LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN
KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
MATERI
JARINGAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM
TEACHING PADA SISWA
KELAS
XI MIPA-3 SMAN
1 ����.. SEMESTER 1
TAHUN
PELAJARAN 2022/2023
Diajukan sebagai
Persyaratan Kenaikan Pangkat dari Golongan
��.. ke ����.
Unsur Pengembangan Profesi Guru
Oleh
������������.
NIP. ����������������..
SMAN 1 .............
Alamat : ��������������������������������������������������..,
������������������������������
2022
LEMBAR PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : Peningkatan Keaktifan
dan Hasil Belajar Biologi Materi Jaringan tumbuhan melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum
Teaching pada Siswa Kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ������. Semester 1 Tahun
Pelajaran 2022/2023
b. Kategori Penelitian : Teknik Pembelajaran
c. Jenis Penelitian
:
Penelitian
Tindakan Kelas
d. Mata Pelajaran : Biologi
2. Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
dan Gelar : ������������..
b. NIP : ����������������..
c. Pangkat /
Golongan :
����������������..
d. Jabatan :
Guru Mata
Pelajaran
e. Instansi :
SMAN 1 .............
f. Tempat Penelitian : SMAN 1 .............
3. Lama Penelitian
:
3 bulan (Bulan Juli 2022 sampai dengan Bulan September 2022)
4. Sumber Biaya :
Swadaya
Mengetahui ������.., 12
September 2022
Kepala Sekolah Peneliti
����������������.. ��������������
NIP. ��������������.. NIP. ������������
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
��������������������������.
NIP. ����������������.
ABSTRAK
Keaktifan dan hasil belajar
siswa pada materi jaringan tumbuhan
siswa kelas XI MIPA-3
SMAN 1 .............. masih rendah. Hal ini terjadi karena guru kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga dalam penyampaian materi pelajaran guru masih mendominasi, dan mengakibatkan siswa pasif. Untuk itu
perlu adanya penerapan model pembelajaran quantum
teaching. Penelitian yang dilakukan
merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan
penelitian tindakan kelas ini dilakukan
melalui dua siklus dimana tiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu:
(1) perencanaan, (2) pelaksanaan
tindakan, (3) pengamatan,
dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1
.............. Tahun Pelajaran
2022/2023 yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan
tes, observasi, dan dokumentasi. Peningkatan proses pembelajaran terlihat dengan adanya perubahan
ke arah perbaikan
dan meningkatnya tindak belajar, meliputi peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa
dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan
keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada sebelum perbaikan hanya 11
siswa atau 34,38%, naik menjadi 22 siswa atau 68,75% pada siklus pertama, dan 93,75% atau 30 siswa pada siklus
kedua. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari
rata-rata pada sebelum perbaikan hanya 62,50 naik menjadi 73,00 pada siklus
pertama, dan 83,75 pada siklus
kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa (21,88%) pada sebelum
perbaikan, 53,13% atau 17 siswa
pada siklus pertama, 28 siswa atau 87,50%
pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Quantum Teaching dapat
meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 .............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci:
keaktifan siswa,
hasil belajar, quantum teaching
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu ��Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Materi Jaringan tumbuhan melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching pada Siswa Kelas XI MIPA-3 SMAN 1 .............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023��. Penelitian laporan Penelitian Tindakan Kelas ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ��. Ke golongan ��...
Dalam penelitian Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dengan segala ketulusan hati peneliti menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dengan sepenuh hati dari proses pelaksanaan sampai dengan penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini .
Peneliti menyadari sepenuhnya keterbatasan ilmu yang dimiliki, sehingga mungkin terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sangat diharapkan. Semoga tulisan ini memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Aamiin!.
