LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
TIK MATERI FUNGSI MENU DAN IKON APLIKASI PEMBUAT GRAFIS MENGGUNAKAN MODEL GROUP
INVESTIGATION SISWA
KELAS XII IPA 1 SMAN 1 ....................... SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Diajukan untuk
Memenuhi Syarat Kenaikan Pangkat
Unsur Pengembangan Profesi Guru
........................
NIP. ........................
SMAN 1 .......................
Alamat : ..............................................................................................
Kabupaten .......................
Provinsi .......................
2016
LEMBAR PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : Upaya
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar TIK Materi Fungsi Menu dan Ikon
Aplikasi Pembuat Grafis menggunakan Model Group Investigation Siswa Kelas XII IPA 1 SMAN 1 ....................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017
b.
Bidang Ilmu : TIK
c.
Kategori Penelitian : Teknik
Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Kelas
2. Identitas
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ........................
b.
NIP : ........................
c. Pangkat / Golongan : ........................
d. Jabatan :
Guru TIK
e. Instansi :
SMAN 1 .......................
f.
Tempat Penelitian : SMAN
1 .......................
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Juli 2016
s.d bulan September 2016)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
Mengetahui .......................,
September 2016
Kepala Sekolah Peneliti
……………………. ........................
NIP…………………… NIP. ........................
Mengetahui/Mengesahkan
Pengawas Sekolah
………………………
NIP. …………………..
ABSTRAK
ABSTRAK
Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi
dan hasil belajar siswa mata pelajaran TIK materi Fungsi menu dan ikon aplikasi pembuat
grafis melalui model Group investigation. Jenis penelitian adalah
penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada
masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah
siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 ....................... yang berjumlah 21
siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan ada dua macam, yaitu teknik tes dan nontes
(observasi dan dokumentasi). Analisis data dengan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi, hasil dan ketuntasan belajar
siswa. Peningkatan motivasi belajar dibuktikan dari 8 siswa atau 38,10% pada studi awal menjadi 15 siswa atau
71,43% pada siklus pertama dan 21 siswa atau 100% pada siklus terakhir. Peningkatan hasil dan ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal sebesar 58,57 meningkat menjadi 67,37
pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 73,33 serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan
awal sebanyak 5 siswa (23,81%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model Group
Investigasi pada
siklus I meningkat menjadi 11 siswa atau 52,38% dan pada siklus II meningkat
kembali menjadi 19 siswa atau 90,48% Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Group
investigation efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar TIK
materi materi Fungsi menu dan ikon aplikasi pembuat grafis pada siswa Kelas XII IPA 1 SMAN 1 .......................
Semester 1 tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, group
investigation
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang
Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini
dapat selesai dengan baik. Laporan
Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi salah satu syarat pada penilaian angka kredit unsur
Pengembangan Profesi Guru untuk kenaikan pangkat dari golongan III/b ke
III/c.
Dalam penulisan PTK ini peneliti menentukan judul yaitu ” Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa pada Pembelajaran TIK
Materi Fungsi menu dan ikon aplikasi pembuat grafis melalui Model Group Investigation di Kelas XII IPA
1 SMAN 1 ....................... Semester
1 Tahun Pelajaran 2016/2017” Dalam
penyusunan laporan penelitian tindakan kelas
ini peneliti banyak
mendapat bantuan dari berbagai pihak.
Akhirnya peneliti mohon
saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan
peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap
perkembangan peningkatan sumber daya manusia.
......................., September 2016
Peneliti
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .............................................................. 1
B. Identifikasi Masalah .................................................................... 5
C. Rumusan Masalah ....................................................................... 5
D. Tujuan Penelitian ......................................................................... 6
E. Manfaat Penelitian ...................................................................... 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian
Teori................................................................................. 8
B. Kerangka
Pikir Penelitian............................................................ 24
C. Hipotesis
Tindakan...................................................................... 26
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian......................................................................... 27
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 27
C. Subjek Penelitian.......................................................................... 30
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ........................................... 30
E. Validasi Data............................................................................... 32
F. Analisis Data................................................................................ 32
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 33
H. Indikator dan Kriteria Keberhasilan ........................................... 37
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
Data............................................................................. 38
B. Hasil
Penelitian............................................................................ 52
C. Pembahasan................................................................................. 55
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ..................................................................................... 62
B. Saran ........................................................................................... 63
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 4.1 Rekapitulasi
Hasil Tes Formatif pada Kondisi Awal ................. 39
Tabel 4.2 Rekapitulasi
Hasil Observasi Partisipasi belajar Siswa pada Kondisi Awal 40
Tabel 4.3 Data
Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Siklus I............... 43
Tabel 4.4 Rekapitulasi
Hasil Observasi Partisipasi belajar Siswa pada Siklus Pertama 44
Tabel 4.5 Data
Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Siklus II.............. 49
Tabel 4.6 Hasil
Observasi Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Siklus II 50
Tabel 4.7 Rekapan
Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal
Awal sampai dengan Siklus II..................................................... 52
Awal sampai dengan Siklus II..................................................... 52
Tabel 4.8 Rekapitulasi
Peningkatan Partisipasi belajar Siswa pada Studi Awal, Siklus I dan Siklus II ..................................................................................................... 54
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 2.1 Diagran
Alur Kerangka Pikir................................................... 26
Gambar 3.1 Alur
Penelitian Tindakan Kelas.............................................. 28
Gambar 4.1 Ketuntasan
Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal ............................................................................................... 39
Gambar 4.2 Ketuntasan
Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Partisipasi belajar pada Kondisi Awal ............................................................................................... 40
Gambar 4.3 Ketuntasan
Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus Pertama ............................................................................................... 44
Gambar 4.4 Ketuntasan
Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Partisipasi belajar pada Siklus Pertama ............................................................................................... 45
Gambar 4.5 Ketuntasan
Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus Kedua ............................................................................................... 51
Gambar 4.6 Ketuntasan
Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Partisipasi belajar pada Siklus Kedua ............................................................................................... 52
Gambar 4.7 Grafik
Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II 53
Gambar 4.8 Grafik
Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Partisipasi belajar Siswa Pada Siklus I
dan II............................................................................................... 54
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran 1 : Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 : Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus I
Lampiran 4 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus II
Lampiran 5 : Instrumen Pengumpulan Data
a.
LKS dan Lembar Tes Formatif Siklus I dan II
b.
Lembar Penilaian Peningkatan Motivasi Siswa Dalam
Kegiatan Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 6 : Analisis Data Hasil Penelitian
a.
Data Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan
Siklus II
b.
Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam
Kegiatan Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 7 : Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 8 : Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I
dan Siklus II
Lampiran 9 : Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal,
Siklus I dan Siklus II
Lampiran 10 : Dokumen Pelaksanaan Seminar Penelitian
Tindakan Kelas
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.