– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK AKUNTANSI SMK

Friday 21 July 2023

PTK AKUNTANSI SMK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUTANSI  PERUSAHAAN DAGANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS XI AKUTANSI B SMK NEGERI 1 .................... SEMESTER 2

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

Disusun sebagai salah satu syarat

Kenaikan Pangkat Golongan dari Golongan III/c ke III/d

Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

....................

NIP. ....................

 

 

 

 

 

SMK NEGERI 1 ....................

Jl. ………………………………. Kecamatan ....................,

Kabupaten ……………….. Provinsi Kalimantan ………………..

2023

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)

 

 

1.    a. Judul Penelitian          :    Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Komputer Akutansi  Perusahaan Dagang Melalui Model Pembelajaran Discovery Pada Siswa Kelas XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... Semester 2  Tahun Pelajaran 2022/2023

       b. Kategori Penelitian     :    Penelitian Tindakan Kelas

2.    Identitas Peneliti

       a. Nama Lengkap           :    ....................

       b. NIP                             :    ....................

       c. Pangkat / Golongan    :    Penata, III/c

       d. Jabatan                        :    Guru Mata Pelajaran

       e. Sekolah                       :    SMK Negeri 1 ....................

3.    Jumlah peneliti                :    1 orang

4.    Lokasi                              :    SMK Negeri 1 ....................

5.    Jangka waktu                  :    3 bulan (Februari 2023 s.d bulan April 2023)

 

 

                        Mengetahui                                  ...................., 10  April 2023

                     Kepala Sekolah                                                Peneliti  

 

 

 

 

            …………………………..                                   ....................

              NIP. …………………..                                NIP. ....................

 

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

………………………….

NIP. …………………….

 

 

 

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUTANSI  PERUSAHAAN DAGANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS XI AKUTANSI B SMK NEGERI 1 .................... SEMESTER 2

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

Oleh

 

....................

NIP. ....................

 

ABSTRAK

 

 

Penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi rendahnya hasil pembelajaran Komputer Akutansi yang sebagian besar belum mencapai KKM. Upaya yang dilakukan dengan melaksanakan kegiatan PTK melalui penerapan metode discovery. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan motivasi dah hasil belajar siswa.  Peningkatan motivasi belajar pada studi awal hanya  9 siswa atau 37,50%, naik menjadi 18 siswa atau 75,00% pada siklus pertama, serta  91,67%  atau 22 siswa pada akhir siklus kedua., dan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 62,50 naik menjadi 73,33 pada siklus pertama, 85,83 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 5 siswa (20,83%) pada studi awal,  62,50% atau 15 siswa pada siklus pertama,  dan pada siklus terakhir menjadi  87,50%, atau 21 siswa dan masih terdapat 3 siswa yang belum tuntas belajarnya atau 12,50%, namun secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan  metode discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

Kata Kunci:  discovery, motivasi, hasil belajar

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

 

Puji syukur Allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) ini. Penulisan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat dari golongan III/c  ke golongan III/d.

Peneliti menyadari dengan terselesaikannya penelitian laporan penelitian tindakan kelas ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang telah bekerjasama dengan baik pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini.

Penulis berharap semoga Allah SWT. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu Karya Tulis ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya. Amin Yarobal Alamin.

 

....................,    April 2023

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     5

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     5

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     6

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     6

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     8

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   19

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   21

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   22

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   22

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   23

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   23

E.   Validasi Data...............................................................................   24

F.   Analisis Data................................................................................   25

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   26

H.  Indikator Keberhasilan ................................................................   29

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   30

B.  Hasil Penelitian............................................................................   44

C.  Pembahasan.................................................................................   47

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   50

B.  Saran ...........................................................................................   50

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

TABEL                                                                                                       Halaman

 

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Motivasi Belajar Siswa...................................      25

Tabel   4.1     Rekapitulasi  Hasil Ulangan Formatif Kondisi Awal..................      32

Tabel   4.2 Rekapitulasi  Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada  Kondisi Awal                                                                                                                  33

Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif  Materi Komputer Akuntansi Perusahaan Dagang   pada Siklus I.........................................................................................      36

Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  Materi Komputer Akuntansi Perusahaan Dagang pada Siklus I...............................................      37

Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif  Materi Komputer Akuntansi Perusahaan Dagang  pada Siklus II.......................................................................................      41

Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Komputer Akuntansi Perusahaan Dagang  pada Siklus II.............................................      42

Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif  Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II                45

