LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE
LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PKN MATERI
PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MENCAPAI KEMERDEKAAN
SISWA KELAS VII SMP NEGERI ...................
KECAMATAN ...................
KABUPATEN ...................
Diajukan
untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan
Pangkat
...............................
dst disesuaikan
Oleh :
………………………………
NIP.
………………………………..
DINAS PENDIDIKAN
.............................
UPT
DINAS................ KECAMATAN ...............
KABUPATEN
......................
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat
Allah SWT., yang telah senantiasa melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga
Penelitian Tindakan Kelas, yang berjudul ” Penerapan
Model Cooperative Learning Tipe STAD
Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa
Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siswa Kelas VII SMP NEGERI ...................
Kecamatan ................... Kabupaten ...................”, dapat disusun sebagaimana mestinya.
Laporan Penelitian Tindakan Kelas Diajukan
Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kenaikan Pangkat …………………………………………. Penelitian tindakan ini dilakukan sebagai
upaya meningkatkan kemampuan guru dalam pelaksanaan standar proses kegiatan
pembelajaran dengan pelaksanaan supervisi akademik. Selesainya pelaksanaan
penelitian tindakan kelas ini dilepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu
ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:
1.
....................., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten .................
2. Kepala Sekolah
dan Seluruh Guru SMP Negeri
................................... Kecamatan ............ Kabupaten Gunung .............
3.
Teman-teman seprofesi yang
juga memberi masukan
dalam penyusunan laporan penelitian
tindakan sekolah ini.
4. Semua pihak
yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah mendukung
pelaksanaan PTK ini.
Akhirnya, dengan segala kerendahan hati penulis menyadari bahwa penulisan
laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, maka pada kesempatan ini penulis mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan dari segenap
pembaca. Akhir kata penulis do’a kan semoga semua amal yang diberikan mendapat
imbalan dari Allah SWT, dan semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin
ya Rabbal Alamiin.
……………, ……….201..
Penulis
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
Penerapan Model Cooperative
Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran PKN
Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siswa Kelas VII
SMP NEGERI ................... Kecamatan ................... Kabupaten ...................
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kabupaten/Kota
f. Provinsi
g. Alamat Kantor
h. Telepon
|
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
|
3.
|
Lama Penelitian
|
….. bulan (…………
s.d ………… 201..)
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
Catt
:
Untuk
lembar pengesahan yang bertanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE
LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PKN MATERI
PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MENCAPAI KEMERDEKAAN
SISWA KELAS VII SMPNEGERI ...................
KECAMATAN ...................
KABUPATEN ...................
Oleh
…………………………..
NIP. ………………
ABSTRAK
Rendahnya
hasil belajar dan minat belajar
PKN dipengaruhi oleh berbagai
faktor. Faktor yang
mendukung pelaksanaan pembelajaran
pada dasarnya sangat kompleks dan
bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang paling mendasar dan menentukan terhadap
keberhasilan pembelajaran diantaranya sarana dan
prasarana yang memadai,
situasi dan kondisi
yang kondusif, faktor guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan
penggunaan model pembelajaran. Faktor utama yang akan dibahas adalah
peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan tujuan agar terdapat
peningkatan minat dan hasil belajar siswa hingga memenuhi batas minimal tuntas
belajar.
Upaya perbaikan dengan penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dengan dua siklus. sebelum dilaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning tipe STAD pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peranan para tokoh proklamasi kemerdekaan,
jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada keadaan awal sebanyak 3 siswa (18,75%),
setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model cooperative learning tipe STAD pada siklus I meningkat menjadi 10
siswa atau 62,50% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 16 siswa atau
100%. Nilai rata-rata hasil pada kondisi awal sebesar 59,38 meningkat menjadi 66,25 pada siklus I dan pada akhir siklus
II meningkat menjadi 73,13. Hasil
observasi terhadap peningkatan minat menunjukkan peningkatan dari 7 siswa atau
43,75% menjadi 16 siswa atau 100% pada siklus kedua.
Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe
STAD dapat meningkatkan minat dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi perjuangan
bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan di Kelas VII SMP Negeri ...................
Kecamatan ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran
2011/2012.
Kata
Kunci : cooperative learning, pembelajaran,
minat, hasil, belajar
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.........................................................
1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 2
C. Analisis Masalah .................................................................... 3
D. Pembatasan Masalah .............................................................. 4
E. Rumusan Masalah .................................................................. 5
F. Tujuan Penelitian.................................................................... 5
G. Manfaat Penelitian.................................................................. 5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 7
B. Kerangka Berpikir ................................................................. 28
1. Kondisi
Awal.................................................................... 28
2. Tindakan
........................................................................... 29
3. Kondisi
Akhir ................................................................... 31
C. Hipotesis Tindakan ................................................................ 32
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian .................................................................. 34
1. Waktu Penelitian .............................................................. 34
2. Tempat Penelitian ............................................................. 39
B. Subjek
Penelitian ................................................................... 36
C. Objek
Penelitian .................................................................... 37
D. Data dan
Sumber Data .......................................................... 38
E. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ..................................... 39
1. Prosedur
Pelaksanaan........................................................ 39
2. Teknik
Pengumpulan Data................................................ 43
3. Alat
Pengumpulan Data ................................................... 44
F. Validasi Data ......................................................................... 44
G. Analisis Data ......................................................................... 45
H. Indikator Kinerja ................................................................... 46
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Kondisi Awal......................................................... 49
B. Deskripsi Per Siklus ............................................................... 50
1. Siklus
Pertama................................................................... 50
a. Perencanaan................................................................. 50
b. Pelaksanaan................................................................. 50
c. Observasi
.................................................................... 58
d. Refleksi
....................................................................... 59
2. Siklus
Kedua..................................................................... 59
a. Perencanaan................................................................. 59
b. Pelaksanaan................................................................. 60
c. Observasi
.................................................................... 66
d. Refleksi
....................................................................... 66
C. Pembahasan............................................................................ 66
D. Hasil Tindakan ....................................................................... 72
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan ............................................................................ 73
B. Saran dan Tindak Lanjut........................................................ 74
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
3.1 Jadwal Pelaksanaan Penelitian................................................................. 34
3.2 Usia Siswa Berdasarkan Kelompok Umur.............................................. 36
3.3 Daftar Pekerjaan Orang Tua Siswa.......................................................... 37
3.4 Data Siswa Kelas VII SMP Negeri ................... Kecamatan ................... Kabupaten ...................
Tahun Pelajaran 2011/2012................................................................................. 37
3.5 Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................................................ 38
3.6 Blangko Nilai Hasil Tes Formatif Siklus I dan II.................................... 44
4.1 Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................................................ 49
4.2 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai
kemerdekaan Siklus I............................................................................. 56
4.3 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran Bahasa
Indonesia Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siklus I.... 57
4.4 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai
kemerdekaan Pengumuman Siklus II..................................................... 64
4.5 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran PKN Materi Perjuangan
bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siklus
II.................................. 65
4.6 Rekapitulasi
Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal Siklus I dan Siklus II 67
4.7 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Temuan Awal Siklus I
dan Siklus II.... 68
4.8 Rekapitulasi
Peningkatan Minat Siswa pada Siklus I dan Siklus II........ 70
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1 Kerangka Berpikir ................................................................................... 32
3.1 Daur PTK (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, Prayitno,
2006:46)............ 40
3.2 Siklus-siklus
Perbaikan Pembelajaran (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, 2006 : 46) 42
4.1 Suasana Sidang........................................................................................ 52
4.2 Suasana Pembacaan Teks
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.............. 54
4.3 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan
Belajar Siswa Siklus I dan II 68
4.4 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar
Siswa Pada Siklus I dan II) 69
4.5 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat
Minat Siswa Pada Siklus I dan II 71
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN Halaman
1.
Rencana Perbaikan Pembelajaran
Siklus I............................................... 79
2.
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II.............................................. 94
3.
Surat Keterangan Pengamat.................................................................... 108
4.
Surat Kesediaan Menjadi Pengamat........................................................ 109
5.
Hasil Nilai Tes Formatif Siklus I............................................................. 110
6.
Hasil Nilai Tes Formatif Siklus II............................................................ 111
7.
Data Hasil Observasi Siklus I.................................................................. 112
8.
Data Hasil Observasi Siklus II................................................................. 113
Tolong disesuaikan
dengan lampiran yang ada
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih