– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK KENAIKAN PANGKAT MAPEL IPA SMP

Tuesday 22 December 2015

PTK KENAIKAN PANGKAT MAPEL IPA SMP



 












UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN USAHA MELALUI
MODEL GROUP INVESTIGASI DI KELAS VIII-B
SMP MUHAMMADIYAH .....................
TAHUN PELAJARAN 2011/2012




Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan











.....................
NIP. .....................





SMP MUHAMMADIYAH .....................
Jl. ...................................................................
2012
LEMBAR PENGESAHAN


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi dan Usaha Melalui  Model Group Investigasi di Kelas VIII-B  SMP Muhammadiyah .....................  Tahun Pelajaran 2011/2012
      b.   Bidang Ilmu                         : Ilmu Pengetahuan Alam
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    :
      b.   NIP                                      : 
      c.   Pangkat / Golongan             :
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMP Muhammadiyah .....................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMP Muhammadiyah .....................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……. sampai dengan Bulan ………. 2012)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Sekolah




………………….
NIP.……………………..
KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam penulisan PTK ini peneliti menentukan judul yaitu ”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi dan Usaha Melalui  Model Group Investigasi di Kelas VIII-B  SMP Muhammadiyah .....................  Tahun Pelajaran 2011/2012
Dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas  ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada Yth.:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Pengawas SMP/MTs Dinas …………..
3.    ……………….., selaku Kepala SMP Muhammadiyah ..................... ………
4.    Bapak dan Ibu Rekan-rekan Guru SMP Muhammadiyah ..................... yang telah membantu penyelesaian PTK ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.


…………………………

Peneliti










DAFTAR ISI
           
HALAMAN JUDUL .........................................................................................      i
LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................     ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................    iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................    iv
DAFTAR TABEL ..............................................................................................     v
DAFTAR GAMBAR .........................................................................................    vi
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... vii
ABSTRAK/RINGKASAN ................................................................................ viii
BAB       I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah .......................................................      
B.     Identifikasi Masalah .............................................................      
C.     Rumusan Masalah .................................................................      
D.    Cara Pemecahan Masalah .....................................................      
E.     Tujuan Penelitian ..................................................................      
F.      Manfaat Penelitian ................................................................      
BAB       II      KAJIAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori ..........................................................................      
B.     Kerangka Pikir  .....................................................................      
C.     Hipotesis Tindakan ...............................................................      
BAB       III     METODOLODI PENELITIAN
A.    Latar dan Karakteristik Penelitian.........................................      
B.     Variabel Penelitian.................................................................      
C.     Prosedur Penelitian ...............................................................      
D.    Teknik Pengumpulan Data ....................................................      
E.     Teknik Analisis Data .............................................................      
F.      Kriteria Keberhasilan.............................................................      
BAB       IV     HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian  ....................................................................      
B.     Pembahasan...........................................................................      
BAB       V      SIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan ...........................................................................      
B.     Saran .....................................................................................      

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN








DAFTAR TABEL


Tabel   4.1    Rekapitulasi Hasil Tes Formatif pada Kondisi Awal .................         
Tabel   4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi Awal                  
Tabel   4.3    Data Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Siklus I...............         
Tabel   4.4    Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus Pertama                
Tabel   4.5    Data Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Siklus II..............         
Tabel   4.6    Hasil Observasi Aktivitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Siklus II                       
Tabel   4.7    Rekapan Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal
Awal sampai dengan Siklus II.....................................................         
Tabel   4.8    Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas belajar Siswa pada Studi Awal, Siklus I dan Siklus II     .....................................................................................................


























DAFTAR GAMBAR


Gambar      4.1    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal            ...............................................................................................
Gambar      4.2    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Aktivitas Belajar pada Kondisi Awal        ...............................................................................................
Gambar      4.3    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus Pertama          ...............................................................................................
Gambar      4.4    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Aktivitas Belajar pada Siklus Pertama      ...............................................................................................
Gambar      4.5    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus Kedua            ...............................................................................................
Gambar      4.6    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Aktivitas Belajar pada Siklus Kedua         ...............................................................................................
Gambar      4.7    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      
Gambar      4.8    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Kondisi Awal, Siklus I dan II         ...............................................................................................
Gambar      4.9    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas belajar Siswa Pada Siklus I dan II ...............................................................................................
                 





















DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran                                                                                                                  
Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Surat Pernyataan Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    5     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    6     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    8     :    Data Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     :    Lembar Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Kegiatan Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 
Lampiran    10   :    Lembar Observasi Kegiatan Guru Dalam Proses Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    11   :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    12   :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 


























ABSTRAK


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Gorup
Investigasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... dalam pelajaran IPA dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA melalui model Group Investigasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 31 orang dan bekerja sama dengan wali kelas VIII-B tersebut sebagai guru mitra yang dilaksanakan dalam 2 siklus terlihat bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model Group Investigasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ada dua macam, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Energi dan usaha. Sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai prestasi belajar yang terus meningkat pada studi awal hanya 58,44 pada studi awal, menjadi 66,33 pada siklus pertama dan 73,44 pada siklus terakhir, aktivitas belajar siswa dari 11 siswa atau 34,38% menjadi 23 siswa atau 71,88% pada siklus pertama dan siklus terakhir sebesar 90,63% atau 29 siswa, dan ketuntasan belajar ketuntasan belajar siswa dari 9 siswa (28,13%), pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa atau 50% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 29 siswa atau  90,63%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Group Investigasi efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ......................