Tabel   4.8     Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                           46

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar    2.1 Diagram Alur Kerangka Pikir...................................................      21

Gambar    3.1  Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah (Arikunto, 2006:17)                    23

Gambar    4.1  Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      45

Gambar    4.2  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                    45

Gambar    4.3  Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II           .................................................................................................. 47

 

 

 

 

 


DAFTAR LAMPIRAN

 

LAMPIRAN                                                                                                             

 

1.        Surat Ijin Penelitian

2.        Jurnal Kegiatan Penelitian

3.        a.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I

b.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II

4.        a.  Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus I

b.  Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus II

c. Lembar Observasi Motivasi  Siswa

5.        Analisis Data HasilPenelitian

a.    Hasil Tes Formatif Kegiatan Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II

b.    Hasil Penilaian Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kegiatan Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II

6.        Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

a.    Hasil Kerja Siswa Siklus I

b.    Hasil Tes Formatif Siklus I

c.    Hasil Kerja Siswa Siklus II

d.   Hasil Tes Formatif Siklus II

7.        Daftar Hadir Siswa

a.     Daftar Hadir Siswa Kegiatan Pra-Siklus

b.    Daftar Hadir Siswa Kegiatan Siklus I

c.     Daftar Hadir Siswa Kegiatan Siklus II

8.        a.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal

b.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I (Pertemuan 1 dan 2)

c.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II (Pertemuan 1 dan 2)

9.        Berkas/Dokumen Pelaksanaan Seminar Penelitian Tindakan Kelas

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan secara intrinsik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan akan terus menjadi proses pengalaman langsung maupun tidak langsung dalam hidup. Menurut Thahir (dalam Ni Kadek, S., dkk., 2020) Pendidikan merupakan suatu yang mutlak dan menjadi dasar dalam perubahan tingkah laku menuju kedewasaan. Pendidikan merupakan tujuan yang sangat penting untuk mencapai wawasan kebangsaan. Tujuan pendidikan ialah sebagai salah bentuk mengembangkan kemampuan, membentuk karakter serta membentuk masyarakat yang bermartabat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan potensi individu yang beriman dan bertakwa, memiliki akhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Artinya tujuan pendidikan adalah membentuk pribadi yang memiliki sikap atau sikap sosial yang baik, mampu bekerjasama dengan lingkungan, dan mampu mengutamakan kepentingan umum dari kepentingan sendiri atau kepentingan kelompok. Pendidikan tidak terlepas dari proses pengajaran, karena pendidikan sebenarnya menghasilkan sumber daya manusia yang baik melalui proses pembelajaran. Menurut Suardi, M (2018: 11) Belajar adalah perubahan dalam diri seseorang yang dapat dinyatakan dengan adanya penguasaan pola sambutan yang baru, berupa pemahaman, keterampilan dan sikap sebagai hasil proses hasil pengalaman yang dialami.

SMK Negeri 1 .................... merupakan salah satu sekolah kejuruan yang menyelenggarakan proses kegiatan belajar mengajar kepada anak didik yang berorientasi penuh terhadap pemenuhan kebutuhan tenaga kerja siap pakai. Salah satu program keahlian yang menjadi andalan di SMK Negeri 1 .................... adalah komputer akutansi Akutansi.  Mata pelajaran komputer akutansi perusahaan dagang ini boleh dikatakan adalah salah satu mata diklat yang cukup sulit dipahami oleh para siswa mengingat luasnya cakupan materi pembelajaran dan minimnya buku-buku penunjang yang menjadi panduan pada mata diklat tersebut di samping metode pembelajaran yang masih menjadi kendala dalam pembelajaran komputer akutansi tersebut.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah di atas dengan memilih metode atau model pembelajaran yang lebih baik yang menjadikan peserta didik sebagai pusat belajar dan guru menjadi fasilitator dalam proses pembelajaran. Pada hakikatnya tidak semua metode dan pendekatan dapat efektif diterapkan, terutama pada mata pelajaran komputer akutansi. Dalam mata pelajaran komputer akutansi, metode yang digunakan dan diterapkan harus tepat. Karena setiap materi pelajaran tidak bisa menggunakan metode dan menerapkan pendekatan yang seragam.