.............., September 2022
Peneliti
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN.............................................................................. ii
ASBTRAK........................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR......................................................................................... iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR........................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ viii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B. Identifikasi Masalah .................................................................... 3
C. Rumusan Masalah ....................................................................... 4
D. Tujuan Penelitian ........................................................................ 4
E. Manfaat Penelitian ...................................................................... 4
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian
Teori................................................................................. 6
B. Kerangka
Pikir Penelitian........................................................... 22
C. Hipotesis
Tindakan...................................................................... 23
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian........................................................................ 24
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 24
C. Subjek Penelitian........................................................................ 25
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data .......................................... 25
E. Validasi Data............................................................................... 27
F. Analisis Data............................................................................... 28
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 30
H. Indikator dan Kriteria Keberhasilan ........................................... 33
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
Data............................................................................. 34
B. Hasil
Penelitian........................................................................... 43
C. Pembahasan................................................................................. 50
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
..................................................................................... 53
B. Saran
........................................................................................... 53
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1
Kriteria Penilaian Observasi Keaktifan
Belajar Siswa.......... 29
Tabel 3.2
Kriteria Penilaian Hasil
Belajar............................................. 29
Tabel 4.1
Rekapitulasi Nilai Tes
Formatif pada Kondisi Awal............. 35
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Penilaian Keaktifan
Siswa pada ............. 35
Tabel 4.3
Rekapitulasi Nilai Tes
Formatif Pembelajaran pada Siklus I.............................................................................................. 37
Tabel 4.4 Tabel Keaktifan Siswa
Pembelajaran pada Siklus I............. 38
Tabel 4.5
Rekapitulasi Nilai Tes
Formatif pada Siklus II.................... 41
Tabel 4.6 Tabel Keaktifan Siswa pada Siklus II................................... 42
Tabel 4.7
Rekapitulasi Ketuntasan
Belajar Siswa pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II.............................................................. 48
Tabel 4.8
Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan
Belajar pada Sebelum Perbaikan,
Siklus I dan Siklus II............................................ 49
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 2.1 Bagan Kerangka Pikir........................................................... 23
Gambar 3.1 Penelitian Tindakan Model Hopkins (Sanjaya, 2011:92 ).... 25
Gambar 4.1 Diagram Batang Peningkatan Angka Nilai Rerata Hasil Belajar dan Ketuntasan Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ........................................................................ 48
Gambar 4.2 Diagram Batang Peningkatan Keaktifan Belajar pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II........................................... 49
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1. Surat ijin penelitian
2. Jadwal Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus Pertama
4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus Kedua
5. Berkas Instrumen Pengumpulan Data
6. Analisis Data Hasil Penelitian
7. Daftar Hadir (Prasiklus, Siklus I dan
Siklus II)
8. Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
9. Foto Dokumentasi Kegiatan Penelitian
(Prasiklus, Siklus I dan Siklus II)
10. Berkas Pelaksanaan Seminar Laporan
Penelitian Tindakan Kelas
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah melanda sebagian
besar negara di dunia sehingga
World Health Organization (WHO) telah menetapkan bahwa dunia dalam kondisi pandemi
Covid-19. Indonesia pun tak terhindarkan
dari pandemi tersebut yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan
manusia, baik segi ekonomi, sosial,
kesehatan, bahkan pendidikan. Hampir seluruh negara terdampak pandemi mengambil kebijakan menutup sekolah, termasuk juga di
Indonesia. Namun, anak harus tetap mendapatkan
haknya memperoleh layanan pendidikan. Oleh karena itu, Pemerintah
mengeluarkan ketetapan melalui Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020, yang salah satu isinya tentang Belajar Dari Rumah (BDR) selama Pandemi Covid-19 melalui pembelajaran jarak jauh. Untuk memberikan
layanan pendidikan dengan tetap mengutamakan
keselamatan dan keamanan warga satuan pendidikan
serta mencegah penyebaran Covid-19 yang masif, maka ditetapkanlah Surat
Keputusan Bersama 4 Menteri (Mendikbud, Menag,
Menkes, dan Mendagri) dengan
beberapa kali perubahan,
yang berisi tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada masa Pandemi
Covid-19. Di dalam keputusan
tersebut dicantumkan rambu-rambu pelaksanaan PTM pada
masa Pandemi Covid-19.
Proses pembelajaran pada umumnya merupakan proses belajar mengajar atau proses komunikasi dan kerjasama guru dengan siswa untuk
mencapai sasaran dan tujuan pembelajaran yang merujuk pada tujuan pendidikan. Pembelajaran juga merupakan proses pengembangan sikap serta kepribadian
siswa melalui berbagai tahap dan pengalaman. Mengajar adalah suatu keaktifan
untuk mencoba mendorong, membimbing seseorang untuk medapatkan, mengubah atau mengembangkan skill,
attitude, ideals (cita-cita), appreciations atau penghargaan (Slameto 2003:32). Mengajar dipandang pula sebagai upaya ��mengorganisasikan hal-hal berhubungan dengan belajar dalam berbagai
macam situasi mengajar, yang baik maupun yang buruk��. (Nasution
2006:8). Dengan demikian mengajar adalah usaha mengubah unsur-unsur belajar menuju tujuan yang telah ditentukan. Berdasarkan esensi tersebut dapat dipahami bahwa dalam proses pembelajaran guru hanya sebagai pembimbing
atau fasilitator saja. Oleh karena itu guru harus kreatif dan inovatif dalam mengajar. Guru harus mampu merancanakan
dan me laksanakan pembelajaran
dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.
Di SMAN 1 ............. merupakan salah satu institusi pendidikan yang mengajarkan pembelajaran biologi sebagai salah satu bahan ajar yang sangat penting untuk diberikan
kepada siswa. Pembelajaran biologi di SMAN 1 .............
ini banyak menemukan permasalahan yang muncul terkait dengan pembelajaran tersebut. Diketahui dari hasil
observasi bahwa standar ketuntasan pada materi jaringan tumbuhan yang harus dicapai oleh siswa kelas
XI MIPA-3 di SMAN 1 ............. adalah ��75. Selain itu, berdasarkan standar yang telah ditentukan oleh Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan (1996) dalam
Trianto (2011:25) siswa
yang dikatakan tuntas belajarnya secara individual apabila nilainya telah mencapai batas minimal KKM
(kriteria ketuntasan
minimal) yangditetapkan yaitu
�� 76, dan suatu kelas dikatakan tuntas belajarnya (ketuntasan klasikal) jika 85% siswa di kelas memperoleh nilai ��76. Berdasarkan hasil evaluasi awal terhadap
materi jaringan tumbuhan yang telah dilakukan di kelas XI MIPA-3 SMAN
1 ............., diperoleh nilai klasikal
siswa yang mampu mencapai ketuntasan hanya 7 orang dari 21,88 siswa, dan persentase keaktifan belajar siswa hanya 40,63% saja sehingga dapat
dikatakan bahwa pembelajaran materi jaringan tumbuhan di kelas tersebut masih kurang optimal.
