– PTK/PTS/PTKp Penulisan Skripsi Tesis PKP UT: PTK KURIKULUM MERDEKA BAHASA INDONESIA KELAS IV SEMESTER 2

Friday, 17 May 2024

PTK KURIKULUM MERDEKA BAHASA INDONESIA KELAS IV SEMESTER 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR MATERI FAKTA DAN OPINI IKLAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V

SDN ........................... SEMESTER GENAP

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

Diajukan untuk Memenuhi Syarat Kenaikan Pangkat IV/a

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

...........................

NIP. ...........................

 

 

 

 

 

 

 

SDN ...........................

Jl. ……………………. Kecamatan …………………………..

Kabupaten ……………… Kode Pos ………………

2023

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)

 

 

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Materi Fakta dan opini iklan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas V SDN ........................... Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023

      b.   Bidang Ilmu                         : Bahasa Indonesia

      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran

      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas

2.   Identitas  Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ...........................

      b.   NIP                                      :  ...........................

      c.   Pangkat / Golongan             : ...........................

      d.   Jabatan                                 : Guru

      e.   Instansi                                 : SDN ...........................

      f.    Tempat Penelitian                :  SDN ...........................

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Januari 2023 s.d  bulan Maret 2023)

4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

 

 

 

                     Mengetahui                                          ..................,    Maret 2023

                  Kepala Sekolah                                                      Peneliti

 

 

 

 

            ……………………….                                        ...........................

           NIP. ………………….                                   NIP. ...........................

 

Mengetahui

Pengawas Sekolah 

 

 

 

 

………………………………

NIP. …………………

 

 

ABSTRAK

 

 

Pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN ........................... yang selama ini masih kurang memaksimalkan peran serta keterlibatan siswa. Hal ini mengakibatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaranpun kurang, dan hasil belajar siswa belum maksimal. Untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model group investigation.  Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas V SDN ........................... sebanyak 30 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 16 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ada dua macam, yaitu teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia materi fakta dan opini iklan, sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengetahui peningkatan partisipasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Group Investigation pembelajaran bahasa Indonesia materi fakta dan opini iklan dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Hal ini terindikasi dari peningkatan partisipasi belajar menunjukkan peningkatan dari 9 siswa atau 32,14% pada studi awal menjadi 20  siswa atau 71,43%  pada siklus pertama dan 26 siswa atau 92,86% pada siklus terakhir, sedangkan peningkatan hasil belajar studi awal sebesar kondisi awal sebesar 52,29  meningkat menjadi 70,36  pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 83,57 serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 7 siswa (25%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model Group Investigation pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa atau 50% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 25 siswa atau 89,29%. Dari perolehan penjelasan di atas maka  disimpulan bahwa penerapan model group investigation terbukti mampu meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V SDN ........................... pada pembelajaran bahasa Indonesia materi fakta dan opini iklan pada semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

Kata Kunci : partisipasi, hasil belajar, group investigation

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rachmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penyusunan laporan pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Materi Fakta dan Opini Iklan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas V SDN ........................... Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023 " dapat terselesaikan sesuai dengan yang diharapkan. Penyusunan laporan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan ………...

Penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan sebagai salah satu persyaratan kenaikan pangkat guru, sebagai bukti bahwa telah melaksanakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di sekolah dasar tempat peneliti melaksanakan tugas sehari-hari.

Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa laporan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat terselesaikan berkat bantuan dan berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Semoga semua kebaikan yang telah diberikan kepada peneliti mendapatkan balasan yang selayaknya dari Tuhan Yang Maha Esa.

Laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan. Semoga laporan penelitian tindakan kelas ini dapat menambah pengetahuan dan kemampuan guru secara khusus dan menambah wawasan dalam dunia pendidikan pada umumnya.

