– Ubah nama-blogmu.blogspot.com dengan alamat blog anda Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah (PTK/PTS): MATERI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING K-13 SMA KELAS XI

Saturday 13 May 2023

MATERI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING K-13 SMA KELAS XI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

MATERI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN

 MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING  PADA SISWA

KELAS XI MIPA-3  SMAN 1 ����..  SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

Diajukan sebagai

Persyaratan Kenaikan Pangkat dari  Golongan ��.. ke ����.

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

������������.

NIP. ����������������..

 

 

 

 

 

 

 

SMAN 1 .............

Alamat : ��������������������������������������������������.., ������������������������������

2022

LEMBAR PENGESAHAN

 

1.   a.   Judul Penelitian                   :  Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi  Materi Jaringan tumbuhan melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching  pada Siswa Kelas XI MIPA-3  SMAN 1 ������.  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023

      b.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran

      c.   Jenis Penelitian                    : Penelitian Tindakan Kelas

      d.   Mata Pelajaran                     :  Biologi

2. Identitas Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ������������..

      b.   NIP                                       :  ����������������..

      c.   Pangkat / Golongan             : ����������������..

      d.   Jabatan                                 : Guru Mata Pelajaran

      e.   Instansi                                 : SMAN 1 .............

f.    Tempat Penelitian                      :  SMAN 1 .............      

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Juli 2022 sampai dengan Bulan September 2022)

4.   Sumber Biaya                            : Swadaya

 

 

                     Mengetahui                                     ������..,  12 September 2022

                  Kepala Sekolah                                                    Peneliti

 

 

 

 

              ����������������..                                        ��������������

            NIP. ��������������..                                   NIP. ������������

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

��������������������������.

NIP. ����������������.

ABSTRAK

 

Keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ..............   masih rendah. Hal ini terjadi karena guru kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga dalam penyampaian materi pelajaran guru masih mendominasi, dan mengakibatkan siswa pasif. Untuk itu perlu adanya penerapan model pembelajaran quantum teaching. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ..............   Tahun Pelajaran 2022/2023  yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Peningkatan proses pembelajaran terlihat dengan adanya perubahan ke arah perbaikan dan meningkatnya tindak belajar, meliputi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada sebelum perbaikan hanya 11 siswa atau 34,38%, naik menjadi 22 siswa atau 68,75% pada siklus pertama, dan 93,75% atau 30 siswa pada siklus kedua. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya 62,50 naik menjadi 73,00 pada siklus pertama, dan  83,75 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa (21,88%) pada sebelum perbaikan,  53,13% atau 17 siswa pada siklus pertama,  28 siswa atau 87,50% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ..............  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

Kata kunci: keaktifan siswa, hasil belajar,  quantum teaching

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur senantiasa  kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu ��Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi  Materi Jaringan tumbuhan melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching  pada Siswa Kelas XI MIPA-3  SMAN 1 ..............  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023��. Penelitian laporan Penelitian Tindakan Kelas ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan  ��.  Ke golongan ��...

Dalam penelitian Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dengan segala ketulusan hati peneliti menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dengan sepenuh hati dari proses pelaksanaan sampai dengan penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini .

Peneliti  menyadari sepenuhnya keterbatasan ilmu yang dimiliki, sehingga mungkin terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Aamiin!.

 

..............,     September 2022

Peneliti

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL...........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN..............................................................................     ii

ASBTRAK...........................................................................................................   iii

KATA PENGANTAR.........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR...........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ viii

 

BAB    I    PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah .............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     3

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4

D.  Tujuan Penelitian ........................................................................     4

E.  Manfaat Penelitian ......................................................................     4

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     6

B.  Kerangka Pikir Penelitian...........................................................   22

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   23

BAB    III METODE PENELITIAN          

A.  Setting Penelitian........................................................................   24

B.   Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   24

C.   Subjek Penelitian........................................................................   25

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ..........................................   25

E.   Validasi Data...............................................................................   27

F.   Analisis Data...............................................................................   28

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   30

H.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan ...........................................   33

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   34

B.  Hasil Penelitian...........................................................................   43

C.  Pembahasan.................................................................................   50

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                    

A.  Simpulan .....................................................................................   53

B.  Saran ...........................................................................................   53

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel                                                                                                          Halaman

Tabel      3.1    Kriteria Penilaian Observasi Keaktifan Belajar Siswa..........         29

Tabel      3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar.............................................         29

Tabel      4.1    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal.............         35

