PEMANFAATAN
BOTOL BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DIDIK KELOMPOK
B
TAMAN
KANAK-KANAK ........................................................
.............. .............. TAHUN PELAJARAN ............../2012
Disusun dan Diajukan untuk
Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PG-PAUD
4501)
Program S1 PG-PAUD FKIP
Universitas Terbuka
Oleh
...............................................
NIM. ..............
UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH ..............
..............
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan Penelitian Tindakan Kelas Berjudul ”PEMANFAATAN BOTOL BEKAS UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DIDIK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK .............. ..............
.............. .............. TAHUN
PELAJARAN ............../2012”
Nama : ..............
NIM : ..............
Program
Studi : S1 PAUD
Tempat Mengajar : TK .............. ..............Kecamatan .............. Kabupaten ..............
Kelompok : B
Perbaikan Pembelajaran : Peningkatan
Kemampuan Berhitung Permulaan dengan Menggunakan Botol Bekas
Waktu
Penelitian : Siklus I :
Senin – Jum’at
Tanggal
: 17 – 21
Oktober ..............
Siklus
II : Senin
– Jum’at
Tanggal
: 31
Oktober – 4 Nopember ..............
Masalah yang
merupakan fokus perbaikan : Pemanfaatan botol bekas sebagai
upaya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak didik kelompok B TK ..............
............................ Tahun Pelajaran ............../2012.
Disahkan untuk memenuhi
tugas akhir mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PAUD 4501) pada
Program S1 PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka UPBJJ
...............
.............., 20 Nopember ..............
|
|
Pembimbing II
……………………………
ID. .......................
|
Pembimbing I
……………………………
ID. .......................
|
ABSTRAK
............... NIM. ............... Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan
Berhitung Permulaan Anak Didik Kelompok B
Taman Kanak-Kanak .............. .............. .............. .............. Tahun Pelajaran ............../2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Terbuka. ...............
Permasalahan yang ada di awal pembelajaran adalah rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak didik
kelompok B TK .............. ............................ Tahun Pelajaran ............../2012. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi
masalah tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran
dengan memanfaatkan botol bekas sebagai upaya peningkatan kemampuan berhitung
permulaan. Tujuan adalah meningkatkan kemampuan berhitung
permulaan di TK .............. ..............Kecamatan .............. Tahun
Pelajaran ............../2012. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa TK ..............
..............Kecamatan .............. Kabupaten .............. Tahun Pelajaran
............../2012 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16
siswa perempuan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (a) reduksi data, (b) paparan data,
dan (c) penyimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemanfaatan
botol bekas untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak didik di
kelompok B Taman Kanak-kanak ............................, hal ini dibuktikan dengan peningkatan
kemampuan berhitung permulaan siswa dari 8 siswa (29,63%) pada kondisi awal, meningkat menjadi 15
siswa (55,56%) pada siklus pertama, serta pada siklus kedua menjadi 27 siswa atau 100%,
yang berarti semua siswa mengalami peningkatan kemampuan kemampuan berhitung
setelah proses pembelajaran berhitung permulaan memanfaatkan botol bekas
sebagai media pembelajaran. Kesimpulan akhir kegiatan pembelajaran adalah pemanfaatan botol bekas terbukti
efektif kemampuan berhitung permulaan anak didik
kelompok B TK .............. ............................ Tahun Pelajaran ............../2012.
Kata kunci : botol bekas, meningkatkan, berhitung
permulaan
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT
karena hanya berkat rahmat, hidayah dan karunia-Nya penulis berhasil
menyelesaikan penyusunan laporan perbaikan pembelajaran pada mata
kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501) melalui Penelitian Tindakan
Kelas (PTK).
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit
hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam
penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan,
sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis
mengucapkan terima kasih kepada:
1. Rektor Universitas Terbuka
2.
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Terbuka
3.
Ketua Jurusan Pendidikan FKIP
Universitas Terbuka
4. Kepala UPBJJ Universitas
Terbuka ..............
5.
Bapak …………….., S.Pd, M.Pd.,
selaku Pembimbing I yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
6.
Ibu ……………….., S.Pd., selaku
Pembimbing II yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
7. Kepala TK .............. ..............Kecamatan
.............. beserta Dewan Guru yang telah menyediakan sarana prasarana
selama penelitian
8. Teman Sejawat yang telah
membantu dalam penelitian dari awal sampai dengan selesai
Akhirnya kepada semua pihak yang tidak dapat penulis
sebutkan satu persatu atas bantuan langsung maupun tidak langsung penulis
ucapkan terima kasih. Semoga penulisan laporan ini berguna bagi dunia
pendidikan taman kanak-kanak khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya.
.............., Nopember ..............
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN.............................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.........................................................
1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 8
C. Pembatasan Masalah .............................................................. 9
D. Perumusan Masalah ............................................................... 9
E. Tujuan Penelitian.................................................................... 9
F. Manfaat Penelitian.................................................................. 10
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 11
B. Hasil Penelitian yang Relevan................................................ 33
C. Kerangka Berpikir ................................................................. 36
D. Hipotesis Tindakan ................................................................ 38
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting
Penelitian .................................................................. 39
B. Subyek Penelitian .................................................................. 40
C. Data dan Sumber Data .......................................................... 40
D. Teknik Pengumpulan Data .................................................... 41
E. Validitas Data ........................................................................ 44
F. Teknik Analisa Data .............................................................. 45
G. Indikator Kinerja ................................................................... 46
H. Prosedur Penelitian ................................................................ 47
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Pelaksanaan Penelitian............................................................ 51
B. Hasil Penelitian ...................................................................... 90
C. Pembahasan............................................................................ 101
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ............................................................................ 105
B. Saran....................................................................................... 105
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
4.1 Hasil Observasi Aktivitas Guru dalam
Pembelajaran Siklus I................. 93
4.2 Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran
Siklus I................ 94
4.3 Hasil Observasi Aktivitas Guru dalam
Pembelajaran Siklus II............... 97
4.4 Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam
Pembelajaran Siklus II.............. 99
4.5 Rekapitulasi
Peningkatan Kemampuan Berhitung permulaan dengan Menggunakan Media Botol Bekas................................................................................................................. 100
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1. Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas........................................ 37
4.1 Diagram
Batang Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Siswa dengan
Menggunakan Media Botol Bekas pada Siklus I dan II......................... 101
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN Halaman
1. Surat
Ijin Penelitian ................................................................................ 109
2. Data
Kondisi Awal
2.a. Data Proses Pembelajaran Kondisi Awal ...................................... 110
2.b Data
Hasil Belajar Kondisi Awal .................................................. 111
3. Data
Siklus 1
3.a Daftar Hadir Siswa ........................................................................ 112
3.b Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berhitung
Permulaan........ 113
3.c SKH................................................................................................ 114
3.d Lembar Pengamatan Guru dalam Proses
Pembelajaran ................. 124
3.e Contoh Hasil Pengamatan Guru dalam Proses
Pembelajaran......... 125
3.f Rekapitulasi Hasil Pengamatan Guru dalam
Proses Pembelajaran. 126
3.g Lembar Pengamatan Siswa dalam Proses
Pembelajaran................. 127
3.h Contoh Hasil Pengamatan Siswa dalam Proses
Pembelajaran........ 128
3.i Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa dalam
Proses Pembelajaran 129
4. Data
Siklus 2
4.a Daftar Hadir Siswa ........................................................................ 130
4.b Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berhitung
Permulaan ....... 131
4.c SKH................................................................................................ 132
4.d Lembar Pengamatan Guru dalam Proses
Pembelajaran ................. 142
4.e Contoh Hasil Pengamatan Guru dalam Proses
Pembelajaran......... 143
4.f Rekapitulasi Hasil Pengamatan Guru dalam
Proses Pembelajaran. 144
4.g Lembar Pengamatan Siswa dalam Proses
Pembelajaran................. 145
4.h Contoh Hasil Pengamatan Siswa dalam Proses
Pembelajaran........ 146
4.i Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa dalam
Proses Pembelajaran 147
5. Surat Pernyataan Melaksanakan
Kegiatan Penelitian ............................. 148
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.