Kata Kunci : hasil belajar dan model Group Investigasi.


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Perkembangan globalisasi yang semakin pesat, menuntut pendidikan di setiap satuan pendidikan menjadi lebih berkualitas. Pendidikan yang berkualitas bukan hanya menuntut siswa memiliki kemampuan intelektual saja, melainkan siswa harus mampu mengembangkan potensi yang ia miliki. Seperti halnya yang tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk : “… mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab” (Depdiknas. 2003: 3).
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah sebuah mata pelajaran yang merupakan konsep pembelajaran tentang alam dan mempunyai hubungan yang sangat luas terkait dengan kehidupan manusia. Pembelajaran IPA sangat berperan dalam proses pendidikan dan juga perkembangan teknologi. Pembelajaran IPA diharapkan bisa menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta pengembangan lebih lanjut dalam penerapan dalam kehidupan sehari-hari (Depdiknas, 2003: 5) 2 Pembelajaran IPA lebih menekankan aspek proses bagaimana siswa belajar dan efek dari proses belajar tersebut bagi perkembangan siswa itu sendiri. Pembelajaran IPA melibatkan keaktifan siswa, baik aktivitas fisik maupun aktivitas mental, dan berfokus pada siswa, yang berdasar pada pengalaman keseharian siswa dan minat siswa.
Pembelajaran IPA mempunyai tiga tujuan utama yaitu ; 1) mengembangkan keterampilan ilmiah, 2) memahami konsep IPA, dan 3) mengembangkan sikap yang berdasar pada nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajarannya (Depdiknas, 2003: 5) Keberhasilan proses pembelajaran sebagai proses pendidikan di suatu sekolah dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang dimaksud misalnya guru, siswa, kurikulum, lingkungan social. Namun dari faktor-faktor itu, guru dan siswa adalah faktor terpenting.
Pentingnya faktor guru dan siswa tersebut dapat dilihat melalui pemahaman hakikat pebelajaran, yakni sebagai usaha sadar guru untuk membantu siswa agar dapat belajar dengan kebutuhan minatnya. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa di antara faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran, guru dan siswa merupakan faktor terpenting. Kedua pihak merupakan pelaku dalam pembelajaran. Keadaan Sekolah Dasar dengan sistem guru kelas, tidak menutup kemungkinan banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menggunakan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Karena guru dituntut untuk mengejar target materi yang cukup banyak dan harus diselesaikan pada setiap semester.
Pembelajaran seperti ini menyebabkan sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan atau dimanfaatkan. Konsep pembelajaran yang diterima siswa pun pada umumnya bersifat abstrak sehingga cenderung menimbulkan verbalisme dalam diri siswa. Diharapkan dalam proses pembelajaran siswa mau dan mampu mengemukakan pendapat sesuai dengan apa yang telah dipahami, berinteraksi secara positif antara siswa dengan siswa maupun antara siswa dan guru apabila ada kesulitan. Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan guru menerapkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran.
Pengembangan model pembelajaran yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga siswa dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di SMP Muhammadiyah ..................... dapat ditemukan hal-hal sebagai berikut: (1) kondisi lingkungan yang kurang kondusif, karena letak sekolah tersebut berdekatan dengan jalan dan rumah penduduk. Dari situasi dan kondisi  seperti ini mempengaruhi proses pembelajaran yang sedang berlangsung, seperti kebisingan dan banyaknya kendaraan yang lalu lalang, sehingga perhatian siswa dapat terganggu. Selain itu perhatian orang tua terhadap prestasi belajar anaknya juga kurang, dengan bukti saat guru memberikan informasi tentang hasil belajar anaknya yang sangat menurun, banyak orang tua bersikap masa bodoh, sehingga hal ini yang menyebabkan penurunan hasil belajar siswa.
Di samping itu bahwa rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, disebabkan pula oleh pembelajaran yang dilaksanakan selama ini kurang memberi pemahaman yang mendalam tentang materi yang dipelajari siswa. Dalam konteks ini siswa sering dipaksa untuk menyajikan tingkat hafalan yang tinggi terhadap materi yang diterimanya. Sementara dalam kenyataannya siswa seringkali kurang mengerti dan tidak memahami secara mendalam mengenai pengetahuan yang bersifat hafalan tersebut. Kondisi yang dijelaskan di atas menunjukkan perlunya suatu model pembelajaran yang lebih membermaknakan konsep pembelajaran yang diterima siswa. Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA banyak macamnya, salah satu diantaranya adalah model investigasi kelompok.
Model group investigasi kelompok merupakan salah satu model yang dilakukan dengan cara penyajian dengan mempertujukkan kepada siswa tentang sesuatu keadaan atau suatu langkah dalam menggunakan benda tertentu. Dalam pembelajaran kontekstual terdapat tiga model pembelajaran bagi guru dalam rangka penerapannya. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif (belajar melalui konteks komunikasi personal, pemakaian bersama. Model kooperatif merupakan model pembelajaran yang akhir-akhir ini sangat populer, termasuk untuk mata pelajaran IPA.
Model ini tidak hanya unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit, tetapi juga sangat berguna untuk menumbuhkan kerjasama, kemampuan membantu teman dan sebagainya. Sementara itu aktivitas siswa lebih banyak berupa bekerja, membaca, dan diskusi antar siswa. Penyampaian materi di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... selama ini telah diupayakan agar memperoleh hasil guna dan menumbuhkan minat peserta didik terhadap pelajaran IPA. Selama ini guru menyampaikan pelajaran secara singkat baik dengan contoh atau gambar kemudian dilengkapi dengan pemberian tugas. Akibatnya siswa hanya menghafalkan materi tersebut dengan benar dan dalam kegiatan pembelajaran jarang dilakukan praktikum/percobaan sehingga berdampak pada nilai ulangan IPA siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... pada tahun pelajaran 2011/2012 masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada nilai pra siklus dimana hanya terdapat 9 siswa tuntas atau 28,13% dengan rata-rata secara klasikal sebesar 58,44.
Melihat hal tersebut di atas, maka guru perlu menemukan cara terbaik untuk menyampaikan berbagai konsep yang diajarkan di dalam mata pelajaran yang diampunya, sehingga semua siswa dapat menggunakan dan mengingatnya lebih lama konsep tersebut dan setiap mata pelajaran dipahami sebagai bagian yang saling berhubungan dan membentuk satu pemahaman yang utuh. Seorang guru dapat berkomunikasi secara efektif dengan siswanya untuk menanyakan tentang alasan dari sesuatu, arti dari sesuatu, dan hubungan dari apa yang mereka pelajari, serta guru dapat membuka wawasan berpikir yang beragam dari siswa, sehingga mereka dapat mempelajari berbagai konsep dan mampu mengkaitkannya dengan kehidupan nyata.
Berdasarkan kenyataan di atas, dalam hal ini peneliti menerapkan model pembelajaran Group Investigasi dalam pembelajaran IPA karena mata pelajaran IPA adalah pelajaran yang membutuhkan pemahaman tentang konsep-konsep yang mendasar. Penerapan konsep-konsep yang mendasar dibutuhkan langkah-langkah pembelajaran yang optimal. Model Group Investigasi menerapkan siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (group process skills).
Melalui model Group Investigasi siswa mengalami sendiri usaha pada penemuan sesuatu, misalnya mengapa kita perlu menjaga lingkungan. Siswa memperoleh pengertian dan pemahaman lebih  mendalam tentang materi dalam pelajaran IPA dan yang telah dipelajari akan tetap melekat padanya. Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigasi sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Energi dan usaha, dengan formulasi judul penelitian yaitu: “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Energi dan usaha melalui Model Group Investigasi di Kelas III SMP Muhammadiyah ..................... ”.
B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat diidentifikasi beberapa masalah yaitu;
1.      Hasil belajar siswa terhadap materi Energi dan usaha masih sangat rendah.
2.      Kurangnya kreativitas guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan yang dapat memotivasi siswa lebih aktif dalam belajar.
3.      Model pembelajaran group investigasi belum maksimal diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPA.


C.  Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah melalui model Group Investigasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata  pelajaran IPA materi Energi dan usaha di kelas III SMP Muhammadiyah .....................?”
D.  Cara Pemecahan Masalah
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SMP Muhammadiyah ..................... dilakukan langkah-langkah :
1.      Guru harus menggunakan model group investigasi dalam
pembelajaran.
2.      Guru harus banyak memberi latihan kepada siswa.
3.      Guru harus menerapkan metode yang dapat dimaknai siswa.
4.      Guru harus menggunakan media lingkungan dalam pembelajaran.
E.  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi Energi dan usaha melalui penerapan model group investigasi di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ......................
F.   Manfaat Penelitian
Hasil penelitian tindakan ini dapat bermanfaat bagi;
1.      Guru, untuk memberikan informasi kepada guru untuk memilih alternatif model dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2.      Siswa, sebagai masukkan kepada siswa untuk meningkatkan kegiatan belajarnya, mengoptimalkan kompetensi berfikir positif dalam mengembangkan dirinya di tengah-tengah lingkungan dalam meraih keberhasilan belajar.
3.      Sekolah, sebagai bahan informasi kepada guru/stakeholder pendidikan lainnya tentang esensi penerapan model group investigasi dalam pembelajaran IPA.
4.      Peneliti, bermanfaat sebagai rujukan dalam penelitian lanjutan terutama yang terkait dengan masalah-masalah pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
 


