– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK Mapel IPS

Wednesday 14 January 2015

PTK Mapel IPS




LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN IPS KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI USAHA PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA
SISWA KELAS IX SMP NEGERI .................. 04
KECAMATAN ....................................
KABUPATEN ..................



Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan








Oleh :

………………………………………..
NIP. ……………..

UPT ………………………………….





UPT DINAS……………………………..
KECAMATAN ............
............
KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri .................. 04 Kecamatan .................. Kabupaten ..................
”. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.    ……………….., selaku Kepala Sekolah ……………………………..
4.    Segenap warga …………….  khususnya guru-guru ……… yang telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.
............,     ............
Penulis


ABSTRAK


.................... NIP. .................. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran IPS kompetensi dasar mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri .................. 04 Kecamatan .................. Kabupaten Cilaca. 20……
Rendahnya  hasil  belajar dan minat  belajar  IPS  dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran. Faktor utama yang akan dibahas adalah peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan tujuan agar terdapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa hingga memenuhi batas minimal tuntas belajar.
Upaya perbaikan dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. sebelum dilaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kompetensi dasar mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada keadaan awal sebanyak 3 siswa (18,75%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model cooperative learning tipe STAD pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa atau 62,50% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 16 siswa atau 100%. Nilai rata-rata hasil pada kondisi awal sebesar 59,38 meningkat menjadi 66,25 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 73,13. Hasil observasi terhadap peningkatan minat menunjukkan peningkatan dari 7 siswa atau 43,75% menjadi 16 siswa atau 100% pada siklus kedua.
Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe STAD  dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kompetensi dasar mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di kelas IX SMP Negeri .................. 04 Kecamatan .................. Kabupaten .................. Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata Kunci : cooperative learning, pembelajaran, minat,  hasil, belajar










DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................      
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.   Analisis Masalah ....................................................................       
D.  Pembatasan Masalah ..............................................................       
E.   Rumusan Masalah ..................................................................       
F.   Tujuan Penelitian....................................................................       
G.  Manfaat Penelitian..................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................       
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian ...................................................................       
B.     Subyek Penelitian ..................................................................       
C.     Data dan Sumber Data...........................................................       
D.    Teknik Pengumpulan Data .....................................................       
E.     Validitas Data.........................................................................       
F.      Teknik Analisa Data ..............................................................       
G.    Kriteria Keberhasilan..............................................................       
H.    Prosedur Penelitian ................................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Kondisi Awal.........................................................       
B.   Deskripsi Per Siklus ...............................................................       
      1.  Siklus Pertama...................................................................       
      2.  Siklus Kedua.....................................................................       
C.   Pembahasan............................................................................       
D.  Hasil Tindakan .......................................................................       

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran dan Tindak Lanjut........................................................       

DAFTAR PUSTAKA                       
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

4.1    Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................................................      49

4.2    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPS Materi Peranan Tokoh-Tokoh Proklamasi Kemerdekaan   Siklus I............................................................................      56

4.3    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Peranan Tokoh-Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Siklus I....................................      57

4.4    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPS Materi Peranan Tokoh-Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Pengumuman  Siklus II....................................................      64

4.5    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran IPS Materi Peranan Tokoh-Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Siklus II..........................................................      65

4.6    Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal Siklus I dan Siklus II                 67

4.7    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  Temuan Awal Siklus I dan Siklus II....      68

4.8    Rekapitulasi Peningkatan Minat Siswa pada Siklus I dan Siklus II........      70




















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

2.1    Kerangka Berpikir ...................................................................................         

4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II            

4.2    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II)                    

4.3    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Siswa Pada Siklus I dan II                 































DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                              Halaman

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    5     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    6     Daftar Hadir Siswa Pra siklus, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    7     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
Lampiran    8     Hasil Nilai Tes Formatif Siklus I
Lampiran    9     Hasil Nilai Tes Formatif Siklus II
Lampiran    10   Data Hasil Observasi Siklus I
Lampiran    11   Data Hasil Observasi Siklus II
Lampiran    12   Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    13   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra siklus, Siklus I dan Siklus II

Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.


Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...