– PTK/PTS/PTKp Penulisan Skripsi Tesis PKP UT: PTK MAPEL IPS SMP

Saturday, 23 May 2015

PTK MAPEL IPS SMP


LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI PENYAKIT SOSIAL MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS VIII-2
SMPN 3 .................... TAHUN 2011/2012




Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari ..... ke .....






Oleh

…………………………….
NIP. ............................








SMPN 3 ...................................
.............................................
.............................
2011

LEMBAR PENGESAHAN


1. Judul Penelitian
Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPS Materi Mengidentifikasi Berbagai Penyakit Sosial Melalui Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas VIII-2  SMPN 3 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012

2. Identitas Peneliti
    a. Nama Lengkap dan Gelar
 b. Jenis Kelamin
 c. Pangkat, Golongan, NIP
 d. Asal Sekolah
 e. Alamat Kantor

 f. Alamat Rumah


.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
.............................................
Telp/HP. ..............................
3. Lama Penelitian


4. Sumber Biaya
3 bulan / dari bulan ............ sampai dengan bulan .................. 20....

Swadana

 


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Sekolah




………………….
NIP.…………………




KATA PENGANTAR


Tiada kata yang pantas diucapkan kecuali puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia-Nya dan memberikan taufik serta inayah-Nya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-2  SMPN 3 .................... Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ….. ke ….. yang telah penulis laksanakan dari awal ..... sampai dengan akhir ........ Peneliti mengakui, dengan terselesaikannya penulisan karya tulis ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, melalui tulisan ini peneliti mengucapkan terimakasih kepada :
1.      ………………….., Kepala Dinas ……………. yang telah mengijinkan dan mendukung dilakukannya Penelitia Tindakan Kelas ini.
2.      ………….., Pengawas SMP/MTs ……………. yang telah memberikan pengarahan dan bimbingan pada penulisan karya tulis ini.
3.      Kepala Sekolah serta teman-teman guru SMPN 3 .................... lainnya yang senantiasa memberi semangat dan dorongan selama penelitian dan penulisan karya tulis ini berlangsung.
4.      Siswa-siswa kami kelas VIII-2, yang telah ikut terlibat dalam Penelitian  Tindakan Kelas ini.
Akhirnya, peneliti hanya dapat mengharapkan kebaikan dan amalan semua pihak semoga  mendapatkan ridha, rahmat dan karunia dari Allah SWT. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di SMPN 3 ....................  pada khususnya.
                                                                                                     
                                                                                  …………………………
                                                                                                Peneliti


DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................      
B.   Rumusan Masalah ..................................................................       
C.   Tujuan Penelitian....................................................................       
D.  Manfaat Penelitian..................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................       
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.  Setting  Penelitian ..................................................................       
B.   Subjek Penelitian ...................................................................       
C.   Data dan Sumber Data...........................................................       
D.  Teknik Pengumpulan Data.....................................................       
E.   Validitas Data ........................................................................       
F.   Analisa Data ..........................................................................       
G.  Kriteria dan Indikator Keberhasilan ......................................       
H.  Prosedur Pelaksanaan ............................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     PENUTUP
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   4.1 Hasil Ulangan Formatif Kondisi Awal..........................................         
Tabel   4.2  Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa  pada  Kondisi Awal              
Tabel   4.3  Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif  pada  Siklus I.....................         
Tabel   4.4  Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa  pada  Siklus I             
Tabel   4.5  Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif  pada  Siklus II....................         
Tabel   4.6  Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Minat Siswa  pada  Siklus  II                      
Tabel   4.7 Nilai Hasil Ulangan Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II                 
Tabel   4.8 Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif  Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II                  
Tabel   4.9 Rekapitulasi Hasil Observasi Minat Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II  .......................................................................................................










DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar  4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                       
Gambar  4.2  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                     
Gambar  4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Siswa Pada Pra Siklus, Siklus I dan II                                                                                                              















DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus Pertama
Lampiran    4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus Kedua
Lampiran    5     Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran    7     Daftar Hadir Siswa
Lampiran    8     Daftar Hadir Peneliti dan Observer
Lampiran    9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    10   Foto Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian


















PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI PENYAKIT SOSIAL MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS VIII-2
SMPN 3 .................... TAHUN 2011/2012

Oleh

………………………….
NIP. ...............................