BAB II

KAJIAN PUSTAKA
A.      Kajian Teoretis
a.     Pengertian Hasil Belajar Siswa
Hasil belajar siswa adalah merupakan indikator atau gambaran keberhasilan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, sehingga masalah hasil belajar siswa merupakan salah satu problem yang tidak pernah habis dibicarakan dalam dunia pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain : strategi dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam kelas, lingkungan belajar siswa, dan media pengajaran yang digunakan oleh guru. Ketidaktepatan model pembelajaran guru akan berakibat pada rendahnya motivasi dan aktivitas belajara siswa. (Sudjana, 2004:111)
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Proses penilaian terhadap hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Selanjutnya dari informasi tersebut guru dapat menyusun dan membina kegiatan-kegiatan siswa lebih lanjut, baik untuk keseluruhan kelas maupun individu (Daryanto, 2007)
Menurut Daryanto (2007: 120) hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku sebagai akibat dari proses belajar. Ia juga mengatakan bahwa hasil belajar adalah kemampuan aktual yang diukur secara langsung. Hasil pengukuran belajar inilah akhirnya akan diketahui seberapa jauh tujuan pendidikan dan pembelajaran yang telah dicapai. Selanjutnya terkait dengan pengertian hasil belajar.
Sudjana (2002: 22) menjelaskan bahwa hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah kemampuan keterampilan, sikap dan keterampilan yang diperoleh siswa setelah ia menerima perlakuan yang diberikan oleh guru sehingga dapat mengkonstruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Proses penilaian terhadap hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Selanjutnya dari informasi tersebut guru dapat menyusun dan membina kegiatan-kegiatan siswa lebih lanjut, baik untuk keseluruhan kelas maupun individu. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Proses penilaian terhadap hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam  upaya mencapai tujuan-tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Selanjutnya dari informasi tersebut guru dapat menyusun dan membina kegiatan-kegiatan siswa lebih lanjut, baik untuk keseluruhan kelas maupun individu (Muhibbin, 2003)
Menurut Dimyati dan Mudjiono (2002: 250-251) hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat terselesikannya bahan pelajaran. Menurut Oemar Hamalik (2006: 30) hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti.
Berdasarkan teori Taksonomi Bloom (dalam Sudjana, 2004: 22) hasil belajar dalam rangka studi dicapai melalui tiga kategori ranah antara lain kognitif, afektif, psikomotor. Perinciannya adalah sebagai berikut:
a.    Ranah Kognitif
Berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari aspek yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan penilaian.
b.    Ranah Afektif  
Berkenaan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif meliputi lima jenjang kemampuan yaitu menerima, menjawab atau reaksi, menilai, organisasi dan karakterisasi dengan suatu nilai atau kompleks nilai.
c.    Ranah Psikomotor
Meliputi keterampilan motorik, manipulasi benda-benda, koordinasi neuromuscular (menghubungkan, mengamati).
Tipe hasil belajar kognitif lebih dominan daripada afektif dan psikomotor karena lebih menonjol, namun hasil belajar psikomotor dan afektif juga harus menjadi bagian dari hasil penilaian dalam proses pembelajaran di sekolah. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.
Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi. Pendapat dari Horward Kingsley ini menunjukkan hasil perubahan dari semua proses belajar. Hasil belajar ini akan melekat terus pada diri siswa karena sudah menjadi bagian dalam kehidupan siswa tersebut (Oemar Hamalik,2005: 14)
Berdasarkan pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah suatu penilaian akhir dari proses dan pengenalan yang telah dilakukan berulang-ulang. Serta akan tersimpan dalam jangka waktu lama.   Hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai atau diperoleh siswa berkat adanya usaha atau fikiran di mana hal tersebut dinyatakan dalam bentuk penguasaan, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai aspek kehidupan sehingga nampak pada diri indivdu penggunaan penilaian terhadap sikap, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai aspek kehidupan sehingga nampak pada diri individu perubahan tingkah laku secara kuantitatif (Oemar Hamalik, 2005: 13)
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat terselesikannya bahan pelajaran.
Menurut Oemar Hamalik (2005: 13) hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.
Hasil belajar digunakan oleh guru untuk dijadikan ukuran atau kriteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan. Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi. Berdasarkan pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah suatu penilaian akhir dari proses dan pengenalan yang telah dilakukan berulang-ulang. Serta akan tersimpan dalam jangka waktu lama atau bahkan tidak akan hilang selama-lamanya karena hasil belajar turut serta dalam membentuk pribadi individu yang selalu ingin mencapai hasil yang lebih baik lagi sehingga akan merubah cara berpikir serta menghasilkan perilaku kerja yang lebih baik. Hasil belajar yang diperoleh siswa adalah sebagai akibat dari proses belajar yang dilakukan oleh siswa, harus semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh siswa. Proses belajar merupakan penunjang hasil belajar yang dicapai siswa, (Sudjana, 2002:111)
Tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik jika hasil belajar sesuai dengan standar yang diharapkan dalam proses pembelajaran tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar harus dirumuskan dengan baik untuk dapat dievaluasi pada akhir pembelajaran (BSNP, 2006: 3). Hasil belajar seseorang tidak langsung kelihatan tanpa orang itu melakukan sesuatu untuk memperlihatkan kemampuan yang diperolehnya melalui belajar. Namun demikian, hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai siswa dalam mengikuti 7 program belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
Muhibbin (2003: 91 -92) menyatakan bahwa hasil belajar juga dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu secara kuantitatif, institusional, dan kualitatif. Aspek kuantitatif menekankan pada pengisian dan pengembangan kemampuan kognitif dengan fakta-fakta yang berarti. Aspek insitusional atau kelembagaan menekankan pada ukuran seberapa baik perolehan belajar siswa yang dinyatakan dalam angka-angka. Sedangkan aspek kualitatif menekankan pada seberapa baik pemahaman dan penafsiran siswa terhadap lingkungan di sekitarnya. Sehingga dapat memecahkan masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan definisi dan uraian yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang dapat diamati setelah mengikuti program belajar mengajar dalam bentuk tingkat penguasaan siswa terhadap pengetahuan dan keterampilan. (Depdiknas, 2004: 17)
Hasil belajar IPA sangat terkait dengan tujuan pendidikan IPA yang telah tercantum dalam kurikulum dengan tidak melupakan hakikat IPA itu sendiri. Hasil belajar IPA dikelompokkan berdasarkan hakikat sains yang meliputi IPA sebagai produk, proses, dan sikap ilmiah. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA meliputi pencapaian IPA sebagai produk, proses dan sikap ilmiah. Dalam segi produk, siswa diharapkan dapat memahami konsep-konsep IPA dan  keterkaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Dari segi proses, siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan, gagasan, pengetahuan, dan menerapkan konsep yang diperolehnya untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi dalam kehidupan sehahri-hari. Dari segi ilmiah, siswa diharapkan mempunyai minat untuk mempelajari benda-benda di sekitarnya, bersikap ingin tahu, tekun, kritis, mawas diri, bertanggung jawab, dapat bekerja sama dan mandiri, serta mengenal dan rasa cinta terhadap alam sekitar dan Tuhan Yang Maha Esa. Contoh dalam materi Energi dan usaha, dimensi produk yang akan diperoleh siswa adalah pemahaman konsep tentang Energi dan usaha, cara menjaga lingkungan, dan pengaruh lingkungan terhadap kesehatan manusia.
Dari dimensi proses, siswa diharapkan memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan tentang manfaat Energi dan usaha dan mampu mengkomunikasikan gagasan tentang pengaruhnya terhadap kesehatan manusia. Serta siswa juga diharapkan dapat menerapkan konsep-konsep tentang menjaga kesehatan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sedangkan dari dimensi sikap ilmiah yang akan diperoleh siswa meliputi sikap ingin tahu mengenai Energi dan usaha dan tidak sehat dan dapat berpikir kritis untuk memecahkan berbagai macam permasalahan tentang lingkungan dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia.
b.    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa
Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa (Sudjana, 2002 : 39). Dari pendapat ini faktor yang dimaksud adalah faktor dalam diri siswa perubahan kemampuan yang dimilikinya seperti yang dikemukakan oleh Clark (dalam Sudjana 2002: 39) menyatakan bahwa hasil belajar siswa disekolah 70% dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan 30 % dipengaruhi oleh lingkungan. Demikian juga faktor dari luar diri siswa yakni lingkungan yang paling dominan berupa kualitas pembelajaran (Sudjana, 2002 : 39).
Disamping itu hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kamampuan siswa dan kualitas pembelajaran (Slameto, 2004: 41). Kualitas pembelajaran yang dimaksud adalah profesional yang dimiliki oleh guru. Artinya kemampuan dasar guru baik di bidang kognitif (intelektual), bidang sikap (afektif) dan bidang perilaku (psikomotorik). Dari beberapa pendapat di atas, maka hasil belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor dari dalam individu siswa berupa kemampuan personal (internal) dan faktor dari luar diri siswa yakni lingkungan.
Menurut Nana Sudjana (2002: 22) dikatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu : 1. Faktor Internal (dari dalam individu yang belajar). Faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar ini lebih ditekankan pada faktor dari dalam individu yang belajar. Adapun faktor yang 10 mempengaruhi kegiatan tersebut adalah faktor psikologis, antara lain yaitu : motivasi, perhatian, pengamatan, tanggapan dan lain sebagainya. 2. Faktor Eksternal (dari luar individu yang belajar). Pencapaian tujuan belajar perlu diciptakan adanya sistem lingkungan belajar yang kondusif. Hal ini akan berkaitan dengan faktor dari luar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi adalah mendapatkan pengetahuan, penanaman konsep dan keterampilan, dan pembentukan sikap.
c.     Hakikat IPA dan Pembelajaran IPA
