LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN KEMAMPUAN
MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR BUAH-BUAHAN
DI PAUD ............... DESA ...............
KECAMATAN ...............
KABUPATEN ...............
TAHUN ...............
Disusun dan Diajukan untuk
Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PG-PAUD
4501)
Program S1 PG-PAUD FKIP
Universitas Terbuka
Oleh
...............
NIM. ...............
UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH ...............
...............
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Pemantapan Kemampuan
Profesional
PENINGKATAN KEMAMPUAN
MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR BUAH-BUAHAN
DI PAUD ............... DESA ...............
KECAMATAN ...............
TAHUN ...............
Disusun Oleh
Nama :
...............
NIM :
...............
Program Studi : S1 PAUD
Tempat Mengajar :
PAUD .............................. Kecamatan ............... Kabupaten ...............
Kelompok : B
Perbaikan Pembelajaran : Peningkatan Kemampuan Kemampuan Membaca dan
Menulis Permulaan .
Waktu Penelitian : Siklus I : Senin
– Jum’at
Tanggal
: 2,
3, 4, 5, dan 6 September ...............
Siklus
II : Senin
– Jum’at
Tanggal
: 9,
10, 11, 12, dan 13 September ...............
Masalah yang
merupakan fokus perbaikan : Penerapan Media Gambar Buah-buahan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
dan Menulis Permulaan.
Disahkan untuk memenuhi
tugas akhir mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PG-PAUD 4501) pada
Program S1 PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka UPBJJ
................
|
..............., Oktober ...............
|
Pembimbing II
…………………………..
ID. .............................
|
Pembimbing I
…………………………..
ID. .............................
|
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya menyatakan dengan
sesungguhnya bahwa Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya
susun sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan dari Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Terbuka
merupakan hasil karya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu
dalam penulisan Laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah
dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika
penulisan ilmiah.
Apabila dikemudian hari
ditemukan seluruh atau sebagian Laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri
atau adanya plagiat dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi
pencabutan gelar akademik yang saya sandang dan sanksi-sanksi lain sesai dengan
peraturan perundang-undangan yang berlaku.
..............., Oktober ...............
Yang Membuat
Pernyataan
...............
NIM.
...............
ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN
MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR BUAH-BUAHAN
DI PAUD ............... DESA ...............
KECAMATAN ...............
KABUPATEN ...............
TAHUN ...............
................ NIM. ...............
Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Terbuka ...............
Rendahnya
kemampuan membaca dan menulis permulaan adalah masalah pembelajaran yang
muncul pada siswa PAUD ...............
Desa ............... Kecamatan ............... Tahun ................ Penelitian ini
bertujuan meningkatkan kemampuan
membaca dan menulis permulaan
siswa PAUD ............... Desa ...............
Kecamatan ............... Tahun ..............., yang berjumlah 25 orang siswa.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK),
yang berlangsung pada
II siklus. Media
pembelajaran yang digunakan adalah media gambar buah-buahan.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengetahui tingkat
kemampuan membaca dan menulis permulaan
yang dilakukan dalam
kegiatan di dalam kelas.
Data yang terkumpul dianalisis
secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan media gambar buah-buahan dapat
meningkatkan kemampuan membaca
dan menulis permulaan siswa. Hal ini terlihat pada peningkatan kemampuan
membaca dan menulis permulaan siswa di mana pada kondisi awal hanya 4 siswa
atau 16%, meningkat menjadi 18 siswa atau 72% pada siklus I dan pada akhir
siklus II menunjukkan angka 96% atau 24 siswa dari jumlah siswa secara
keseluruhan sebanyak 25 siswa. Berdasarkan temuan penelitian
tersebut dapat disimpulkan,
bahwa media gambar buah-buahan terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa, dan
perlu disosialisasikan
penggunaannya dalam pembelajaran membaca permulaan dan menulis permulaan
khususnya pada jenjang pendidikan Taman
Kanak-Kanak.
Kata kunci : kemampuan,
membaca, menulis, media gambar buah-buahan
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
kehadirat Alloh SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga peneliti
dapat menyelesaikan laporan perbaikan pembelajaran ini dengan sebaik-baiknya.
Penyusunan laporan ini didasarkan pada penelitian tindakan kelas (PTK) yang
disusun dan diajukan sebagai syarat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pemantapan
Kemampuan Profesional (PG-PAUD 4501).
Peneliti menyadari bahwa masih
banyak kekurangan dalam penyusunan laporan penelitian ini dikarenakan keterbatasan
pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, sehingga tidak lepas dari bantuan,
kerjasama dan bimbingan dari berbagai pihak yang telah membantu demi kelancaran
penelitian ini. Maka dari itu dengan segala kerendahan hati dan ketulusan hati,
peneliti pada kesempatan yang baik ini akan menyampaikan ucapan terima kasih
yang sebesar-besarnya kepada :
1. Rektor Universitas Terbuka
2.
