LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
OPTIMALISASI PENGGUNAAN PERAGA TORSO UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA
DENGAN KESEHATAN
SISWA KELAS VIII SMP NEGERI ....................
Diajukan
untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan
Pangkat
............................... dst disesuaikan
Oleh :
………………………………………..
NIP.
……………..
UPT
………………………………….
UPT
DINAS……………………………..
KECAMATAN ............
............
KATA
PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat
Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya
sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu OPTIMALISASI
PENGGUNAAN PERAGA TORSO UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM
PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KESEHATAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI
....................
. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat
Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang
telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.
……………….., selaku Kepala Dinas ………………..
2.
……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.
……………….., selaku Kepala Sekolah ……………………………..
4.
Segenap warga ……………. khususnya guru-guru ……… yang telah membantu penyelesaian karya
ini.
5.
Anak-anakku tercinta, siswa kelas …………………
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca
demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini
dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya
manusia.
............, ............
Penulis
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
OPTIMALISASI PENGGUNAAN PERAGA TORSO UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN
HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA
DENGAN KESEHATAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI ....................
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kabupaten/Kota
f. Provinsi
g. Alamat Kantor
h. Telepon
|
|
3.
|
Lama Penelitian
|
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
Catt :
Untuk lembar pengesahan yang bertanda tangan disesuaikan dengan kondisi
setempat
OPTIMALISASI
PENGGUNAAN PERAGA TORSO UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM
PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KESEHATAN SISWA KELAS VII
SMP NEGERI ....................
ABSTRAK
..................................
NIP. …………………….
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya
hasil belajar IPA pada materi alat pencernaan
pada manusia dan
bagian-bagiannya, hal ini ditandai hasil tes siswa yang di bawah KKM
berjumlah 18 siswa. Demikian pula cara guru melaksanakan pembelajaran masih
bersifat konvensional yaitu hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan
alat peraga. Untuk mengatasi permasalahan tersebut
digunakan peraga torso. Penggunaan peraga torso ini siswa diharapkan senang dan
dapat mudah memahami apa yang sedang dipelajari, dan dapat mengenal dan
mengetahui bagian-bagian dari organ pencernaan pada tubuh manusia melalui torso
dan tidak hanya melihat gambar di buku paket saja dan mendengarkan ceramah di
depan dari gurunya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas ( PTK ), yang dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri
dari 4 kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa kelas V di SMP Negeri ...................., Kecamatan ....................
Kabupaten .................... yang terdiri dari jumlah siswa 25 yaitu 14 orang
siswa perempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Untuk pengambilan data berupa
lembar observasi, dokumentasi dan tes tulis. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh
data bahwa penggunaan peraga torso terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan
hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar meningkat
pada setiap siklusnya. Pada temuan awal
hanya 9 siswa atau 36%, naik menjadi 14 siswa atau 56% pada siklus pertama, dan
100% atau 25 siswa pada siklus kedua, sedangkan kenaikan hasil belajar siswa
dari rata-rata pada temuan awal hanya 56,80 naik menjadi 63,20 pada siklus
pertama, dan 73,20 pada siklus kedua,
dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak
7 siswa (28%) pada studi awal, 44%
atau 11 siswa pada siklus pertama, 22
siswa atau 88% pada siklus kedua. Dari 25 siswa yang mengikuti pelaksanaan
perbaikan pembelajaran 22 siswa dinyatakan tuntas belajarnya dan 3 siswa atau
12% yang belum tuntas belajarnya, namun secara keseluruhan semua kriteria
keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua. Dari data-data
hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan peraga torso
terbukti mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Kata
Kunci : pembelajaran, keaktifan, hasil
belajar, peraga torso
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vii
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... ix
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.........................................................
1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 3
C. Pembatasan Masalah............................................................... 4
D. Rumusan Masalah................................................................... 4
E. Tujuan Penelitian.................................................................... 5
F. Manfaat Penelitian.................................................................. 5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 7
B. Kerangka Berpikir ................................................................. 27
C. Hipotesis Tindakan ................................................................ 28
D. Indikator dan Kriteria Keberhasilan....................................... 28
BAB III METODE PENELITIAN
A. Subjek Penelitian .................................................................. 29
B. Prosedur
Penelitian Tindakan Kelas ...................................... 30
C. Data,
Teknik Pengumpulan, dan Analisis Data...................... 36
D. Depkripsi
per Siklus................................................................ 38
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Tindakan
1. Deskripsi Kondisi Awal.................................................... 55
2. Deskripsi Siklus I .............................................................. 57
3. Deskripsi Siklus II............................................................. 64
B. Pembahasan............................................................................ 72
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ............................................................................ 81
B. Saran....................................................................................... 81
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
4.1 Hasil Test Formatif Kondisi Awal........................................................... 56
4.2 Rekapitulasi
Nilai Test Formatif
Pembelajaran IPA Materi Alat Pencernaan
pada Manusia dan Bagian-Bagiannya pada Siklus I.......................................................................... 60
4.3 Rekapitulasi
Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pembelajaran IPA Materi Alat Pencernaan pada Manusia dan
Bagian-Bagiannya pada Siklus I........................................ 62
4.4 Rekapitulasi
Nilai Test Formatif
Pembelajaran IPA Materi Alat Pencernaan
pada Manusia dan Bagian-Bagiannya pada Siklus II......................................................................... 69
4.5 Rekapitulasi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran
IPA Materi Alat Pencernaan pada
Manusia dan Bagian-Bagiannya pada Siklus II..................................................... 70
4.6 Nilai
Hasil Test Formatif
Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II............. 73
4.7 Rekapitulasi
Nilai Test Formatif
Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II. 74
4.8 Rekapitulasi
Hasil Observasi Keaktifan
Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II ................................................................................................................. 76
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1 Kerangka Berfikir Penelitian Tindakan Kelas......................................... 27
3.1 Daur Penelitian Tindakan Kelas.............................................................. 32
3.2 Daur PTK dalam Dua Siklus Perbaikan
Pembelajaran............................ 34
3.3 Diagram Siklus Perbaikan Pembelajaran
(dimodifikasi dari Rusna Ristasa, 2006 : 46) 35
4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan
Belajar Siswa Siklus I dan II 74
4.2 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Hasil Belajar Siswa Pada Siklus I dan II 75
4.3 Grafik Ketuntasan Siswa
Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Temuan Awal, Siklus I dan II................................................................................................................. 77
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
1.
Rencana Perbaikan Pembelajaran
Siklus I
2.
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
3.
Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif Kondisi Awal
4.
Rekapitulasi Hasil Observasi pada Kondisi Awal
5.
Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif Formatif Siklus I
6.
Rekapitulasi Hasil Observasi pada Siklus I
7.
Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif Formatif Siklus II
8.
Rekapitulasi Hasil Observasi pada Siklus II
9.
Lembar Observasi Guru
10. Surat Keterangan Pengamat
11. Surat Kesediaan Menjadi Pengamat
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.