Tabel      4.2    Rekapitulasi Hasil Penilaian Keaktifan Siswa pada .............         35

Tabel      4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus I..............................................................................................         37      

Tabel      4.4    Tabel Keaktifan Siswa Pembelajaran  pada Siklus I.............         38

Tabel      4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada Siklus II....................         41

Tabel      4.6    Tabel Keaktifan Siswa  pada Siklus II...................................         42

Tabel      4.7    Rekapitulasi Ketuntasan Belajar Siswa pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II..............................................................         48

Tabel      4.8    Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar  pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II............................................         49

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

 

Gambar 2.1    Bagan Kerangka Pikir...........................................................         23

Gambar 3.1    Penelitian Tindakan Model Hopkins (Sanjaya, 2011:92 )....         25

Gambar 4.1    Diagram Batang Peningkatan Angka Nilai Rerata Hasil Belajar dan Ketuntasan Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ........................................................................         48

Gambar 4.2    Diagram Batang Peningkatan Keaktifan Belajar pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II...........................................         49

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

1.       Surat ijin penelitian

2.       Jadwal  Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas

3.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus Pertama

4.       Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus Kedua

5.       Berkas Instrumen Pengumpulan Data

6.       Analisis Data Hasil Penelitian

7.       Daftar Hadir (Prasiklus, Siklus I dan Siklus II)

8.       Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

9.       Foto Dokumentasi Kegiatan Penelitian (Prasiklus, Siklus I dan Siklus II)

10.    Berkas Pelaksanaan Seminar Laporan Penelitian Tindakan Kelas

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah melanda sebagian besar negara di dunia sehingga World Health Organization (WHO) telah menetapkan bahwa dunia dalam kondisi pandemi Covid-19. Indonesia pun tak terhindarkan dari pandemi tersebut yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia, baik segi ekonomi, sosial, kesehatan, bahkan pendidikan. Hampir seluruh negara terdampak pandemi mengambil kebijakan menutup sekolah, termasuk juga di Indonesia. Namun, anak harus tetap mendapatkan haknya memperoleh layanan pendidikan. Oleh karena itu, Pemerintah mengeluarkan ketetapan melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, yang salah satu isinya tentang Belajar Dari Rumah (BDR) selama Pandemi Covid-19 melalui pembelajaran jarak jauh. Untuk memberikan layanan pendidikan dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan warga satuan pendidikan serta mencegah penyebaran Covid-19 yang masif, maka ditetapkanlah Surat Keputusan Bersama 4 Menteri (Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri) dengan beberapa kali perubahan, yang berisi tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada masa Pandemi Covid-19. Di dalam keputusan tersebut dicantumkan rambu-rambu pelaksanaan PTM pada masa Pandemi Covid-19.

Proses pembelajaran pada umumnya merupakan proses belajar mengajar atau proses komunikasi dan kerjasama guru dengan siswa untuk mencapai sasaran dan tujuan pembelajaran yang merujuk pada tujuan pendidikan. Pembelajaran juga merupakan proses pengembangan sikap serta kepribadian siswa melalui berbagai tahap dan pengalaman. Mengajar adalah suatu keaktifan untuk mencoba mendorong, membimbing seseorang untuk medapatkan, mengubah atau mengembangkan skill, attitude, ideals (cita-cita), appreciations atau penghargaan (Slameto 2003:32). Mengajar dipandang pula sebagai upaya ��mengorganisasikan hal-hal berhubungan dengan belajar dalam berbagai macam situasi mengajar, yang baik maupun yang buruk��. (Nasution 2006:8). Dengan demikian mengajar adalah usaha mengubah unsur-unsur belajar menuju tujuan yang telah ditentukan. Berdasarkan esensi tersebut dapat dipahami bahwa dalam proses pembelajaran guru hanya sebagai pembimbing atau fasilitator saja. Oleh karena itu guru harus kreatif dan inovatif dalam mengajar. Guru harus mampu merancanakan dan me laksanakan pembelajaran dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

