– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PKP UT TAMAN KANAK-KANAK 1

Friday 16 January 2015

PKP UT TAMAN KANAK-KANAK 1






 









PEMANFAATAN BOTOL BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DIDIK KELOMPOK B

TAMAN KANAK-KANAK ........................................................

..............  .............. TAHUN PELAJARAN ............../2012



Disusun dan Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PG-PAUD 4501)
Program S1 PG-PAUD FKIP
Universitas Terbuka







Oleh

...............................................
NIM.  ..............







UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN  DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH ..............
..............

LEMBAR PENGESAHAN


Laporan Penelitian Tindakan Kelas Berjudul ”PEMANFAATAN BOTOL BEKAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DIDIK KELOMPOK B  TAMAN KANAK-KANAK .............. .............. ..............  .............. TAHUN PELAJARAN ............../2012”
Nama                                 : ..............
NIM                                   : ..............
Program Studi                    : S1 PAUD
Tempat Mengajar               : TK .............. ..............Kecamatan ..............  Kabupaten ..............
Kelompok                          :  B
Perbaikan Pembelajaran     :  Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan dengan Menggunakan Botol Bekas
Waktu Penelitian                :  Siklus I      : Senin – Jum’at
                                             Tanggal      :  17 – 21 Oktober ..............
                                             Siklus II     :  Senin – Jum’at
                                             Tanggal      :  31 Oktober – 4 Nopember ..............

Masalah yang merupakan fokus perbaikan : Pemanfaatan botol  bekas sebagai upaya peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak didik kelompok B TK .............. ............................ Tahun Pelajaran ............../2012.
Disahkan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PAUD 4501) pada Program S1 PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka UPBJJ ...............



.............., 20 Nopember ..............

Pembimbing II


……………………………

ID. .......................
Pembimbing I




……………………………

ID. .......................

ABSTRAK


............... NIM. ............... Pemanfaatan Botol Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Didik Kelompok B  Taman Kanak-Kanak .............. .............. ..............  .............. Tahun Pelajaran ............../2012. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Terbuka. ...............
Permasalahan yang ada di awal pembelajaran adalah rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak didik kelompok B TK .............. ............................ Tahun Pelajaran ............../2012. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran dengan memanfaatkan botol bekas sebagai upaya peningkatan kemampuan berhitung permulaan. Tujuan adalah meningkatkan kemampuan berhitung permulaan di TK .............. ..............Kecamatan .............. Tahun Pelajaran ............../2012. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa TK .............. ..............Kecamatan .............. Kabupaten .............. Tahun Pelajaran ............../2012 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang siswa  yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu (a) reduksi data, (b) paparan data, dan (c) penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan botol bekas untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak didik di kelompok B Taman Kanak-kanak ............................, hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan berhitung permulaan siswa dari  8 siswa (29,63%) pada kondisi awal, meningkat menjadi 15 siswa (55,56%) pada siklus pertama, serta pada siklus kedua menjadi 27 siswa atau 100%, yang berarti semua siswa mengalami peningkatan kemampuan kemampuan berhitung setelah proses pembelajaran berhitung permulaan memanfaatkan botol bekas sebagai media pembelajaran. Kesimpulan akhir kegiatan pembelajaran adalah pemanfaatan botol bekas terbukti efektif kemampuan berhitung permulaan anak didik kelompok B TK .............. ............................ Tahun Pelajaran ............../2012.

Kata kunci : botol bekas, meningkatkan, berhitung permulaan












KATA PENGANTAR



Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena hanya berkat rahmat, hidayah dan karunia-Nya penulis berhasil menyelesaikan penyusunan laporan perbaikan pembelajaran pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501) melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Rektor Universitas Terbuka
2.      Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka
3.      Ketua Jurusan Pendidikan FKIP Universitas Terbuka
4.      Kepala UPBJJ Universitas Terbuka ..............
5.      Bapak …………….., S.Pd, M.Pd., selaku Pembimbing I yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
6.      Ibu ……………….., S.Pd., selaku Pembimbing II yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.
7.      Kepala TK .............. ..............Kecamatan .............. beserta Dewan Guru yang telah menyediakan sarana prasarana selama penelitian
8.      Teman Sejawat yang telah membantu dalam penelitian dari awal sampai dengan selesai
Akhirnya kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu atas bantuan langsung maupun tidak langsung penulis ucapkan terima kasih. Semoga penulisan laporan ini berguna bagi dunia pendidikan taman kanak-kanak khususnya dan dunia pendidikan pada umumnya.
                                                                                                                                                                                                           

                                                                             ..............,    Nopember ..............

