh siswa sendiri. 
Dimyati dan Mudjiono dalam Syaiful (2010: 13) mengemukakan siswa adalah  penentu  terjadinya  atau  tidak  terjadinya  proses  belajar.  Dari pengertian  di atas  dapat  disampaikan  proses  ditandai  dengan  adanya perubahan  dalam  diri  seseorang  sebagai  hasil  pengalaman  dan  latihan. Perubahan  hasil  belajar  dapat  ditimbulkan  dalam  berbagai  bentuk  seperti perubahannya  pengetahuan,  sikap  dan  tingkah  laku.  Proses  belajar  adalah proses  aktif  dan  reaksi  terhadap  semua  situasi  yang  ada  disekitar  individu serta diarahkan pada satu tujuan. 
Sedangkan  aktifitas  belajar  pada  dasarnya  merupakan  proses  interaksi antara  guru  dan  peserta  didik.  Kualitas  hubungan  antara  guru  dan  peserta didik  dalam  proses pembelajaran  sebagian  besar  ditentukan  oleh  pribadi pendidik  dalam  mengajar  dan  peserta  didik  dalam  belajar.  Keaktifan  itu beraneka ragam bentuknya. 
Keaktifan itu meliputi keaktifan dalam pengindraan (yakni mendengar, melihat,  mencium,  merasa,  dan  meraba),  mengolah  ide-ide, menyatakan  ide, dan  melakukan  latihan-latihan  yang  berkaitan  dengan  pembentukan keterampilan  jasmani.  Untuk  itu meningkatkan  keaktifan  siswa  belajar  perlu upaya  yang diciptakan melalui penataan komunikasi dalam proses mengajar, penataan ruang kelas, penerapan prinsip belajar sambil berbuat. 
Proses  belajar  mengajar  adalah  suatu  proses  melihat,  mengalami, mengamati  dan  memahami  sesuatu  yang  dipelajari  untuk  memperoleh  hasil yang  ditentukan  melalui  pembinaan,  pemberian  penjelasan,  pemberian bantuan dan dorongan dari pendidik. Semakin besar keterlibatan peserta didik dalam  aktivitas  belajar  mengajar,  maka  semakin  besar  pula  kemungkinan peserta  didik  memahami  dan  menguasai  bahan  pelajaran  yang  disajikan, sehingga  aktivitas  antara  guru  dan  peserta  didik  dalam  belajar  dapat menetukan keberhasilan proses pembelajaran yang efektif. 
Proses aktivitas pembelajaran harus melibatkan seluruh aspek psikofisis peserta  didik,  baik  jasmani  maupun  rohani  sehingga  akselerasi  perubahan perilakunya  dapat  terjadi  secara  cepat,  tepat,  mudah,  dan  benar,  baik berkaitan dengan aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor.
Aktivitas dalam belajar dapata memberikan nilai tambah (added value) bagi peserta didik, berupa hal berikut.
1)      Peserta  didik  memiliki  kesadaran  (awareness)  untuk  belajar  sebagai wujud adanya motivasi internal (driving force) untuk belajar sejati.
2)      Peserta didik mencari pengalaman dan langsung mengalami sendiri yang dapat memberikan dampak terhadap pembentukkan pribadi yang integral.
3)      Peserta didik belajar dengan menurut minat dan kemampuannya.
4)      Menumbuhkembangkan  sikap  disiplin  dan  suasana  belajar  yang demokratis di kalangan peserta didik.
5)      Pembelajaran  dilaksanakan  secara  konkret  sehingga  dapat menumbuhkembangkan  pemahaman  dan  berpikir  kritis  serta menghindarkan terjadinya verbalisme.
6)      Menumbuhkembangkan  sikap  kooperatif  di  kalangan  peserta  didik sehingga  sekolah  menjadi  hidup,  sejalan,  dan  serasi  dengan  kehidupan masyarakat di sekitarnya.
Keaktifan  siswa  selama  proses  belajar  mengajar  merupakan  salah  satu indikator  adanya  keinginan  atau  motivasi  siswa  untuk  belajar.  Siswa  dikatakan memiliki  keaktifan  apabila  ditemukan  ciri-ciri  perilaku  seperti  :  sering  bertanya kepada  guru  atau  siswa  lain,  mau  mengerjakan  tugas  yang  diberikan  guru,  mampu menjawab pertanyaan, senang diberi tugas belajar, dan sebagainya.
Seorang  pakar  pendidikan,  Trinandita  (1984:59)  menyatakan  bahwa  hal  yang paling  mendasar  yang  dituntut  dalam  proses  pembelajaran  adalah  keaktifan  siswa. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran akan menyebabkan interaksi yang tinggi antara  guru  dengan  siswa  ataupun  siswa  dengan  siswa  itu  sendiri.  Hal  ini  akan mengakibatkan  suasana  kelas  menjadi  segar  dan  kondusif,  dimana  masing-masing siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal  mungkin.  Aktivitas yang timbul dari  siswa  akan  mengakibatkan  pula  terbentuknya  pengetahuan  dan  keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan prestasi. merupakan suatu aktivitas
5.      Hasil Belajar
Hasil  belajar  merupakan  serangkaian  data,  kecakapan,  keterampilan, kematangan,    pemahaman,  dan  kemampuan  yang  dimiliki  oleh  seseorang  setelah melalui suatu proses belajar.
Hasil  belajar  merupakan  kemampuan  yang  diperoleh  individu  setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan,  pemahaman,  sikap  dan  keterampilan  mahasiswa  sehingga  menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sebagaimana yang dikemukakan Hamalik (1995: 48) hasil  belajar  adalah  “Perubahan  tingkah  laku  subjek  yang  meliputi  kemampuan kognitif,  afektif  dan  psikomotor  dalam  situasi  tertentu  berkat  pengalamannya berulang-ulang”.  Pendapat  tersebut  didukung  oleh  Sudjana  (2005:3)  “hasil belajar ialah perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotor yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya”.  
Di dalam menyelenggarakan pendidikan, suatu proses belajar mengajar dapat dilihat  dari  terjadinya  perubahan  yang  diharapkan  sesuai  dengan  tujuan  yang  telah dirumuskan. Tujuan yang dimaksud tersebut berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan segala  prilaku  yang  dimiliki  siswa  sebagai  akibat  proses  belajar  yang ditempuh.  Belajar  dapat  diartikan  sebagai  suatu  proses  yang  dilakukan  seseorang secara  sadar  untuk  mendapat  suatu  perubahan  tingkah  laku  yang  menyangkut  segi-segi pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan sebagainya.
Hilgard  (dalam Sanjaya,  2006:110)  menyatakan  bahwa  belajar  adalah  proses perubahan melalui kegiatan atau prosedur latihan, baik latihan di dalam laboratorium maupun dalam lingkungan rumah. Belajar menurut konsepsi modern adalah suatu proses perubahan tingkah laku dalam arti seluas-luasnya meliputi pengamatan, pengenalan, pengertian pengetahuan, perbuatan, keterampilan perasaan, minat, penghargaan dan sikap Rusyan, (1993:9).
Dari hasil penelitian yang dikemukakan oleh Bloom (dalam Semiawan dan Munandar, 2004 ; 4) berangkat dari pola distribusi normal, anak-anak yang terletak di ujung sebelah kiri dan kanan tidak dapat memanfaatkan secara baik layanan pendidikan yang disediakan sekolah untuk kelompok normal atau kelompok biasa. Hasil belajar sangat dipengaruhi oleh interaksi semakin baik semakin  baik hasil belajar, dan semakin rendah interaksi semakin rendah pula hasil belajarnya.
Bertitik  tolak  dari  pendapat  di  atas,  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  belajar merupakan proses  perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar yang direfleksikan ke dalam tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar juga merupakan konsep  yang  bersifat  umum,  di  dalamnya  terdapat  apa  yang  dinamakan  prestasi belajar.  Sedangkan  prestasi  belajar  adalah  tingkat  keberhasilan  siswa  dalam mempelajari  materi  pelajaran  di  sekolah  yang  dinyatakan  dalam  bentuk  skor  yang diperoleh  dari  hasil  tes  mengenai  sejumlah  materi  pelajaran.  Oleh  karena  itu,  untuk  mengetahui  sejumlah mana perubahan yang dialami oleh siswa dilakukan kegiatan penilaian, yaitu tindakan atau  kegiatan  untuk  melihat  sejauh  mana  tujuan  pembelajaran  dapat  dicapai  oleh siswa  dalam  bentuk  hasil  belajar  yang  diperoleh  setelah  mereka  menempuh  prosesbelajar. Jadi hasil belajar pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku yang tejadi pada  siswa  setelah  menempuh  pengalaman  belajar  (Nana  Sujana,  1991).  Perubahan hasil belajar menyangkut tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.

