– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK AGRIBISNIS TANAMAN SAYURAN

Monday 24 July 2023

PTK AGRIBISNIS TANAMAN SAYURAN

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

SISWA MATERI MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SAYURAN MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS XI ATPH  SMKN 1 ...................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

 

Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat

dari Golongan III/c ke III/d

 

 

 

 

 

Oleh

 

 

......................

NIP. ......................

 

 

 

 

 

 

 

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 ......................

Jl. …………………….. Kecamatan ......................  

Kabupaten ……………. Provinsi ………………….

2022

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)

 

 

1.   a.  Judul Penelitian         :    Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar  Siswa Materi Mengidentifikasi Jenis-Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Sayuran melalui Metode Eksperimen di Kelas XI ATPH  SMKN 1 ...................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023

       b. Kategori Penelitian     :    Penelitian Tindakan Kelas

 

2.    Identitas Peneliti

            a.                                 Nama Lengkap            :           ......................

            b.                                 NIP      :           ......................

            c.                                 Pangkat/Golongan       :           Penata, III/c

            d.                                Jabatan             :           Guru

            e.                                 Sekolah            :           SMK Negeri 1 ......................

3.     Jumlah peneliti               :    1 orang

4.     Lokasi                             :    SMK Negeri 1 ......................

5.     Jangka waktu                 :    3 (tiga) bulan

                                                    (Bulan Juli 2022 s.d September 2022)

 

 

                            Mengetahui                                 ......................,   19 September 2022

                         Kepala Sekolah                                                     Peneliti

 

 

 

 

                       …………………..                                             ......................

                  NIP. ……………………                                   NIP. ......................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

 

………………….

NIP……………………..

 

                                

 

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

SISWA MATERI MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SAYURAN MELALUI

METODE EKSPERIMEN DI KELAS XI ATPH  SMKN 1 ...................... SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

Oleh

 

......................

NIP. ......................

 

 

ABSTRAK

 

 

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar agribisnis tanaman sayuran mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran. Penelitian ini difokuskan  pada penerapan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc. Taggart dengan dua siklus, yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Subjek  penelitian  ini adalah  siswa kelas XI ATPH SMK Negeri 1 ...................... yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar dari kondisi awal sebanyak 11 siswa atau 30,77%, naik menjadi  18 siswa atau 69,23% pada siklus pertama, dan 92,31% atau 24 siswa pada siklus kedua, dan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya  63,46, naik menjadi 74,17 pada siklus pertama, dan 86,54 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (30,77%) pada kondisi awal,  65,38% atau 17 siswa pada siklus pertama, 24 siswa atau 88,46% pada siklus kedua, dan masih ada 3 orang siswa (11,54%) yang belum tuntas, sehingga semua kriteria ketuntasan telah tercapai pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah pendekatan metode eksperimen terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas  XI ATPH SMK Negeri 1 ......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam pembelajaran agribisnis tanaman sayuran  materi mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran.

 

Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, eksperimen

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini. Penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan III/d.  Dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini peneliti mengambil judul : Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar  Siswa Materi Mengidentifikasi Jenis-Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Sayuran melalui Metode Eksperimen di Kelas XI ATPH  SMKN 1 ...................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023

Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini. Oleh karena  itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun ke arah perbaikan.  Pada kesempatan ini  juga, peneliti ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan guru yang telah membantu sampai selesainya penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu persatu atas segala bantuannya dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini.

 

 

......................,     September 2022

 

Peneliti

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL .........................................................................................      i

LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................     ii

ABSTRAK/RINGKASAN ................................................................................    iii

KATA PENGANTAR .......................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB       I        PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah........................................................     1

B.     Identifikasi Masalah .............................................................     4

C.     Rumusan Masalah..................................................................     4

D.    Tujuan Penelitian...................................................................     5

E.     Manfaat Penelitian.................................................................     5

 

BAB       II      KAJIAN TEORI

A.    Kajian Teori ..........................................................................     7

B.     Kerangka Berfikir .................................................................   19

C.     Hipotesis Tindakan ...............................................................   21

 

