– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK Kenaikan Pangkat Guru SMP Mapel IPA (Biologi)

Saturday 17 January 2015

PTK Kenaikan Pangkat Guru SMP Mapel IPA (Biologi)




LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


OPTIMALISASI PENGGUNAAN PERAGA TORSO UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI  SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KESEHATAN 
SISWA KELAS VIII SMP NEGERI ....................



Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan









Oleh :

………………………………………..
NIP. ……………..

UPT ………………………………….





UPT DINAS……………………………..
KECAMATAN ............
............
KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu OPTIMALISASI PENGGUNAAN PERAGA TORSO UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI  SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KESEHATAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI ....................
. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.    ……………….., selaku Kepala Sekolah ……………………………..
4.    Segenap warga …………….  khususnya guru-guru  ……… yang telah membantu penyelesaian karya ini.
5.    Anak-anakku tercinta, siswa kelas …………………
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.
............,     ............
Penulis





LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
OPTIMALISASI PENGGUNAAN PERAGA TORSO UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI  SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KESEHATAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI ....................
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.    Provinsi
g.   Alamat Kantor
h.   Telepon

3.
Lama Penelitian

4.
Sumber Dana
Swadaya




Catt :
Untuk lembar pengesahan yang bertanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat










OPTIMALISASI PENGGUNAAN PERAGA TORSO UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI  SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KESEHATAN SISWA KELAS VII
SMP NEGERI ....................

ABSTRAK

..................................
NIP. …………………….


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada materi  alat  pencernaan  pada  manusia  dan  bagian-bagiannya, hal ini ditandai hasil tes siswa yang di bawah KKM berjumlah 18 siswa.  Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan alat peraga.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan peraga torso. Penggunaan peraga torso ini siswa diharapkan senang dan dapat mudah memahami apa yang sedang dipelajari, dan dapat mengenal dan mengetahui bagian-bagian dari organ pencernaan pada tubuh manusia melalui torso dan tidak hanya melihat gambar di buku paket saja dan mendengarkan ceramah di depan dari gurunya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), yang dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SMP Negeri ...................., Kecamatan .................... Kabupaten .................... yang terdiri dari jumlah siswa 25 yaitu 14 orang siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Untuk pengambilan data berupa lembar observasi, dokumentasi dan tes tulis.  Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh data bahwa penggunaan peraga torso terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar meningkat pada setiap siklusnya.  Pada temuan awal hanya 9 siswa atau 36%, naik menjadi 14 siswa atau 56% pada siklus pertama, dan 100% atau 25 siswa pada siklus kedua, sedangkan kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada temuan awal hanya 56,80 naik menjadi 63,20 pada siklus pertama, dan  73,20 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  7 siswa (28%) pada studi awal,  44% atau 11 siswa pada siklus pertama,  22 siswa atau 88% pada siklus kedua. Dari 25 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran 22 siswa dinyatakan tuntas belajarnya dan 3 siswa atau 12% yang belum tuntas belajarnya, namun secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua. Dari data-data hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan peraga torso terbukti mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : pembelajaran, keaktifan,  hasil belajar, peraga torso


DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................     vi
DAFTAR TABEL..............................................................................................    vii
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................   viii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................     ix

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................     1
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................      3
C.   Pembatasan Masalah...............................................................      4
D.  Rumusan Masalah...................................................................      4
E.   Tujuan Penelitian....................................................................      5
F.   Manfaat Penelitian..................................................................      5
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................      7
B.   Kerangka Berpikir .................................................................    27
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................    28
D.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan.......................................    28
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.  Subjek  Penelitian ..................................................................    29
B.   Prosedur Penelitian Tindakan Kelas ......................................    30
C.   Data, Teknik Pengumpulan, dan Analisis Data......................    36
D.  Depkripsi per Siklus................................................................    38

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
      1.  Deskripsi Kondisi Awal....................................................    55
      2.  Deskripsi Siklus I ..............................................................    57
      3.  Deskripsi Siklus II.............................................................    64
B.   Pembahasan............................................................................    72

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................    81
B.   Saran.......................................................................................    81

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

4.1    Hasil Test Formatif Kondisi Awal...........................................................      56

4.2    Rekapitulasi Nilai Test Formatif Pembelajaran IPA Materi Alat Pencernaan pada Manusia dan Bagian-Bagiannya pada Siklus I..........................................................................      60           

4.3    Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar  Siswa Pembelajaran IPA Materi Alat Pencernaan pada Manusia dan Bagian-Bagiannya pada Siklus I........................................      62

4.4    Rekapitulasi Nilai Test Formatif Pembelajaran IPA Materi Alat Pencernaan pada Manusia dan Bagian-Bagiannya pada Siklus II.........................................................................      69

4.5    Rekapitulasi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPA Materi Alat Pencernaan pada Manusia dan Bagian-Bagiannya pada Siklus II.....................................................      70

4.6    Nilai Hasil Test Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II.............      73

4.7    Rekapitulasi Nilai Test Formatif  Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II.      74

4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Keaktifan Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II     ................................................................................................................. 76

















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

2.1    Kerangka Berfikir Penelitian Tindakan Kelas.........................................      27

3.1    Daur Penelitian Tindakan Kelas..............................................................      32

3.2    Daur PTK dalam Dua Siklus Perbaikan Pembelajaran............................      34

3.3    Diagram Siklus Perbaikan Pembelajaran (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, 2006 : 46)                        35

4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                         74

4.2    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata  Hasil Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                        75

4.3    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Temuan Awal, Siklus I dan II.................................................................................................................      77           














DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

1.      Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
2.      Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
3.      Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif Kondisi Awal
4.      Rekapitulasi Hasil Observasi pada Kondisi Awal
5.      Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif Formatif Siklus I
6.      Rekapitulasi Hasil Observasi pada Siklus I
7.      Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif Formatif Siklus II
8.      Rekapitulasi Hasil Observasi pada Siklus II
9.      Lembar Observasi Guru
10.  Surat Keterangan Pengamat
11.  Surat Kesediaan Menjadi Pengamat



Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.


Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...