Keberhasilan pembelajaran sangat  dipengaruhi guru dalam menciptakan  kegiatan    belajar    itu  sendiri.  Oleh  karena  itu  kegiatan  belajar  perlu      dikembangkan  secara  sistematis,  efektif dan  efisien  Adanya variasi   dalam kegiatan  belajar  merupakan suatu alternatif untuk  menumbuh  kembangkan  motivasi siswa  serta aktivitas siswa dalam belajar. Faktor  lain  yang  menentukan  keberhasilan  dalam  pembelajaran  adalah kemampuan  guru  dalam  menterjemahkan  nilai-nilai  yang  terdapat    dalam kurikulum  melalui  pembelajaran   untuk   siswa  secara  optimal. Guru dituntut memiliki wawasan  yang berhubungan  dengan  mata  pelajaran    yang  diajarkan dan  wawasan  yang  berhubungan  dengan kependidikan      untuk   menyampaikan  isi    pelajaran    kepada  siswa.

Menurut Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W (2019) Kesulitan belajar merupakan suatu kejadian dimana peserta didik mengalami kesulitan dalam mencapai taraf kualifikasi hasil belajar tertentu berdasarkan ukuran kriteria keberhasilan seperti yang dinyatakan dalam tujuan instruksional atau tingkat perkembangannya. Adapun jenis kesulitan belajar menurut Nugraha dkk dilihat dari sifat kesulitannya, ada yang permanen dan sementara”. Mata pelajaran yang menggunakan media belajar berbasis teknologi terkadang mendatangkan kesulitan bagi peserta didik contohnya mata pelajaran komputer akuntansi yang khususnya pada bahasan MYOB Accounting. Bagi sebagian peserta didik, materi akuntansi MYOB biasanya lebih sulit karena lebih sulit dipelajari dibanding ilmu sosial lainnya, karena materi akuntansi MYOB berkaitan dengan akuntansi dan penggunaan teknologi yang membutuhkan ketelitian.

Hal tersebut dibuktikan ketika dilakukan tes formatif pada mata komputer akutansi perusahaan dagang hasil ujian menunjukkan rendahnya  tingkat penguasaan materi yang diajarkan.  Dari 24 siswa, hanya 5 orang siswa (20,83%) yang dapat mencapai penguasaan materi 85% atau mendapat nilai 80 ke atas sedangkan sisanya sebanyak 19 siswa atau 79,17% belum memenuhi kriteria ketuntasan seperti yang ditetapkan yaitu sama dengan atau di atas KKM sebesar  80 dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal 62,50  dan keaktifan belajar siswa sebesar 37,50% atau 9 siswa dari 24 siswa.

Dari pemasalahan yang muncul tersebut, menunjukkan bahwa
pembelajaran yang dilakukan kurang optimal disebabkan salah satunya oleh faktor guru. Guru sudah menggunakan keterampilan variasi yaitu, dengan
membentuk kelompok-kelompok siswa dengan tujuan untuk mengaktifkan
siswa. Tetapi, dalam pengembangannya masih kurang. Guru kurang
memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran
masih didominasi oleh guru. Dalam pembelajaran juga masih kurang optimal
dalam memanfaatkan media pembelajaran, media yang digunakan oleh guru
masih sangat sederhana. Guru kurang optimal dalam mengembangkan media
pembelajaran, dan hanya sebatas menggunakan media yang ada di kelas
tersebut atau yang disediakan oleh sekolah. Permasalahan pembelajaran juga
nampak pada aktivitas siswa, siswa hanya menerima konsep tentang suatu
topik yang diberikan guru bukan menganalisis suatu topik untuk menjadi
suatu konsep. Sehingga, pemikiran siswa dalam mengembangkan suatu
materi kurang terlatih.

Berdasarkan hasil diskusi dengan kepala sekolah dan wali kelas XI Akuntansi B, untuk memecahkan masalah pembelajaran tersebut, tim kolaborasi menetapkan alternatif tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, yang dapat mendorong aktivitas siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan keterampilan guru. Dengan penggunaan pendekatan dalam pembelajaran yang tepat akan menghidupkan pembelajaran yang ditandai dengan siswa aktif, kreatif, dan menyenangkan. Untuk memperbaiki hal tersebut perlu disusun suatu metode pembelajaran yang lebih komprehensif dan dapat mengaitkan materi teori dengan kenyataan yang ada di lingkungan sekitarnya. Maka peneliti menggunakan metode pembelajaran discovery.