ABSTRAK

Penyebab rendahnya kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dikarenakan proses dalam pembelajaran IPS masih terpaku pada metode ceramah. Upaya memperbaiki kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah dengan melaksanakan penelitian dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Bentuk penelitian adalah model siklus yang dilakukan sebanyak dua kali, setiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII-2 SMPN 3 Palangka Raya  sebanyak 22 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi untuk mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran dan test yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPS sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan  minat dan  hasil belajar siswa. Pada siklus pertama minat siswa menunjukkan hanya 6 siswa atau 27,27%, naik menjadi 12 siswa atau 63,64% pada siklus pertama, dan 100% atau 22 siswa pada siklus kedua. Hasil belajar siswa dari rata-rata pada kondisi awal hanya  53,64 naik menjadi 62,72 pada siklus pertama, dan  77,27 pada siklus kedua dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  4 siswa (18,18%) pada kondisi awal,  45,45% atau 10 siswa pada siklus pertama, 21 siswa atau 95,45% pada siklus kedua. Dari 22 siswa yang mengikuti pelaksanaan perbaikan pembelajaran 21 siswa atau 95,45% dinyatakan tuntas belajarnya dan satu  siswa (4,55%) belum tuntas belajarnya, namun secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran terlah tercapai pada siklus kedua.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa saran yang hendak disampaikan antara lain : 1) guru di samping menggunakan metode pembelajaran yang biasa dilakukan sebaiknya mencoba menggunakan metode diskusi kelompok pada mata pelajaran lainnya; 2) dengan terjalinnya kerjasama antar kelompok, guru diharapkan dapat meningkatkan kinerja kelompok siswa agar diantara semua siswa dapat terjalin hubungan yang baik dalam setiap proses pembelajaran.

Kata Kunci : minat, hasil belajar, diskusi



BAB I

PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
Salah  satu  masalah  yang  dihadapi  dunia pendidikan  dasar  kita  dewasa  ini  khususnya  dalam  pelajaran  Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS) adalah rendahnya kualitas pendidikan terutama dipandang  dari  sudut  proses  pembelajaran.  Pelajaran IPS  merupakan  salah  satu  mata  pelajaran  yang  memang  masih  sulit dipahami  oleh  para  siswa  karena  memang  pada  mata  pelajaran  IPS banyak  membahas  teori.  Padahal  materi  dalam  pembelajaran  IPS sesungguhnya  merupakan  apa  yang  terjadi  dalam  kehidupan  sehari-hari, seiring  dengan  kemajuan  jaman  mengangkat  realita  hidup  mengikuti perkembangan  ruang  lingkup  kehidupan  manusia  sendiri,  namun  karena rendahnya  kualitas  pendidikan  dalam  proses  pembelajaran  menjadi masalah dalam memahami materi, siswa yang kurang wawasannya dalam pembelajaran  IPS  tidak  bisa  berkembang,  hal  ini  perlu  dicari  jalan keluarnya  sehingga  dapat  memperbaiki  kekurangan-kekurangan  yang selama ini muncul dalam pembelajaran IPS. 
Seperti halnya pada pembelajaran mata pelajaran IPS materi mengidentifikasi berbagai penyakit sosial menunjukkan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Dari 22 siswa kelas VIII-2 SMPN 3 .................... yang mengikuti tes formatif  hanya ada 4 siswa (18,18%) yang dikategorikan tuntas belajar dengan memperoleh nilai di atas KKM sebesar 70, dan 18 siswa atau 81,82% dinyatakan belum tuntas belajarnya karena belum memperoleh nilai minimal sama dengan KKM sebesar 70.
Menyimak  permasalahan  di  atas  guru  sebagai  pelaksana pembelajaran  harus  melakukan  upaya  perbaikan  proses  pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Pada pelajaran IPS  banyak  metode  yang  digunakan,  salah  satu  upaya  yang  dapat dilakukan guru dalam melakukan perbaikan adalah dengan menggunakan metode  diskusi  kelompok,  sehingga  kebosanan  dan  kejenuhan  siswa dapat  diatasi,  siswa  menjadi  lebih  semangat  dalam  belajar,  aktif  untuk saling menampilkan diri atau berperan diantara teman sebayanya. 
Komunikasi  yang  terjadi  di  antara  teman  sebayanya  lebih  efektif karena  siswa  tidak  merasa  malu  dan  segan  untuk  bertanya  kepada temannya. Penerapan metode diskusi kelompok ini masih belum optimal diterapkan   dalam  pembelajaran  di  lokasi  tersebut  oleh  karena  itu  perlu diadakan perbaikan melalui Penelitian Tindakan Kelas. Pembelajaran IPS hendaknya  menggunakan  metode-metode  yang  mengarahkan  siswa  supaya  memiliki  kemampuan  dalam  menjelaskan  obyek  dan  fenomena alam atau lingkungan sekitar, memahami konsep-konsep yang dipelajari, mengetahui  sejauh  mana  umumnya  suatu  konsep  dan  berdiskusi  dengan teman-temannya.
Dengan  menggunakan  strategi  yang  mengedepankan  pada pemahaman  lingkungan  sekitar,  siswa  diharapkan  akan  berpengalaman dalam  berpikir  kreatif  dan  inovatif.  Oleh  karena  itu  sudah  seharusnya guru  menyediakan  objek  nyata,  melakukan  pembelajan  untuk meningkatkan  keterampilan  kerjasama  siswa  dengan  menggunakan  metode  diskusi  kelompok,  dimana  siswa  dilibatkan  secara  utuh  dalam pelaksanaan proses pembelajaran. 
Dengan  demikian  guru  memfasilitasi  siswa  dalam  melakukan komunikasi, kerjasama dan berbagi pendapat, mengemukakan ide tentang sesuatu  yang  mereka  pelajari  bersama.  Komunikasi,  kerjasama  dalam proses belajar akan bisa berjalan secara efektif jika mereka bekerja dalam satu kelompok yang memiliki satu tujuan yaitu memperoleh hasil belajar yang  maksimal.  Dengan  demikian  apabila  guru  sudah  mampu mengembangkan komunikasi antara guru dan siswa bahkan siswa dengan temannya  dalam  proses  pembelajaran,  maka  proses  pembelajaran  akan lebih bermakna dan lebih menyenangkan bagi siswa.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, peneliti meminta bantuan supervisor dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu :
  1. Penguasaan siswa tentang  konsep pembelajaran masih rendah
  2. Siswa tidak mencatat hal-hal penting selama proses pembelajaran berlangsung.
  3. Tingkat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran  IPS yang berdampak hasil belajar rendah.
  4. Keaktifan  siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran kurang sesuai dengan harapan.
  5. Ketidakseriusan siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan guru selama proses pembelajaran berlangsung.
  6. Pengaturan posisi duduk siswa kurang sesuai sehingga persebaran siswa yang pandai dan tidak masih belum merata.

C.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalahnya dapat ditetapkan sebagai berikut :
1.       Apakah penerapan metode diskusi kelompok pada pembelajaran mata pelajaran IPS  materi mengidentifikasi berbagai penyakit sosial dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran ?
2.       Apakah penerapan metode diskusi kelompok pada pembelajaran mata pelajaran IPS  materi mengidentifikasi berbagai penyakit sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?

D.     Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah sebagaimana tersebut di atas, agar memiliki arah yang jelas, ditetapkan tujuan penelitian sebagai berikut :
1.       Untuk memperbaiki model pembelajaran IPS materi mengidentifikasi berbagai penyakit sosial agar hasil belajar siswa meningkat.
2.       Mengetahui respons siswa terhadap penerapan metode pembelajaran kerja kelompok dan tanya jawab pada proses pembelajaran.
3.       Untuk mengetahui seberapa tinggi penguasaan siswa terhadap  materi mengidentifikasi berbagai penyakit sosial  dengan metode pembelajaran kerja kelompok dan tanya jawab.
4.       Untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok dan tanya jawab.
E.     Manfaat Penelitian
Diharapkan penelitian tindakan kelas ini juga dapat memberikan manfaat bagi :
  1. Siswa yaitu :
a.       Memperbaiki cara belajar siswa agar lebih baik lagi
b.      Memberikan rangsangan dan motivasi belajar siswa
c.       Meningkatkan hasil belajar siswa
d.      Siswa merasa mendapat perhatian khusus dari guru
  1. Guru yaitu :
a.       Dapat memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya karena sasaran akhir dari penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran
b.      Guru dapat berkembang secara profesional karena dapat menunjukkan bahwa ia mampu menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya
c.       Membuat guru jadi lebih percaya diri
d.      Guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri.
  1. Sekolah yaitu :
a.       Mengembangkan mutu dan hasil belajarnya
b.      Meningkatkan kualitas pendidikan
c.       Mempunyai kesempatan untuk berkembang pesat
d.      Menciptakan hubungan kolegial yang sehat
e.       Menumbuhkan iklim kerjasama yang kondusif
 


Lampiran : 5



INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA






















LEMBAR KERJA SISWA

SIKLUS  I

Petunjuk
Kerjakan dengan teman secara kelompok, laporkan hasilnya untuk diberikan penilaian !














