– PTK/PTS/PTKp Penulisan Skripsi Tesis PKP UT: PTK MAPEL KIMIA SMA

Tuesday, 17 November 2015

PTK MAPEL KIMIA SMA











LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI STRUKTUR DAN TATA NAMA SENYAWA KARBON DI
SMA NEGERI 1 ................





Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan ...... ke ......








Oleh

..........................................
NIP. ..............................







DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ...............................
SMAN 1 ................
Jl. ..............................................................
201...

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon di SMA Negeri 1 ................
      b.   Bidang Ilmu                         : Kimia
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMAN 1 ................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMAN 1 ................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti





                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah
                                  


………………….
NIP.……………………..

KATA PENGANTAR



Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon di SMA Negeri 1 ................”. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ,…………….  atas Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Pengawas SMA Dinas Pendidikan Kabupaten  …………. , atas saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung
3.      Kepala sekolah SMAN 1 ................ yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMAN 1 ................ yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Peneliti



DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................     iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................      v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    vii
ABSTRAK.........................................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah.........................................................       
B.       Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.       Batasan  Masalah ...................................................................       
D.      Perumusan Masalah ...............................................................       
E.       Tujuan Penelitian ...................................................................       
F.        Kegunaan Hasil Penelitian ....................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Setting Penelitian...................................................................       
B.       Desain Prosedur  Penelitian ...................................................       
C.       TEknik Pengumpulan Data....................................................       
D.      Teknik Analisa Data ..............................................................       
E.       Indikator Keberhasilan...........................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN







DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa......................         
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif pada Kondisi Awal..................         
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi Awal         
Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I                    
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif pada Siklus Pertama  ...............         
Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus II                  
Tabel   4.6     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Siklus II..............
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II  
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I dan Siklus II
                    





















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar  2.1     Diagram Kerangka Pikir Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas                 
Gambar  4.1     Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                     
Gambar  4.2     Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II       
Gambar  4.3     Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II          

                       



























DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                              

Lampiran   1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     Surat Pernyataan Kesediaan menjadi Observer
Lampiran   3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   5     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   6     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     Daftar Nilai Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   8     Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II





                  











ABSTRAK


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................


Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia yang tepat, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan pada mata pelajaran Kimia di SMAN 1 ................ Tahun Pelajaran 201../201.., (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia pada mata pelajaran Kimia di SMAN 1 ................ Tahun Pelajaran 201../201..,, (3) Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Kimia di SMAN 1 ................ Tahun Pelajaran 201../201..,. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 ................ Tahun Pelajaran 201../201..,. Metode penelitian adalah metode inkuiri berbantuan multimedia,
Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan : Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, yaitu siswa tuntas dilihat dari aktivitas belajar sebanyak 8 siswa atau 40% dari 24 siswa meningkat menjadi sebanyak 13 siswa atau 65% dari 24 siswa pada siklus I  dan sebanyak 19 siswa atau 95,00 % dari 20 siswa pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia materi struktur dan tata nama senyawa karbon. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan dan hasil belajar dari keadaan awal sebanyak 3 siswa (15%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan menggunakan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia pada siklus I meningkat menjadi 9 siswa atau 45% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 19 siswa atau 95,00% dengan nilai rata-rata hasil belajar dari kondisi awal sebesar 56,50 meningkat menjadi 64,00 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 72,00.
.
Kata Kunci : Aktivitas, hasil belajar, inkuiri , multimedia 


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang martabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung Jawab. Dalam Undang-undang SISDIKNAS Nomor 20 tahun 2003 dikemukakan pula bahwa “ sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global ”. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006) menjelaskan Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global.
Lebih lanjut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006) menjelaskan bahwa peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan otonomi perguruan tinggi serta pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Adapun konsekuensi logis dari pernyataan tersebut, maka pada setiap jenjang dan jenis pendidikan perlu melakukan perbaikan dan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, berkesinambungan, tidak terkecuali pada institusi pendidikan yang memberikan pelayanan pendidikan
Sekolah Menengah Atas (SMA). Seorang yang bekerja di dunia pendidikan baik formal, nonformal maupun informal harus mempunyai kemampuan khusus di bidang kependidikan. Guru harus berkompetensi dibidangnya, sehingga mampu bekerja secara profesional. Supriyatno (2011 : 2), Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai melalui berbagai cara, antara lain : melalui peningkatan kualitas guru, pelatihan dan pendidikan, atau dengan memberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran secara profesional lewat penelitian tindakan secara terkendali. Siswa di dalam pembelajaran kimia seringkali susah dalam menentukan tujuan, memilih dan menerapkan strategi penyelesaian masalah, serta memonitor tindakannya, disamping itu terlihat juga kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh kemampuan siswa dan faktor guru dalam memilih strategi mengajar. Dalam Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP, 2006) dijelaskan bahwa : Tujuan mata pelajaran kimia dicapai oleh peserta didik melalui berbagai pendekatan, antara lain pendekatan induktif dalam bentuk proses inkuiri ilmiah. Proses inkuiri ilmiah bertujuan menumbuhkan kemampuan berpikir, berkerja dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran kimia menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Model pembelajaran konvensional dan masih dominannya peran guru dalam proses pembelajaran, kurangnya variasi model pembelajaran, dan metode yang digunakan kurang menarik, bisa berakibat menurunnya motivasi belajar siswa yang pada akhirnya kemampuan siswa menjadi rendah. Proses pembelajaran konvensional yang kurang variatif sekarang ini masih banyak dilakukan di sekolah-sekolah sehingga dapat menciptakan kejenuhan belajar siswa. Rusman (2010 : 5) menyatakan : Guru merupakan ujung tombak keberhasilan kegiatan pembelajaran di sekolah yang terlibat langsung dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Kualitas kegiatan pembelajaran yang dilakukan sangat bergantung pada perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan guru. Lebih lanjut Rusman (2010 : 5) menjelaskan tugas guru bukan semata-mata mengajar (teacher centered), tetapi lebih kepada membelajarkan siswa (children centered). Perilaku guru adalah membelajarkan dan perilaku siswa adalah belajar. Perilaku pembelajaran tersebut terkait dengan mendesain dan penerapan model-model pembelajaran. Uraian di atas mempertegas bahwa belajar akan lebih berkesan dan bermanfaat bagi siswa apabila siswa tersebut mengalami langsung, atau siswa ikut terlibat secara aktif dalam proses belajar. Belajar harus dilakukan oleh siswa secara aktif, baik individual maupun kelompok, dengan cara memecahkan masalah dan guru bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas dan daya pikirnya sehingga pemahaman tentang suatu konsep diperoleh dari pengalamannya sendiri. Tidak menutup kemungkinan dengan keterlibatan siswa dalam pembelajaran akan timbul gagasan baru tentang apa yang dipelajari siswa. Dalam belajar kimia aktivitas siswa akan sangat membantu mereka dalam memahami konsep kimia dan keterlibatan siswa akan optimal jika metode mengajar diterapkan dengan tepat dan terampil oleh guru.
Menurut Indrawati dalam Trianto (2007 : 134) menyatakan, bahwa suatu pembelajaran pada umumnya akan lebih efektif bila diselenggarakan melalui model-model pembelajaran yang termasuk rumpun pemrosesan informasi. Karena pemrosesan informasi menekankan pada bagaimana seseorang berpikir dan bagaimana dampaknya terhadap cara-cara mengolah informasi. Lebih Lanjut Trianto (2007: 134-135) Menjelaskan bahwa inti dari berpikir yang baik adalah kemampuan untuk memecahkan masalah. Inflementasinya siswa diajarkan bagaimana belajar yang meliputi apa yang diajarkan, bagaimana hal itu diajarkan, jenis kondisi belajar, dan memperoleh pandangan baru. Salah satu yang termasuk dalam model pemrosesan informasi adalah model pembelajaran inkuiri. Berdasarkan pengalaman Peneliti, dalam proses belajar mengajar kimia yang berlangsung di SMA Negeri 1 ................, siswa terlihat kurang memahami konsep-konsep yang diajarkan guru secara utuh, rendahnya semangat belajar siswa, bahkan tidak jarang diantara siswa sering minta izin keluar masuk kelas selama proses belajar mengajar berlangsung, yang pada akhirnya tercermin dari rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran kimia yang tidak mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan guru. Masalah di atas tidak bisa dibiarkan secara terus menerus dan perlu ada solusi (pemecahan masalah). Bila hal ini dibiarkan terus terjadi, siswaakan sulit untuk mempelajari materi selanjutnya. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan mampu memahami materi dengan baik. Ketertarikan siswa terhadap hal-hal baru seperti belajar menggunakan multimedia dapat dimanfaatkan untuk menciptakan motivasi belajar dan memacu semangat serta memberi kemudahan-kemudahan belajar. Namun hai ini, masih terbentur kemampuan guru mengoperasikan alat modern, juga terbatasnya fasilitas yang ada, sehingga guru dalam merencanakan pembelajaran masih menggunakan gaya lama, yang cenderung mematikan potensi kreatif siswa. Mengingat kompleksnya permasalahan di atas peneliti berupaya untuk menemukan solusi (pemecahan masalah) melalui penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia dalam upaya meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 ................. Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis memformulasikan judul penelitian tindakan kelas (classroom action research) yakni : Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon di SMA Negeri 1 ..................
B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas muncul beberapa masalah yang dapat diidentifikasi, yaitu :
1.    Pembelajaran masih terpusat pada guru sebagai salah satu sumber belajar
2.    Kemampuan guru dalam menggunakan berbagai model pembelajaran di kelas masih sangat terbatas
3.    Masih rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 ................
4.    Masih rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 ................
C.  Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka tidak semua masalah tersebut menjadi kajian dalam penelitian ini, tetapi lebih memusatkan perhatian pada rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia di SMA Negeri 1 ................. Upaya yang akan dilakukan adalah : Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur dan Tata Nama Senyawa Karbon di SMA Negeri 1 .................
D.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, identifikasi, dan batasan masalah di atas, maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan penelitian sebagai berikut :
1.    Bagaimana penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia yang tepat, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 ................ Tahun Pelajaran 2014/2015
2.    Apakah penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 ................ Tahun Pelajaran 2014/2015
E.   Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) ini adalah :
1.    Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia yang tepat, sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 ................ Tahun Pelajaran 2014/2015
2.    Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 ................ Tahun Pelajaran 2014/2015
3.    Untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 ................ Tahun Pelajaran 2014/2015
F.   Kegunaan Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini, diharapkan berguna baik secara teoritis maupun secara Praktis, yaitu :
1.    Secara Teoritis,
Diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi pengembangan pendidikan dan dapat menambah referensi ilmiah, pengembangan khazanah pengetahuan dalam teori pembelajaran kimia di sekolah
2.    Secara Praktis
a.    Bagi siswa, sebagai media meningkatkan aktivitas belajar untuk lebih menguasai/memahami pelajaran melalui penguasaan konsep-konsep pokok yang diajarkan terutama pelajaran kimia.
b.    Bagi Guru
1)   Dapat menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia sebagai salah satu upaya meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa
2)   Peningkatan layanan profesional pembelajaran, koreksi diri, memperbaiki kualitas pembelajaran dan untuk memperkenalkan model pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia
3)   Mengembangkan sistem pembelajaran yang bervariasi, dapat menciptakan pembelajaran lebih aktif, kreatif dan inovatif, menambah wawasan dibidang pendidikan dalam mempersiapkan diri menjadi guru berkualitas dan bertanggung jawab.
c.    Bagi Sekolah
1)   Dapat memberi informasi atau sebagai acuan untuk pengembangan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran kimia di sekolah.
2)   Memberikan masukan, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa secara lebih lanjut demi kemajuan proses pembelajaran, sebagai sarana pemberdayaan untuk meningkatkan keterampilan/kreativitas antar guru dan motivasi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.

Postingan Terpopoler

PTKP PENGAWAS MTs

Loggo               LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KEPENGAWASAN         UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GUR...