IPA adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang alam sekitar beserta isinya. Hal ini berarti IPA mempelajari semua benda yang istilah Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA dikenal juga dengan istilah sains. Kata sains ini berasal dari bahasa Latin yaitu scientia yang berarti ”saya tahu”. Dalam bahasa Inggris,kata sains berasal dari kata science yang berarti” pengetahuan”. IPA bisa disebut juga dengan natural science (Slameto, 2004: 41)
Dalam kamus Fowler (dalam Slameto, 2004: 41) natural science bahwa IPA didefinisikan sebagai: “systematic and formulated knowledge dealing with material phenomena and based mainly on observation and
induction” (yang diartikan bahwa ilmu pengetahuan alam didefinisikan sebagai: pengetahuan yang sistematis dan disusun dengan menghubungkan  gejala-gejala alam yang bersifat kebendaan dan didasarkan pada hasil pengamatan dan induksi ). Webster’s New Lollegiate Dictionary, menyatakan natural science knowledge concerned with the physical world and its phenomena, yang artinya ilmu pengetahuan alam adalah pengetahuan tentang alam dan gejala-gejalanya.
Sedangkan dalam Purnel’s ( dalam Slameto, 2004: 42)
Concise Dictionary of Science tercantum definisi tentang IPA sebagai berikut : “Science the broad field of human knowledge, acquired by systematic observation and experiment, and explained by means of rules, laws, principles, theories, and hypotheses”. Artinya ilmu pengetahuan alam adalah pengetahuan manusia yang luas, yang didapatkan dengan cara observasi dan eksperimen yang sistematik, serta dijelaskan dengan bantuan aturan-aturan, hukum-hukum, prinsipprinsip, teori-teori, dan hipotesa-hipotesa.
 Sumber lain menyatakan bahwa natural science didefinisikan sebagai a “piece of theoretical knowledge” atau sejenis pengetahuan teoritis. IPA merupakan cabang pengetahuan yang berawal dari fenomena alam. Dapat disimpulkan dari pengertian diatas, bahwa pada hakikatnya IPA merupakan ilmu pengetahuan tentang gejala alam yang dituangkan berupa fakta, konsep, prinsip dan hukum yang teruji kebenarannya dan melalui suatu rangkaian kegiatan dalam metode ilmiah. Dan IPA juga memberikan  pemahaman kepada kita bagaimana caranya agar kita dapat hidup dengan cara menyesuaikan diri terhadap hal-hal tersebut.
Didalam pembagian hakikat IPA dibagi menjadi tiga, diantaranya :
a.    IPA Sebagai Produk
IPA sebagai produk adalah kumpulan hasil kegiatan dari para ahli saintis sejak berabad-abad, yang menghasilkan berupa fakta, data, konsep, prinsip, dan teori-teori. Jadi hasil yang berupa fakta yaitu dari kegiatan empiric (berdasarkan fakta), sedangkan data, konsep, prinsip dan teori dalam IPA merupakan hasil kegiatan analitik. Dalam hakikat IPA dikenal dengan istilah :
1)   Fakta dalam IPA adalah pernyataan-pernyataan tentang benda-benda yang benar-benar ada, atau peristiwa yang betul-betul terjadi dan sudah dikonfirmasi secara objektif atau bisa disebut sesuatu yang dapat dibuktikan kebenarannya. Misal : Air membeku dalam suhu 0C.
2)   Konsep IPA adalah merupakan penggabungan ide antara fakta-fakta yang ada hubungannya satu dengan yang lainnya. Misal : Makhluk hidup dipengaruhi oleh lingkungannya.
3)   Prinsip IPA adalah generalisasi ( kesimpulan ) tentang hubungan diantara konsep-konsep IPA. Prinsip bersifat analitik dan dapat berubah bila observasi baru dilakukan, sebab prinsip bersifat tentative ( belum pasti ). Misal : udara yang dipanaskan memuai, adalah prinsip  menghubungkan konsep udara, panas, pemuaian. Artinya udara akan memuai jika udara tersebut dipanaskan.
4)   Hukum alam adalah prinsip – prinsip yang sudah diterima meskipun juga bersifat tentative, tetapi karena mengalami pengujian – pengujian yang lebih keras daripada prinsip, maka hukum alam bersifat lebih kekal. Misal : hukum kekekalan energi.
5)   Teori ilmiah adalah merupakan kerangka yang lebih luas dari faktafakta, data-data, konsep-konsep, dan prinsip-prinsip yang saling berhubungan. Teori ini dapat berubah jika ada bukti-bukti baru yang berlawanan dengan teori tersebut. Misal : teori meteorologi membantu para ilmuan untuk memahami mengapa dan bagaimana kabut dan awan terbentuk.
b.    IPA Sebagai Proses
IPA sebagai proses adalah strategi atau cara yang dilakukan para ahli saintis dalam menemukan berbagai hal tersebut sebagai implikasi adanya temuan-temuan tentang kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa alam. Jadi dalam prosesnya kita bisa berfikir dalam memecahkan suatu masalah yang ada di lingkungan. Moejiono dan Dimyati, Melalui proses ini kita bisa mendapatkan temuan-temua ilmiah, dan perwujudannya berupa kegiatan ilmiah yang disebut penyelidikan ilmiah. Moejiono dan Dimyati, ditinjau dari tingkat kerumitan dalam penggunaannya, keterampilan proses IPA dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu keterampilan: Proses Dasar (Basic Skills), dan Keterampilan Proses Terintegrasi (Integrated Skills).
c.    IPA Sebagai Sikap Ilmiah
