LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE
LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN IPS KOMPETENSI
DASAR MENGIDENTIFIKASI USAHA PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA
SISWA KELAS IX SMP NEGERI .................. 04
KECAMATAN ....................................
KABUPATEN ..................
Diajukan
untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan
Pangkat
............................... dst disesuaikan
Oleh :
………………………………………..
NIP.
……………..
UPT
………………………………….
UPT
DINAS……………………………..
KECAMATAN ............
............
KATA
PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat
Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya
sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu Penerapan Model Cooperative Learning Tipe
STAD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi
usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri .................. 04 Kecamatan ..................
Kabupaten ..................
”. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat
Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang
telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.
……………….., selaku Kepala Dinas ………………..
2.
……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.
……………….., selaku Kepala Sekolah ……………………………..
4.
Segenap warga ……………. khususnya guru-guru ……… yang
telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca
demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini
dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya
manusia.
............, ............
Penulis
ABSTRAK
.................... NIP. .................. Penerapan
Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keberhasilan
Pembelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi usaha perjuangan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Siswa Kelas IX SMP Negeri .................. 04 Kecamatan ..................
Kabupaten Cilaca. 20……
Rendahnya
hasil belajar dan minat belajar
IPS dipengaruhi oleh berbagai
faktor. Faktor yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran
pada dasarnya sangat kompleks dan
bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang paling mendasar dan menentukan terhadap
keberhasilan pembelajaran diantaranya sarana dan
prasarana yang memadai,
situasi dan kondisi
yang kondusif, faktor guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan
penggunaan model pembelajaran. Faktor utama yang akan dibahas adalah
peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan tujuan agar terdapat
peningkatan minat dan hasil belajar siswa hingga memenuhi batas minimal tuntas
belajar.
Upaya perbaikan dengan penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dengan dua siklus. sebelum dilaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning tipe STAD pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kompetensi dasar mengidentifikasi
usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada keadaan awal sebanyak 3
siswa (18,75%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model cooperative learning tipe STAD pada
siklus I meningkat menjadi 10 siswa atau 62,50% dan pada siklus II meningkat
kembali menjadi 16 siswa atau 100%. Nilai rata-rata hasil pada kondisi
awal sebesar 59,38 meningkat
menjadi 66,25 pada siklus I dan
pada akhir siklus II meningkat menjadi 73,13.
Hasil observasi terhadap peningkatan minat menunjukkan peningkatan dari 7 siswa
atau 43,75% menjadi 16 siswa atau 100% pada siklus kedua.
Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe
STAD dapat meningkatkan minat dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kompetensi dasar
mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di kelas IX
SMP
Negeri .................. 04 Kecamatan .................. Kabupaten ..................
Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata
Kunci : cooperative learning, pembelajaran,
minat, hasil, belajar
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.........................................................
B. Identifikasi Masalah ..............................................................
C. Analisis Masalah ....................................................................
D. Pembatasan Masalah ..............................................................
E. Rumusan Masalah ..................................................................
F. Tujuan Penelitian....................................................................
G. Manfaat Penelitian..................................................................
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ...........................................................................
B. Kerangka Berpikir .................................................................
C. Hipotesis Tindakan ................................................................
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Setting Penelitian ...................................................................
B.
Subyek Penelitian ..................................................................
C.
Data dan Sumber Data...........................................................
D.
Teknik Pengumpulan Data .....................................................
E.
Validitas Data.........................................................................
F.
Teknik Analisa Data ..............................................................
G.
Kriteria Keberhasilan..............................................................
H.
Prosedur Penelitian ................................................................
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Kondisi Awal.........................................................
B. Deskripsi Per Siklus ...............................................................
1. Siklus
Pertama...................................................................
2. Siklus
Kedua.....................................................................
C. Pembahasan............................................................................
D. Hasil Tindakan .......................................................................
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................
B. Saran dan Tindak Lanjut........................................................
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
4.1 Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................................................ 49
4.2 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPS Materi Peranan Tokoh-Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Siklus I............................................................................ 56
4.3 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran Bahasa
Indonesia Materi Peranan Tokoh-Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Siklus I.................................... 57
4.4 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPS Materi Peranan Tokoh-Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Pengumuman
Siklus II.................................................... 64
4.5 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran IPS Materi Peranan
Tokoh-Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Siklus II.......................................................... 65
4.6 Rekapitulasi
Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal Siklus I dan Siklus II 67
4.7 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Temuan Awal Siklus I
dan Siklus II.... 68
4.8 Rekapitulasi
Peningkatan Minat Siswa pada Siklus I dan Siklus II........ 70
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1 Kerangka Berpikir ...................................................................................
4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan
Belajar Siswa Siklus I dan II
4.2 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar
Siswa Pada Siklus I dan II)
4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat
Minat Siswa Pada Siklus I dan II
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN Halaman
Lampiran 1 Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran 3 Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 4 Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran 5
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus II
Lampiran
6 Daftar
Hadir Siswa Pra siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran
7 Daftar
Hadir Peneliti Dan Observer
Lampiran 8 Hasil Nilai Tes Formatif Siklus I
Lampiran 9 Hasil Nilai Tes Formatif Siklus II
Lampiran 10 Data Hasil Observasi Siklus I
Lampiran 11 Data Hasil Observasi Siklus II
Lampiran 12 Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 13 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra siklus,
Siklus I dan Siklus II
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.
Terima kasih.