Di SMAN 1 ............. merupakan salah satu institusi pendidikan yang mengajarkan pembelajaran biologi sebagai salah satu bahan ajar yang sangat penting untuk diberikan kepada siswa. Pembelajaran biologi di SMAN 1 ............. ini banyak menemukan permasalahan yang muncul terkait dengan pembelajaran tersebut. Diketahui dari hasil observasi bahwa standar ketuntasan pada materi jaringan tumbuhan yang harus dicapai oleh siswa  kelas XI MIPA-3 di SMAN 1 ............. adalah ��75. Selain itu, berdasarkan standar yang telah ditentukan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1996) dalam Trianto (2011:25) siswa yang dikatakan tuntas belajarnya secara individual apabila nilainya telah mencapai batas minimal KKM (kriteria ketuntasan minimal) yangditetapkan yaitu �� 76, dan suatu kelas dikatakan tuntas belajarnya (ketuntasan klasikal) jika 85% siswa di kelas memperoleh nilai ��76. Berdasarkan hasil evaluasi awal terhadap materi jaringan tumbuhan yang telah dilakukan di kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............., diperoleh nilai klasikal siswa yang mampu mencapai ketuntasan hanya 7 orang dari 21,88 siswa, dan persentase keaktifan belajar siswa hanya 40,63% saja sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran materi jaringan tumbuhan di kelas tersebut masih kurang optimal.

Untuk mengatasi kurangnya keaktifan siswa dalam pelajaran biologi maka perlu usaha peningkatan keaktifan dengan memberi variasi metode pembelajaran yang menarik atau menyenangkan yang melibatkan siswa yang dapat meningkatkan keaktifan dan tanggung jawab siswa. Pendekatan pembelajaran yang menarik memberikan pengaruh dan hasil belajar lebih positif daripada pembelajaran kompetitif (Marwiyanto 2007:109). Banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah model pembelajaran quantum teaching. Pembelajaran quantum teaching adalah suatu kegiatan pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan karena guru mengubah segala sesuatu yang ada di sekelilingnya sehingga siswa bergairah belajar. Dalam hal ini, quantum teaching merupakan salah satu pengajaran yang menuntut adanya kebebasan, santai, menakjubkan, dan menyenangkan.

Dengan suasana menyenangkan dalam pembelajaran maka diharapkan
akan menarik dan menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa. Keaktifan
belajar dengan santai dan menyenangkan dalam model pembelajaran quantum teaching memungkinkan siswa belajar lebih rileks disamping menumbuhkan
tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti mengadakan penelitian
dengan judul ��
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi  Materi Jaringan tumbuhan melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching  pada Siswa Kelas XI MIPA-3  SMAN 1 .............  Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

B.  Identifikasi Masalah

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran tema selamatkan mahluk hidup pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............., dapat dilihat dua aspek penting saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu proses mengajar yang dilakukan oleh guru dan proses belajar yang dilakukan oleh siswa. Pada proses pembelajaran ini terlihat bahwa:

1.   Keaktifan belajar siswa yang rendah menyebabkan siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran, siswa kurang percaya diri dalam bertanya, menjawab pertanyaan, dan menyampaikan pendapatnya sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah.

2.   Interaksi antar siswa dalam bertukar pendapat masih sangat kurang. Siswa kurang dituntut untuk berpikir kritis dan luas dalam menanggapi masalah yang dikemukakan guru.

3.   Pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan yang dilaksanakan cenderung ke arah pembahasan teoritik dan textbook oriented, sehingga terkesan bahwa pembelajaran tersebut adalah materi hafalan.

C.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah, maka rumusan masalah dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

1.   Bagaimanakah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum teaching materi jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?

2.   Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum teaching materi jaringan tumbuhan  pada siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?

D.  Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui:

1.   Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum teaching pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

2.   Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan dengan menerapkan model quantum teaching siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1Tahun Pelajaran 2021/2022.

E.  Manfaat Penelitian

1.   Manfaat Teoritis

Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan model pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan dan dapat digunakan sebagai pijakan dan pedoman untuk mengembangkan penelitian-penelitian yang menerapkan model pembelajaran quantum teaching.

2.   Manfaat Praktis

a.    Bagi Siswa

Dapat menambah dan memperluas wawasan dan pengalaman belajar bagi siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 pada pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19.

b.   Bagi guru

1) Memberikan arahan dan pedoman dalam proses belajar mengajar yang kaitannya dengan variasi pembelajaran agar proses dan hasil belajar siswa baik pada pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19.

2) Sumbangan pemikiran dan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran atau pendekatan yang tepat pada pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19.

3) Membantu guru meningkatkan proses pembelajaran di kelasnya, sebagai upaya meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19.

c.    Bagi Sekolah

Sebagai sumbangan pemikiran untuk usaha-usaha peningkatan kualitas pembelajaran  pada pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19 di sekolah khususnya SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Postingan Terpopoler

PTK AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN SMK

  Loggo                 LAPORAN HASIL   PENELITIAN TINDAKAN KELAS     PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AG...