– PTK/PTS/PTKp Penulisan Skripsi Tesis PKP UT: PTK KIMIA SMA

Tuesday, 17 November 2015

PTK KIMIA SMA



LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS



PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI KELAS X
SMAN 1 .................




Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan ...... ke ......








Oleh

..........................................
NIP. ..............................








DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ...............................
SMAN 1 .................
Jl. ..............................................................
201...

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Di Kelas X SMAN 1 .................
      b.   Bidang Ilmu                         : Kimia
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMAN 1 .................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMAN 1 .................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti





                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah
                                  



………………….
NIP.……………………..

KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 1 ................. dengan lancar. Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ke …….
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ,…………….  atas Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Pengawas SMA Dinas Pendidikan Kabupaten  …………. , atas Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung
3.      Kepala sekolah SMAN 1 ................. yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMAN 1 ................. yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Peneliti




DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................     iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................      v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    vii
ABSTRAK.........................................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah.........................................................       
B.       Rumusan Masalah .................................................................       
C.       Batasan Masalah ....................................................................       
D.      Tujuan Penelitian ...................................................................       
E.       Manfaat Penelitian ................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Setting Penelitian...................................................................       
B.       Data dan Sumber Data...........................................................       
C.       Teknik Pengumpulan Data ....................................................       
D.      Teknik Analisa Data ..............................................................       
E.       Rancangan Penelitian.............................................................       
F.        Indikator Kinerja ...................................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian.......................................................................
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN







DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Pengamatan Kreativitas Siswa..............
TAbel  3.2     Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal
Tabel   4.2     Rekapitulasi  Hasil Observasi Keaktifan Siswa pada Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal                                                                                                        
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran kimia pada  Siklus I
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran kimia Materi Reaksi redoks Pada  Siklus I...................................................................
Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran kimia  pada   Siklus II
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran kimia Materi Reaksi redoks  Siklus II
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus I dan Siklus II
                    



















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar  2.1     Kerangka Pemikiran Penerapan Model Koopertif Tipe TGT (Team Games Tournament) Dengan Pendekatan Saintifik.................................................................
Gambar  3.1     Spiral Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis & Mc Taggart (Pardjono dkk, 2007: 22) 
Gambar  4.1     Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II         
Gambar  4.2     Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II       
Gambar  4.3     Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II        



























DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                              

Lampiran   1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     Surat Pernyataan Kesediaan menjadi Observer
Lampiran   3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   5     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   6     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     Daftar Nilai Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   8     Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II






                  







ABSTRAK


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik di kelas X SMAN 1 .................. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh kelas X SMAN 1 ................. tahun ajaran 201../201.. yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes, yang terdiri dari posttest dan lembar observasi. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu nilai rata-rata, persentase daya serap, ketuntasan belajar, dan rata-rata skor observer. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.
Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) yang divariasikan dengan mengerjakan lembar kerja dalam pembelajaran mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dari 45% (9 siswa) pada kondisi awal, meningkat menjadi 13 siswa (65%) pada siklus pertama dan  pada akhir pelaksanaan pembelajaran siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 100%. kerja sama antar kelompok dalam diskusi mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran sehingga dapat  meningkatkan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar yang terus meningkat.  Hal ini dibuktikan dengan peningkatan  perolehan nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 58,00 meningkat menjadi 63,00 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,50 dengan tingkat ketuntasan belajar dari 4 siswa (20) menjadi 9 siswa (45%) dan 19 siswa (95%) pada siklus kedua.



 Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Tipe Team Games Tournament


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memegang peranan yang penting dalam proses peningkatan sumber daya manusia. IPA berkaitan dengan cara mencari tahu tentang gejala alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsepkonsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di kehidupan sehari-hari (Depdiknas, 2003). Kimia merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam yang mempelajari tentang sifat, struktur materi, komposisi, perubahan materi serta energi yang menyertai perubahan materi secara umum yang diperoleh melalui hasil eksperimen dan penalaran. Secara umum pengajaran kimia bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan intelektual dan psikomotor dalam bidang kimia yang dilandasi oleh sikap ilmiah, sehingga mampu mengikuti perkembangan IPTEK (Depdiknas, 2003). Selama ini proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masih berpusat pada guru. Proses pembelajaran yang berpusat pada guru ini akan membuat siswa hanya sebagai penerima informasi dan guru pemberi informasi sehingga proses pembelajaran bersifat pasif karena siswa hanya mendapatkan pengetahuan dari gurunya saja. Proses pembelajaran yang terpusat pada guru akan memberikan dampak negatif pada siswa diantaranya siswa menjadi pasif, siswa menjadi kurang kreatif dan jika mengandalkan penjelasan dari guru saja, maka informasi yang akan diterima sangat terbatas dan sedikit. (Wena, 2009)
Berdasarkan observasi dan pelaksanaan kegiatan pra-siklus di kelas X SMAN 1 ................. diperoleh hasil yang cukup memprihatikan, di mana dari 20 siswa hanya terdapat 4 siswa atau 20% yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (70), yaitu dengan nilai rata-rata 58,00 dehingga dapat disimpulkan bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar kimia. Berdasarkan observasi, ada beberapa permasalahan yang dialami siswa pada proses pembelajaran kimia berlangsung yaitu masih ada siswa yang kurang berminat untuk mengikuti pelajaran kimia, media atau buku penunjang sangat terbatas, dan banyak siswa hanya mencatat apa yang telah dicatat guru di papan tulis. Dari penjelasan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kimia kelas X SMAN 1 ................. masih rendah pada pokok bahasan redoks. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, peneliti dan guru akan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran redoks.
Guru merupakan komponen penting dari tenaga kependidikan yang memiliki tugas untuk melaksanakan proses pembelajaran. Seorang guru diharapkan paham tentang strategi pembelajaran. Penggunaan strategi dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan untuk mempermudah proses pembelajaran agar dapat mencapai hasil yang optimal. Tanpa strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sulit tercapai secara optimal. Selain itu, proses pembelajaran tidak dapat berlangsung secara efektif dan efisien tanpa penerapan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran tertentu dapat diterapkan pada setiap pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran yang diharapkan (Wena, 2009 : 2 -3). Upaya untuk meningkatkan hal tersebut tidak mudah untuk dicapai secara maksimal, karena banyak faktor yang berpengaruh terhadap kemauan siswa untuk belajar, antara lain inisiatif, kepercayaan diri, tanggung jawab, dan evaluasi diri sendiri.
Hal yang seharusnya dilakukan adalah meningkatkan keikutsertaan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat kegiatan pembelajaran lebih bermakna (Wena, 2009: 188 -189). Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guna meningkatkan keikutsertaan siswa secara aktif dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada para siswa melaksanakan kegiatan belajar bersama dengan kelompok kecil (antara 4 sampai 6 orang). Dalam pembelajaran kooperatif masing-masing siswa anggota kelompok bertanggung jawab terhadap keberhasilan diri dan anggotanya. Mereka harus saling membantu melaksanakan tugas yang diberikan kepada kelompoknya, sehingga setiap anggota kelompok mencapai potensi optimal yang mungkin diraihnya (Huda, 2012). Teams Games Turnament (TGT) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan adanya kerjasama antar anggota kelompok untuk mencapai tujuan belajar. Aktivitas belajar dengan permainan dan turnamen yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif model TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Hal ini tentu akan memotivasi siswa dalam belajar sehingga berpengaruh juga terhadap prestasi belajar siswa (Harmianto dkk, 2013).
Pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki oleh guru maupun siswa merupakan pengalaman yang satu sama lain saling melengkapi. Dengan demikian ada proses sharing (bertukar pikiran) yang memberi kesempatan yang luas bagi peserta didik untuk saling berinteraksi dekat hubungan personalnya dan saling bekerja sama dengan siswa lain. Berdasarkan uraian diatas peneliti tertarik untuk melakuan penelitian dengan judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Di Kelas X SMAN 1 .................”.
B.  Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah :
1.    Apakah pembelajaran kimia dengan menerapkan model Kooperatif tipe
Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas X SMAN 1 .................?
2.    Apakah pembelajaran kimia dengan menerapkan model Kooperatif tipe
Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran hasil di kelas X SMAN 1 .................?
C.  Batasan Masalah
Dalam penelitian ini, masalah dibatasi agar pembahasan tidak terlalu luas di antaranya beberapa hal sebagai berikut.
1.    Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 ................. Semester genap tahun ajaran 2013/2014
2.    Hasil belajar siswa dilihat dari hasil belajar kognitif berupa nilai test
3.    Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah reaksi reduksi-oksidasi
4.    Aktivitas siswa dilihat pada proses belajar mengajar dan kegiatan pemecahan masalah ketika proses belajar mengajar berlangsung dengan melakukan observasi
D.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah :
1.    Untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada pembelajaran kimia dengan menerapkan model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik di kelas X SMAN 1 .................
2.    Untuk meningkatkan hasil aktivitas siswa pada proses pembelajaran kimia dengan menerapkan model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik di kelas X  SMAN 1 ..................
E.  Manfaat Penelitian
Hasil  pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan manfaat :
1.    Bagi Siswa
a.    Dapat meningkatkan hasil belajar siswa
b.    Siswa lebih termotivasi untuk belajar kimia serta dapat meningkatkan keaktifan dalam belajar
2.    Bagi Guru
Manfaat yang diperoleh oleh guru adalah memberikan alternatif model yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran kimia serta meningkatkan hasil belajar siswa.

3.    Bagi Sekolah
Sebagai salah satu peluang pengenalan model pembelajaran yang bisa diterapkan di sekolah untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan output yang berkualitas.
4.    Bagi Peneliti
Diharapkan dapat menjadi bekal pengetahuan setelah menjadi tenaga pengajar dan dapat menerapkannya dengan baik dalam proses belajar mengajar.


DAFTAR PUSTAKA

A’la, Miftahul. 2010. Quantum Teaching. Yogyakarta : Diva Press
Arikunto, Suharsini. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara Arikunto, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Kurikulum Kimia 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Kimia SMA dan MA. Jakarta : Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Fauziah, Resti. 2013. Pembelajaran saintifik elektronika dasar Berorientasi
pembelajaran berbasis masalah.
http://jurnal.upi.edu/file/06.
 Harmianto, dkk. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif Dan Efektif. Bandung: Alfabeta
Husamah dan Setyaningrum. 2013. Desain Sistem Pembelajaran Berbasis
Pencapaian Kompetensi. Jakarta : Prestasi Pustaka
Irianto, Agus. 2010. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta : Kencana
Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan
Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara
Purba, Michael. 2008. Kimia Untuk SMA Kelas X Semester 2. Jakarta : Erlangga
Purwanto, Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme
Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
 Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Sitiatava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta : DIVA Press
Sudjana. Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Masmedia Buana Pustaka
Uny. 2003. Tinjauan tentang Hasil Belajar.http://eprints.uny.ac.id/7761/3/bab%
202%20-%2008108244003.pdf.
Wardhani. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Willian, Nancy. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
(Team Games Tournament) Modifikasi Pada Mata Pelajaran Kimia
Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa.
http://riset.umrah.ac.Id/wp-content/uploads/2013/10/
 


Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.



Postingan Terpopoler

PTKP PENGAWAS MTs

Loggo               LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KEPENGAWASAN         UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GUR...