– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK KENAIKAN PANGKAT GURU SMP MAPEL PKN

Tuesday 22 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU SMP MAPEL PKN










LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PKN MATERI
PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MENCAPAI KEMERDEKAAN SISWA KELAS VII
SMPN 3 ........................
TAHUN 2013/2014




Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan





Oleh :
………………………………
NIP. ………………………………..





SMPN 3 ........................
DINAS PENDIDIKAN ............................. KABUPATEN ......................
Jln. .........................................

KATA PENGANTAR

            Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT., yang telah senantiasa melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga Penelitian Tindakan Kelas, yang berjudul ” Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siswa Kelas VII SMPN 3 ........................ Tahun 2013/2014”,  dapat disusun sebagaimana mestinya.
            Laporan Penelitian Tindakan Kelas Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kenaikan Pangkat ………………………………………….  Penelitian tindakan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam pelaksanaan standar proses kegiatan pembelajaran dengan pelaksanaan supervisi akademik. Selesainya pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:
1.  ....................., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ................. 
2.   Kepala Sekolah dan Seluruh  Guru SMP Negeri ................................... Kecamatan ............ Kabupaten Gunung .............
3.  Teman-teman  seprofesi  yang  juga  memberi  masukan  dalam penyusunan  laporan  penelitian  tindakan sekolah ini.
4.   Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah mendukung pelaksanaan  PTK ini.
Akhirnya, dengan segala kerendahan hati penulis menyadari bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, maka pada kesempatan ini penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan dari segenap pembaca. Akhir kata penulis do’a kan semoga semua amal yang diberikan mendapat imbalan dari Allah SWT, dan semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin ya Rabbal Alamiin.
                                                                                        
……………,     ……….201..
Penulis


LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siswa Kelas VII SMPN 3 ........................ Tahun 2013/2014
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.    Provinsi
g.   Alamat Kantor
h.   Telepon

……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….

3.
Lama Penelitian
….. bulan (………… s.d ………… 201..)
4.
Sumber Dana
Swadaya




                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

             Kepala Dinas Pendidikan                                 Kepala Sekolah
              Kabupaten ……………                                              



                 …………………….                                   ………………….
            NIP.……………………..                        NIP.……………………..



PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PKN MATERI
PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MENCAPAI KEMERDEKAAN SISWA KELAS VII
SMPN 3 ........................
TAHUN 2013/2014

Oleh
…………………………..
NIP. ………………


ABSTRAK

Rendahnya  hasil  belajar dan minat  belajar  PKN  dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran. Faktor utama yang akan dibahas adalah peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan tujuan agar terdapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa hingga memenuhi batas minimal tuntas belajar. Upaya perbaikan dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 ........................ dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa terdiri dari siswa laki-laki 8 siswa dan perempuan 8 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model alur yang terekam dalam catatan lapangan, yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keadaan awal sebanyak 3 siswa (18,75%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model cooperative learning tipe STAD pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa atau 62,50% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 16 siswa atau 100%. Nilai rata-rata hasil pada kondisi awal sebesar 59,38 meningkat menjadi 66,25 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 73,13. Hasil observasi terhadap peningkatan minat menunjukkan peningkatan dari 7 siswa atau 43,75% menjadi 16 siswa atau 100% pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe STAD  dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn materi perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan di Kelas VII  SMPN 3 ........................ Tahun 2013/2014.

Kata Kunci : cooperative learning, minat,  hasil, belajar



DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................      
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.   Analisis Masalah ....................................................................       
D.  Pembatasan Masalah ..............................................................       
E.   Rumusan Masalah ..................................................................       
F.   Tujuan Penelitian....................................................................       
G.  Manfaat Penelitian..................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................       
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian....................................................................       
B.     Subjek Penelitian ...................................................................       
C.     Data dan Sumber Data...........................................................       
D.    Prosedur Pelaksanaan.............................................................       
E.     Teknik Pengumpulan Data .....................................................       
F.      Alat Pengumpul Data ............................................................       
G.    Validitas Data.........................................................................       
H.    Analisa Data ..........................................................................       
I.       Indikator Kinerja....................................................................       
BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian.......................................................................       
B.   Pembahasan............................................................................

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran dan Tindak Lanjut........................................................       

DAFTAR PUSTAKA                       
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman


Tabel      4.1     Hasil Tes Formatif Kondisi Awal.............................................         
Tabel      4.2     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siklus I          ..................................................................................................
Tabel      4.3     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Siklus I       
Tabel      4.4     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siklus II        ..................................................................................................
Tabel      4.5     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Siklus II                 
Tabel      4.6     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II            
Tabel      4.7     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II                     
Tabel      4.8     Rekapitulasi Peningkatan Minat Siswa pada Siklus I dan Siklus II              





















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1  Kerangka Berpikir ....................................................................         