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Terbuka
3.
Ketua Jurusan Pendidikan FKIP
Universitas Terbuka
4. Kepala UPBJJ Universitas
Terbuka ...............
5.
Bapak ………………..., selaku
Pembimbing I yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
6.
Bapak ……………..., selaku
Pembimbing II yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
7. Kepala PAUD ..............................
beserta Dewan Guru yang telah menyediakan sarana prasarana selama penelitian
8. Teman Sejawat yang telah
membantu dalam penelitian dari awal sampai dengan selesai
9. Pihak-pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu atas bantuan
langsung maupun tidak langsung penulis ucapkan terima kasih.
Peneliti sangat menyadari
bahwa laporan ini jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan. Untuk itu
peneliti mohon maaf yang sebesar-besarnya dan peneliti mengharap kritik dan
saran demi sempurnanya tulisan ini.
Semoga segala kebaikan
yang telah diberikan akan mendapat ridho
Alloh SWT, amin. Akhir kata semoga penelitian ini dapat berguna bagi dunia pendidikan taman kanak-kanak khususnya dan dunia
pendidikan pada umumnya.
..............., Oktober ...............
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL .......................................................................................... ....... i
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ...... ii
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.................................................. iii
ABSTRAK ...................................................................................................... ..... iv
KATA PENGANTAR .................................................................................... ...... v
DAFTAR ISI .................................................................................................. .... vii
DAFTAR TABEL ........................................................................................... ... viii
DAFTAR GAMBAR ...................................................................................... ..... ix
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................. ...... x
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ............................................................ ...... 1
B. Identifikasi Masalah........................................................................... 4
C. Pembatasan
Masalah........................................................................... 5
D. Rumusan
Masalah ............................................................................. 5
E. Tujuan Penelitian ................................................................................ 6
f. Manfaat Penelitian .............................................................................. 6
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A. Kajian Teori ....................................................................................... 8
B. Kerangka Berpikir....................................................................... 49
C. Hipotesis Tindakan .......................................................................... 50
BAB III PELAKSANAAN
PERBAIKAN
A. Setting Penelitian.............................................................................. 51
B. Subjek Penelitian......................................................................... .... 52
C. Data dan Sumber Data..................................................................... 53
D. Teknik
Pengumpulan Data................................................................ 54
E. Validitas
Data................................................................................... 55
F. Teknik
Analisa Data......................................................................... 56
G. Kriteria
Keberhasilan........................................................................ 57
H. Prosedur
Penelitian........................................................................... 57
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil
Penelitian................................................................. 61
B. Pembahasan Hasil Penelitian........................................................... 95
BAB V KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
................................................................................ .. 108
B. Saran............................................................................................ .. 108
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................ 110
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
4.1 Hasil Observasi Peningkatan Kemampuan Membaca
dan Menulis Permulaan pada Kondisi Awal ................................................................................................................. 64
4.2 Hasil Observasi Peningkatan Kemampuan Membaca
dan Menulis Permulaan pada Siklus I 97
4.3 Hasil Observasi Peningkatan Kemampuan
Membaca dan Menulis Permulaan pada Siklus II 102
4.4 Rekapitulasi
Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media
Gambar Buah-buahan pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.......... 105
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1. Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas........................................ 50
4.1 Diagram Batang Rekapitulasi Peningkatan
Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar
Buah-buahan pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 106
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1
1.a. Bio
Data Peneliti
1.b. Surat
Ijin Penelitian
1.c. Format Kesediaan Berperan
sebagai Penilai dalam Penyelenggaraan PKP
1.d. Surat Kesediaan Berperan
sebagai Supervisor 2 dalam Penyelenggaraan PKP
1.e. Jurnal Kegiatan PKP
Lampiran 2
Rekapitulasi Hasil Observasi Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan
dengan Menggunakan Media Gambar Buah-buahan pada Kondisi Awal
Lampiran 3
3.a Rencana
Kegiatan Harian (RKH) Siklus I
3.b Skenario
Perbaikan
3.c Lembar
Refleksi setelah Melakukan Pembelajaran
3.d Daftar
Hadir Siswa Siklus I
3.e Rekapitulasi Hasil
Observasi Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan
Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Buah-buahan pada Siklus I
3.f Lembar
Observasi Guru dalam Proses Pembelajaran Siklus I
3.g Foto
Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 4
4.a Rencana
Kegiatan Harian (RKH) Siklus II
4.b Skenario
Perbaikan
4.c Lembar
Refleksi setelah Melakukan Pembelajaran
4.d Daftar
Hadir Siswa Siklus II
4.e Rekapitulasi Hasil
Observasi Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan
Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Buah-buahan pada Siklus II
4.f Lembar
Observasi Guru dalam Proses Pembelajaran Siklus II
4.g Foto
Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih