LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SMALL
GROUP DISCUSSION DI KELAS X SMK NEGERI 2 KANDANGAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan .......... ke ............
Oleh
..........................................
NIP. ..............................
...............................................................
............................................
20..........
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. a. Judul Penelitian : UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SMALL GROUP DISCUSSION DI KELAS X SMK
NEGERI 2 KANDANGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
b.
Bidang Ilmu : Pendidikan
Agama Islam
c.
Kategori Penelitian : Strategi
Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Kelas
2. Ketua
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………..
b.
NIP : ………….
c. Pangkat / Golongan : Pembina, IV/a
d. Jabatan :
e. Instansi :
SD Negeri ……………..
f.
Tempat Penelitian : SD
Negeri ………
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan …….
20…)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
Tanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala
limpahan rahmat dan hidayahNya
sehingga penulis dapat menyelesaikan
laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMK Negeri 2 Kandangan dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh
penulis dalam rangka memenuhi pengajuan
pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan
pangkat dari golongan ……. ke ...
Terselesaikannya penelitian
ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan
peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada
semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan
laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.
Kepala
sekolah SMK Negeri 2 Kandangan yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan
terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.
Kepala
Dinas
Pendidikan ………………. yang
telah memberi pengesahan terhadap laporan PTK ini.
3.
Pengawas SMP ……………………………………….
4.
Bapak
dan Ibu Guru SMK Negeri 2 Kandangan yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan
kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam
penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya
berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun.
Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
......................, ...................
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vii
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... ix
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ......................................................................
B.
Identifikasi Masalah ..............................................................
C.
Alternatif Pemecahan Masalah ..............................................
D.
Rumusan Masalah .................................................................
E.
Tujuan dan Manfaat Penelitian .............................................
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ...........................................................................
B. Kerangka Berpikir .................................................................
C. Hipotesis Tindakan ................................................................
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Jenis Penelitian.......................................................................
B.
Tempat dan Waktu Penelitian................................................
C.
Rancangan Penelitian.............................................................
D.
Tehnik Pengumpulan Data.....................................................
E.
Teknik Analisis Data..............................................................
F.
Indikator Pencapaian..............................................................
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Tindakan
1. Pra Siklus...........................................................................
2. Siklus I ..............................................................................
3. Siklus II.............................................................................
B. Pembahasan............................................................................
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ............................................................................
B. Saran.......................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
1.1 Hasil Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal..........................................
4.1 Daftar
Nilai Hasil Tes Formatif Pada Kondisi Awal ..............................
4.2 Rekapitulasi
Hasil Observasi Kegiatan Pembelajaran Pada Kondisi Awal
4.2 Daftar Nilai Hasil Tes Formatif dengan Metode
Small Group Discussion Pada Siklus Pertama
.................................................................................................................
4.4 Rekapitulasi
Hasil Observasi Kegiatan Pembelajaran dengan Metode Small Group Discussion Pada Siklus Pertama ........................................................................................
4.5 Rekapitulasi
Hasil Angket Siswa Setelah Kegiatan Pembelajaran dengan Metode Small Group Discussion Pada Siklus
Pertama .............................................................
4.6 Daftar
Nilai Hasil Tes Formatif dengan Metode Small
Group Discussion Pada Siklus Kedua .................................................................................................................
4.7 Rekapitulasi
Hasil Observasi Kegiatan Pembelajaran dengan Metode Small Group Discussion Pada Siklus Kedua ...........................................................................................
4.8 Rekapitulasi
Hasil Angket Siswa Setelah Kegiatan Pembelajaran dengan Metode Small Group Discussion Pada Siklus Kedua
...............................................................
4.9 Rekapitulasi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Small Group Discussion Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II....................................................................
4.10 Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar
Siswa pada Pembelajaran PAI dengan Penerapan Metode Small Group Discussion pada Kondisi Awal, Siklus I
dan Siklus II....
4.11 Rekapitulasi Hasil Angket Siswa pada
Pembelajaran PAI dengan Penerapan Metode Small Group
Discussion pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II............................
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
4.1 Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar Siswa
dengan Metode Small Group Discussion
Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II....................................................................
4.2 Diagram
Batang Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI dengan Penerapan
Metode Small Group
Discussion pada Kondisi Awal,
Siklus I dan Siklus II....
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
1.
Surat Ijin Penelitian
2.
Jurnal Kegiatan
Penelitian
3.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
4.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II
5.
Daftar Hadir Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus
II
6.
Daftar Hadir Peneliti dan Observer pada Kondisi Awal, Siklus
I dan Siklus II
7.
Daftar Nilai Hasil Tes Formatif pada Kondisi Awal, Siklus I
dan Siklus II
8.
Rekapitulasi Hasil Observasi Siswa pada Kondisi Awal,
Siklus I dan Siklus II
9.
Rekapitulasi Hasil Angket Peserta Didik pada Kondisi Awal,
Siklus I dan Siklus II
10.
Rekapitulasi Hasil Angket Peserta Didik pada Kondisi Awal,
Siklus I dan Siklus II
11.
Contoh Hasil Pekerjaan Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I
dan Siklus II
12.
Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian pada Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II
Disesuaikan saja ……………
UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN SMALL
GROUP DISCUSSION DI KELAS X SMK NEGERI 2 KANDANGAN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Oleh :
..............................................
NIP. ...........................
ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan
untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI setelah diterapkannya model
pembelajaran Small Group Discussion pada peserta
didik kelas X SMK Negeri 2 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR), yaitu: penelitian praktis yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah faktual yang dihadapi guru sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pengelolaan pembelajaran yang diterapkan pada peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah peserta didik 31 yang terdiri dari 14 peserta
didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan untuk
memperoleh data awal lewat nilai harian siswa, data prestasi belajar dengan tes
objektif yang dilaksanakan di akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pembelajaran PAI topik mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian dengan model Small Group Discussion pada peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015 mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Adapun peningkatan hasil belajar pada prasiklus dengan rata-rata 59,68 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 7 siswa atau 22,58 % menjadi 66,77 atau 20 siswa (64,52%) dan rata-rata pada Siklus II sebesar 76,45 dengan siswa tuntas sebanyak 28 siswa atau 90,32% . Adapun aktivitas siswa meningkat dari 5 siswa atau 16,13% menjadi 13 siswa atau 41,94% dan 28 siswa atau 90,32% pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa, prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas X SMK Negeri 2 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Small Group Discussion karena telah melampaui nilai ketuntasan secara klasikal yaitu 90,32% di atas KKM (70). Tidak menutup kemungkinan, bahwa metode ini dapat pula diterapkan pada mata pelajaran yang lain di semua lembaga pendidikan.
didik kelas X SMK Negeri 2 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR), yaitu: penelitian praktis yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah faktual yang dihadapi guru sebagai suatu pencermatan terhadap kegiatan pengelolaan pembelajaran yang diterapkan pada peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah peserta didik 31 yang terdiri dari 14 peserta
didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan untuk
memperoleh data awal lewat nilai harian siswa, data prestasi belajar dengan tes
objektif yang dilaksanakan di akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pembelajaran PAI topik mempertahankan kejujuran sebagai cermin kepribadian dengan model Small Group Discussion pada peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015 mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Adapun peningkatan hasil belajar pada prasiklus dengan rata-rata 59,68 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 7 siswa atau 22,58 % menjadi 66,77 atau 20 siswa (64,52%) dan rata-rata pada Siklus II sebesar 76,45 dengan siswa tuntas sebanyak 28 siswa atau 90,32% . Adapun aktivitas siswa meningkat dari 5 siswa atau 16,13% menjadi 13 siswa atau 41,94% dan 28 siswa atau 90,32% pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa, prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas X SMK Negeri 2 Kandangan Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Small Group Discussion karena telah melampaui nilai ketuntasan secara klasikal yaitu 90,32% di atas KKM (70). Tidak menutup kemungkinan, bahwa metode ini dapat pula diterapkan pada mata pelajaran yang lain di semua lembaga pendidikan.
Kata kunci: prestasi,
belajar, Small
Group Discussion
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.