Gambar    3.1  Daur PTK dalam 2 Siklus (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, Prayitno, 2006:46)                 

Gambar    4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                     

Gambar    4.2  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                   

Gambar    4.5 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Siswa Pada Siklus I dan II               




























DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    5     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    6     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     :    Data Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     :    Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    10   :    Lembar Observasi Kegiatan Guru Dalam Proses Pembelajaran 
Lampiran    11   :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    12   :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 




BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah

Pada  pasal  3  Undang-undang  No.  20  th  2003  tentang  Sistem  Pendidikan  Nasional menjelaskan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk  mewujudkan  suasana  belajar  dan  proses  pembelajaran  agar  peserta  didik  secara  aktif  mengembangkan  potensi  dirinya  untuk  memiliki  kekuatan  spiritual  keagamaan,  pengendalian  diri,  kepribadian,  kecerdasan,  akhlak  mulia,  serta  keterampilan  yang  diperlukan  dirinya,  masyarakat  bangsa  dan  negara.  Yang  bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang  beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta  bertanggung jawab.
Tuntutan  karakteristik  pendidikan  PKn  sebagaimana  oleh  KTSP  masih  jauh  dari  yang  dimaksudkan.  Implementasi  KTSP  lebih  terfokus  pada  pembenahan  jenis-jenis  administrasi  pembelajaran, sedangkan  dalam  pelaksanaan  KBM  belum  menunjukkan  perubahan  yang  sangat  berarti.  Hal  ini  disebabkan  antara  lain,  pemberlakukan  KTSP  belum  disertai  dengan  pelatihan  bagi  guru-guru bagaimana  mengelola  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  tuntutan  kurikulum.  Selain  itu,  fasilitas  pembelajaran  PKN  seperti  media  dan  alat  peraga,  kualitas  dan kuantitasnya tidak banyak berubah, yaitu jauh dari memadai.
Hasil penelitian awal yang telah peneliti lakukan masih terdapat perbedaan antara harapan dengan kenyataan yang terjadi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Harapan yang demikian itu nyata belum bisa dipenuhi oleh seluruh siswa kelas VII SMPN 3 .........................
Hal ini dibuktikan dengan hanya tiga siswa yang mencapai nilai standar KKM (70) ke atas dari  16  siswa atau 18,75%%, dengan minat belajar siswa yang hanya mencapai angka 43,75% atau hanya 7 siswa dari 16 siswa serta perolehan nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 59,38.  Rendahnya  hasil  belajar dan minat  belajar  PKN  dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran.
Diantara  berbagai  model  pembelajaran,  satu  diantaranya  adalah  model  cooperative learning tipe STAD, yaitu pembelajaran berkelompok dimana siswa dapat saling  membantu dalam proses pembelajaran sehingga siswa yang kurang dapat dibantu  oleh  teman  kelompoknya  selain  oleh  guru  sebagai  pembimbing.  Model  ini  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  belajar  secara  bersama-sama  atau  gotong  royong  sehingga  makna  kebersamaan  sangat  dominan.  Selain  itu,  model  ini  dapat  mengaktifkan  siswa  dalam  belajar  karena  siswa  didorong  untuk mengemukakan pendapat atau menyanggah berbagai masalah  yang diajukan oleh  rekan sekelompoknya.

B.       Identifikasi  Masalah

Upaya untuk mengatasi hal sebagaimana uraian di atas, peneliti mencoba berkolaborasi dengan kepala sekolah, rekan sejawat. Dari hasil diskusi dapat teridentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :
a.    Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru tidak kondusif, dalam arti tidak memberikan kesan menyenangkan siswa saat dibelajari materi pembelajaran.
b.    Pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat adalah yang menjadi pemicu perilaku guru saat mempelajari siswa hingga tidak banyak berbuat sesuatu demi keberhasilannya.
c.    Kreativitas siswa untuk menanyakan sesuatu kepada guru sama sekali tidak muncul.
d.   Sebagian besar siswa mengalami kesulitan pada saat proses mempelajari materi ajar, dan ini telah menyebabkan mereka tidak tuntas belajar karena kekurang tepatan pemilihan metode pembelajaran
e.    Penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
f.     Ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi pada saat proses pembelajaran berlansung.

C.    Analisis  Masalah

Melalui refleksi diri, kaji literatur, dan diskusi dengan supervisor, kepala sekolah dan teman sejawat dapat diketahui bahwa faktor penyebab rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran, dan rendahnya hasil belajar serta minat belajar siswa adalah :
a.    Model pembelajaran yang diambil tidak tepat sehingga guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif.
b.    Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi.
c.    Guru tidak mampu membaca situasi dan kondisi pada saat pembelajaran berlangsung.
d.   Guru dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang lebih aktif.
e.    Metode penyajian materi yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik dan tahap perkembangan siswa.
f.     Guru kurang mampu mengelola kelas dan ini berdampak pada proses edukatif yang diharapkan kurang berhasil
Melihat kondisi awal sebagaimana tersebut di atas, maka peneliti berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran PKN materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
Adapun prioritas masalah yang menjadi tujuan perbaikan proses pembelajaran adalah :
a.    Memperbaiki proses pembelajaran  PKN materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dengan menggunakan strategi Cooperative Learning  tipe STAD.
b.    Meningkatkan minat dan hasil belajar siswa belajar sehingga tingkat ketuntasan belajar siswa dapat tercapai.
Atas dasar itu peneliti merasa terpanggil untuk melakukan upaya perbaikan, karena jika hal tersebut dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi sumber utama penyebab turunnya hasil dan motivasi belajar siswa saat mempelajari materi pembelajaran selanjutnya. Seiring dengan menurunnya motivasi belajar siswa berarti pula pada menurunnya kualitas belajar. Sebelum hal ini terjadi pada siswa, akan lebih baiknya jika diupayakan segera solusi alternatif dari persoalan tersebut dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD pada mata pelajaran PKN materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dengan harapan dapat  meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 3 .........................