Kelompok    : ...................................................
Ketua           : ...................................................
Anggota       : 1 ................................................
                        2 .................................................
                        3 ................................................
                    4 ................................................

















Nama            :  .......................................
No. Absen    :  .......................................
 



LEMBAR TES FORMATIF
SIKLUS I


A. Pilihlah jawaban a, b, c, atau d yang paling tepat!
1. Perilaku seseorang dikategorikan sebagai penyimpangan sosial apaila perilaku tersebut …
a. di luar batas toleransi masyarakat.
b. masih dalam batas toleransi masyarakat.
c. bertentangan dengan norma dan aturan masyarakat.
d. Meyimpang dari tujuan yang akan dicapai oleh masyarakat.
2. Perilaku masyarakat dikatakan sebagai penyakit sosial apabila perilaku tersebut ...
a. menimbulkan wabah penyakit dalam masyarakat.
b. menimbulkan keresahan dan mengganggu ketenteraman masyaraka.
c. melanggar norma-norma kemasyarakatan meski tidak meresahkan masyarakat.
d. melanggar aturan pemerintah yang berlaku dalam masyarakat.
3. Penyimpangan sosial dapat dikategorikan sebagai penyimpangan sekunder jika memiliki
ciri-ciri antara lain ...

a. bersifat sementara, dan masyarakat sudah tidak mentolerir.
b. bersifat sementara, dan masyarakat masih bersedia mentolerir.
b. bersifat berkenjutan, dan masyarakat masih mentolerir.
c. bersifat berkelanjutan, dan tidak didominasi si pelaku.
4. Penyimpangan sosial yang tidak mengganggu ketenteraman masyarakat adalah ...
a. penyimpangan positif.
b. penyimpangan negatif.
c. penyimpangan indvidual.
d. penyimpangan kelompok.
5. Berikut ini yang bukan merupakan penyebab penyimpangan sosial adalah ...
a. brocken home.
b. persalan ekonomi.
c. pelampiasan kekecewaan.
d. kesanggupan menerima norma-norma sosial.
6. Upaya pencegahan penyimpangan sosial perlu melibatkan peran ...
a. keluarga, masyarakat, dan pengusaha.
b. keluarga, masyarakat, dan sekolah.
c. keluarga, sekolah, dan pejabat pemerintah.
d. sekolah, masyarakat, dan pejabat pemerintah.
7. Penyimpangan sosial di kalangan remaja disebabkan ....
a. peredaran film-film cabul c. depresi
b. tayangan sinetron d. mencari identitas diri
8. Aparat kepolisian dan lembaga swadaya masyarakat menghancurkan warung
remang-remang di sepanjang Pantura. Tindakan mereka termasuk ....
a. tidak beradab c. kejahatan
b. responsif d. melanggarhak asasi manusia
9. Miras, judi, dan memakai narkoba termasuk tindakan ....
a. penyimpangan akidah c. penyimpangan akhlak
b. penyimpangan sosial d. penyimpangan ekonomi
10. Salah satu ciri penyimpangan sosial adalah ....
a. melanggar kesepakatan masyarakat
b. bebas tapi bertanggung jawab
c. melanggar disiplin
d. tidak mau membantu orang lain



















LEMBAR KERJA SISWA

SIKLUS  II

Petunjuk
Kerjakan dengan teman secara kelompok, laporkan hasilnya untuk diberikan penilaian !








Kelompok    : ...................................................
Ketua           : ...................................................
Anggota       : 1 ................................................
                        2 .................................................
                        3 ................................................
                    4 ................................................























Nama            :  .......................................
No. Absen    :  .......................................
 