BAB       III     METODE PENELITIAN

A.    Setting Penelitian ..................................................................   22

B.     Metode dan Rancangan Penelitian........................................   23

C.     Subjek Penelitian ..................................................................   25

D.    Teknik Pengumpulan Data ....................................................   25

E.     Validasi Data.........................................................................   26

F.      Teknik Analisa Data .............................................................   27

G.    Prosedur Penelitian ...............................................................   28

H.    Indikator Keberhasilan..........................................................   32

 

BAB       IV     HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN

A.    Deskripsi Data ......................................................................   33

B.     Pembahasan ..........................................................................   51

C.     Hasil Penelitian .....................................................................   53

 

BAB       V      SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan ...............................................................................   60

B.     Saran .....................................................................................   61

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

           

DAFTAR TABEL

 

 

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel   3.1    Kriteria Penilaian Hasil Observasi ..............................................      27

Tabel   3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................      28

Tabel  4.1    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pada Kondisi Awal...................      34

Tabel  4.2    Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi Awal                        35

Tabel   4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Produktif ATS Pokok Bahasan Mengidentifikasi Jenis-Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Sayuran  pada Siklus I........             40

Tabel   4.4    Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus I      41

Tabel   4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Produktif ATS Pokok bahasan mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran  pada Siklus II..      48

Tabel   4.6    Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus II                     49

Tabel   4.7    Rekapitulasi Ketuntasan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Produktif ATS Pokok Bahasan Mengidentifikasi Jenis-Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Sayuran              51

Tabel   4.8    Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Produktif ATS Pokok Bahasan Mengidentifikasi Jenis-Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Sayuran              52

 

 

 

 


DAFTAR GAMBAR

 

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar     2.1    Gambar Kerangka Pikir ........................................................      20

Gambar     3.1    Daur PTK (dimodifikasi dari Arikunto, 2006 : 46)...............      23

Gambar     4.1    Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Prestasi dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ..........................      52

Gambar     4.2    Diagram Batang Peningkatan Aktivitas belajar pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ...............................................................................................      53

Gambar     4.3    Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar pada Studi Awal dan Siklus I                  54

Gambar     4.4    Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar pada Studi Awal dan Siklus I                        54

Gambar     4.5    Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar pada Siklus I dan II                     56

Gambar     4.6    Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar pada Siklus I dan II                56

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran         1................................................................................................ Surat Ijin Penelitian

Lampiran         2................................................................................................ Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran         3................................................................................................ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I

Lampiran         4................................................................................................ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II

Lampiran         5................................................................................................ Instrumem Pengumpulan Data

Lampiran         6................................................................................................ Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran         7................................................................................................ Daftar Hadir Siswa (Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II)

Lampiran         8................................................................................................ Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran 9      Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian (Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II)

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Mata pelajaran produktif ATS diajarkan pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk membekali siswa pengetahuan, pemahaman, dan sejumlah keterampilan untuk mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang produktif ATS. Mata pelajaran produktif ATS merupakan pokok bahasan pokok yang harus dikuasai siswa karena merupakan dasar dari mata pelajaran produktif lebih lanjut. Karena mata pelajaran ini belum didapatkan di sekolah sebelumnya maka bagi siswa merupakan mata pelajaran yang masih baru sehingga perlu adanya pembekalan dan pemahaman pokok bahasan, sehingga diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar. Hal ini berkaitan dengan Permendikbud No. 54 tahun 2013 tentang standar kompetensi lulusan mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan.

Pelajaran produktif ATS pokok bahasan  mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran  menuntut guru untuk memberikan keterampilan kepada siswa, salah satu keterampilan tersebut adalah keterampilan dalam berproduktif ATS khususnya pada pokok bahasan  mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran . Dalam proses pembelajarannya siswa dituntut untuk aktif dan kreatif belajar dengan menggunakan media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan produktif ATS pada pokok bahasan  mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran. Namun demikian yang terjadi bahwa pembelajaran di kelas XI ATPH terkait dengan pokok bahasan pelajaran di atas menunjukan beberapa kendala atau masalah sebagai berikut masih ditemukan siswa yang belum menghasilkan pembelajaran yang efektif. Pada saat pembelajaran masih  banyak siswa yang kurang penuh perhatian tentang pokok bahasan yang disampaikan. Bahkan sedikit siswa yang masih sempat melakukan kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan pembelajaran, misalnya mengganggu teman yang serius mengikuti pelajaran, memain-mainkan sesuatu, tidak membantu teman karena alasan tidak tahu kerja, melihat teman yang kerja seperti duduk termenung, banyak hal yang selalu saja ada di saat guru memberi tugas kelompok.

