PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA KOMPETENSI DASAR MENDISKRIPSIKAN SISTEM KOORDINASI DAN ALAT INDERA PADA MANUSIA DAN
HUBUNGANNYA DENGAN KESEHATAN MELALUI PENERAPAN METODE
PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) SISWA KELAS IX SEMESTER 1
SMP NEGERI ....................
TAHUN PELAJARAN ....................
....................
NIP. ....................
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KECAMATAN …………………
…………………………
…………………………………………..
2011
LEMBAR PENGESAHAN
1.
a. Judul
Penelitian : Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan
Melalui Penerapan Metode
Pemecahan Masalah (Problem Solving) Siswa Kelas IX Semester 1 SMP Negeri .................... Tahun
Pelajaran ....................
b. Bidang
Ilmu : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
c. Kategori
Penelitian : Teknik Pembelajaran
d. Jenis
Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2.
Ketua Peneliti
a. Nama
Lengkap dan Gelar : ……………………………
b. NIP
: ……………………………
c. Pangkat
/ Golongan : Pembina, IV/a
d. Jabatan
:
e. Instansi
: ……………………………
f. Tempat
Penelitian : ……………………………
3.
Lama Penelitian : 3
bulan (Bulan September sampai dengan bulan Nopember 2010)
4. Sumber Biaya :
Swadaya
Mengetahui/Mengesahkan ...................., 29 Nopember 2010
Kepala Sekolah Peneliti
…………………… ………………….
NIP. ………………….. NIP. ……………………..
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga kami penulis menyelesaikan
penelitian di SMP .................... yang
Alhamdulillah tepat pada waktunya.
Penelitian disusun dalam
rangka memenuhi penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan
pangkat dari golongan IVa ke IVb yang telah saya laksanakan dari awal September
sampai dengan akhir Nopember.
Pada kesempatan ini saya
mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua
pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan
laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1. Kepala sekolah …………….. yang telah memberikan Saran,
Ijin dan pertimbangan terhadap
pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2. Bapak dan Ibu Guru ………… yang telah membimbing dan
memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan
Kelas ini dapat terselesaikan dengan
lancar.
3. Anak-anakku
tercinta, ………………………..
Akhir kata, penulis
sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam
penyusunan penelitian ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa
meridhai segala usaha kita. Amin.
…………………….
Peneliti
ISI
HALAMAN
JUDUL ......................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN ............................................................................... ii
KATA
PENGANTAR ....................................................................................... iii
DAFTAR
ISI ...................................................................................................... iv
DAFTAR
TABEL .............................................................................................. v
DAFTAR
GAMBAR ......................................................................................... vi
DAFTAR
LAMPIRAN...................................................................................... vii
ABSTRAK/RINGKASAN
................................................................................ viii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah ....................................................... 1
B.
Identifikasi Masalah ............................................................. 3
C.
Pembatasan Masalah ............................................................. 4
D.
Rumusan Masalah ................................................................. 5
E.
Tujuan Penelitian .................................................................. 5
F.
Manfaat Penelitian ................................................................ 5
BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.
Kajian Teori .......................................................................... 8
B.
Kerangka Berfikir ................................................................. 32
C.
Hipotesis Tindakan ............................................................... 34
BAB III
METODOLODI PENELITIAN
A.
Setting Penelitian .................................................................. 35
B.
Subyek Penelitian ................................................................. 35
C.
Sumber Data.......................................................................... 36
D.
Teknik dan Alat Pengumpulan Data...................................... 36
E.
Validasi Data......................................................................... 38
F.
Teknik Analisis Data.............................................................. 40
G.
Indikator Kinerja .................................................................. 41
H.
Prosedur Penelitian ............................................................... 42
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi Kondisi Awal ...................................................... 48
B.
Deskripsi Siklus I .................................................................. 51
C.
Deskripsi Siklus II ................................................................ 54
D.
Pembahasan........................................................................... 61
E.
Hasil Tindakan ...................................................................... 65
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan ........................................................................... 81
B.
Implikasi ............................................................................... 81
C.