 

..................,    Maret 2023

Peneliti

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

 

BAB    II   LANDASAN TEORI

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   22

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   24

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   25

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   25

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   26

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   27

E.   Validasi Data...............................................................................   28

F.   Analisis Data................................................................................   29

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   30

H.  Indikator Keberhasilan.................................................................   33

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   34

B.  Hasil Penelitian............................................................................   47

C.  Pembahasan.................................................................................   49

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   55

B.  Saran ...........................................................................................   55

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

 

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Aktivitas Belajar Siswa...................................      29

Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif pada Kondisi Awal .................      34

Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Partisipasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal                 35

Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif  pada Siklus I...........................      38

Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Partisipasi Belajar Siswa pada Siklus Pertama                40

Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif  pada Siklus II..........................      44

Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Partisipasi Belajar Siswa Pada Siklus II             45

Tabel   4.7     Rekapitulasi Peningkatan Hasil dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada Kondisi Awal , Siklus I dan Siklus II.......................................................................................      47

Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Partisipasi belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                           48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1 Diagran Alur Kerangka Pikir....................................................      23

Gambar    3.1 Alur Penelitian Tindakan Kelas................................................      26

Gambar    4.1 Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal           .................................................................................................. 35

Gambar    4.2  Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Partisipasi belajar pada Kondisi Awal      .................................................................................................. 36

Gambar    4.3 Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus Pertama         .................................................................................................. 39

Gambar    4.4  Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Partisipasi belajar pada Siklus Pertama     .................................................................................................. 40

Gambar    4.5 Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus Kedua            .................................................................................................. 45

Gambar    4.6 Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Partisipasi belajar pada Siklus Kedua       .................................................................................................. 46

Gambar    4.7  Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      47

Gambar    4.8  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Kondisi Awal, Siklus I dan II       .................................................................................................. 48

Gambar    4.9  Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Partisipasi belajar Siswa Pada Siklus I dan II..................................................................................................      49

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran      1        Surat Ijin Penelitian

Lampiran      2        Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran      3.a     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I

Lampiran      3.b     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II

Lampiran      4.a     Daftar Nilai  Tes Hasiil Belajar Siswa (Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II)

Lampiran      4.b     Daftar Nilai Hasil Observasi Peningkatan Partisipasi Belajar (Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II)

Lampiran      5        Berkas Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran      6.       Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran      7        Daftar Hadir Siswa (Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II)

Lampiran      8        Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran

a.    Pra Siklus

b.    Siklus I Pertemuan Pertama

c.    Siklus I Pertemuan Kedua

d.   Siklus II Pertemuan Pertama

e.    Siklus II Pertemuan Kedua

Lampiran      9        Berkas Pelaksanaan Seminar PTK

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Kurikulum merupakan ruh dari pendidikan yang harus dievaluasi secara berkala agar sesuai dengan tingkat perkembangan zaman yang semakin maju (1). Kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Di mana dalam kurikulum merdeka belajar ini hal yang diprioritaskan yaitu siswa merasa senang pada saat mengikuti pembalajaran dan siswa tidak merasa terbebani dalam serangkaian kegiatan pembelajaran. Kurikukum merdeka belajar ini dirancang sedemikian rupa dengan harapan Indonesia mampu mencapai visi di tahun 2030 diantaranya, masuk dalam kategori lima negara dengan tingkat perekonomian yang tinggi, mampu mengelola hasil alam yang berkelanjutan, dan terwujudnya kualitas hidup masyarakat modern yang merata di berbagai wilayah Indonesia (Suryaman, 2020:15). Akan tetapi, kurikulum merdeka belajar yang telah tersusun rapi dan sistematis tersebut dalam pelaksanannya masih terdapat berbagai problematika di dalamnya

Peserta didik yang hidup di zaman modern seperti saat ini selain harus mampu menguasai ilmu eksakta peserta didik juga harus memiliki kemampuan dalam berbahasa khusunya bahasa Indonesia. Hal ini sejalan dengan pendapat Abidin (2012:6) “Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki peranan yang sangat penting bukan hanya untuk membina keterampilan komunikasi melainkan juga untuk kepentingan penguasaan ilmu pengetahuan”. Ruslan et al. (2017:95) mengemukakan “Communicative competence in language learning has a goal to achieve the best communication, namely by providing referrals to speak. Not only the propriety user, fluency and accuracy in their true context”.