Selain  permasalahan  tersebut  di atas,  masih  banyak  permasalahan  pada siswa  lainnya  yang  ditemukan  di ruang  kelas,  diantaranya  :  Pada  umumnya siswa  belum  terbiasa  dan  kurang  memiliki  kepercayaan  diri  untuk mengemukakan  pendapatnya,  aktivitas  belajar  siswa  kurang,  tidak konsentrasi  dalam  proses  pembelajaran,  suka  mengganggu  teman,  dan  suka melakukan  aktivitas  di luar  pelajaran.  Akibatnya  prestasi  belajar  siswa menjadi rendah, dengan nilai KKM di bawah rata-rata.

Permasalahan di atas sangat tampak, kemudian permasalahan itu didiskusikan dengan wali kelas XI ATPH dan kepala sekolah, setelah dirumuskan maka peneliti mengambil kesimpulan untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan wali kelas XI ATPH sebagai observer.  Sebelum ini dilaksanakan protest atau test akhir pelajaran, ternyata nilai yang diperoleh siswa banyak yang di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dalam proses belajar yang bermutu seharusnya 85% siswa memperoleh nilai di atas KKM, tetapi kenyataannya di kelas XI ATPH hanya terdapat 8 siswa atau 30,77% siswa memperoleh nilai di bawah KKM (80). Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran pokok bahasan mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran  ditunjukkan oleh kenyataan kurangnya aktivitas belajar siswa dala mengikuti proses belajar di kelas. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, tentu banyak siswa yang tidak dapat melanjutkan pelajaran pada pokok bahasan berikutnya. Pada akhirnya siswa banyak yang diremedial dan menyebabkan waktu yang dijadwal tidak cukup dan akhirnya siswa harus tinggal kelas.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode eksperimen. Metode eksperimen adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa baik secara perorangan ataupun kelompok, untuk melakukan suatu proses atau eksperimen dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajarinya (Syaiful Sagala, 2010: 220). Metode eksperimen dianggap sesuai untuk pembelajaran IPA karena mampu memberikan kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan kreativitas secara optimal. Hal ini dikarenakan dalam metode eksperimen siswa diberi kesempatan untuk menyusun sendiri konsep-konsep dalam struktur kognitifnya, sehingga nantinya mereka akan dapat mengaplikasikan konsep konsep tersebut dalam kehidupan (Siti Rohana, 2011:84).

Metode eksperimen ini dapat membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya sendiri daripada hanya menerima kata guru atau buku. Guru dapat mengembangkan keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran baik itu fisik, mental, maupun emosional dalam metode eksperimen. Keterlibatan tersebut diharapkan akan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, sehingga hasil belajar siswa juga akan meningkat. Metode eksperimen  memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih keterampilan prosesnya sekaligus memberikan pengalaman secara langsung yang dapat tertanam dalam ingatannya agar memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Metode ini merupakan salah satu upaya agar siswa dalam mengikuti proses belajar di Sekolah, sehingga dapat bertindak aktif membentuk sendiri pengetahuannya dengan mewujudkan gagasan dalam struktur kognitifnya. Metode eksperimen adalah metode yang siswanya mencoba mempraktekkan suatu proses tersebut, setelah melihat/mengamati apa yang telah didemonstrasikan oleh seorang demonstrator. Eksperimen dapat juga dilakukan untuk membuktikan kebenaran sesuatu, misalnya menguji sebuah hipotesis.  Eksperimen ialah suatu upaya atau praktek dengan menggunakan peragaan yang ditujukan pada siswa dengan tujuan agar semua siswa lebih mudah dalam memahami dan mempraktekan apa yang telah diperolehnya dan dapat belajar mengalami suatu proses dan menganalisa proses tersebut.

