– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK Kenaikan Pangkat Guru SMP Mapel IPA (Biologi)

Saturday 17 January 2015

PTK Kenaikan Pangkat Guru SMP Mapel IPA (Biologi)





PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR  IPA KOMPETENSI DASAR MENDISKRIPSIKAN SISTEM KOORDINASI DAN ALAT INDERA PADA MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KESEHATAN MELALUI PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING)  SISWA KELAS IX SEMESTER 1
SMP NEGERI ....................
TAHUN PELAJARAN ....................





....................
NIP. ....................


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KECAMATAN …………………
…………………………
…………………………………………..
2011
LEMBAR PENGESAHAN


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Peningkatan  Minat dan Hasil Belajar  IPA Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan Melalui Penerapan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving)  Siswa Kelas IX Semester 1  SMP Negeri .................... Tahun Pelajaran ....................
      b.   Bidang Ilmu                         : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………………………
      b.   NIP                                      :  ……………………………
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : ……………………………
      f.    Tempat Penelitian                :  ……………………………
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan September sampai dengan bulan Nopember 2010)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

            Mengetahui/Mengesahkan                  ....................,   29 Nopember 2010
                     Kepala Sekolah                                                Peneliti



                 ……………………                                    ………………….
              NIP. …………………..                         NIP. ……………………..

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga kami penulis menyelesaikan penelitian di SMP .................... yang Alhamdulillah tepat pada waktunya.
Penelitian disusun dalam rangka memenuhi penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IVa ke IVb yang telah saya laksanakan dari awal September sampai dengan akhir Nopember.
Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala sekolah …………….. yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Bapak dan Ibu Guru ………… yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
3.      Anak-anakku tercinta, ………………………..
Akhir kata, penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan penelitian ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

…………………….

Peneliti






ISI
           
HALAMAN JUDUL .........................................................................................      i
LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................     ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................    iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................    iv
DAFTAR TABEL ..............................................................................................     v
DAFTAR GAMBAR .........................................................................................    vi
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... vii
ABSTRAK/RINGKASAN ................................................................................ viii
BAB       I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah .......................................................     1
B.     Identifikasi Masalah .............................................................     3
C.     Pembatasan Masalah .............................................................     4
D.    Rumusan Masalah .................................................................     5
E.     Tujuan Penelitian ..................................................................     5
F.      Manfaat Penelitian ................................................................     5
BAB       II      KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.    Kajian Teori ..........................................................................     8
B.     Kerangka Berfikir .................................................................   32
C.     Hipotesis Tindakan ...............................................................   34
BAB       III     METODOLODI PENELITIAN
A.    Setting Penelitian ..................................................................   35
B.     Subyek Penelitian .................................................................   35
C.     Sumber Data..........................................................................   36
D.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data......................................   36
E.     Validasi Data.........................................................................   38
F.      Teknik Analisis Data..............................................................   40
G.    Indikator Kinerja ..................................................................   41
H.    Prosedur Penelitian ...............................................................   42

BAB       IV     HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Kondisi Awal   ......................................................   48
B.     Deskripsi Siklus I ..................................................................   51
C.     Deskripsi Siklus II ................................................................   54
D.    Pembahasan...........................................................................   61
E.     Hasil Tindakan ......................................................................   65
BAB       V      PENUTUP
A.    Kesimpulan ...........................................................................   81
B.     Implikasi ...............................................................................   81
C.     Saran .....................................................................................   82
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN


























DAFTAR TABEL


Tabel   4.1    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan pada Kondisi Awal....................................................      49
Tabel   4.2    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan  Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan Siklus I.......................................................................      52
Tabel   4.3    Rekapitulasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan....................................................................................      53
Tabel   4.4    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan  Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan Siklus II......................................................................      55
Tabel   4.5    Rekapitulasi Peningkatan Minat Belajar Siswa Pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan....................................................................................      57
Tabel   4.6    Rekapitulasi Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan.......................................................................      59
Tabel   4.7    Rekapitulasi Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan...............................................      60

DAFTAR GAMBAR


Gambar     2.1    Kerangka Berpikir .................................................................     33
Gambar     3.1    Daur PTK (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, Prayitno, 2006:
46)..........................................................................................      42
Gambar     4.1    Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Prestasi Belajar, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ..........................      60
Gambar     4.2    Diagram Batang Peningkatan Minat Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran    ............................................................................................... 61





















DAFTAR LAMPIRAN


Surat Ijin Penelitian
Jurnal Kegiatan Penelitian
Nilai Pra Siklus (Kondisi Awal)
Daftar Hadir Penelitian
1.      Lampiran Siklus I
2.1        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.2        Lembar Observasi Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
2.3        Angket Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
2.4        Daftar Nilai Siklus I
2.5        Foto Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
2.6        Contoh Hasil Kegiatan Pembelajaran Anak
2.      Lampiran Siklus I
2.1        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2.2        Lembar Observasi Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
2.3        Angket Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
2.4        Daftar Nilai Siklus I
2.5        Foto Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
2.6        Contoh Hasil Kegiatan Pembelajaran Anak










ABSTRAK

Dari faktor eksternal atau guru, dalam proses pembelajaran khususnya matematika dituntut untuk mengusai berbagai kemampuan dasar seperti kemampuan menguasai materi dan kemampuan menggunakan  media pembelajaran, menguasai penilaian dan disiplin dalam melaksanakan tugas. Hasil tes formatif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan diperoleh 19,23% atau 5 siswa dari 26 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 80% ke atas, dengan nilai rata-rata secara klasikal sebesar 66,54. Melihat kondisi di atas, maka sebagai guru yang sudah bertahun-tahun mengabdi pada pendidikan merasa termotivasi untuk melakukan perbaikan dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas dengan permasalahan yang diteliti adalah apakah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui metode pemecahan masalah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa  pada pembelajaran IPA Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan?
Penelitian dilaksanakan selama satu bulan, yaitu pada bulan September sampai dengan Nopember 2011 sebanyak 2 siklus, Subyek pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX  SMP Negeri .................... UPT Disdikpora Kecamatan .................... Kabupaten .................... tahun pembelajaran .................... dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, terdiri dari laki-laki 14 orang dan perempuan 12 orang. Dalam penelitian ini, analisis data dimulai sejak awal sampai akhir pengumpulan data. Data yang diperoleh dari perhitungan persentasi dari hasil penilaian observasi pada saat tindakan dilakukan. Hasil observasi tersebut kemudian dianalisis terhadap indikator penggunaan peningkatan prestasi belajar matematika dengan pendekatan realistik.
Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah Penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Kompetensi Dasar Mendiskripsikan Sistem Koordinasi dan Alat Indera Pada Manusia dan Hubungannya Dengan Kesehatan meningkatkan minat belajar siswa. Hal tersebut terindikasi dari peningkatan minat siswa menunjukkan perolehan pada studi awal 12 siswa atau 46,15%, menjadi 19 siswa atau 26,92% pada siklus pertama, dan 100% pada siklus kedua.Penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi panca indera terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  66,54, naik menjadi 70,77 pada siklus pertama, dan  81,92 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  5 siswa (19,23%) pada studi awal,  69,23% atau 18 siswa pada siklus pertama, dan pada siklus terakhir menjadi 88,46%, atau 23 siswa, dan masih ada tiga orang siswa (11,54%) yang belum tuntas, sehingga semua kriteria ketuntasan telah tercapai pada siklus kedua.

Kata Kunci : minat, hasil belajar, problem solving



Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.


Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...