– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PKP UT TAMAN KANAK-KANAK 4

Saturday 17 January 2015

PKP UT TAMAN KANAK-KANAK 4










LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR BUAH-BUAHAN DI PAUD ............... DESA ...............
KECAMATAN ...............
KABUPATEN ...............
TAHUN ...............



Disusun dan Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PG-PAUD 4501)
Program S1 PG-PAUD FKIP
Universitas Terbuka






Oleh

...............
NIM.  ...............





UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN  DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH ...............
...............
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR BUAH-BUAHAN DI PAUD ............... DESA ...............
KECAMATAN ...............
TAHUN ...............

Disusun Oleh


Nama                                 : ...............
NIM                                  : ...............
Program Studi                   : S1 PAUD
Tempat Mengajar              : PAUD .............................. Kecamatan ............... Kabupaten ...............
Kelompok                         :  B
Perbaikan Pembelajaran    :  Peningkatan Kemampuan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan .
Waktu Penelitian               :  Siklus I      : Senin – Jum’at
                                             Tanggal     :  2, 3, 4, 5, dan 6 September ...............
                                             Siklus II    :  Senin – Jum’at
                                             Tanggal     :  9, 10, 11, 12, dan 13 September ...............

Masalah yang merupakan fokus perbaikan : Penerapan Media Gambar Buah-buahan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan.
Disahkan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PG-PAUD 4501) pada Program S1 PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka UPBJJ ................



...............,        Oktober ...............

Pembimbing II


…………………………..

ID. .............................
Pembimbing I




…………………………..

ID. .............................


LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT


Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan dari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Terbuka merupakan hasil karya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan Laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan ilmiah.
Apabila dikemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian Laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiat dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi pencabutan gelar akademik yang saya sandang dan sanksi-sanksi lain sesai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


...............,        Oktober ...............
Yang Membuat Pernyataan



...............
NIM.  ...............



           






ABSTRAK

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR BUAH-BUAHAN DI PAUD ............... DESA ...............
KECAMATAN ...............
KABUPATEN ...............
TAHUN ...............

................ NIM. ...............
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka ...............


Rendahnya kemampuan membaca dan menulis permulaan adalah masalah pembelajaran yang muncul  pada siswa PAUD ............... Desa ............... Kecamatan ............... Tahun ................ Penelitian  ini  bertujuan  meningkatkan  kemampuan  membaca dan menulis permulaan  siswa  PAUD ............... Desa ............... Kecamatan ............... Tahun ..............., yang berjumlah 25 orang siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  (PTK),  yang  berlangsung  pada  II  siklus.  Media  pembelajaran  yang  digunakan adalah media gambar buah-buahan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengetahui  tingkat  kemampuan membaca dan menulis permulaan  yang  dilakukan  dalam  kegiatan  di dalam  kelas.  Data  yang terkumpul  dianalisis  secara  deskriptif  kualitatif.  Hasil  penelitian menunjukkan bahwa penerapan  media gambar buah-buahan  dapat  meningkatkan  kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa. Hal ini terlihat pada peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa di mana pada kondisi awal hanya 4 siswa atau 16%, meningkat menjadi 18 siswa atau 72% pada siklus I dan pada akhir siklus II menunjukkan angka 96% atau 24 siswa dari jumlah siswa secara keseluruhan sebanyak 25 siswa. Berdasarkan temuan  penelitian  tersebut  dapat  disimpulkan,  bahwa  media  gambar buah-buahan terbukti  dapat meningkatkan  kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa,  dan  perlu  disosialisasikan penggunaannya dalam pembelajaran membaca permulaan dan menulis permulaan khususnya pada jenjang pendidikan  Taman Kanak-Kanak.

