LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR IPS SEJARAH
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PETA
PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ......... .........
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 20011/20012
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PETA
PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ......... .........
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 20011/20012
Oleh
……………………………….
…………………….
…………………………………………..
………………………………………………….
……………………………
20…..
LEMBAR PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : UPAYA
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH DENGAN
MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PETA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 .........
......... SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 20011/20012
c. Kategori Penelitian : Teknik Pembelajaran
d. Jenis Penelitian :
Penelitian Tindakan Sekolah
2. Ketua Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ………………………………..
b. NIP : ...........................
c. Pangkat / Golongan :
Pembina, IV/a
d. Jabatan :
e. Instansi :
.......................................................
f. Tempat Penelitian : ......................................................
3. Lama Penelitian : ….. bulan (Bulan ………. sampai dengan Bulan …………)
4. Sumber Biaya : Swadaya
………………………
Mengetahui/Mengesahkan Peneliti
……………………. ………………………
NIP. ...................... NIP
. ....................
Catt : Sesuikan juknis LPMP setempat
KATA PENGANTAR
Atas
berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMP ............... dengan lancar.
Laporan Penelitian ini merupakan salah
satu syarat dalam rangka
memenuhi Diajukan pada penilaian angka
kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ………. ke ……… yang telah saya laksanakan pada bulan ………….. sampai dengan akhir …………..
Selesainya
penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada
kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan
setinggi-tingginya kepada yang terhormat:
1.
Kepala
Dinas ……… ...............
yang telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
2.
Pengawas SMP …………………………..
3.
Kepala
SMP N ……….. yang telah
memberikan Saran, Ijin dan
pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.
Bapak
dan Ibu Guru SMP N ……….. yang
telah memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Peneliti menyadari bahwa
laporan Penelitian ini
masih jauh dari
sempurna, ini disebabkan keterbatasan pengetahuan
penulis.Untuk itu kritik
dan saran dari
pembaca yang budiman
sangat penulis harapkan,
hingga nantinya dapat
penulis gunakan sebagai bahan
perbaikan dalam menyusun laporan penelitian yang akan datang.
…………………….
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ............................................................................................ i
LEMBAR PENGESAHAN ................................................................................... ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................... iii
DAFTAR ISI ........................................................................................................ iv
DAFTAR TABEL ................................................................................................ v
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................ vi
DAFTAR LAMPIRAN.......................................................................................... vii
ABSTRAK/RINGKASAN ................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah .........................................................
B.
Rumusan
Masalah .................................................................
C.
Tujuan
Penelitian ...................................................................
D.
Manfaat
hasil penelitian .........................................................
BAB II KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.
Kajian
Teori ...........................................................................
B.
Kerangka
Berfikir ..................................................................
C.
Hipotesis
Tindakan ................................................................
BAB III METODOLODI PENELITIAN
A.
Setting
Penelitian....................................................................
B.
Subjek
Penelitian ...................................................................
C.
Data
dan Sumber Data............................................................
D.
Variabel
Penelitian .................................................................
E.
Prosedur
Penelitian ................................................................
F.
Teknik
Pengumpulan Data .....................................................
G.
Tehnik
Analisis Data .............................................................
H.
Indikator
Keberhasilan Tindakan ...........................................
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Hasil
Penelitian.......................................................................
B.
Pembahasan
...........................................................................
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan
...........................................................................
B.
Saran
.....................................................................................
C.
Rekomendasi
.........................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel halaman
Table 4.1 Hasil Evaluasi
Prasiklus...........................................................
Tabel 4.2 Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sebelum Perbaikan
Tabel 4.3 Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perbaikan Pembelajaran Siklus 1
Tabel 4.4 Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siklus Pertama
Tabel 4.5 Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perbaikan Pembelajaran Siklus 2
Tabel 4.6 Hasil Evaluasi Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siklus Kedua
Tabel 4.7 Rekaitulasi Hasil
Evaluasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sebelum Perbaikan, siklus 1,
dan siklus 2..............................................................................
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 Skema Kerangka
Berfikir.......................................................