D.    Pembatasan Masalah

Untuk mengefektifkan proses penelitian, peneliti memberikan batasan pengkajian sebagai berikut.
1. Penelitian ini hanya dilaksanakan untuk materi pembelajaran PKN materi  peranan tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan dengan menerapkan model cooperative leraning tipe STAD yang terangkum dalam suatu penelitian tindakan kelas  (Classroom Action Research) siswa kelas VII SMPN 3 .........................
2.  Target penelitian diarahkan pada siswa kelas VII SMPN 3 ........................
E.     Rumusan Masalah
1.    Apakah dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD dapat  meningkatkan minat siswa kelas VII SMPN 3 ........................ mata pelajaran PKN materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan?
2.    Apakah dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD dapat  meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 ........................ mata pelajaran PKN materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan ?

F.     Tujuan Penelitian
Upaya melakukan penelitian perbaikan pembelajaran ini tidak lepas dari tujuan yang diharapkan, yaitu sebagai berikut.
1.    Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa mata kelas VII SMPN 3 ........................ pelajaran PKN materi  Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan setelah menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD
2.    Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 ........................ mata pelajaran PKN materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan setelah menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD.
G.    Manfaat Penelitian
Diharapkan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis  :
  1. Manfaat Teoritis
Melalui  kegiatan  penelitian  ini  diperoleh  alat  dan  teknik  penunjang  yang lebih realistis dan aplikatif untuk keperluan optimalisasi penggunaan model Cooperative Learning tipe STAD pada kelas dan mata pelajaran yang berbeda.
  1. Manfaat Praktis
a.       Siswa dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar menjadi lebih baik daripada sebelumnya, serta menumbuhkembangkan sikap kritisnya terhadap aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar yang telah diperolehnya.
b.      Guru dapat memperbaiki kinerjanya secara profesional, karena itu rasa percaya dirinya akan meningkat dan ikut serta berperan aktif dalam rangka mengembangkan inovasi pembelajaran khususnya untuk bidang studi PKN pada tingkat Sekolah Menengah Pertama.
c.       Membantu sekolah untuk terus berkembang karena adanya peningkatan kemampuan pada diri guru dan siswa yang menunjukkan lebih unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas dari sekolah lain.





BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS PENELITIAN

A.      Kajian Teori

1.    Hasil Belajar Pembelajaran PKn Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
a.    Tinjauan mengenai Pendidikan Kewarganegaraan
Dalam tinjauan mengenai Pendidikan Kewarganegaraan akan dijelaskan beberapa pengertian mengenai Pendidikan Kewarganegaraan, tujuan Pendidikan Kewarganegaraan dan ruang lingkup Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk itu penjelasan mengenai pengertian Pendidikan Kewarganegaraanakan diuraikan sebagai berikut.
1)   Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.
Kemudian menurut Azis Wahab (Cholisin, 2000:18) menyatakan bahwa PKn ialah media pengajaran yang meng-Indonesiakan para siswa secara sadar, cerdas, dan penuh tanggung jawab. Karena itu, program PKn memuat konsep-konsep umum ketatanegaraan, politik dan hukum negara, serta teori umum yang lain yang cocok dengan target tersebut.
Berbeda dengan pendapat di atas pendidikan kewarganegaraan diartikan sebagai penyiapan generasi muda (siswa) untuk menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, kecakapan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam masyarakatnya (Samsuri, 2011: 28).
Berdasarkan beberapa pendapat tersebut dapat dikemukakan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan adalah suatu mata pelajaran yang merupakan satu rangkaian proses untuk mengarahkan peserta didik menjadi warga negara yang berkarakter bangsa Indonesia, cerdas, terampil, dan bertanggungjawab sehingga dapat berperan aktif dalam masyarakat sesuai dengan ketentuan Pancasila dan UUD 1945.
2)   Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan
Tujuan dari Pendidikan Kewarganegaraan diatur dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Tujuannya adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
a)    Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti-korupsi.
b)   Berpikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
c)    Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lain.
d)   Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Berdasarkan pemaparan di atas dapat dikemukakan tujuan Pendidikan Kewaranegaran dapat diartikan sebagai mata pelajaran yang fokus pada pembentukan warga negara yang memiliki keterampilan intelektual, ketrampilan berpartisipasi dalam setiap kegiatan kewarganegaraan dan memiliki karakter kewarganegaraan yang kuat sehingga menjadikan warga negara yang cerdas dan berkarakter.
3)   Ruang Lingkup Pendidikan Kewarganegaraan
Ruang lingkup Pendidikan Kewarganegaraan diatur dalam Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Ruang Lingkup mata pelajaran PKn untuk pendidikan dasar dan menengah secara umum meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
a)    Persatuan dan kesatuan bangsa, meliputi hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, sumpah pemuda, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, partisipasi dalam pembelaan negara, sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, keterbukaan dan jaminan keadilan.
b)   Norma, hukum dan peraturan, meliputi tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku di masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sistem hukum dan peradilan nasional, hukum dan peradilan internasional.
c)    Hak Asasi Manusia, meliputi hak dan kewajiban anak, hak dan kewajiban anggota masyarakat, instrumen nasional dan internasional HAM, pemajuan penghormatan dan perlindungan HAM.
d)   Kebutuhan warga negara, meliputi hidup gotong royong, harga diri sebagai masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri, persamaan kedudukan warga negara.
e)    Konstitusi negara, meliputi proklamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, hubungan dasar negara dengan konstitusi.
f)    Kekuasaan dan politik, meliputi pemerintahan desa dan kecamatan, pemerintahan daerah dan otonomi, pemerintah pusat, demokrasi dan sistem politik, budaya politik, budaya demokrasi menuju masyarakat madani, sistem pemerintahan, pers dalam masyarakat demokrasi.
g)   Pancasila, meliputi, kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, proses perumusan pancasila sebagai dasar negara, pengamalan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, pancasila sebagai ideologi terbuka.
h)   Globalisasi, meliputi: globalisasi di lingkungannya, politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, dampak globalisasi, hubungan internasional dan organisasi internasional, dan mengevaluasi globalisasi.
Berdasarkan ruang lingkup PKn di atas, diketahui bahwa materi yang ada dalam PKn terdiri dari diantaranya tentang materi nilai-nilai, norma dan peraturan hukum yang mengatur perilaku warga negara, sehingga diharapkan peserta didik dapat mengamalkan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari menjadi karakter pribadi yang melekat pada setiap individu peserta didik.
b.    Pengertian Belajar
Menurut  Herman  Hudoyo  (Irman.  2010:7)  belajar  adalah  suatu  proses  mendapat  pengetahuan  atau  pengalaman  sehingga  mengubah  tingkah  laku. Melalui  proses  belajar  maka  seseorang  akan  mengalami  perubahan  yang kompleks.  Perubahan  dapat  terjadi  pada  tingkah  laku,  penambahan pengetahuan, sikap, keterampilan, serta kecakapan.
Menurut  Piaget  (dalam Helena 2004:3)  manusia  tumbuh,  beradaptasi  dan  berubah melalui  perkembangan  fisik,  perkembangan  kepribadian,  perkembangan  sosioemosional dan perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif sebagian besar  bergantung  kepada  seberapa  jauh  anak  memanipulasi  dan  aktif  dalam berinteraksi sebagian besar dengan lingkungannya.
Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Belajar  sangat  ditentukan  oleh  kondisi  dan  lingkungan,  namun  paling besar ditentukan oleh lingkungan individu itu sendiri yang mencakup rumah, letak  geografis  dan  fisik  sekolah  serta  berbagi  lingkungan  social  lainnya. Selain  itu  proses  belajar  ditandai  dengan  perubahan  tingkah  laku  secara keseluruhan,  dari  yang  paling  sederhana  yang  bersifat  reflektif  sampai  ke yang paling kompleks yang bersifat pemecahan masalah.
