– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): PTK GURU TAMAN KANAK-KANAK

Saturday 18 April 2020

PTK GURU TAMAN KANAK-KANAK













LAPORAN HASIL
 PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA  ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POSTER PESERTA DIDIK KELOMPOK B.1 TK AISYIYAH ....................... 
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019






Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat

Dari Golongan III/b ke III/c








Oleh

.......................
NIP. .......................





TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH .......................
Kecamatan ………………………. Kabupaten .......................
2018

LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Peningkatan Kemampuan Berbicara  Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Poster Peserta Didik Kelompok B.1 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah .......................   Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kecamatan
f.    Kabupaten/Kota
g.   Provinsi
h.   Alamat Kantor


.......................
.......................
Penata Muda TK. I / III/b
TK Aisyiyah .......................
Amuntai Tengah
Hulu Sungai Utara
..............................................................
..............................................................
..............................................................
..............................................................
..............................................................

3.
Lama Penelitian
3 bulan (September s.d November 2018)
4.
Sumber Dana
Swadaya


                        Mengetahui                                        ....................., 12 November 2018
    Kepala TK  Aisyiyah .......................                                         Peneliti




             ………………………….                                             .....................
               NIP. -………………..                                          NIP. .......................           

Mengesahkan
Pengawas Taman Kanak-Kanak




……………………..
NIP. …………………….


ABSTRAK


Proses pembelajaran yang dilaksanakan mempunyai permasalahan awal yang muncul pada proses pembelajaran yaitu rendahnya keterampilan berbicara pada siswa TK Aisyiyah .......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 . Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan penggunaan media poster  pada pelaksanaan pembelajaran. Tujuan adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa TK Aisyiyah .......................  Semester 1Tahun Pelajaran 2018/2019  melalui penggunaan media poster. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa TK Aisyiyah ....................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019  berjumlah 15 siswa. Adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kritis komparatif yang mencakup kegiatan untuk mengungkap kelemahan atau kekurangan dan kelebihan siswa maupun guru dalam proses belajar mengajar berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan keterampilan berbicara dari 20% atau 3 siswa  pada kondisi awal menjadi, 53,33% atau 8 siswa pada pelaksanaan pembelajaran siklus pertama, dan meningkat menjadi 86,67% atau 13 siswa  dari 15 siswa pada akhir siklus kedua, maka dapat disimpulkan bahwa upaya perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak dengan penggunaan media poster terbukti efektif dan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa siswa di Kelompok B.1 TK Aisyiyah ....................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 karena pada akhir pelaksanaan siklus kedua, semua kriteria keberhasil pembelajaran telah tercapai sehingga proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan selesai pada siklus kedua. Kesimpulan akhir bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa TK Aisyiyah .......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci : peningkatan, keterampilan berbicara, media poster














KATA PENGANTAR



Segala puja dan puji syukur senantiasa saya panjatkan kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa pengayom segenap alam yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga dalam penulisan karya ilmiah ini saya tidak mengalami kendala yang berarti hingga terselesaikannya karya ilmiah yang saya beri judul “Peningkatan Kemampuan Berbicara  Anak Usia Dini Melalui Penggunaan Media Poster Peserta Didik Kelompok B.1 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah .......................   Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.      ............................................................................................
2.      ............................................................................................
3.      ............................................................................................
4.      ......................, selaku Kepala Aisyiyah .......................  beserta Dewan Guru yang telah menyediakan sarana prasarana selama penelitian
5.      Teman Sejawat yang telah membantu dalam penelitian dari awal sampai dengan selesai dan semua pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa dalam menyusun makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna sempurnanya makalah ini. Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya..
                                                                                                     
                                                                           ........................,    November 2018

                                                                                                 Penulis






DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................        i
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN..............................................       ii
ABSTRAK.........................................................................................................      iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................      iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................       v
DAFTAR TABEL..............................................................................................      vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................      1
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................       4
C.   Rumusan Masalah ..................................................................       4
E.   Tujuan Penelitian....................................................................       5
F.   Manfaat Penelitian..................................................................       5
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................       6
B.   Kerangka Berpikir .................................................................     22
D.  Hipotesis Tindakan ................................................................     23
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.  Setting  Penelitian ..................................................................     24
B.   Metode dan Rancangan Penelitian.........................................     25
C.   Subjek Penelitian ...................................................................     28
D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data .....................................     28
E.   Validasi Data..........................................................................     29
F.   Teknik Analisis Data..............................................................     30
G.  Prosedur Penelitian ................................................................     32
H.  Indikator Keberhasilan ..........................................................     35

BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data .......................................................................     37
B.   Hasil Penelitian ......................................................................     49
C.   Pembahasan............................................................................     55
BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................     58
B.   Saran.......................................................................................     58

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman
        
3.1    Kriteria Ketuntasan Penilaian Kemampuan Siswa dalam Berbicara.......      32
4.1    Hasil Observasi Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa pada Siklus I                   50
4.2    Hasil Observasi Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa pada Siklus II                  53
4.3    Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Media poster                       54





















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


2.1    Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas........................................      23
3.1    Model Penelitian Tindakan Kelas............................................................      25
4.1    Diagram Batang Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Media poster pada Siklus I ................................................................................      51
4.2    Diagram Batang Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Media poster pada Siklus II ...............................................................................      54
4.3    Diagram Batang Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Media poster pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus  II..................................      56





















DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                              Halaman

==================== disesuaikan=========================
Surat Ijin Penelitian
Jurnal Kegiatan Penelitian
Kondisi Awal
1.a.   Data Proses Pembelajaran Kondisi Awal ...............................................         
1.b    Data Hasil Belajar Kondisi Awal ...........................................................         
Data Siklus 1
2.a    Daftar Hadir Siswa .................................................................................         
2.b    Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Siklus I......................................         
2.c    SKH.........................................................................................................         
2.d    Contoh Rekapitulasi Hasil Observasi Proses Pembelajaran ....................         
2.e    Rekapitulasi Observasi Proses Pembelajaran...........................................         
Data Siklus 2
3.a    Daftar Hadir Siswa .................................................................................         
3.b    Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Siklus II.....................................         
3.c    SKH.........................................................................................................         
3.d    Contoh Rekapitulasi Hasil Observasi Proses Pembelajaran ....................         
3.e    Rekapitulasi Observasi Proses Pembelajaran...........................................         
4    Dokumentasi Pembelajaran Kegiatan                                                               
 






Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.

Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...