Maksudnya adalah dalam proses IPA mengandung cara kerja, sikap, dan cara berfikir. Dan dalam memecahkan masalah atau persoalan, seorang ilmuan berusaha mengambil sikap tertentu yang memungkin usaha mencapai hasil yang diharapkan. Sikap ini dinamakan sikap ilmiah. Menurut Wynne Harlei (dalam Arifin 2008: 64), sikap ilmiah yang dapat dikembangkan pada anak yaitu: a. Sikap ingin tahu b. Sikap ingin mendapatkan sesuatu yang baru c. Sikap kerja sama d. Sikap tidak putus asa e. Sikap tidak berprasangka f. Sikap mawas diri g. Sikap bertanggung jawab h. Sikap berpikir bebas 16 i. Sikap kedisiplinan diri j. Sikap ilmiah lain yang muncul dari hasil pengamatan/ obsevasi: 1) Jujur 2) Teliti 3) Cermat Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau Sains dalam arti sempit telah dijelaskan diatas merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari physical sciences (ilmu fisik), dan life sciences (ilmu biologi). Yang termasuk physical sciences adalah ilmu-ilmu, astronomi, kimia, geologi, mineralogy, eteorologi, dan fisika. sedangkan life science meliputi astronomi, fisiologi, zoology, citologi, embriologi, mikrobiologi (Arifin 2008: 67)
IPA (Sains) berupaya membangkitkan minat manusia agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya yang penuh dengan rahasia yang tidak habis-habisnya. Dengan tersingkapnya tabir rahasia alam itu satu persatu, serta mengalirnya informasi yang dihasilkannya, jangkauan sains semakin luas dan lahirlah sifat terapannya, yaitu tekhnologi adalah lebar. Namun dari waktu jarak tersebut semakin lama semakin sempit, sehingga semboyan " Sains hari ini adalah tekhnologi hari esok" merupakan semboyan yang berkali-kali dibuktikan oleh sejarah. Bahkan kini Sains dan teknologi manunggal menjadi budaya ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang saling mengisi (komplementer), ibarat mata uang, yaitu satu sisinya mengandung hakikat Sains (the nature of  Science) dan sisi yang lainnya mengandung makna teknologi (the meaning of technology).
IPA membahas tentang gejala-gejala alam yang disusun secara sistematis yang didasarkan pada hasil percobaan dan pengamatan yang dilakukan oleh manusia. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh Powler bahwa IPA merupakan ilmu yang berhubungan dengan gejala-gejala alam dan kebendaan yang sistematis yang tersusun secara teratur, berlaku umum yang berupa kumpulan dari hasil obervasi dan eksperimen.
Dari uraian di atas Sains adalah ilmu pengetahuan yang mempunyai Obyek, menggunakan metode Ilmiah sehingga perlu diajarkan di Sekolah Dasar. Setiap guru harus paham akan alasan mengapa sains perlu diajarkan di sekolah dasar. Ada berbagai alasan yang menyebabkan satu mata pelajaran itu dimasuk ke dalam kurikulum suatu sekolah.
Usman Samatowa mengemukakan empat alasan sains dimasukan dikurikulum yaitu: Bahwa sains berfaedah Bagi suatu bangsa, kiranya tidak perlu dipersoalkan panjang lebar. Kesejahteraan materil suatu bangsa banyak sekali tergantung pada kemampuan bangsa itu dalam bidang sains, sebab sains merupakan dasar teknologi, sering disebut-sebut sebagai tulang punggung pembangunan. Pengetahuan dasar untuk teknologi ialah sains. Orang tidak menjadi Insinyur elektronika yang baik, atau dokter yang baik, tanpa dasar yang cukup luas mengenai berbagai gejala alam.  Bila diajarkan sains menurut cara yang tepat, maka sains merupakan suatu mata pelajaran yang memberikan kesempatan berpikir kritis; misalnya sains diajarkan dengan mengikuti metode "menemukan sendiri". Dengan ini siswa dihadapkan pada suatu masalah; umpamanya dapat dikemukakan suatu masalah demikian". Dapatkah tumbuhan hidup tanpa daun?" Anak diminta untuk mencari dan menyelidiki hal ini. Bila sains diajarkan melalui percobaan -percobaan yang dilakukan sendiri oleh anak. maka sains tidaklah merupakan mata pelajaran yang bersifat hafalan belaka. Mata pelajaran ini mempunyai: nilai – nilai pendidikan yaitu mempunyai potensi yang dapat membentuk keprbadian anak secara keseluruhan. Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan standar minimum yang secara nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum disetiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru. (Depdiknas. 2006: 12)
d.    Hakikat Model Pembelajaran Group Investigasi
Menurut Height (dalam Krismanto, 2004: 21), investigasi berkaitan dengan kegiatan mengobservasi secara rinci dan menilai secara sistematis. Jadi investigasi adalah proses penyelidikan yang dilakukan seseorang, dan selanjutnya orang tersebut mengkomunikasikan hasil perolehannya, dapat  membandingkannya dengan perolehan orang lain, karena dalam suatu investigasi dapat diperoleh satu atau lebih hasil.
Dalam kegiatan di kelas yang mengembangkan diskusi kelas berbagai kemungkinan jawaban itu berimplikasi pada berbagai alternatif jawaban dan argumentasi berdasarkan pengalaman siswa. Akibatnya ialah jawaban siswa tidak selalu tepat benar atau bahkan salah karena prakonsepsi yang mendasari pemikiran siswa tidak benar. Secara khusus istilah “model” diartikan sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan sesuatu kegiatan. Atas dasar tersebut, maka yang dimaksud dengan model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar (Syarif, 2009:47) Model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
Model pembelajaran secara mendasar bukan semata-mata menyangkut kegiatan belajar guru tetapi justru lebih menitikberatkan kepada aktivitas murid. Sehingga hakekat model pembelajaran adalah membantu para pelajar memperoleh informasi, ide, ketrampilan, nilai, cara berfikir, sarana untuk mengekspresikan dirinya, dan cara-cara belajar 20 bagaimana belajar. Dengan demikian aktivitas belajar mengajar benar-benar merupakan kegiatan bertujuan yang tertata secara sistematis. (Syarif, 2009:47)
 Model pembelajaran Group Investigasi (group investigation) merupakan salah model kooperatif yang diterapkan di sekolah dasar saat ini. Di dalam pembelajaran ini, siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil menggunakan inkuiri kooperatif (pembelajaran kooperatif bercirikan penemuan), diskusi kelompok dan perencanaan kooperatif (Nurasma, 2008:29)