Dalam  keseluruhan  proses  pendidikan  disekolah,  kegiatan  belajar  merupakan  kegiatan  yang  paling  pokok.  Ini  berarti  bahwa  berhasil  tidaknya  pencapaian  tujuan  pendidikan  banyak  bergantung  kepada  bagaimana  proses  belajar  yang  dialami  oleh  siswa  sebagai  anak  didik (Slameto. 2003:45).  Belajar  itu  sendiri adalah  suatu  perubahan  dalam  perilaku,  keterangan,  pengetahuan,  pemahaman,  sikap,  keterampilan  atau  kemampuan  yang  dapat  dipertahankan  dan  tidak  dapat  dianggap  berasal  dari  pertumbuhan  jasmaniah  atau  pengembangan  pola-pola  perilaku  yang  terwariskan. 
c.    Minat Belajar
Lingkungan  sebagai  sumber  belajar  adalah  system  kondisional  yang  mempengaruhi  tingkah  laku  individu  yang  dapat  membangkitkan  minat  siswa  dalam belajarnya. Adapun pengertian mengenai minat antara lain :  Minat  adalah  kecenderungan  hati  yang  tinggi  terhadap  sesuatu  (Kamus  Besar Bahasa Indonesia 1989).  Pendapat lain menurut Sudjana (1991: 24) “ minat  berasal  dari    pengalaman  yang  dilakukan  sesuatu  yang  menarik  akan  mendatangkan  kesenangan  yang  sangat  besar  pengaruhnya  pada  diri  sendiri   sehinga timbul keingintahuan yang mendalam”.
Menurut Hilgard (1997 :19) memberi rumusan pengertian tentang minat sebagai berikut: “Interest is persisting tendency to pay attention to and enjoy some activity or content” yang berarti minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati seseorang, diperhatikan terus-menerus yang disertai dengan rasa senang dan diperoleh suatu kepuasan.
Menurut Slameto (2003 : 57) minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati siswa, diperhatikan terus-menerus yang disertai rasa senang dan diperoleh rasa kepuasan. Lebih lanjut dijelaskan minat adalah suatu rasa suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh.
Minat adalah kecenderungan dalam diri individu untuk tertarik pada sesuatu objek atau menyenangi sesuatu objek (Sumadi Suryabrata, 1988 :109). Minat adalah sesuatu pemusatan perhatian yang tidak disengaja yang terlahir dengan penuh kemauannya dan yang tergantung dari bakat dan lingkungan.
Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa minat adalah kecenderungan tertarik pada sesuatu yang relatif tetap untuk lebih memperhatikan dan mengingat secara terus-menerus yang diikuti rasa senang untuk memperoleh suatu kepuasan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Indikator-indikator minat belajar siswa terdiri dari: adanya perhatian, adanya ketertarikan, dan rasa senang. Indikator adanya perhatian dijabarkan menjadi tiga bagian yaitu: perhatian terhadap bahan pelajaran, memahami materi pelajaran dan menyelesaikan soal-soal pelajaran. Ketertarikan dibedakan menjadi ketertarikan terhadap bahan pelajaran dan untuk menyelesaikan soal-soal pelajaran. Rasa senang meliputi rasa senang mengetahui bahan belajar, memehami bahan belajar, dan kemampuan menyelesaikan soal-soal.
d.   Hasil Belajar
Belajar  dan  mengajar  merupakan  konsep  yang  tidak  bisa  dipisahkan.  Belajar  merujuk  pada  apa  yang  harus  dilakukan  seseorang  sebagai subjek dalam belajar, sedangkan mengajar marujuk pada apa yang  seharusnya dilakukan seorang guru sebagai pengajar.    Dua  konsep  belajar  mengajar  yang  dilakukan  oleh  siswa  dan  guru  terpadu  dalam  satu  kegiatan.  Diantara  keduannya  itu  terjadi  interaksi  dengan  guru.  Kemampuan  yang  dimiliki  siswa  dari  proses  belajar  mengajar  saja  harus  bisa  mendapatkan  hasil  bisa  juga  melalui  kreatifitas  seseorang itu tanpa adanya intervensi orang lain sebagai pengajar. 
Oleh  karena  itu  hasil  belajar  yang  dimaksud  disini  adalah  kemampuan-kemampuan yang dimiliki seorang siswa setelah ia menerima perlakukan dari pengajar (guru),  seperti yang dikemukakan oleh Sudjana.  Hasil  belajar  adalah  kemampuan-kemampuan  yang  dimiliki  siswa  setelah  menerima  pengalaman  belajarnya  (Sudjana,  2004  :  22).  Sedangkan  menurut Horwart Kingsley dalam bukunya Sudjana membagi tiga macam  hasil belajar mengajar : (1). Keterampilan dan kebiasaan, (2). Pengetahuan  dan pengarahan, (3). Sikap dan cita-cita (Sudjana, 2004 : 22). 
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah  kemampuan  keterampilan,  sikap  dan  keterampilan  yang  diperoleh  siswa  setelah  ia  menerima  perlakuan  yang  diberikan  oleh  guru  sehingga  dapat  mengkonstruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari. 
e.    Model Pembelajaran
Model  pembelajaran  merupakan  suatu  perencanaan  atau  suatu  pola  yang  digunakan  sebagai  pedoman  dalam  merencanakan  pembelajaran  di  kelas  atau  pembelajaran  dalam  tutorial  dan  untuk  menentukan  perangkat-perangkat  pembelajaran termasuk di dalam buku- buku , film, computer, kurikulum dan lain-lain  (Joyce, 1992:4 ).  Selanjutnya  Joyce  menyatakan  bahwa  setiap  model  pembelajaran  mengarahkan  kita  ke  dalam  mendesain  pembelajaran  untuk  membantu peserta didik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Adapun Soekamto, dkk (dalam Nurulwati,2000: 20) mengemukakan maksud  dari model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang  sistematik  dalam  mengorganisasikan  pengalaman  belajar  untuk  mencapai  tujuan  belajar  tertentu,  dan  berfungsi  sebagai  pedoman  bagi  para  perancang  pembelajaran  dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Dengan demikian  aktivitas  pembelajaran  benar-benar  merupakan  kegiatan  bertujuan  yang  tertata  secara sistematik.
2.    Model Cooperative Learning
a.    Pengertian Coopertive Learning
Model  Coopertive Learning  atau  model  pembelajaran  gotong  royong  ini  didasari  oleh  falsafah  homo  homoni  socius,  yang  menekankan  manusia  adalah  makhluk  sosial.  Ini  mengandung  arti,  kerja  sama  merupakan  kebutuhan  sangat  penting  bagi  kelangsungan  hidup  manusia.  Model  Coopertive Learning  menekankan  pada  pemberian  kesempatan  belajar  yang  lebih  luas  dan  suasana  yang  kondusif  kepada  siswa  untuk  memperoleh  dan  mengembangkan pengetahuan, sikap, nilai serta keterampilan-keterampilan sosial yang bermanfaat  bagi kehidupannya di masyarakat.
