– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTS KEPALA SEKOLAH DASAR

Thursday 20 July 2023

PTS KEPALA SEKOLAH DASAR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

 

 

 

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN  GURU  DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN KUNJUNGAN KELAS

DI SD NEGERI ....................  SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat

Kenaikan Pangkat Golongan dari ....... ke .........

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

....................

NIP. ....................

 

 

 

 

 

 

SEKOLAH DASAR NEGERI ....................

Alamat : Desa …………, Kecamatan …………, Kabupaten ……………, Provinsi ……………….

2022

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

 

 

1.

Judul Penelitian

Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kemampuan  Guru  dalam Pengelolaan Pembelajaran Melalui  Kegiatan Kunjungan Kelas di SD Negeri ....................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023

2.

Identitas Peneliti

a.    Nama Lengkap

b.   NIP

c.    Pangkat. Golongan

d.   Tempat Tugas

e.    Kecamatan

f.    Kabupaten/Kota

g.   Provinsi

h.   Alamat Sekolah

 

 

....................

....................

……………

SDN ....................

…………………..

…………………..

…………………..

…………………..

3.

Lama Penelitian

3 (tiga) bulan dari  Juli 2022 s.d. September 2022

4.

Sumber Dana

Swadaya

 

 

                        Mengetahui                              ...................., 26 September 2022

                     Kepala Sekolah                                                Peneliti

 

 

 

 

 

                       ....................                                              ....................

                   NIP. ....................                                     NIP. ....................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah 

 

 

 

 

…………………….

NIP. ……………….

 

 

 

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN  GURU  DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN KUNJUNGAN KELAS

DI SD NEGERI ....................  SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

Oleh

 

....................

NIP. ....................

 

 

ABSTRAK

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi akademik dengan kegiatan kunjungan kelas di SDN .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan prosedur penelitian berdasarkan pada prinsip Kemmis dan Taggart dengan empat langkah, yaitu (1) perencanaan (planning),  (2) pelaksanaan tindakan (action),  3) observasi (observation) , (4) refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah guru di sebanyak 8 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan studi dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran.  Pada kondisi awal hasil nilai rata-rata menunjukkan yaitu 49,88 (kurang), pada siklus I terdapat 4 guru  atau 50,00% dinyatakan tuntas, dengan peroleh nilai rata-rata sebesar 69,25 (cukup) dan pada siklus terakhir menjadi 8 guru atau 100%, dibuktikan dengan perolehan nilai sebesar 88,75 (baik). Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dengan kegiatan kunjungan kelas di SDN .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran.

 

Kata Kunci : kemampuan, pengelolaan pembelajaran, supervisi akademik, kunjungan kelas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

            Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT., yang telah senantiasa melimpahkan rahmat dan taufik-Nya sehingga Penelitian Tindakan Sekolah, yang berjudul “Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kemampuan  Guru  dalam Pengelolaan Pembelajaran Melalui  Kegiatan Kunjungan Kelas di SD Negeri ....................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023”,  dapat disusun sebagaimana mestinya.

            Selesainya pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu ucapan terima kasih peneliti sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dan yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu. Akhirnya, dengan segala kerendahan hati peneliti menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, maka pada kesempatan ini peneliti mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan dari segenap pembaca. Akhir kata peneliti do’a kan semoga semua amal yang diberikan mendapat imbalan dari Allah SWT, dan semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin ya Rabbal Alamiin.

                                                                                        

 

....................,       September 2022

 

Peneliti

 


DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     5

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   27

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   29

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   30

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   30

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   32

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   33

E.   Validasi Data...............................................................................   33

F.   Analisis Data................................................................................   34

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   35

H.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan ...........................................   40

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   41

B.  Hasil Penelitian............................................................................   52

C.  Pembahasan.................................................................................   58

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   62

B.  Saran ...........................................................................................   63

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

DAFTAR TABEL

 

TABEL                                                                                                       Halaman

 

Tabel      3.1 Kriteria Penilaian Hasil Supervisi ...............................................      35