LEMBAR TES FORMATIF
SIKLUS II

A. Pilihlah jawaban yang paling benar!
1. Sikap seseorang yang melakukan penyimpangan sosial didorong oleh keinginan untuk
berubah. Di antara tokoh di bawah ini yang dianggap melakukan penyimpangan sosial
pada zamannya adalah....
a. Mozart c. Copernicus
b. Beethoven d. Archimides
2. Cabang olahraga karate selalu identik dengan kekerasan sehingga banyak kaum perempuan
yang menghindari olahraga itu. Akan tetapi, akhir-akhir ini banyak perempuan yang
mempelajari karate. Sikap ini menunjukkan penyimpangan....
a. kelompok c. positif
b. individu d. negatif
3. Beriku ini penyebab seseorang melakukan seks di luar nikah, kecuali....
a. keinginan untuk mencoba dan mengikuti tren
b. kurangnya pendidikan dan pemahaman tentang seks
c. keinginan untuk menghargai pasangannya
d. pengaruh tontonan yang tidak mendidik
4. Penyimpangan sosial adalah penyimpangan terhadap norma masyarakat. Hal ini
merupakan pendapat dari tokoh sosiologi, yaitu....
a. Abraham Maslow c. K. Merton
b. Gillin d. Mac Iver
5. Munculnya tawuran pelajar disebabkan oleh....
a. pelajar yang ingin menjadi jagoan
b. kurangnya pendidikan moral
c. pengendalian emosional yang kurang
d. pengaruh lingkungan masyarakat
6. Virus HIV yang menyebabkan AIDS sebenarnya merupakan virus yang menyerang
pada....
a. darah manusia c. saraf manusia
b. otak manusia d. tulang manusia
7. Pemerintah berhak untuk mengendalikan masyarakat yang menyimpang dari aturan
pemerintah. Aparat pemerintah yang berhak menanganinya adalah....
a. polisi c. hansip
b. TNI d. satpol PP
8. De finisi penyimpangan sosial sebagai akibat dari keterbatasan sistem sosial adalah
pendapat dari....
a. Robert M.Z. Lawang c. Mac Iver
b. James Vande Zander d. Cohen
9. Berikut ini istilah yang akrab digunakan dalam bahasa ilmiah narkoba, kecuali....
a. sedatif c. suntik
b. kodein d. euforia
10. Salah satu hambatan manusia dalam penyembuhan terhadap perilaku menyimpang
adalah....
a. tingginya tingkat pendidikan
b. besarnya pendapatan per kapita masyarakat
c. minimnya pengetahuan
d. kemajuan perkembangan teknolog

LEMBAR OBSERVASI
PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA


No
Nama
Kriteria Observasi
Jml Skor
Kriteria Ketuntasan
a
b
c
d
T
B
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








Jumlah



Persentase



Keterangan :
a.    Memperhatikan dan menjawab apa yang disampaikan guru
b.    Mengerjakan LKS yang diberikan guru,
c.    Bekerja sama dengan teman satu kelompok,
d.    Dan mengambil keputusan dari semua jawaban yang dianggap paling benar








LEMBAR OBSERVASI
AKTIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN


No
Indikator
Dilaksanakan
Siklus I
Siklus II
Ya
Tdk
Ya
Tdk
I.
Pendahuluan




1.
Mempersiapkan siswa untuk belajar




2.
Memotivasi siswa untuk mengikuti pelajaran




3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran




II.
Kegiatan Inti




1.
Mempresentasikan materi pelajaran hari ini




2.
Mengorganisasikan siswa ke dalam  beberapa kelompok makimal 5 orang siswa yang heterogen




3.
Menginformasikan kepada semua kelompok tentang permasalahan yang akan dibahas.




4.
Setiap kelompok mendiskusikan dan mengerjakan permasalahannya




5.
Memandu siswa dalam mengerjakan tugas kelompoknya




6.
Semua kelompok menempelkan hasil kerja kelompok




7.
Semua siswa berjalan mengamati hasil-hasil yang disajikan oleh masing-masing kelompok.




8.
Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk bertanya atau memberikan tanggapan kepada hasil kelompok-kelompok lain.




9.
Memberikan evaluasi




10.
Memberi penghargaan  pada kelompok yang pekerjaannya bagus.






No
Indikator
Dilaksanakan
Siklus I
Siklus II
Ya
Tdk
Ya
Tdk
III.
Penutup




1.
Memberikan penguatan kepada siswa dari penjelasan-penjelasan yang sudah dijelaskan selama proses belajar mengajar




2.
Membimbing siswa menyimpulkan pelajaran




3.
Memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah




IV.
Suasana Belajar




1.
Siswa  antusias




2.
Guru antusias




3.
Waktu sesuai alokasi




4.
KBM sesuai dengan skenario RPP






Lampiran : 6



ANALISI DATA HASIL PENELITIAN

(catatan : semua data yang ada di excel)


Untuk mendapatkan file secara lengkap, terdiri dari Bagian Depan, Bab I, II, III, IV, V, Daftar Pustaka dan Lampiran2, silakan klik disini.
Terima kasih.


Postingan Terpopoler

PTKP PENGAWAS MTs

Loggo               LAPORAN HASIL PENELITIAN TINDAKAN KEPENGAWASAN         UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GUR...