Coopertive Learning  ini  dianggap  perlu  dalam  pendidikan,    karena  tidak  setiap  orang  bisa  dan  mampu  bekerja  sama.  Tidak  ada  seorang  pun  yang  sejak  lahir  mempunyai  kemampuan  untuk  bekerja  sama  dengan  baik.  Kemampuan  itu  harus  dipelajari.  Ini  termasuk  yang  disebut  dengan  social-skill  atau  kecakapan  hidup  bermasyarakat.    Melalui  belajar  bekerja  sama  akan  muncul  berbagai  sikap  sosial  yang  positif,  di  antaranya  saling  menghargai  dan  menghormati,  toleransi,  tenggang rasa, kemampuan mengendalikan emosi, kesediaan untuk saling berbagi  (take and give).
Terdapat beberapa definisi pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning  yang dikemukakan oleh beberapa ahli pendidikan sebagai berikut :
1)   Davidson dan Korl (Sutardi dkk, 2007: 57), mendefinisikan bahwa   “Pembelajaran  kooperatif  (Coopertive Learning)  ialah  kegiatan  yang  berlangsung  di  lingkungan  belajar  siswa  dalam  kelompok  kecil  yang  saling  berbagi  ide-ide  dan  bekerja  secara  kolaboratif  untuk  memecahkan  masalah- masalah yang ada dalam tugas mereka ”.
2)   Karli dan Margaretha (2004: 47) menjelaskan bahwa “Model  belajar  kooperatif  adalah  suatu  strategi  belajar  mengajar  yang  menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu  diantara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok yang  terdiri atas dua orang atau lebih untuk memecahkan masalah ”.
3)   Sedangkan menurut Sanjaya (2006: 240)  “Pembelajaran  kooperatif  (Coopertive Learning)  merupakan  model  pembelajaran  dengan  menggunakan  sistem  pengelompokan  tim  kecil,  yaitu  antara  empat  sampai  enam  orang  yang  mempunyai  latar  belakang  akademis,  jenis kelamin, ras, atau suku yang berbeda”. Melalui  beberapa  pendapat  di  atas  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  yang  dimaksud  dengan  model  Coopertive Learning  adalah  cara  belajar  bersama sama  dalam  sebuah  kelompok  heterogen  yang  terdiri  atas  dua  orang  atau  lebih  yang  saling  membantu  antar  satu  dengan  yang  lainnya  untuk  membahas  dan  menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
b.    Prinsip Cooperative Learning
Pembelajaran kooperatif  atau Cooperative Learning setidaknya memiliki lima  prinsip yaitu:
1)   Belajar siswa aktif ( student active learning )   
Proses  pembelajaran  berpusat  pada  siswa,  aktivitas  belajar  lebih  dominan  oleh  siswa,  pengetahuan  yang  dibangun  dan  ditemukan  adalah  belajar  bersama-sama  dengan  anggota  kelompok  sampai  masing-masing  siswa  memahami  materi  pembelajaran dan diakhiri dengan membuat laporan kelompok dan individual.
2)   Belajar bekerjasama (Cooperative Learning)
Proses  pembelajaran  dilalui  dengan  bekerjasama  dalam  kelompok  untuk  membangun  pengetahuan  yang  tengah  dipelajari.    Prinsip  pembelajaran  inilah  yang  melandasi  keberhasilan  penerapan  model  Coopertive Learning.  Seluruh  siswa  terlibat  secara  aktif  dalam  kelompok  untuk  melakukan  diskusi,  memecahkan  masalah  dan  mengujinya  secara  bersama.  Pengetahuan  yang  diperoleh hasil kerjasama diyakini lebih bernilai permanen.
3)   Pembelajaran Parsipatorik (Participatoric learning)
Melaui model pembelajaran ini, siswa belajar dengan melakukan sesuatu atau  learning  by  doing    secara  bersama-sama  untuk  menemukan  dan  membangun  pengetahuan yang menjadi tujuan pembelajaran.
4)   Mengajar Reaktif (Reactive teaching)
Motivasi  siswa  dapat  dibangkitkan  jika  guru  mampu  menciptakan  suasana  belajar  yang  menyenangkan  dan  menarik  serta  dapat  meyakinkan  siswanya  akan  manfaat pelajaran untuk masa depan mereka. 
5)   Pembelajaran yang menyenangkan ( Joyfull leraning)
Pembelajaran yang menyenangkan harus dimulai dari sikap dan perilaku guru  di luar mapun di dalam kelas.
c.    Tujuan Cooperative Learning  
Model Cooperative Learning berbeda dengan pengajaran langsung atau direct  learning.  Model  ini  disamping  dikembangkan  untuk  mencapai  hasil  belajar  akademik juga efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa  serta  mengajarkan  kepada  siswa  keterampilan  bekerjasama  dan  kolaborasi.  Keterampilan  ini  sangat  penting  untuk  membekali  siswa  kelak  untuk  hidup  di  masyarakat  yang  banyak  berhubungan  dengan  orang  dewasa  dan  dalam  kegiatan  berorganisasi yang penuh saling ketergantungan satu sama lain, apalagi mengingat  keragaman budaya yang semakin cepat berkembang.
Model  pembelajaran  kooperatif  dikembangkan  untuk  mencapai  setidak  – tidaknya  tiga  tujuan  pembelajaran  penting,  yaitu  hasil  belajar  akademik,  penerimaan  terhadap  keragaman,  dan  pengembangan  keterampilan  sosial.  Efek penting  yang  pertama  pembelajaran  kooperatif  bertujuan  untuk  meningkatkan kinerja  siswa  dalam  tugas-tugas  akademik.  Beberapa  ahli  berpendapat  bahwa  model  ini  unggul  dalam  membantu  siswa  memahami  konsep-konsep  yang  sulit.
Di  samping  mengubah  norma  yang  berhubungan  dengan  hasil  belajar,  pembelajaran  kooperatif  dapat  memberikan  keuntungan  baik  pada  siswa  kelompok  bawah  maupun  kelompok  atas  yang  bekerja  bersama  menyelesaikan  tugas-tugas  akademik.  Siswa  kelompok  atas  akan  menjadi  tutor  bagi  siswa  kelompok  bawah,  jadi  memperoleh  bantuan  khusus  dari  teman  sebaya,  yang  memiliki orientasi dan bahasa yang sama. 
d.   Unsur-unsur dan Karakteristik Cooperative Learning
Unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif  adalah sebagai berikut :
1)        Siswa dalam kelompoknya harus merasakan bahwa mereka sama. 
2)        Siswa  bertanggung  jawab  atas  segala  sesuatu  di  dalam  kelompoknya,  seperti milik mereka sendiri. 
3)        Siswa  harus  melihat  bahwa  semua  anggota  di  dalam  kelompoknya  memiliki tujuan yang sama. 
4)        Siswa  harus  membagi  tugas  dan  tanggung  jawab  yang  sama  diantara  anggota kelompoknya. 
5)        Siswa  akan  dievaluasi  atau  diberikan  penghargaan  yang  juga  akan  dikenakan untuk semua anggota kelompok.
6)        Siswa  berbagi  kepemimpinan  dan  mereka  membutuhkan  keterampilan  untuk belajar bersama selama proses belajarnya. 
7)        Siswa akan diminta mempertangung jawabkan secara individu materi yang  ditangani dalam kelompok kooperatif.