Tabel      4.1  Rekapitulasi  Penilaian Supervisi Akademik Dengan Kegiatan kunjungan kelas Kondisi Awal                                                                                                           42

Tabel      4.2  Rekapitulasi  Penilaian Supervisi Akademik Dengan Kegiatan kunjungan kelas Siklus Pertama                                                                                                           43

Tabel      4.3  Rekapitulasi  Penilaian Supervisi Akademik Dengan Kegiatan kunjungan kelas Siklus Kedua                                                                                                            50

Tabel      4.4  Rekapitulasi  Penilaian Supervisi Akademik Dengan Kegiatan kunjungan kelas Kondisi Awal dan Siklus Pertama .....................................................................      53

Tabel      4.5  Rekapitulasi  Penilaian Supervisi Akademik Dengan Kegiatan kunjungan kelas  Siklus Pertama dan Siklus Kedua .......................................................................      55

Tabel      4.6  Rekapitulasi Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik dengan Kegiatan kunjungan kelas pada Kondisi Awal, Siklus I, Siklus II................................................      57

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar  2.1    Bagan Kerangka Pikir...............................................................      29

Gambar 3.1     Alur Penelitian Tindakan Sekolah (di modifikasi dari Model Kemmis & Mc. Taggart          .................................................................................................. 31

Gambar  4.1    Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan KBM Pada Kondisi Awal                    42

Gambar  4.2    Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan KBM Pada Siklus Pertama                   46

Gambar  4.3    Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan KBM Pada Siklus Kedua                     51

Gambar  4.4     Rekapitulasi  Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan KBM Kondisi Awal dan Siklus Pertama ..........................................................................      54

Gambar  4.5     Rekapitulasi  Penilaian Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan KBM Siklus I dan Siklus II ....................................................................................      56

Gambar  4.6    Peningkatan Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan KBM  pada Kondisi Awal, Siklus I, dan  Siklus II..............................................................      58

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah

Lampiran    4     Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    5     Hasil Analisis Data

Lampiran    6     Daftar Hadir Pelaksanaan Kegiatan Supervisi Akademik Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    7     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    8     Berkas Pelaksanaan Seminar Penelitian Tindakan Sekolah

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Pada awal tahun 2020 masyarakat dihadapkan dengan adanya wabah virus, wabah virus tersebut sangat mengganggu masyarakat khususnya peserta didik. Wabah tersebut dinamakan dengan Coronaviruses atau disebutan Corona atau Covid-19. Wabah virus ini sangat membahayakan masyarakat, sehingga banyak sekolah, instansi pemerintah, kantor tutup selama masa pandemi ini. Dampak adanya wabah virus yang sangat luar biasa ini juga sangat memperburuk kondisi pendidikan di Indonesia.

Berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 01/KB/2022, Nomor 408 Tahun 2022, Nomor HK.01.08/MENKES/1140/2022, dan Nomor 420-1026 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), dengan ini kami sampaikan bahwa Penyelenggaraan pembelajaran di perguruan tinggi pada semester gasal tahun akademik 2022/2023 di masa pandemi Coronavirus Disease  2019 (COVID-19) dilakukan dengan pembelajaran tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan/atau pembelajaran jarak jauh. Sekolah yang berada pada daerah khusus berdasarkan kondisi geografis sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 160/P/2021 tentang Daerah Khusus Berdasarkan Kondisi Geografis dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka secara penuh dengan kapasitas peserta didik 100% (seratus persen), dan dalam penyelenggaraan pembelajaran tatap muka, sekolah harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga sekolah (siswa, guru, tenaga kependidikan) serta masyarakat sekitarnya.