Untuk mengatasi kurangnya
keaktifan siswa dalam pelajaran biologi maka perlu
usaha peningkatan keaktifan dengan memberi variasi metode pembelajaran yang menarik atau menyenangkan
yang melibatkan siswa yang dapat meningkatkan keaktifan dan tanggung jawab siswa. Pendekatan pembelajaran yang menarik memberikan pengaruh dan hasil belajar lebih
positif daripada pembelajaran kompetitif (Marwiyanto 2007:109). Banyak metode
pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah model pembelajaran quantum
teaching. Pembelajaran quantum teaching adalah suatu kegiatan pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan karena guru mengubah segala sesuatu yang ada di sekelilingnya sehingga siswa bergairah belajar. Dalam hal ini, quantum teaching merupakan salah satu pengajaran yang menuntut adanya kebebasan, santai, menakjubkan, dan menyenangkan.
Dengan suasana menyenangkan
dalam pembelajaran maka diharapkan
akan menarik dan menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa.
Keaktifan
belajar dengan santai dan menyenangkan dalam model pembelajaran quantum teaching memungkinkan
siswa belajar lebih rileks disamping
menumbuhkan
tanggung jawab, kerjasama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti
mengadakan penelitian
dengan judul ��Peningkatan Keaktifan
dan Hasil Belajar Biologi Materi Jaringan tumbuhan melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum
Teaching pada Siswa Kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun
Pelajaran 2021/2022.
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran tema selamatkan mahluk hidup pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan di kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............., dapat
dilihat dua aspek penting saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu proses mengajar yang dilakukan oleh guru dan proses belajar
yang dilakukan oleh siswa.
Pada proses pembelajaran ini
terlihat bahwa:
1. Keaktifan belajar siswa
yang rendah menyebabkan siswa cenderung pasif dalam kegiatan
pembelajaran, siswa kurang percaya diri dalam bertanya,
menjawab pertanyaan, dan menyampaikan pendapatnya sehingga hasil belajar siswa menjadi
rendah.
2. Interaksi antar siswa dalam bertukar pendapat masih sangat kurang. Siswa kurang
dituntut untuk berpikir kritis dan luas dalam menanggapi
masalah yang dikemukakan
guru.
3.
Pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan yang dilaksanakan cenderung
ke arah pembahasan
teoritik dan textbook oriented, sehingga terkesan bahwa pembelajaran tersebut adalah materi hafalan.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
dan identifikasi masalah, maka rumusan masalah
dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :
1.
Bagaimanakah keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum teaching materi jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?
2.
Bagaimanakah hasil belajar
siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum teaching materi jaringan tumbuhan pada siswa
kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?
D. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai
dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah
untuk mengetahui:
1.
Untuk mendeskripsikan peningkatan
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum
teaching pembelajaran biologi
materi jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.
2.
Untuk mendeskripsikan peningkatan
hasil belajar siswa pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan dengan menerapkan model quantum
teaching siswa kelas XI
MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1Tahun Pelajaran 2021/2022.
E. Manfaat Penelitian
1.
Manfaat
Teoritis
Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan model pembelajaran quantum teaching untuk
meningkatkan proses dan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran biologi materi jaringan tumbuhan dan dapat digunakan sebagai pijakan dan pedoman untuk mengembangkan
penelitian-penelitian yang menerapkan
model pembelajaran quantum teaching.
2.
Manfaat
Praktis
a. Bagi Siswa
Dapat menambah dan memperluas
wawasan dan pengalaman belajar bagi siswa
kelas XI MIPA-3 SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun
Pelajaran 2021/2022 pada pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19.
b. Bagi guru
1) Memberikan arahan dan pedoman dalam proses belajar mengajar yang kaitannya dengan variasi pembelajaran agar proses
dan hasil belajar siswa baik pada pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19.
2) Sumbangan pemikiran dan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran atau pendekatan yang tepat pada pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19.
3) Membantu guru meningkatkan proses
pembelajaran di kelasnya, sebagai upaya meningkatkan
proses dan hasil belajar siswa pada
pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19.
c. Bagi Sekolah
Sebagai sumbangan pemikiran
untuk usaha-usaha peningkatan kualitas pembelajaran pada pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid 19 di sekolah khususnya SMAN 1 ............. Semester 1 Tahun
Pelajaran 2021/2022.