Beberapa karakteristik model pembelajaran kooperatif,  antara lain :
1)        Individual  Acountability  atau  tanggung  jawab  individu  yaitu  :  bahwa  setiap  individu  dan  dalam  kelompok  mempunyai  tanggung  jawab  untuk  menyelesaikan  permasalahan  yang  dihadapi  kelompok  secara  tuntas,  sehingga  keberhasilan  kelompok  sangat  ditentukan  oleh  tanggung  jawab  setiap anggota.
2)        Social Skills, meliputi seluruh hidup sosial, kepekaan sosial dan mendidik  siswa untuk menumbuhkan pengekangan diri demi kepentingan kelompok.
3)        Positve  Interdependence  yaitu  sifat  yang  menunjukan  saling  ketergantungan  satu  terhadap  yang  lainnya  didalam  kelompok  secara  positif.
4)        Group  Processing,  proses  perolehan  jawaban  permasalahan  dikerjakan  oleh kelompok secara bersama-sama. (Karli dan Margaretha, 2004: 49).
3.    Cooperative Learning Teknik STAD
Salah  satu  model  pembelajaran  kooperatif  adalah  model  Student  Team  Achievement  Divisions  (STAD).  STAD  adalah  salah  satu  tipe  pembelajaran  kooperatif  yang  sederhana.  Model  pembelajaran  Coopertive Learning  Tipe  STAD  adalah  model  pembelajaran  dengan  strategi  kelompok  belajar  yang  terdiri  dari 4 sampai 5 siswa yang heterogen dari kemampuan belajarnya, ada siswa yang  kemampuan belajarnya tinggi, sedang maupun rendah. 
Dalam  kelompok  tersebut  ada  tanggung  jawab  bersama,  jadi  setiap  anggota aling  membantu  untuk  menutupi  kekurangan  temannya.  Ada  proses  diskusi, saling  bertukar  pendapat,  menghargai  pendapat,pembelajaran  teman  sebaya. kepemimpinan  dalam  mengatur  pembelajaran  di  kelompoknya  sehingga  yang  terjalin  adalah  hubungan  positif.  Guru  menyajikan  pelajaran  kemudian  siswa  bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai  pelajaran  tersebut.  Akhirnya  seluruh  siswa  diberi  kuis  tentang  materi  itu  dengan  catatan  saat  kuis  mereka  tidak  boleh  saling  membantu.  Tipe  pembelajaran  inilah  yang akan diterapkan dalam pembelajaran IPS.
Keunggulan  dari  metode  pembelajaran  kooperatif  teknik  STAD  adalah  adanya  kerja  sama  dalam  kelompok  dan  dalam  menentukan  keberhasilan  kelompok  tergantung  keberhasilan    individu,  sehingga  setiap  anggota  kelompok  tidak  bisa  menggantungkan  pada  anggota  yang  lain.  Pembelajaran  kooperatif  teknik STAD menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling  memotivasi  saling  membantu  dalam  menguasai  materi  pelajaran  guna  mencapai  prestasi yang maksimal. 
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1)   Guru memberikan penjelasan
Jelasnya  guru  menerangkan  (ekspositori)  materi  baru,  memberi  contoh  cara  mengerjakan soal baru, meragakan keterampilan baru dsb. 
2)   Murid belajar dalam tim atau kelompok
Dalam tim atau kelompok itu murid-murid secara bersama memperdalam atau   memperluas  materi  pelajaran,  atau  “menderes”  (mengulang  menghapalkan)  materi  pelajaran),  atau  berlatih  bersama-sama  (bekerja  sama)  mengerjakan  soal-soal (“quiz latihan,” LKS, dsb.). Jadi, untuk tahap kedua STAD itu (kerja  tim)   guru  harus  menyediakan  tugas  yang  harus  dikerjakan  oleh  semua kelompok.  Misalnya  murid  bersama-sama  berlatih  menghitung  luas  segi  tiga  dengan ukuran yang berbeda-beda yang sudah disediakan guru.
3)   Tes akhir sesi
Pada  akhir  “sesi,”  bisa  akhir  satu  pertemuan,  dua  pertemuan,  atau  tiga  pertemuan,  tergantung  pada  isi  pokok  bahasan  atau  materi  pelajaran,  dan  perkiraan  siswa  dapat  menangkap  atau  menguasai  pelajaran,  diadakanlah  tes  individual, dengan “quiz tes,” misalnya. Dalam tes ini tentu tidak ada lagi kerja  sama.
4)   Penilaian dan pemberian penghargaan. 
Tes  akhir  sesi  dikoreksi  (dinilai)  guru  untuk  nantinya  diberitahukan  kepada  seluruh  siswa.  Ada  pemberian  bonus  atau  penghargaan  (tidak  harus  selalu  berupa materi) kepada tim terbaik.   Model  Coopertive Learning  teknik  STAD  menitikberatkan  pada  kerjasama  dalam satu kelompok untuk memecahkan masalah secara bersama-sama.
4.    Strategi Cooperative Learning Teknik STAD dalam Pelaksanaan Pembelajaran PKn  Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
Penerapan cooperative learning teknik STAD pada pembelajaran PKn dimulai dengan melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak yang berkompeten.  Guru hendaknya bersedia membuka kelas untuk diamati yaitu: proses pembelajaran yang dilakukan diamati oleh guru lain, bahkan oleh orang tua siswa dan masyarakat. Kolaborasi itu dilaksanakan sejak melaksanakan perencanaan (plan) yaitu menyusun rencana pembelajaran (RP), melakukan pembelajaran (do) yang diamati oleh pengamat (see) dan diakhiri dengan melakukan refleksi untuk mendapatkan masukan dalam rangka peningkatan pembelajaran lebih lanjut. Kegiatan plan, do, see dan refleksi ini dikenal sebagai Lesson Study.
Siswa-siswa sebelumnya sudah mencari informasi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan, dan berdasarkan informasi yang dia dapat mereka berdiskusi dalam kelompok.  Dalam kegiatan diskusi para siswa diharapkan dapat memecahkan masalah perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan, yang sebelumnya tidak mereka pahami menjadi lebih mereka pahami. Kegiatan selanjutnya adalah melaksanakan diskusi, dengan pelaksanaan diskusi para siswa diahrapkan dapat menghargai pendapat/kemampuan teman sehingga terjadi hubungan antar teman yang saling menghargai, dan pada akhir kegiatan para siswa diharapkan dapat  menemukan sendiri masalah baru dan berusaha memecahkan masalah baru tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
Guru membuat siswa berkelompok agar siswa dapat meneliti diri sendiri, dan guru harus mengamati/mengikuti proses berfikir setiap siswa, misalnya siswa sedang dalam tahapan seperti apa, apa kesulitan siswa.. Guru harus mempunyai kemampuan untuk menangkap hal yang tak terungkapkan siswa,  yang terpenting guru tidak menggurui tetapi harus mampu menghubungkan proses pembelajaran setiap siswa agar saling belajar.  Jadi keahlian seorang guru bukan terletak pada kemampuan untuk mengajar sesuatu, tetapi pada kemampuan mendorong setiap siswa agar  dapat belajar dengan siswa lain.

B.       Kerangka Berpikir

Rendahnya  hasil  belajar dan minat  belajar PKn materi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran.
Sebagai upaya perbaikan maka perlu pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang tepat agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Di antara  berbagai  model  pembelajaran,  satu  diantaranya  adalah  model  cooperative learning tipe STAD, yaitu pembelajaran berkelompok dimana siswa dapat saling  membantu dalam proses pembelajaran sehingga siswa yang kurang dapat dibantu  oleh  teman  kelompoknya  selain  oleh  guru  sebagai  pembimbing.  Model  ini  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  belajar  secara  bersama-sama  atau  gotong  royong  sehingga  makna  kebersamaan  sangat  dominan.  Selain  itu,  model  ini  dapat  mengaktifkan  siswa  dalam  belajar  karena  siswa  didorong  untuk mengemukakan pendapat atau menyanggah berbagai masalah  yang diajukan oleh  rekan sekelompoknya. Kondisi akhir yang diharapkan sebagai hasil dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model  cooperative learning tipe STAD adalah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas SMPN 3 .........................
Adapun bagan kerangka berpikir dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :
 



















Gambar 2.1. Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

C.      Hipotesis Tindakan

Berdasarkan pada uraian di atas, peneliti dapat merumuskan hipotesis tindakan, yaitu sebagai berikut.
a.    Penggunaan model Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMPN 3 .........................
b.    Penggunaan model Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dapat meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa kelas VII SMPN 3 .........................






Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.





Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...