Muatan materi mata pelajaran bahasa Indonesia yang secara keseluruhan
merupakan materi penting menjadikan guru sulit dalam membedakan materi esensial mana saja yang seharusnya diajarkan dan materi mana saja yang dapat dilewatkan. Mengingat mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang penting karena berkaitan langsung dengan pembelajaran salah satu identitas nasional bangsa Indonesia yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan (Farhurohman, 2017:25). Pengimplementasian kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia ini belum mampu berjalan dengan baik dan pelaksanaannya belum sesuai dengan pedoman dalam kurikulum merdeka belajar yang telah ditetapkan. Minimnya inovasi pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa Indonesia menambah tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi semakin sulit untuk dicapai. Dalam penulisan makalah ini akan dipaparkan berbagai tawaran inovasi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas dengan penerapan kurikulum merdeka belajar. Beberapa inovasi yang ditawarkan berpedoman pada kurikulum merdeka belajar sehingga inovasi-inovasi tersebut selain memudahkan dalam pencapaian tujuan dari proses pembelajaran akan tetapi juga menyongsong pengimplementasian kurikulum merdeka belajar yang sedang giat dilakukan pada saat ini.

Profil Pelajar Pancasila yaitu suatu bentuk usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang bertujuan membentuk karakter peserta didik di Indonesia. Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk dapat dilakukan agar siswa menerapkan dalam kehidupa sehari-hari. Dalam kurikulum merdeka melalui pembelajaran Bahasa Indonesia bisa dilakukan dengan menekankan projek solusi dari beberapa permasalahan yang terjadi dilingkungan peserta didik. Dalam hal ini, pendekatan ini sangat sesuai dengan pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum merdeka dengan struktur belajar yang lebih fleksibel untuk mengembangkan karakter siswa yang dapat berguna di lingkungan masyarakat. Kompetensi yang membentuk siswa yang akan dibangun dalam diri peserta didik dapat dilakukan dengan (a) berakhlak mulia, bertakwa, dan beriman
kepada tuhan yang maha esa dalam diri siswa; (b) mandiri; (c) kreativitas; (d) benalar kritis; (e) dan membentuk berkebinekaan secara global kepada siswa (Irawati, dkk:2022:1125).

Pada pembelajaran fakta dan opini iklan di kelas V SDN ........................... bahwa masih banyak peserta didik ketika mempelajari fakta dan opini iklan mengalami kesulitan memahami isi materi karena bahasa yang digunakan kurang dipahami serta kreativitas dan keaktifan peserta didik masih belum maksimal. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan dalam penggunaan model pembelajaran yang belum optimal, dan belum menguasai teknik yang harus dilakukan dalam upaya mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi fakta dan opini iklan.  Hasil observasi pada kegiatan pra penelitian di kelas V SDN ........................... menunjukkan hanya terdapat 7 siswa atau 25% dari 28  siswa yang dinyatakan tuntas, sedangkan sebanyak 21 siswa atau 75% dinyatakan belum tuntas dengan perolehan nilai rata-rata secara klasikal sebesar 59,29.

Mengacu pada permasalahan tersebut, peneliti merasa tergugah untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Dalam hal ini, peneliti memiliki ide untuk melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi fakta dan opini iklan  secara lebih efektif dan menyenangkan dengan memilih model pembelajaran Group Investigation. Model pembelajaran Group Investigation dalam pelaksanaannya akan membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir, pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan, peserta didik siap dengan berbagai kemungkinan mengenai soal yang akan didapatkan, dan peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran mengidentifikasi dan menyimpulkan isi fakta dan opini iklan .

Pada dasarnya, Group Investigation merupakan varian dari diskusi kelompok. Tujuan dari Group Investigation adalah memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain untuk meningkatkan kerjasama siswa. Penerapan model pembelajaran group Investigation dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena pelajaran bahasa Indonesia yang membutuhkan pemahaman tentang konsep-konsep yang mendasar. Penerapan konsep-konsep yang mendasar dibutuhkan langkah-langkah pembelajaran yang optimal, sehingga diharapkan model group Investigation siswa diharuskan untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun dalam ketrampilan proses kelompok (group process skills).

Melalui model group Investigation siswa mengalami sendiri usaha pada penemuan sesuatu, misalnya mengapa kita perlu menjaga lingkungan. Siswa memperoleh pengertian dan pemahaman lebih  mendalam tentang materi dalam pelajaran bahasa Indonesia dan yang telah dipelajari akan tetap melekat padanya. Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang penerapan model pembelajaran kooperatif group Investigation sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi fakta dan opini iklan , dengan formulasi judul penelitian yaitu: “Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Materi Fakta dan opini iklan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas V SDN ........................... Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023”.

B.  Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, dapat diidentifikasi beberapa masalah yaitu;

1.    Proses pembelajaran menerapkan paradigma lama, yaitu guru merupakan pusat kegiatan belajar di kelas (teacher centered), yang akibatnya siswa menjadi kurang aktif.

2.    Penggunaan model dan metode pembelajaran yang kurang bervariatif menyebabkan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa Indonesia.

3.    Perilaku siswa kelas V selama pembelajaran menunjukkan pada rendahnya partisipasi siswa dalam belajar.

C.  Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “

1.    Bagaimana peningkatan partisipasi  siswa pada mata  pelajaran bahasa Indonesia materi fakta dan opini iklan  siswa kelas V SDN ........................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran group Investigation?

2.    Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata  pelajaran bahasa Indonesia materi fakta dan opini iklan  siswa kelas V SDN ........................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran group Investigation?

D.  Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari  pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk:

1.    Mengetahui peningkatan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi fakta dan opini iklan  melalui penerapan model pembelajaran group Investigation di kelas V SDN ........................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

2.    Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi fakta dan opini iklan  melalui penerapan model pembelajaran group Investigation di kelas V SDN ........................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

E.  Manfaat Penelitian

Hasil penelitian tindakan ini dapat bermanfaat bagi;

1.    Manfaat Teoretis

Jika penelitian tindakan kelas ini terbukti bahwa dengan menggunakan model pembelajaran group Investigation pembelajaran mampu meningkatkan kualitas atau hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia. Berarti hasil penelitian ini dapat dijadikan landasan teori untuk kegiatan-kegiatan penelitian selanjutnya. Selebihnya penelitian ini juga akan bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan alam dan menambah khasanah bagi dunia pendidikan.

2.    Manfaat Praktis

a.    Guru

1)   Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia

2)   Meningkatkan kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia

3)   Dengan menggunakan model pembelajaran group Investigation pembelajaran guru dapat meningkatkan pemahaman siswa pada saat pembelajaran bahasa Indonesia.

b.    Siswa

1)   Sebagai masukkan kepada siswa untuk meningkatkan kegiatan belajarnya, mengoptimalkan kompetensi berfikir positif dalam mengembangkan dirinya di tengah-tengah lingkungan dalam meraih keberhasilan belajar.

2)   Siswa lebih aktif, inovatif, kretif dan terampil dalam pembelajaran bahasa Indonesia

3)   Siswa lebih termotivasi dan berminat dalam mengikuti proses pembelajaran.

c.    Sekolah

Memberikan masukan kepada lembaga pendidikan dasar atau sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi dan media pembelajaran yang inovatif, kreatif dan beragam, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

 

 

 Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan DOWNLOAD.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Postingan Terpopoler

PTKP PENGAWAS MTs

Loggo               LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KEPENGAWASAN         UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GUR...