B.     Kerangka Pikir
Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pesawat sederhana, secara klasikal hasil belajar siswa masih rendah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adanya rendahnya aktivitas belajar siswa yang berujung pada rendahnya hasil belajar siswa secara keseluruhan.  Berdasarkan  temuan  di  sekolah,  pembelajaran  IPA  tersebut,  ternyata proses pembelajaran yang berlangsung masih  cenderung  menekankan  aspek  kognitif,  dimana  konsep-konsep  yang diajarkan  hanya  sekedar  pengetahuan  kurangnya  penghayatan  dan  kurangnya realisasi  sebagai  sikap  hidup  dan  perilaku  yang  nyata,  siswa  bersifat  pasif dalam aktivitas belajarnya sebab guru hanya menggunakan metode ceramah.   Berdasarkan data tersebut, peneliti meminta bantuan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu  rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hal di atas peneliti ingin melaksanakan penelitian tindakan kelas peningkatan hasil belajar IPA materi pesawat melalui penerapan metode monstrasi pada siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ......................
Dalam bentuk bagan, kerangka pikir pelaksanaan perbaikan pembelajaran IPA materi pesawat melalui penerapan metode monstrasi sebagaimana gambar di bawah ini :

 























Gambar 2.1  Kerangka Berpikir

C.    Hipotesis Penelitian
Dengan mempertimbangkan dan merujuk pada beberapa pendapat ahli, disusunlah hipotesis tindakan sebagai berikut :
1.      Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana.
2.      Penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana.

D.    Indikator dan Kriteria Keberhasilan
Indikator yang digunakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi pembelajaran. Siswa dinyatakan meningkat hasil belajar  dengan kriteria mencapai penguasaan materi di atas KKM atau mendapat nilai minimal 70. Adapun indikator yang digunakan untuk mengukur peningkatan  aktivitas belajar adalah siswa memperhatikan penjelasan guru, membaca buku, bertanya, mengerjakan latihan, dan menulis intisari atau kesimpulan hasil pembelajaran.
Kriteria keberhasilan yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran melalui upaya perbaikan pembelajaran sebagai berikut :
1.         Proses perbaikan pembelajaran  dinyatakan berhasil apabila siswa mendapat nilai minimal 65.
2.         Proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil apabila 85% dari jumlah siswa tuntas belajar.
3.         Proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil apabila 85% dari jumlah siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar selama proses pembelajaran berlangsung.
 



Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.



Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...