Gambar 4.1 Diagram Batang Hasil
Evaluasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sebelum Perbaikan...............................................................................................
Gambar 4.2 Diagram Batang Hasil
Evaluasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siklus Pertama...............................................................................................
Gambar 4.3 Diagram Batang Hasil
Evaluasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siklus Kedua...............................................................................................
Gambar 4.4 Diagram Batang Hasil
Evaluasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Sebelum Perbaikan, Siklus
Pertama dan Siklus Kedua..........................
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran : 1 Surat Ijin
Penelitian
Lampiran : 2 Jurnal Kegiatan
Penelitian
Lampiran
: 3 Rencana Perbaikan Pembelajaran RPP ( Siklus 1)
Lampiran
: 4 Observasi Aktivitas Belajar Siswasiklus 1
Lampiran
: 5 Observasi Pelaksaan Tindakanoleh Guru Siklus 1
Lampiran
: 6 Hasil Evaluasi
Prasiklus
Lampiran
: 7 Hasil Evaluasi
Siklus Pertama
Lampiran : 8 Rencana
Perbaikan Pembelajaran RPP (Siklus 2)
Lampiran
: 10 Observasi Aktivitas Belajar Siswa Siklus 2
Lampiran
: 11 Observasi Pelaksaan Tindakan Oleh Guru Siklus 2
Lampiran
: 12 Hasil Evaluasi
Siklus Kedua
Lampiran : 13 Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus 1 dan
Siklus 2
Lampiran : 14 Daftar Hadir Peneliti dan Observer
Lampiran : 15 Contoh
Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran : 16 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra
Siklus, Siklus 1 dan Siklus 2
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR IPS SEJARAH
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PETA
PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ......... .........
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 20011/20012
DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PETA
PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ......... .........
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 20011/20012
Oleh
…………………………………….
NIP. ………………………
ABSTRAK
Masalah
dalam penelitian adalah Apakah dengan menggunakan alat peraga peta, atlas dan
globe dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII b
SMP Negeri 1 ........., ........., Penelitian tindakan kelas ini bertujuan
untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII b SMP
Negeri …….,......... dengan menggunakan alat peraga peta, dan atlas.
Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan dari bulan …….. s.d …………
pada tahun pelajaran ….. /…… Subjek penelitian adalah 30 orang siswa kelas VIII
b. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data
sekunder. Sumber data primer adalah
siswa kelas VIII b SMP Negeri 1 Kalwiro, ......... Tahun Pelajaran …/….. Adapun
sumber data sekunder berasal dari sumber
data yang berasal
dan pihak yang masih
ada kaitannya dengan
siswa, akan tetapi
tidak secara langsung
mengetahui keberadaan siswa
atau berhubungan langsung
dengan siswa. Prosedur penelitian
dilaksanakan dengan menerapkan penggunaan alat peraga peta ini terdiri dari 2
siklus. Adapun langkah-langkah yang diambil dalam tiap siklusnya adalah:
perencanaan (planning), tindakan (acting) dan refleksi (reflecting), pengamatan (observing). Teknik Pengumpulan Data
menggunakan teknik observasi, evaluasi tertulis, dan dokumentasi. Analisis data
adalah data dari seluruh responden atau sumber data lain terkumpul. Analisis
data dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus
pembelajaran serta data hasil belajar siswa, data yang dianalisis meliputi data
hasil observasi kegiatan guru dan aktifitas siswa. Kegiatan dalam penelitian
tindakan kelas ini dikatakan berhasil berdasarkan indikator kinerja apabila
siswa kelas VIII b SMP Negeri 1 ……, ......... yang memperoleh nilai minimal 70
pada mata pelajaran IPS Sejarah meningkat menjadi minimal 85%. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan alat peraga peta, atlas dan globe dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII b SMPN 1 ........., .........,
Pada tindakan siklus I mampu meningkatkan prestasi siswa dari nilai rata-rata
55 menjadi 64 dan pada siklus II meningkat menjadi 83.
Kata kunci: alat peraga, prestasi, peta
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.