                                                                                                 Penulis



DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................         i
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN..............................................        ii
ABSTRAK.........................................................................................................       iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................       iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................        v
DAFTAR TABEL..............................................................................................       vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................      vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................     viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................       1
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................        8
C.   Pembatasan Masalah ..............................................................        9
D.  Perumusan Masalah ...............................................................        9
E.   Tujuan Penelitian....................................................................        9
F.   Manfaat Penelitian..................................................................      10
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................      11
B.   Hasil Penelitian yang Relevan................................................      33
C.   Kerangka Berpikir .................................................................      36
D.  Hipotesis Tindakan ................................................................      38
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.  Setting  Penelitian ..................................................................      39
B.   Subyek Penelitian ..................................................................      40
C.   Data dan Sumber Data ..........................................................      40
D.  Teknik Pengumpulan Data ....................................................      41
E.   Validitas Data ........................................................................      44
F.   Teknik Analisa Data ..............................................................      45
G.  Indikator Kinerja ...................................................................      46
H.  Prosedur Penelitian ................................................................      47
BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Pelaksanaan Penelitian............................................................      51
B.   Hasil Penelitian ......................................................................      90
C.   Pembahasan............................................................................    101
BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................    105
B.   Saran.......................................................................................    105

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman
        
4.1    Hasil Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus I.................      93

4.2    Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Siklus I................      94

4.3    Hasil Observasi Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Siklus II...............      97

4.4    Hasil Observasi Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Siklus II..............      99

4.5    Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berhitung permulaan dengan Menggunakan Media Botol Bekas.................................................................................................................    100





















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

2.1.   Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas........................................      37

4.1    Diagram Batang Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Siswa dengan Menggunakan Media Botol Bekas pada Siklus I dan II.........................    101

























DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                              Halaman

1.      Surat Ijin Penelitian ................................................................................    109
2.      Data Kondisi Awal
2.a.   Data Proses Pembelajaran Kondisi Awal ......................................    110
2.b    Data Hasil Belajar Kondisi Awal ..................................................    111
3.      Data Siklus 1
3.a    Daftar Hadir Siswa ........................................................................    112
3.b    Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan........    113
3.c    SKH................................................................................................    114
3.d    Lembar Pengamatan Guru dalam Proses Pembelajaran .................    124
3.e    Contoh Hasil Pengamatan Guru dalam Proses Pembelajaran.........    125
3.f     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Guru dalam Proses Pembelajaran.    126
3.g    Lembar Pengamatan Siswa dalam Proses Pembelajaran.................    127           
3.h    Contoh Hasil Pengamatan Siswa dalam Proses Pembelajaran........    128
3.i     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa dalam Proses Pembelajaran    129
4.      Data Siklus 2
4.a    Daftar Hadir Siswa ........................................................................    130
4.b    Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan .......    131
4.c    SKH................................................................................................    132
4.d    Lembar Pengamatan Guru dalam Proses Pembelajaran .................    142
4.e    Contoh Hasil Pengamatan Guru dalam Proses Pembelajaran.........    143
4.f     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Guru dalam Proses Pembelajaran.    144
4.g    Lembar Pengamatan Siswa dalam Proses Pembelajaran.................    145           
4.h    Contoh Hasil Pengamatan Siswa dalam Proses Pembelajaran........    146
4.i     Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa dalam Proses Pembelajaran    147
5.      Surat Pernyataan Melaksanakan Kegiatan Penelitian .............................    148


Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.

Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...