Indrawati (1999) dalam Trianto (2014:165) menyatakan, bahwa
suatu pembelajaran pada umumnya akan lebih efektif bila diselenggarakan
melalui model-model pembelajaran yang termasuk rumpun pemrosesan
informasi. Hal ini dikarenakan model-model pemrosesan informasi
menekankan pada bagaimana seseorang berpikir dan bagaimana dampaknya
tehadap cara-cara mengolah informasi. Inti dari berpikir yang baik adalah
kemampuan untuk memecahkan masalah dengan didasari pada kemampuan
untuk belajar dalam situasi proses berpikir. Dengan demikian, implementasi
dari proses pembelajaran sebaiknya siswa diajarkan bagaimana belajar yang
meliputi apa yang diajarkan, bagaimana hal itu diajarkan, jenis kondisi
belajar, dan memperoleh pandangan baru. Salah satu yang temasuk dalam
model pemrosesan informasi adalah pembelajaran discovery.
Adapun sintaks dari model pembelajaran discovery learning yaitu, memberi stimulasi, mengidentifikasi masalah, pengumpulan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan.

Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model discovery learning adalah kegiatan pembelajaran untuk menemukan konsep melalui serangkaian data atau informasi (Sani, 2017:97). Model ini merupakan model pembelajaran yang menekankan peserta didik untuk aktif dan menemukan konsep pengetahuannnya melalui apa yang dilihat dan didengar (Widiasworo, 2018). Adapun keunggulan dari model pembelajaran Discovery Learning adalah Menurut (Kurniasih dan Sani, 2014) yaitu membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan, menimbulkan rasa senang terhadap siswa, memperkuat konsep dirinya, mendorong siswa berpikir dan bekerja atas inisiatif sendiri.

Dari pemaparan latar belakang tersebut di atas maka peneliti akan mengkaji melalui penelitian tindakan kelas dengan judul: “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Komputer Akutansi  Perusahaan Dagang Melalui Model Pembelajaran Discovery Pada Siswa Kelas XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... Semester 2  Tahun Pelajaran 2022/2023”.

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan keadaan tersebut peneliti meminta bantuan observer untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah sebagai berikut :

  1. Rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran dan penemuan informasi.
  2. Model pembelajaran yang diambil tidak tepat dan penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
  3. Guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif yang mengakibatkan kurangnya perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung.

C.    Rumusan Masalah

Dari  penjelasan  di  atas    terdapat  salah  satu  faktor yang  mempengaruhi  hasil  belajar  adalah  kurang  tepatnya  strategi  pembelajaran.  Maka  dari  itu, rumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut:

2.   Bagaimanakah peningkatan motivasi  belajar pada  pembelajaran komputer akutansi perusahaan dagang dengan menerapkan model pembelajaran discovery pada siswa  kelas XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023? 

3.   Bagaimanakah  peningkatan hasil  belajar    pada  pembelajaran komputer akutansi perusahaan dagang dengan menerapkan model pembelajaran discovery pada siswa  kelas XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023? 

 

 

D.    Tujuan Penelitian

Adapun tujuan yang ingin dicapai  dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.      Mengetahui  peningkatan motivasi belajar  pembelajaran komputer akutansi perusahaan dagang dengan menerapkan model pembelajaran discovery pada siswa  kelas XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

2.      Mengetahui  peningkatan hasil  belajar  pembelajaran komputer akutansi perusahaan dagang dengan menerapkan model pembelajaran discovery pada siswa  kelas XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

E.     Manfaat Penelitian

1.      Manfaat Teoritis                 

Penulisan laporan  ini  diarahkan  untuk  memberikan  sumbangan pemikiran  untuk  memperkaya    ilmu  pengetahuan  bidang  pendidikan.    Selain  itu memberikan  kontribusi  pemikiran  bagi  pembaca  sebagai bahan  acuan  untuk penelitian  lebih  lanjut  sehingga  dapat  dijadikan  referensi  bagi  penelitian  lebih lanjut.

2.      Manfaat  Praktis

a.       Manfaat bagi siswa 

Penulisan laporan ini  diharapkan  dapat  memberikan  kontribusi pemikiran  untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu dengan penggunaan model pembelajaran discovery dapat  meningkatkan  motivasi  dan hasil belajar siswa

b.      Manfaat  bagi guru

Hasil penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media buku cerita tiga dimensi sehingga dapat meningkatkan profesional guru dalam memilih dan menerapkan model dan media dalam proses pembelajaran.

 

c.       Manfaat bagi sekolah

Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi Kepala Sekolah selaku pengambil kebijakan yang nantinya kebijakan tersebut dapat memperlancar proses kegiatan pembelajaran.                                                                                           

 

Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.

Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...