Saran ..................................................................................... 82
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel
4.1 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan
pada Kondisi Awal.................................................... 49
Tabel 4.2 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi
Dasar Mendiskripsikan Sistem
Koordinasi dan Alat Indera
Pada Manusia dan Hubungannya
Dengan Kesehatan Siklus I....................................................................... 52
Tabel 4.3 Rekapitulasi Peningkatan Minat Siswa
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan.................................................................................... 53
Tabel 4.4 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan Siklus II...................................................................... 55
Tabel
4.5 Rekapitulasi
Peningkatan Minat Belajar Siswa Pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan.................................................................................... 57
Tabel
4.6 Rekapitulasi Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan....................................................................... 59
Tabel
4.7 Rekapitulasi
Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi
Dasar Mendiskripsikan Sistem
Koordinasi dan Alat Indera
Pada Manusia dan Hubungannya
Dengan Kesehatan............................................... 60
DAFTAR GAMBAR
Gambar
2.1 Kerangka
Berpikir ................................................................. 33
Gambar
3.1 Daur
PTK (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, Prayitno, 2006:
46).......................................................................................... 42
Gambar
4.1 Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Prestasi
Belajar, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran .......................... 60
Gambar
4.2 Diagram Batang Peningkatan Minat
Siswa pada Setiap Siklus
Perbaikan Pembelajaran ............................................................................................... 61
DAFTAR LAMPIRAN
Surat
Ijin Penelitian
Jurnal
Kegiatan Penelitian
Nilai
Pra Siklus (Kondisi Awal)
Daftar
Hadir Penelitian
1.
Lampiran Siklus I
2.1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
2.2
Lembar Observasi Pelaksanaan
Penelitian Tindakan Kelas
2.3
Angket Pelaksanaan Penelitian
Tindakan Kelas
2.4
Daftar Nilai Siklus I
2.5
Foto Pelaksanaan Penelitian Tindakan
Kelas
2.6
Contoh Hasil Kegiatan Pembelajaran
Anak
2.
Lampiran Siklus I
2.1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
2.2
Lembar Observasi Pelaksanaan
Penelitian Tindakan Kelas
2.3
Angket Pelaksanaan Penelitian
Tindakan Kelas
2.4
Daftar Nilai Siklus I
2.5
Foto Pelaksanaan Penelitian Tindakan
Kelas
2.6
Contoh Hasil Kegiatan Pembelajaran
Anak
ABSTRAK
Dari faktor eksternal atau guru, dalam proses
pembelajaran khususnya matematika dituntut untuk mengusai berbagai kemampuan
dasar seperti kemampuan menguasai materi dan kemampuan menggunakan media pembelajaran, menguasai penilaian dan
disiplin dalam melaksanakan tugas. Hasil tes formatif mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat
Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan diperoleh 19,23% atau 5
siswa dari 26 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 80% ke atas, dengan
nilai rata-rata secara klasikal sebesar 66,54. Melihat kondisi di atas, maka
sebagai guru yang sudah bertahun-tahun mengabdi pada pendidikan merasa
termotivasi untuk melakukan perbaikan dengan melaksanakan kegiatan penelitian
tindakan kelas dengan permasalahan yang diteliti adalah apakah dalam
pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui metode pemecahan masalah dapat
meningkatkan minat dan hasil belajar siswa
pada pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi
dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan?
Penelitian dilaksanakan selama satu bulan,
yaitu pada bulan September sampai
dengan Nopember 2011 sebanyak 2 siklus, Subyek
pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ini adalah
siswa kelas IX SMP
Negeri .................... UPT
Disdikpora Kecamatan .................... Kabupaten ....................
tahun pembelajaran .................... dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang,
terdiri dari laki-laki 14 orang dan perempuan 12 orang. Dalam penelitian ini,
analisis data dimulai sejak awal sampai akhir pengumpulan data. Data yang
diperoleh dari perhitungan persentasi dari hasil penilaian observasi pada saat
tindakan dilakukan. Hasil
observasi tersebut kemudian dianalisis terhadap indikator penggunaan
peningkatan prestasi belajar matematika dengan pendekatan realistik.
Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah
Penerapan metode pemecahan masalah (problem
solving) pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya
Dengan Kesehatan meningkatkan minat belajar siswa. Hal tersebut terindikasi dari peningkatan minat
siswa menunjukkan perolehan pada studi awal 12 siswa atau 46,15%, menjadi 19
siswa atau 26,92% pada siklus pertama, dan 100% pada siklus kedua.Penerapan
metode pemecahan masalah (problem solving)
pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi panca indera terbukti mampu
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan
hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 66,54, naik menjadi 70,77 pada siklus
pertama, dan 81,92 pada siklus kedua,
dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak
5 siswa (19,23%) pada studi awal,
69,23% atau 18 siswa pada siklus pertama, dan pada siklus terakhir
menjadi 88,46%, atau 23 siswa, dan masih ada tiga orang siswa (11,54%) yang
belum tuntas, sehingga semua kriteria ketuntasan telah tercapai pada siklus kedua.
Kata Kunci : minat, hasil belajar, problem
solving
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.