Pengelolaan pembelajaran yang dimaksud termuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, penilaian proses dan hasil belajar, serta pengawasan dari proses pembelajaran. Tahapan awal dalam pengelolaan pembelajaran adalah melakukan perencanaan. Perencanaan pembelajaran adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan karena perencanaan menentukan kualitas proses pembelajaran secara keseluruhan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran (Mulyasa, 2010). Pelaksanaan pembelajaran merupakan tahapan selanjutnya yang harus dilakukan guru setelah membuat perencanaan. Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari perencanaan yang dibuat. Selain perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, guru juga melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang satandar penilaian pendidikan, penilaian pembelajaran dilakukan melalui tiga aspek yaitu penilaian aspek sikap (afektif), penilaian aspek pengetahuan (kognitif), dan penilaian aspek keterampilan (psikomotor).

Implementasi dari ketiga kegiatan tersebut perlu mendapat pengawasan, baik dari pengawasan internal maupun eksternal untuk mengawasi keterlaksanaan proses pembelajaran. Pengawasan internal dan eksternal yang mencakup pemantauan, supervisi, evaluasi, dan tindak lanjutnya, jika sudah berjalan dengan baik di sekolah akan memberikan dampak positif pada peningkatan disiplin guru dan siswa, dan peningkatan kualitas pengelolaan pembelajaran (Pradnyantika, 2018).

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah pada dimensi kompetensi supervisi meliputi merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru; melaksananakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan terknik supervisi yang tepat; dan menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Ketiga komponen kompetensi supervisi kepala sekolah seharusnya dilakukan secara konsisten dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan.

Salah satu upaya peningkatan profesionalisme guru adalah melalui supervisi akademik. Pelaksanaan kegiatan supervisi dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam memberikan pembinaan kepada guru. Hal tersebut karena proses belajar-mengajar yang dilaksanakan guru merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Supervisi yang dilakukan adalah dengan teknik supervisi kunjungan kelas. Menurut Arikunto dan yuliana (2012: 300-301) supervisi kunjungan kelas dapat dibedakan menjadi 3, yaitu kunjungan yang dilakukan dengan terlebih dahulu memberitahukan kepada guru yang akan disupervisi, kunjungan Insidental yang dilakukan tanpa memberitahu terlebih dahulu, dan kunjungan yang dilakukan dengan memberikan undangan dari guru yang bersangkutan.

Dari hasil pelaksanaan kegiatan awal penelitian menunjukkan bahwa semua guru masih kurang maksimal dalam pengelolaan pembelajaran di kelasnya masing-masing. Hasil penilaian pada kegiatan supervisi awal menunjukkan bahwa tidak ada guru yang memenuhi indikator penilaian minimal dalam rentang 70-89 atau dalam kriteria baik.  Salah satu upaya yang dilakukan oleh peneliti sebagai kepala sekolah di SDN .................... adalah dengan melaksanakan kegiatan supervisi akademik melalui pendekatan kolaburatif sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan proses belajar mengajar.

Merujuk pada teknik supervisi kunjungan kelas maka dapat diketahui bahwa supervisi dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah ke sebuah kelas, baik ketika kegiatan sedang berlangsung untuk melihat atau mengamati guru yang sedang mengajar, ataupun ketika kelas sedang kosong, atau sedang berisi siswa tetapi guru sedang tidak mengajar. Dalam hal ini kunjungan kelas dimaksudkan untuk melihat dari dekat situasi dan suasana kelas secara keseluruhan. Apabila dari kunjungan tersebut dijumpai hal-hal yang baik atau kurang pada tempatnya, maka pengawas atau kepala sekolah dapat mengudang guru atau siswa diajak berdiskusi menggali lebih dalam tentang kejadian tersebut. Melalui pelaksanaan supervisi yang efektif, Kepala Sekolah dapat mengontrol, membina, mendorong dan memotivasi guru-guru untuk melaksanakan tugas dengan baik sehingga akan dapat meningkatkan kinerja guru yang lebih berkualitas. Namun, kondisi dilapangan tidaklah demikian, ada dugaan masih adanya Kepala Sekolah yang belum memahami terhadap perannya sebagai supervisor. Dalam rangka melaksanakan fungsinya sebagai sebagai supervisor dibidang pengajaran antara Kepala Sekolah yang satu dengan Kepala Sekolah yang lain bervariasi. Ada sekolah yang telah melaksanakan supervisi dengan baik, tetapi ada juga sekolah yang melaksanakan supervisi sebatas persyaratan administratif belaka tanpa ada tindak lanjut berikutnya.

