– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK Kenaikan Pangkat Guru SMP Mapel PKn

Saturday 17 January 2015

PTK Kenaikan Pangkat Guru SMP Mapel PKn









LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PKN MATERI
PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MENCAPAI KEMERDEKAAN
SISWA KELAS VII SMP NEGERI ...................
KECAMATAN ...................
KABUPATEN ...................




Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan





Oleh :
………………………………
NIP. ………………………………..





DINAS PENDIDIKAN .............................
UPT DINAS................ KECAMATAN ...............
KABUPATEN ......................
KATA PENGANTAR

            Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT., yang telah senantiasa melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga Penelitian Tindakan Kelas, yang berjudul ” Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siswa Kelas VII SMP NEGERI ................... Kecamatan ................... Kabupaten ...................”,  dapat disusun sebagaimana mestinya.
            Laporan Penelitian Tindakan Kelas Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Kenaikan Pangkat ………………………………………….  Penelitian tindakan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam pelaksanaan standar proses kegiatan pembelajaran dengan pelaksanaan supervisi akademik. Selesainya pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:
1.  ....................., Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ................. 
2.   Kepala Sekolah dan Seluruh  Guru SMP Negeri ................................... Kecamatan ............ Kabupaten Gunung .............
3.  Teman-teman  seprofesi  yang  juga  memberi  masukan  dalam penyusunan  laporan  penelitian  tindakan sekolah ini.
4.   Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah mendukung pelaksanaan  PTK ini.
Akhirnya, dengan segala kerendahan hati penulis menyadari bahwa penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, maka pada kesempatan ini penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan dari segenap pembaca. Akhir kata penulis do’a kan semoga semua amal yang diberikan mendapat imbalan dari Allah SWT, dan semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin ya Rabbal Alamiin.
                                                                                        
……………,     ……….201..
Penulis

LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siswa Kelas VII SMP NEGERI ................... Kecamatan ................... Kabupaten ...................
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.    Provinsi
g.   Alamat Kantor
h.   Telepon

……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….
……………………………….

3.
Lama Penelitian
….. bulan (………… s.d ………… 201..)
4.
Sumber Dana
Swadaya




Catt :
Untuk lembar pengesahan yang bertanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat

















PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PKN MATERI
PERJUANGAN BANGSA INDONESIA DALAM MENCAPAI KEMERDEKAAN
SISWA KELAS VII SMPNEGERI ...................
KECAMATAN ...................
KABUPATEN ...................

Oleh
…………………………..
NIP. ………………


ABSTRAK

Rendahnya  hasil  belajar dan minat  belajar  PKN  dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran. Faktor utama yang akan dibahas adalah peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan tujuan agar terdapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa hingga memenuhi batas minimal tuntas belajar.
Upaya perbaikan dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. sebelum dilaksanakan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning tipe STAD pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peranan para tokoh proklamasi kemerdekaan, jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada keadaan awal sebanyak 3 siswa (18,75%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model cooperative learning tipe STAD pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa atau 62,50% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 16 siswa atau 100%. Nilai rata-rata hasil pada kondisi awal sebesar 59,38 meningkat menjadi 66,25 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 73,13. Hasil observasi terhadap peningkatan minat menunjukkan peningkatan dari 7 siswa atau 43,75% menjadi 16 siswa atau 100% pada siklus kedua.
Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model cooperative learning tipe STAD  dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan di Kelas VII  SMP Negeri ................... Kecamatan ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata Kunci : cooperative learning, pembelajaran, minat,  hasil, belajar



DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................     1
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................      2
C.   Analisis Masalah ....................................................................      3
D.  Pembatasan Masalah ..............................................................      4
E.   Rumusan Masalah ..................................................................      5
F.   Tujuan Penelitian....................................................................      5
G.  Manfaat Penelitian..................................................................      5
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................      7
B.   Kerangka Berpikir .................................................................    28
      1.  Kondisi Awal....................................................................    28
      2.  Tindakan ...........................................................................    29
      3.  Kondisi Akhir ...................................................................    31
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................    32
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.  Setting  Penelitian ..................................................................    34
      1.  Waktu Penelitian ..............................................................    34
      2.  Tempat Penelitian .............................................................    39
B.   Subjek Penelitian ...................................................................    36
C.   Objek Penelitian ....................................................................    37
D.  Data dan Sumber Data ..........................................................    38
E.   Teknik dan Alat Pengumpulan Data .....................................    39
      1.  Prosedur Pelaksanaan........................................................    39
      2.  Teknik Pengumpulan Data................................................    43
      3.  Alat Pengumpulan Data ...................................................    44
F.   Validasi Data .........................................................................    44
G.  Analisis Data .........................................................................    45
H.  Indikator Kinerja ...................................................................    46

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Kondisi Awal.........................................................    49
B.   Deskripsi Per Siklus ...............................................................    50
      1.  Siklus Pertama...................................................................    50
           a.   Perencanaan.................................................................    50
           b.   Pelaksanaan.................................................................    50
           c.   Observasi ....................................................................    58
           d.   Refleksi .......................................................................    59
      2.  Siklus Kedua.....................................................................    59
           a.   Perencanaan.................................................................    59
           b.   Pelaksanaan.................................................................    60
           c.   Observasi ....................................................................    66
           d.   Refleksi .......................................................................    66
C.   Pembahasan............................................................................    66
D.  Hasil Tindakan .......................................................................    72

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................    73
B.   Saran dan Tindak Lanjut........................................................    74

DAFTAR PUSTAKA                       
LAMPIRAN-LAMPIRAN















DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

3.1    Jadwal Pelaksanaan Penelitian.................................................................      34

3.2    Usia Siswa Berdasarkan Kelompok Umur..............................................      36

3.3    Daftar Pekerjaan Orang Tua Siswa..........................................................      37

3.4    Data Siswa Kelas VII SMP Negeri  ...................  Kecamatan ................... Kabupaten ................... Tahun Pelajaran 2011/2012.................................................................................      37

3.5    Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................................................      38

3.6    Blangko Nilai Hasil Tes Formatif Siklus I dan II....................................      44

4.1    Hasil Tes Formatif Kondisi Awal............................................................      49

4.2    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan   Siklus I.............................................................................      56

4.3    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siklus I....      57

4.4    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Pengumuman  Siklus II.....................................................      64

4.5    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa Pembelajaran PKN Materi Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan Siklus II..................................      65

4.6    Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal Siklus I dan Siklus II                 67

4.7    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  Temuan Awal Siklus I dan Siklus II....      68

4.8    Rekapitulasi Peningkatan Minat Siswa pada Siklus I dan Siklus II........      70





DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

2.1    Kerangka Berpikir ...................................................................................      32

3.1    Daur PTK (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, Prayitno, 2006:46)............      40

3.2    Siklus-siklus Perbaikan Pembelajaran (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, 2006 : 46)                 42

4.1    Suasana Sidang........................................................................................      52

4.2    Suasana Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia..............      54

4.3    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II             68

4.4    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II)                     69

4.5    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Siswa Pada Siklus I dan II                  71






















DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                              Halaman

1.      Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I...............................................      79
2.      Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II..............................................      94
3.      Surat Keterangan Pengamat....................................................................    108
4.      Surat Kesediaan Menjadi Pengamat........................................................    109
5.      Hasil Nilai Tes Formatif Siklus I.............................................................    110
6.      Hasil Nilai Tes Formatif Siklus II............................................................    111
7.      Data Hasil Observasi Siklus I..................................................................    112
8.      Data Hasil Observasi Siklus II.................................................................    113

Tolong disesuaikan dengan lampiran yang ada


Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih

Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...