Kata kunci : kemampuan, membaca, menulis, media gambar buah-buahan









KATA PENGANTAR



Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan perbaikan pembelajaran ini dengan sebaik-baiknya. Penyusunan laporan ini didasarkan pada penelitian tindakan kelas (PTK) yang disusun dan diajukan sebagai syarat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PG-PAUD 4501).
Peneliti menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan penelitian ini dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, sehingga tidak lepas dari bantuan, kerjasama dan bimbingan dari berbagai pihak yang telah membantu demi kelancaran penelitian ini. Maka dari itu dengan segala kerendahan hati dan ketulusan hati, peneliti pada kesempatan yang baik ini akan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.      Rektor Universitas Terbuka
2.      Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka
3.      Ketua Jurusan Pendidikan FKIP Universitas Terbuka
4.      Kepala UPBJJ Universitas Terbuka ...............
5.      Bapak ………………..., selaku Pembimbing I yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
6.      Bapak ……………..., selaku Pembimbing II yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
7.      Kepala PAUD .............................. beserta Dewan Guru yang telah menyediakan sarana prasarana selama penelitian
8.      Teman Sejawat yang telah membantu dalam penelitian dari awal sampai dengan selesai
9.      Pihak-pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu atas bantuan langsung maupun tidak langsung penulis ucapkan terima kasih.
Peneliti sangat menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan. Untuk itu peneliti mohon maaf yang sebesar-besarnya dan peneliti mengharap kritik dan saran demi sempurnanya tulisan ini.
Semoga segala kebaikan yang  telah diberikan akan mendapat ridho Alloh SWT, amin. Akhir kata semoga penelitian ini dapat berguna bagi dunia pendidikan taman kanak-kanak khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya.
                                                                                                                                                                                                           

                                                                              ...............,    Oktober ...............

                                                                                                 Penulis








DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL .......................................................................................... ....... i
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ...... ii
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.................................................. iii
ABSTRAK ...................................................................................................... ..... iv
KATA PENGANTAR .................................................................................... ...... v
DAFTAR ISI .................................................................................................. .... vii
DAFTAR TABEL ........................................................................................... ... viii
DAFTAR GAMBAR ...................................................................................... ..... ix
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................. ...... x

BAB I     PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah  ............................................................ ...... 1
B. Identifikasi Masalah........................................................................... 4
C. Pembatasan Masalah........................................................................... 5
D. Rumusan Masalah  ............................................................................. 5
E. Tujuan Penelitian ................................................................................ 6
f. Manfaat Penelitian .............................................................................. 6

BAB II    KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ....................................................................................... 8
B.  Kerangka Berpikir.......................................................................      49
C.  Hipotesis Tindakan .......................................................................... 50

BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN
A. Setting Penelitian.............................................................................. 51
B. Subjek Penelitian......................................................................... .... 52
C. Data dan Sumber Data..................................................................... 53
D. Teknik Pengumpulan Data................................................................ 54
E. Validitas Data................................................................................... 55
F.  Teknik Analisa Data......................................................................... 56
G. Kriteria Keberhasilan........................................................................ 57
H. Prosedur Penelitian........................................................................... 57

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Hasil Penelitian................................................................. 61
B. Pembahasan  Hasil Penelitian........................................................... 95

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan  ................................................................................ .. 108
B. Saran............................................................................................ .. 108

DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................ 110
LAMPIRAN




DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman
        
4.1    Hasil Observasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan pada Kondisi Awal     ................................................................................................................. 64

4.2    Hasil Observasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siklus I               97

4.3    Hasil Observasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan pada Siklus II              102

4.4    Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Buah-buahan pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..........    105











DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

2.1.   Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas........................................      50

4.1    Diagram Batang Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Buah-buahan pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus  II                    106















DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran 1
1.a.   Bio Data Peneliti
1.b.   Surat Ijin Penelitian
1.c.   Format Kesediaan Berperan sebagai Penilai dalam Penyelenggaraan PKP
1.d.   Surat Kesediaan Berperan sebagai Supervisor 2 dalam Penyelenggaraan PKP
1.e.   Jurnal Kegiatan PKP

Lampiran 2
Rekapitulasi Hasil Observasi Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Buah-buahan pada Kondisi Awal

Lampiran 3
3.a    Rencana Kegiatan Harian (RKH) Siklus I
3.b    Skenario Perbaikan
3.c    Lembar Refleksi setelah Melakukan Pembelajaran
3.d    Daftar Hadir Siswa Siklus I
3.e    Rekapitulasi Hasil Observasi Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Buah-buahan pada Siklus I
3.f     Lembar Observasi Guru dalam Proses Pembelajaran Siklus I
3.g    Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I

Lampiran 4
4.a    Rencana Kegiatan Harian (RKH) Siklus II
4.b    Skenario Perbaikan
4.c    Lembar Refleksi setelah Melakukan Pembelajaran
4.d    Daftar Hadir Siswa Siklus II
4.e    Rekapitulasi Hasil Observasi Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Buah-buahan pada Siklus II
4.f     Lembar Observasi Guru dalam Proses Pembelajaran Siklus II
4.g    Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II



Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih

Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...