Dalam upaya pencapaian target yang direncanakan, kepala sekolah perlu merencanakan pelaksanaan supervisi kunjungan kelas dengan baik diikuti oleh teknik-teknik operasional agar segala bentuk tindakannya bisa berlangsung dengan efektif dan efisien. Sahertian dan Mataheru (2000) menyatakan ada beberapa teknik supervisi yang bersifat individual seperti kunjungan kelas, observasi kelas, percakapan individu. Teknik yang penulis gunakan merupakan inovasi gabungan antara percakapan individu dengan observasi kelas. Dalam percakapan individu digunakan tanya jawab sebelum guru masuk ke kelas untuk memperdalam pengertian-pengertian tentang proses pembelajaran dalam pelaksanaannya di kelas. Sedangkan observasi kelas dilaksanakan di kelas dengan cara mengamati proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan sekaligus menilai kemampuan mereka melaksanakan pembelajaran.

B.  Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah, dapat diidentifikasikan beberapa masalah sebagai berikut :

1.    Strategi sosialisasi dan bimbingan supervisi akademik yang telah dilaksanakan selama ini ternyata masih belum memadai penguasaan materi supervisi yang diterima oleh guru masih rendah

2.    Kurangnya kemampuan guru dalam kegiatan penyusunan program pembelajaran selanjutnya melaksanakan program atau pelaksanaan pembelajaran dan guru melakukan evaluasi atau penilaian untuk mengetahui keberhasilannya,

3.    Pelaksanaan supervisi tidak berdasarkan atas kesadaran dan kesepakatan bersama antara guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah sehingga pelaksanaan kegiatan supervisi kurang berjalan dengan efektif.

D. Rumusan Masalah

Dari penjelasan pada latar belakang dan identifikasi masalah di atas, maka dapat ditentukan rumusan masalah dalam pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, yaitu :

1.    Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah melalui kegiatan kunjungan kelas untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di SDN .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023?

2.    Bagaimana peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran melalui pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dengan kegiatan kunjungan kelas di SDN .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023?

E. Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk :

1.    Mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dengan kegiatan kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran di SDN .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023.

2.    Mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan PBM melalui pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dengan kegiatan kunjungan kelas di SDN .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023.

F. Manfaat Penelitian

Hasil dari penelitian ini dapat memberikan masukan yang berarti sebagai sumbangan pemikiran terhadap beberapa pihak diantaranya :

1.    Secara teoritis

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah tentang teori kinerja dan teori supervisi khususnya supervisi akademik dengan kegiatan kunjungan kelas.

2.    Secara Praktis

Hasil pelaksanaan penelitian penelitian tindakan sekolah diharapkan dapat memberikan manfaat:

a.    Bagi guru

Hasil penelitian dapat menjadi sumber informasi tentang pentingnya pengelolaan supervisi akademik kepala sekolah yang dapat memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran. Supervisi akademik disadari sebagai suatu kebutuhan guru untuk upaya pengembangan kemampuan dan ketrampilan melaksanakan pembelajaran.

b.    Bagi Kepala Sekolah

Bahan informasi, pertimbangan dalam penentuan kebijakan dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan mengajar guru yaitu prestasi peserta didik, kesempatan pendidikan lebih tinggi dan pengembangan diri.

Sebagai bahan masukan tentang pentingnya peran kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi supervisi. Bagi guru, sebagai bahan masukan kepada para guru bahwa implementasi supervisi berada di tangan guru, bagaimana ia mengemas, mengelola, dan melaksanakan sehingga tercipta kinerja guru yang optimal.

c.    Bagi Pengawas Sekolah

 Sebagai bahan evaluasi agar dapat menerapkan supervisi akademik sehingga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran khususnya dalam pengelolaan proses pembelajaran

 

 Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.

 

 

 

 

Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...