Dalam model Group Investigasi ini, siswa tergabung dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari empat sampai enam anggota. Setelah memilih subtopik dari sebuah topik yang sedang dipelajari seluruh kelas, kelompok-kelompok itu memecahkan sub topik mereka. Setiap kelompok kemudian membuat presentasi/ peragaan untuk mengkomunikasikan temuanya kepada seluruh kelas (Kiranawaty, 2007: 25)
Dalam pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigasi memiliki tiga tujuan, yaitu: 1) Invetigasi kelompok membantu siswa belajar bagaimana menyelidiki suatu topik/materi secara sistematis dan analitis (proses inquiri), 2) Pemahaman yang mendalam atas suatu materi, 3) belajar bagaimana bekerjasama dalam memecahkan suatu masalah.
Menurut Sharan (2005: 86), terdapat enam tahapan Group Investigasi yaitu sebagai berikut:  
1)   Pemilihan topik Siswa memilih subtopik dari topik yang dipelajari, yang biasanya ditetapkan oleh guru. Dalam hal ini siswa memilih lembar kegiatan yang disediakan oleh guru. Selanjutnya siswa diorganisasikan menjadi empat sampai enam anggota tiap kelompok menjadi kelompok-kelompok yang berorientasi tugas. Komposisi kelompok hendaknya heterogen secara akademis maupun etnis.
2)   Perencanaan kooperatif Siswa dan guru merencanakan prosedur pembelajaran, tugas dan tujuan khusus tentang subtopik yang telah dipilih pada tahap pertama.
3)   Implementasi Siswa menerapkan rencana yang telah mereka kembangkan didalam tahap kedua. Kegiatan pembelajaran hendaknya melibatkan ragam aktivitas dan ketrampilan yang luas dan hendaknya mengarahkan siswa kepada jenisjenis sumber belajar yang berbeda baik didalam maupun diluar sekolah. Guru secara ketat mengikuti kemajuan tiap kelompok dan menawarkan bantuan bila diperlukan.
4)   Analisis dan sintesis Siswa menganalisis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh pada tahap ketiga dan merencanakan bagaimana informasi tersebut diringkas dan disajikan sebagai bahan untuk dipresentasikan kepada seluruh kelas.
5)   Presentasi hasil final  Beberapa kelompok menyajikan hasil penyelidikannya kepada seluruh kelas, dengan tujuan agar siswa yang lain terlibat satu sama lain dalam pekerjaan mereka dan memperoleh perspektif luas pada topik itu.
6)   Evaluasi Siswa dan guru mengevaluasi tiap konstibusi kelompok terhadap kerja kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi yang dilakukan dapat berupa penilaian individual atau kelompok Group Investigasi merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang melibatkan kelompok kecil, yaitu siswa bekerja menggunakan inkuiri kooperatif, perencanaan kooperatif, dan kemudian mempresentasikan penemuan mereka kepada kelas.
Langkah-langkah pembelajaran Group Investigasi sebagai berikut:
1)   Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
2)   Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3)   Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4)   Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif yang bersifat penemuan
5)   Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6)   Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
7)   Evaluasi
8)   Penutup
B.       Kerangka Pikir
Pada dasarnya setiap proses belajar mengajar bertujuan untuk mencapai perubahan tingkah laku pada diri peserta didik dari tidak tahu menjadi tahu. Sehingga dalam setiap kegiatan belajar mengajar selesai diharapkan selalua ada peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan latar belakang dapat diketahui kurangnya perhatian peserta didik pada penjelasan guru saat proses pembelajaran, beberapa peserta didik lebih senang mengobrol, ada pula peserta didik yang mengantuk, dan melamun dalam proses pembelajaran. Hal ini di sebabkan karena kurangnya inovasi dalam penyampaian materi pelajaran. Sehingga kegiatan belajar mengajar masih pasif, dan sulit untuk terjadinya interaksi aktif baik antara peserta didik dengan peserta didik, maupun antara peserta didik dengan guru. Berbagai masalah dalam kegiatan belajar mengajar dikelas tentu akan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Dalam kegiatan belajar mengajar memuat materi yang akan di sampaikan, metode yang di gunakan ataupun media pengajaran yang mendukungnya. Salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan metode pembelajaran group investigation. Dengan penggunaan metode pembelajaran group investigation diharapkan dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Metode group investigation melibatkan peserta didik sejak perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun untuk mempelajarinya melalui investigasi, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif, dan dapat menambah pemahaman terhadap materi pelajaran. Berdasarkan uraian di atas dan tinjauan pustaka dapat di tarik kesimpulan bahwa pengguaan metode group investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
C.      Hipotesis Tindakan
Berdasarkan landasan teori di atas maka hipotesis tindakan penelitian ini adalah “Jika dalam pembelajaran IPA dengan materi Energi dan usaha digunakan model Group Investigasi, maka hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah ..................... dapat meningkat”.
 


Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.



Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...