         Penggunaan teknik ini mempunyai tujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban atas persoalan-persoalan yang dihadapinya dengan mengadakan percobaan sendiri. Juga siswa dapat terlatih dalam cara berfikir yang ilmiah (sciebtific thinking). Dengan eksperimen siswa menemukan bukti kebenaran dari teori sesuatu yang sedang dipelajarinya

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas peneliti meminta bantuan teman sejawat dan kepala sekolah untuk mengidentifikasi masalah pembelajaran. Dari hasil observasi dan diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran. Masalah tersebut antara

1.      Siswa kurang memahami konsep-konsep pelajaran pokok bahasan mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran

2.      Metode yang digunakan dalam pembelajaran produktif ATS pokok bahasan  mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran  masih menggunakan metode ceramah satu arah sehingga dapat mengurangi aktivitas belajar siswa secara aktif.

3.      Pelajaran produktif ATS pokok bahasan  mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran  merupakan pelajaran yang relatif sulit dipahami oleh sebagian besar siswa. Hal ini ditandai dengan nilai ulangan harian di bawah nilai KKM.

4.      Belum banyak digunakannya metode eksperimen yang melatih siswa berpikir kritis, lebih aktif, dan belajar mandiri dengan mengembangkan kemampuan kerja sama antar siswa.

C.    Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah  di atas, maka dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut  :

1.      Bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran melalui metode eksperimen di kelas XI ATPH  SMKN 1 ...................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023?

2.      Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran melalui metode eksperimen di kelas XI ATPH  SMKN 1 ...................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023?

D.    Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang di atas, agar memiliki arah yang jelas, maka ditetapkan tujuan sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran melalui metode eksperimen di kelas XI ATPH  SMKN 1 ...................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023.
  2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran melalui metode eksperimen di kelas XI ATPH  SMKN 1 ...................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023.

E.     Manfaat Penelitian

Diharapkan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis  :

  1. Manfaat Teoritis

a.    Secara teoritis manfaat penelitian ini adalah untk memperoleh gambaran mengenai penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran produktif ATS materi  mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran .

b.    Menambah khasanah pengembangan pengetahuan mengenai pembelajaran produktif ATS materi  mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran dengan menggunakan metode eksperimen.

c.    Sebagai bahan kajian penelitian lebih lanjut.

  1. Manfaat Praktis

a.       Siswa

a.       Memperbaiki belajar siswa, agar hasil belajar siswa meningkat

b.      Siswa merasa mendapat perhatian khusus dari guru sehingga aktivitas belajar siswa meningkat

c.       Memberikan  pengalaman  secara  langsung  bagi  siswa,  sehingga  siswamempunyai kesan dalam belajarnya. 

d.      Siswa  dapat  menarik  kesimpulan  atau  memecahkan  masalah  setelah melakukan eksperimen dalam pembelajaran produktif ATS materi  mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran . 

e.       Untuk memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya, sehingga aktivitas siswa dan hasil belajar siswa meningkat.

b.      Guru

1)      Agar guru dapat memperbaiki mutu kinerja atau meningkatkan proses pembelajaran produktif ATS materi  mengidentifikasi jenis-jenis hama dan penyakit tanaman sayuran secara berkesimanbungan.

2)      Untuk  mengembangkan  keterampilan  guru  untuk  menghadapi permasalahan yang nyata dalam proses pembelajaran di kelas.

3)      Meningkatkan profesionalisme guru.

c.       Bagi Sekolah

1)      Memberikan  landasan  dan  argumentasi  bagi  kebijakan  yang  akan  diambil guna  meningkatkan  mutu  pendidikan  nasional  melalui  model dan metode pembelajaran yang tepat di sekolah.

2)      Meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa

3)      Mengembangkan mutu dan hasil belajarnya

4)      Mempunyai kesempatan untuk berkembang pesat

 

Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...