LAPORAN HASIL
PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN
KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI
MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POSTER PESERTA DIDIK KELOMPOK B.1 TK AISYIYAH .......................
SEMESTER
1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Diajukan
untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan
Pangkat
Dari Golongan III/b ke III/c
Oleh
.......................
NIP. .......................
TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH .......................
Kecamatan ……………………….
Kabupaten .......................
2018
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
Peningkatan
Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini
Melalui Penggunaan Media Poster Peserta Didik Kelompok B.1 Taman Kanak-Kanak
Aisyiyah .......................
Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kecamatan
f. Kabupaten/Kota
g. Provinsi
h. Alamat Kantor
|
.......................
.......................
Penata Muda TK. I / III/b
TK Aisyiyah .......................
Amuntai Tengah
Hulu Sungai Utara
..............................................................
..............................................................
..............................................................
..............................................................
..............................................................
|
3.
|
Lama Penelitian
|
3 bulan
(September s.d November 2018)
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
Mengetahui .....................,
12 November 2018
Kepala TK Aisyiyah ....................... Peneliti
…………………………. .....................
NIP.
-……………….. NIP. .......................
Mengesahkan
Pengawas Taman Kanak-Kanak
……………………..
NIP. …………………….
ABSTRAK
Proses pembelajaran yang dilaksanakan mempunyai permasalahan
awal yang muncul pada proses pembelajaran yaitu rendahnya keterampilan berbicara pada siswa TK Aisyiyah
....................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 . Upaya
yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan penggunaan media poster pada pelaksanaan pembelajaran. Tujuan adalah untuk
meningkatkan keterampilan
berbicara pada siswa TK Aisyiyah ....................... Semester
1Tahun Pelajaran 2018/2019 melalui penggunaan media poster. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa TK Aisyiyah ....................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 15 siswa. Adapun proses pengumpulan
data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
kritis komparatif yang mencakup kegiatan untuk
mengungkap kelemahan atau kekurangan dan kelebihan siswa maupun guru dalam
proses belajar mengajar berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Peningkatan keterampilan berbicara dari 20%
atau 3 siswa
pada kondisi awal menjadi, 53,33% atau 8 siswa pada pelaksanaan
pembelajaran siklus pertama, dan meningkat menjadi 86,67% atau 13 siswa dari 15 siswa pada akhir siklus kedua,
maka dapat
disimpulkan bahwa upaya perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak
dengan penggunaan media poster terbukti efektif dan mampu meningkatkan keterampilan berbicara
siswa siswa di Kelompok B.1 TK Aisyiyah .......................
Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 karena pada akhir pelaksanaan siklus kedua, semua kriteria keberhasil
pembelajaran telah tercapai sehingga proses perbaikan pembelajaran dinyatakan
berhasil dan selesai pada siklus kedua. Kesimpulan akhir bahwa penggunaan
media poster dapat
meningkatkan meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa TK Aisyiyah .......................
Semester 1 Tahun
Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci : peningkatan,
keterampilan berbicara, media poster
KATA PENGANTAR
Segala puja dan puji syukur senantiasa saya panjatkan kepada Allah SWT.
Tuhan Yang Maha Esa pengayom segenap alam yang telah memberikan rahmat serta
hidayah-Nya sehingga dalam penulisan karya ilmiah ini saya tidak mengalami
kendala yang berarti hingga terselesaikannya karya ilmiah yang saya beri judul
“Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media
Poster Peserta Didik Kelompok B.1 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah ....................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019”
Penelitian
ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ……….
Ke golongan …...Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah
membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1. ............................................................................................
2. ............................................................................................
3. ............................................................................................
4. ......................,
selaku Kepala Aisyiyah ....................... beserta Dewan Guru yang telah menyediakan
sarana prasarana selama penelitian
5. Teman Sejawat yang telah
membantu dalam penelitian dari awal sampai dengan selesai dan semua
pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih jauh dari
sempurna, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya
membangun guna sempurnanya makalah ini. Penulis berharap semoga makalah ini
dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya..
........................, November 2018
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN.............................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.........................................................
1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 4
C. Rumusan Masalah .................................................................. 4
E. Tujuan Penelitian.................................................................... 5
F. Manfaat Penelitian.................................................................. 5
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 6
B. Kerangka Berpikir ................................................................. 22
D. Hipotesis Tindakan ................................................................ 23
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting
Penelitian .................................................................. 24
B. Metode dan Rancangan
Penelitian......................................... 25
C. Subjek Penelitian ................................................................... 28
D. Teknik dan Alat
Pengumpulan Data ..................................... 28
E. Validasi Data.......................................................................... 29
F. Teknik Analisis Data.............................................................. 30
G. Prosedur Penelitian ................................................................ 32
H. Indikator Keberhasilan .......................................................... 35
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data ....................................................................... 37
B. Hasil Penelitian ...................................................................... 49
C. Pembahasan............................................................................ 55
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ............................................................................ 58
B. Saran....................................................................................... 58
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
3.1 Kriteria
Ketuntasan Penilaian Kemampuan Siswa dalam Berbicara....... 32
4.1 Hasil
Observasi Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa pada Siklus I 50
4.2 Hasil
Observasi Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa pada Siklus II 53
4.3 Rekapitulasi
Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Media poster 54
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
2.1 Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas........................................ 23
3.1 Model Penelitian Tindakan Kelas............................................................ 25
4.1 Diagram Batang Rekapitulasi Peningkatan
Kemampuan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Media poster
pada Siklus I ................................................................................ 51
4.2 Diagram Batang Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berbicara
Siswa dengan Menggunakan Media poster pada Siklus II ............................................................................... 54
4.3 Diagram Batang Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berbicara
Siswa dengan Menggunakan Media poster pada Kondisi Awal, Siklus I dan
Siklus II.................................. 56
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN Halaman
====================
disesuaikan=========================
Surat Ijin Penelitian
Jurnal Kegiatan Penelitian
Kondisi Awal
1.a. Data Proses Pembelajaran Kondisi Awal ...............................................
1.b Data
Hasil Belajar Kondisi Awal ...........................................................
Data Siklus 1
2.a Daftar
Hadir Siswa .................................................................................
2.b Rekapitulasi Peningkatan
Kemampuan Siklus I......................................
2.c SKH.........................................................................................................
2.d Contoh
Rekapitulasi Hasil Observasi Proses Pembelajaran ....................
2.e Rekapitulasi
Observasi Proses Pembelajaran...........................................
Data Siklus 2
3.a Daftar
Hadir Siswa .................................................................................
3.b Rekapitulasi Peningkatan
Kemampuan Siklus II.....................................
3.c SKH.........................................................................................................
3.d Contoh
Rekapitulasi Hasil Observasi Proses Pembelajaran ....................
3.e Rekapitulasi
Observasi Proses Pembelajaran...........................................
4 Dokumentasi Pembelajaran Kegiatan
Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.